Langsung ke konten utama

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa


*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;)

Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka.

Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head!

Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan.

Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagian dari stereotipe itu. So, ladies, you want to know more? Enjoy!

The monotonous northerners: Cowok-cowok pirang nan kaku dari utara

Kalau kamu memang mengidolakan cowok-cowok berotot, bertato-tapi-kyut, berambut pirang, bermata biru, dan stylish, liriklah para cowok di bagian utara Eropa. Para cowok ini kebanyakan pandai di bidang teknologi dan desain. They're undoubtedly uber creative and charming!

Sayangnya, cowok-cowok Nordik terkenal super garing saat merayu lawan jenis. Mereka tipikal cowok membosankan yang tidak akan bisa jadi sosok gentleman a la drama idaman cewek. Jangan heran kalau kebanyakan dari mereka jarang sekali SMS atau textingan. Mereka sebenarnya adalah cowok mandiri yang akan memberi kita space yang begitu luas dan tidak akan pernah mencecar pertanyaan songong semacam "lagi apa?" atau "sudah makan belom?" setiap hari.

Karena persamaan hak dan derajat antara pria dan wanita di negara mereka, para cowok Nordik juga tidak membeli perhatian wanita dengan makan malam romantis, bunga, ataupun banjiran ungkapan cinta. Mereka juga cukup berhati-hati melangkah dan memutuskan apakah suatu hubungan itu hanya sebatas kencan, friend with benefits, atau serious relationship. 

Tapi karena persamaan derajat ini, para cowok Nordik biasanya sudah terbiasa membantu urusan rumah tangga semisal mencuci piring, memasak, hingga mengurus anak. Mereka memang bukan tipe gentleman yang kita cari, tapi mungkin justru mereka lah, para cowok mandiri yang kita butuhkan. They will take care of you, be honest, and respect you to the fullest.

Lucunya, tak jarang lho, para cowok Nordik merasa jiwa gentleman mereka terkubur sehingga mencari pasangan di wilayah lain. Mereka menganggap, para cewek Eropa Utara terlalu sulit dimengerti, banyak ekspektasi, dan sok mandiri. 

Warriors from the West: Si para pejuang (yang kadang juga perhitungan) dari barat

Bukan pengagum cowok-cowok pirang? Mungkin kamu akan jatuh cinta dengan sosok feminin-maskulin cowok Prancis, talkative Germans, dan the hot brunette Belgian and Dutch guys!

Saya juga suka cowok-cowok berambut brunette yang super kece dan ganteng seperti Michael Fassbender ataupun Clément Sibony. They are so damn hot, huh? Ehe.

Cowok-cowok Eropa Barat biasanya sangat mumpuni di bidang teknologi dan sains. Jangan heran kalau kebanyakan para cowok ini hanya sibuk dengan gadget canggih dan buku-buku pintar mereka. Tidak seperti cowok Nordik yang sedikit dingin dan tertutup, para cowok di Eropa Barat biasanya lebih terbuka, adventurous, dan menyenangkan.

Saat para cowok Barat sudah berhasil mendekati cewek, mereka adalah tipe pejantan tangguh yang akan mengejar si cewek dimana pun kapan pun. Mereka juga tidak malu menunjukkan sisi maskulin dengan menawarkan tumpangan, membayari makan, ataupun mengunjungi negara asal si cewek kalau memang sedang LDR.

Meskipun humourless dan pemalu di awal, tapi cowok Eropa Barat termasuk salah satu the greatest lovers. Lucunya, banyak juga anggapan, cowok-cowok ini super perhitungan dengan uang mereka. They could count every single thing they've (not yet) spent. 

Casanovas live in the south: Cowok-cowok macho bermulut manis dari selatan 

Saya mengelompokkan para cowok Spanyol, Portugal, dan Italia sebagai Casanova. Apa yang menarik dari mereka? Macho, tukang gombal, ahli menebar kata-kata cinta, dan tentu saja, ganteng alami! Cek deretan pemain bola dari Spanyol dan Portugal kalau belum juga percaya! ;)

Entah kenapa, imej cowok-cowok playboy tetap saja menempel ke para makhluk Adam ini. Mereka memang terkenal jenaka, sangat terbuka, bersahabat, dan ramah terhadap orang baru. Tidak seperti cowok-cowok Eropa Barat, para Casanova juga pede saat mendekati para cewek. They're so confident and have a ball!

Karena terlatih untuk menghargai dan memperlakukan cewek dengan baik, para Casanova biasanya tahu bagaimana bersikap layaknya gentleman. Mereka terkenal agresif dalam menunjukkan rasa cinta terhadap pasangan, bersedia membayari makan saat kencan, dan tidak malu memberikan bunga meskipun belum jadian.

Tapi, jangan harap mendapatkan posisi pertama di hati para Casanova ini. Nyatanya, mereka tetap menempatkan ibu mereka di urutan pertama. Karena harga sewa yang mahal di negara mereka, banyak juga para cowok yang masih tinggal dengan orang tua meskipun di atas usia 25 tahun. Hal ini juga yang membuat para cowok ini sangat dekat dengan keluarga mereka.

Saat para cowok Nordik bersikap hati-hati dan jujur dengan perkataan mereka, para Casanova justru bisa saja terlalu lebay dan membual. You have to make sure that you ARE the one.

In the middle of cuteness: Cowok-cowok manis di pertengahan

Salahkan saya lagi jika harus memasukkan deretan cowok Balkan dan negara-negara Eropa Tengah seperti Republik Ceko, Slovenia, atau Kroasia, di daftar ini. Sangat sulit membagi-bagi wilayah Eropa secara geografis.

Kalau kamu ingin melihat perpaduan hidung Timur Tengah, kulit Eropa Utara, dan keseksian Eropa Barat, kamu harus berlabuh di hati para cowok Balkan! They are so good looking creatures!

Saya pernah bertemu dengan seorang cowok Bosnia muslim yang saat itu sedang membenari lampu di rumah keluarga Denmark. Mukanya putih bersih bersipu merah karena hawa dingin. Badannya tinggi tegap, senyumnya manis, dan wanginyaalamakjadi melting!

Eh serius, ini cowok pakai parfum merk apa ya? Saat dia lewat, seruangan dipenuhi wangi si dia. Di dinding bekas dia bersandar pun, masih ketempelan parfumnya! *Ini penting tapi lupakan ya.*

Cowok-cowok Albania, Austria, Republik Ceko, atau Kroasia memang tidak se-macho para cowok Eropa Selatan, tapi mereka adalah para cowok yang akan membuat para cewek meleleh karena terlalu cute.

Selain memiliki muka perpaduan dari wilayah Eropa di sekitarnya, para cowok Eropa Tengah juga sangat pemalu, lho. Anehnya, mereka tidak akan malu mabuk dan sok jadi lelaki saat bersama teman. Namun, mendadak jadi sok misterius tapi sebenarnya malu ketika berhadapan dengan lawan jenis.

Meskipun para cowok ini bisa jadi sangat cerewet, terbuka, dan senang bercanda, tapi entah kenapa mereka kebanyakan lebih memilih pasangan dari kultur yang sama. Yah!

The humblest easterners: Si paling soleh dari timur

Apakah cowok-cowok dari timur Eropa belum terdeteksi radar? Then it has to be! Faktanya, mereka adalah para true gentleman dibandingkan cowok Eropa mana pun!

Oke, secara penampilan, cowok-cowok Eropa Timur memang tidak se-stylish cowok Eropa Utara. Tapi jangan salah, cowok-cowok ini juga kebanyakan mengerti teknologi dan sains. Banyak cowok dari Romania, Latvia, Polandia, atau Lithuania yang saya temui bekerja di bidang IT bahkan arsitektur.

Tapi karena sering mendapatkan imej negatif soal bangsa gipsy yang hobi mencuri, penduduk Eropa Timur banyak dinilai sebelah mata oleh penduduk Eropa lain. Makanya, para cowok Eropa Timur yang saya temui, biasanya akan lebih banyak berkicau tentang pekerjaan dan sekolah. Mereka tidak ingin dicap bodoh oleh bangsa lain, jadi topik soal hot job dan cool university adalah yang sering dibicarakan.

Pada umumnya, cowok-cowok Eropa Timur sangat rendah hati, tidak terlalu peduli dengan tren terbaru, dan cukup hati-hati saat mendekati cewek. Mereka tidak akan pernah seagresif para Casanova ataupun seniat cowok dari Barat. Tapi nyatanya, mereka tetap bisa menunjukkan sisi maskulin dan menjadi gentleman yang seperti para cewek inginkan.

Kalau cowok-cowok Eropa lain masih ingin memikirkan karir dan masa depan, para cowok Timur justru tidak takut pada komitmen dan pernikahan. Lucunya, entah kenapa saya merasa cowok-cowok Eropa Timur kadang terlalu jujur terhadap perasaan mereka ke lawan jenis. Tidak terlalu misterius dan terkesan mudah ditebak, layaknya cara pendekatan cowok-cowok Indonesia.

Dibandingkan wilayah Eropa lain, para cowok Timur juga termasuk yang paling religius. Meskipun tidak ingin mengaku sebagai orang yang keluar masuk gereja tiap minggu, tapi sedari kecil mereka sudah ditanamkan untuk mempercayai sesuatu Yang Besar di alam ini. Superb!

Nah, kalian sendiri, lebih suka cowok Eropa bagian mana? ;)



Komentar

  1. hanya punya beberapa kenalan dari western europe dan gue setujuuu! hahaha.. dan nice to know others type heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaay! Kayaknya sepikiran ya tentang cowok2 Eropa Barat ;)

      Enjoy the rest!

      Hapus
    2. Nin,, aq kenalan sm cowo ireland yg aduh bikin nyaman bgt n dia jg pernah bantu aq maslah uang, tp maslahnya dia suka ngilang2 dan kadang aq chat jg cm dbaca aja, sumpah jd bingung bgt harus gmn pdhl klo kita ada chat dia tuh kayak meyakinkan aku gt akan keseriusan dia, tp dia suka ga ad kabar dgn blg dia sibuk, sumpah aq jdnya ud chat buat mutusin dia, tp itu pun dia cm baca doank, gmn ya nin, ksh saran donk

      Hapus
  2. Artikelnya informatif dan komunikatif juga sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Sebagai seseorang yang pernah dekat dengan cowok Polish, saya setuju. Awal berteman dia bisa menjadi sangat tertutup, humble, dan juga sweet. Tapi ketika seorang Polish jatuh cinta, he will treat you like a princess! A true gentleman indeed.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah berbagi pengalaman.

      Sama sih. Pernah juga nongkrong sama cowok Polandia yang berakhir flirting di bar. Meskipun doi hanya bawa sepeda, pas pulang tetep aja niat pengen nganter sampe stasiun kereta. Gentleman!!

      Hapus
    2. How about Serbian man? Aku lagi LDR sama cowok Serbia nih mbak 😀

      Hapus
    3. Udah pernah ketemu belom? Kalo belom, mending ketemuan aja dulu. Mereka tipikal cowok Eropa Timur yang royal kok :)

      Hapus
    4. Nanti dia mau ke Indo mbak buat ketemu dengan saya. Doi dah berumur sih mbak, goals lifenya udah mengarah buat punya keluarga dan anak. Bisa dipercaya ga sih mbak omongan mereka? Jujur saya agak sedikit ragu. Lah jadi curhat gini ke mbaknya 😃

      Hapus
    5. Sebenernya kalo udah berumur sih, ya gak seababil anak muda. Tapi mending ketemuan aja dulu langsung. Cowok bule sama aja kok kayak cowok mana pun, kalo belum ketemu, belum ketauan sifat aslinya ;)

      Good luck!

      Hapus
    6. Hi amel, boleh minta contact emailnya, mau tanya soal serbia karena ada rencana mau kesana taun ini, aku juga lg ldr sama cowo serbia, kali aja bisa bagu tips :)

      Hapus
    7. Hi amel boleh minta contact emailnya, rencananya taun ini mau ke serbia, aku juga ldr sama cowo serbia. Kali aja bisa bagi tipsnya :)

      Hapus
    8. Wah kayaknya cowok Serbia hits juga ya. Saya juga lagi deket sama cowok Serbia. Mereka baik, and gak segan2 mengakui keberadaan kita sebagai teman specialnya di depan keluarganya. Mbak Amel udh 2 thn berlalu, pasti udh berhasil ketemu ya?

      Hapus
  4. How about Portugal man? Mbak saya juga lagi LDR nich sama cowok Portugal...kami baru berhubungan sebulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah ketemuan belom? Ketemuan aja dulu, baru tau sifat aslinya. Mereka tuh saya kategorikan sebagai Cassanova ;p

      Hapus
  5. Cowok Bosnia emang cakep kak, dekat cuman di awal mugkin btl lebih tertarik sm cewek Bosnia juga..
    Sekarang dkt Sama Casanova karakternya cucokk.. Hahahaa..katanya mau dtg Indonesia, srius atau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes! Datang aja dulu, terus ngobrol. Liat deh, chemistry-nya kalo udah ketemu langsung, masih sama atau kamunya jadi ilfil ;)

      Hapus
  6. Ka mau tanya, kalo cowok Netherlands masuk yg mana yah? 😅😅 aku lg deket sama cowok netherlands dan aku agak susah percaya sama orang 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanda kan masuk Barat-nya Eropa. Jadi yang mana hayooo??

      Hapus
    2. Belajar geography ama english dulu.. Tonk

      Hapus
  7. Informasinya sangat membantu mbak
    saya lagi pacaran nih sama orang sweden....Dlu pernah putus eh dianya balik lagi...Cuek banget selama pacaran bilang I love you 1x doang.hhh
    Terus mau ketemuan aja ribet banget berdebat dlu milih negara yang mau dikunjungi.Di tawarin ke Indonesia aja katanya sulit. ..kendala biaya kali ya !!! hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok Skandinavia baru mau bilang 'I love you' kalo dia betul2 mean it. Bukan yang tebar kata2 manis cuma demi menyenangkan pasangan doang ;>

      Aku juga gak paham kenapa cowok Utara susah banget buat diundang datang ke Indonesia. Beda banget sama cowok Barat yang mau bela2in datang. Mungkin jarang ada tiket promo kali ya dari Utara ke Indonesia ;p

      Hapus
    2. Betul katanya tiketnya terlalu mahal 😂😂😂 , betul yang dikatakan mbak nin cowok Eropa tengah/ Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁😁

      Hapus
  8. Aku jadi bingung antara Spanyol, Jerman ama Rusia nih😂 pilih Mana yak😅😆

    BalasHapus
  9. Hi kak.. aku abis baca blognya dan kayanya emang bener banget wkwk jd waktu itu aku liburan ke pulau dewata bali, aku nginap disebuah resort dan aku bertemu sm cowok Polish (tau polish pas denger doi ngomong dan temenku liat di social medianya) yg awalnya aku anggap biasa aja. Pertama ketemu dia itu duduk disamping aku waktu sarapan bersama keluarganya, ada sih eyecontact cuma itu biasa banget kok.. nah terus ketemu lg di pool, doi lg jemur2an terus aku duduk disebelah bed nya (ga sadar kalo dia lagi) nah disitu aku ngerasa ada yang agak beda karna dia selalu ngelirikin aku, apalagi kalo doi bolak balik dr pool (baper ala cewe indo wkwk) terus lama banget aku disitu doi ga ngajak ngomong dan yaudah dehh aku balik ke kamar dan aku cerita ma temen aku.. entah gimana temen aku detective bgt, temenku dpt social medianya doi wkwk dan aku ga berani follow atau dm etc.. gimana ya? Apa yang harus aku lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum kamu mikirin kebangsaannya, coba posisikan dulu si cowok ini orang Indonesia. Apa kamu berani langsung DM atau follow? Hehe. Kalo kamu berani, bisa jadi bagi si cowok, kamu creepy! Soalnya udah stalking dia dan bela2in DM segala ;p

      Di Eropa pun sama aja, kalo kamu tiba2 nge-add atau DM sosmed-nya, si cowok ini pasti bingung. Mereka mungkin bakalan berpikiran, agresif bener nih cewek. Yang aku tahu, cowok Timur emang beda sama Utara. Kalo cowok Utara Eropa, lebih condong pengen di-agresifin. Kalo cowok Timur, mereka lebih santai, malu2 kucing, tapi sejatinya tetep mereka yang pengen maju duluan. Gitu.

      Taaapiii.. kalo emang beneran pengen negor dan kenalan, ya silakan aja sih.

      Hapus
    2. Ya ampun pas bgt dpt web ini. Kebetulan aku berkenalan dgn sorg pria swiss yg bekerja di penerbangan di jerman, but skrg dia lg ada di yogjakarta.awl berkenalan lewat aplikasi ksh gtu,dia duluan yg mengajak berknlan & dia menjelaskn data pribadi dia,dia sorg pilot yg sibuk tdk sempat membuka dating yg masuk,lalu dia menyuruh q u/ memberitaukn no hp / wa aq melalui e-mail dia.pesan dr dia tu udh 3 minggu baru aq baca.aq pun mmbls pesan & mengirim no hp q lewat e-mail dia. Aq hny menunggu 10 menit dia lgsg menghubugi q lewat wa. Jantung q bedebar" min,tdk pnjg lebar,dia lgsg vc aq. dia bicara,dia meminta q ke yogjakarta u/ bertemu dgnnya,masalah ongkos dll dia akan bertanggung jwb kn,dia jg blg saya tidak pelit,awalnya aq ragu & takut, pas dia blg ke aq,kalo kamu takut & ragu silakan mundur.sya hny mau berkenalan sm sorg yg dewasa bkn kekanak-kanakan & pola pikir yg dewasa,di stu aq terdiam gk bs jwb apa".vc pun lgsg di matikn sm dia. Lalu dia menchat aq lg dia meminta maaf jk dia mengangu q,dia hny butuh org yg serius bkn yg kekanakan. Akhirnya aq menjlskn alasan aq, lalu aq berjanji akn menemui dia.lalu dia blg ke aq, kabarin aja tanggal dan kapan mau ke sini biar dia mnt atur izin dr kantor supaya dia bs menjemput q di bandara dan menemani q bbr hari di yogjakarta. Aduuuu... ksh pendapat donk guys.. !!!!!

      Hapus
    3. Halo yang curhat tgl 11/3 di atas, makasih udah nimbrung :)

      Anyway, ini si lelaki umurnya berapaan? Daripada dia repot2 yang undang kita ke Jogja, napa gak dia aja yg nyamperin kita? Terus di Jogja tinggal dimana dong? Hotel? Dia juga yang bayarin?

      Baru pertama kenal udah seroyal itu? Sounds too good to be true. Mending be aware aja, kalo menurut ku sih.

      Hapus
    4. for me, its also sounds pretty weird.
      jangan mudah percaya mbak.
      kalau emang mbak punya kenalan lain di Jogja, mba bisa hubungi temen mba yang lain. just in case he doesnt meet you.
      and even he told that he will offer anything for you make sure you also have enough cash for taking care your self.

      Kalau mbaknya merasa yakin silahkan temui dia, tapi jangan lupa sama saranku di atas. heheh
      Good luck

      Hapus
  10. Sy lg dkt sama cwok portugal mix india.mommynya portugal,alm. daddy nya india.Dia ank tungga,usia 38thn.knl di sosmed dr akhir maret.tp lom prnh ktemu.Ldr an via chat and vc tp itu pun tdk intens.tetapi emang sih sy gak prnh vc/tlp dia duluan kecuali dia yg duluan krn sy mo liat seberapa serius dia ama sy.Di awal pdkt intens sih ,dan dia slalu blg mo seriuslh mah aku,mo long term relationship and merit ama saya.Dan jika kamu serius,blh kah sy dtg pada liburan saya nanti di bln juli?Saya blg sih "welcome saja jika kamu mau dtg.buktikanlh.Dan dia jg blg bhwa dia ga mau sama cwek sana Krn pada gak mau long term relationship sdgkn dia mau.Makanya dia trtarik sama profil sy waktu dia lihat.Dan dia blg ke saya utk tunggu dia,dia akan segera dtg.Awalnya juli dia blg mo dtg.Tp ada kendala skrg,dia blg bhwa mommynya lg skit(prnh operasi tumor),dia worries bgt mah kondisi mommynya yg srg kluar msuk Rs.Dan belakangan dia jd jrg nongol utk chat saya.Dan sy chat dia jg kdg cumn di read aj.Dan trakhir skitar seminggu yg lalu dia chat blg "please wait for me.We'll meet soon.So,apakah mnurut Sis,omongan dia bisa dprcya??Sy bingung dgn sikap dia.Sy gak mau lg chat dia duluan krn tdk dbls.So,what can i do?mohon pencerahannya sis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai..

      Duh, aku mah ya.. jujuran aja, skeptis sama cowok India. Apalagi mixed Portugal. Emang sih, semua cowok gak bisa disamaratain. Tapi entahlah, cowok India tuh sok kegantengan dan agresif banget, imho. Kadang saking agresifnya, gak mikir sama manner dan attitude lagi.

      Kamu kayaknya mesti baca postingan terbaru aku tentang ‘Bule Online’ deh. Jujuran aja, aku bukan peramal yang bisa tau si doi serius atau gak :D Yang hanya tau keseriusannya ya hanya dia sendiri.

      Kalo udah kelamaan chatting di dunia maya, mungkin aja dia bosan? Nyuruh dateng ke Indo pun gak segampang ngundang dari Bogor ke Medan. Udah lintas benua gini, ongkosnya mahal. Belom lagi kalo dia punya banyak kerjaan dan urusan :)

      Ya.. tergantung mbaknya aja sekarang. Kalo masih nyaman textingan buat fun, ya silakan. Tapi gak usah diambil hati banget kalo dia sampe gak serius. Buang2 waktu sih iya, tapi senggaknya gak sampe rugi yang laen2 (I hope).

      Hapus
    2. Bener ya didunia peronline'an pun bejibun cowok india, disetiap app yg aku main ada mrk. ada beberapa yg baik cuma menurutku rata2 mereka cowok penggoda 😂

      Hapus
  11. Thanks ya mba sarannya

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo..

      Thank you banget ya udah sharing pengalamannya sama cowok Hungaria! Seru banget dibaca ;)

      Hapus
    2. Sama-sama makasih banget udah dimuat komen saya seus ;)

      Hapus
  13. hai.. kalo Bosnia itu termasuk selatan ya berarti? apa tau karakter lebih spesifik lg ttg Bosnian selain wangi parfum yg menempel di tembok? haha. Baru dapet kenalan orang Bosnia tp stay di German. Baru chat aja sih.. kesan pertama orangnya sopan. mungkin krn dia muslim juga kali yaa. krn kalo kenal cm lewat chat banyak yg cuma mau dirty talk -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gokil sih ini!
      ((Selain wangi parfum yang menempel di tembok)) 🤣

      Aku sebetulnya belom pernah ngedate langsung sama cowok Bosnia sih. Aku juga gak bisa masukkin mereka ke tipe2 cowok Selatan, karena mereka tuh sebetulnya malu2 kucing juga. Gak kayak cowok2 Selatan yang “jual tampang dan gombalan”.

      Yang aku tau sih, cowok2 Bosnia suka mobil mewah. Haha! Apalagi kalo mereka asli Bosnia, tapi udah lama tinggal/lahir di negara Eropa yang lebih kaya, biasanya royal banget :D

      Ngobrol aja dulu sama orangnya. Jangan berpikiran jauh dulu. Tau sendiri kan cowok internet gimana, abu2. Gak bisa ditebak gimana karakter aslinya ;)

      Hapus
  14. Wahhh keren article nya. Kebetulan Pacar Ku orang Polandia Sudah 3 tahun long distance. Doi sih baik banget, Tapi sayang Sikap nya misterius gitu. Susah Di tebak karakter nya . Dan dia juga nggak romantis! Cwok Poland nggak Se Romantis Cwok Italy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok Italia tuh bukan romantis, tapi tukang gombal! Haha.. Mereka tuh emang bermulut manis dan tau banget nge-treat cewek kayak gimana. Mereka juga tau kalo cewek tuh suka cowok maskulin, butuh dimanja, butuh perhatian, ya makanya mereka sebisa mungkin kasih itu semua ;) Then again, watch out!

      Hapus
  15. Klu cowok rumania gimana sih orangnya, soalnya adik aku pacaran sama cowok rumania. Mereka udh pernah ketemu dan rencana mau nikah. Bulan depan cowok itu mau datang lg ke indonesia mau ketemu sama orangtua kami. SAya kadang takut klu nanti adik saya nikah dan dibawa kenegaranya. UMurnya 39 tahun

    BalasHapus
  16. Aku suka cowok balkan, karna cowo ku dari bosnia. Emang muka nya campuran gt ya... dan sifat nya emang cerewet klo sm pas asngan. Jaga banget...

    BalasHapus
  17. Cowok romania membingungkan, agak kesan misterius dan tertutup gitu. Tapi saat aku bilang "kamu orang yang tertutup aku sulit menemukan percakapan denganmu". Eh dia bilang dia hanya malu dan bingung merespon gadis cantik. Lah kok dia jadi gombal. Krena chat pendek-pendek, aku bingung apa maksud dia.Membosankan. Harus di chat duluan. Apa mungkin karena belum lama kenal ya...dia dekat banget dengan keluarganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener...pemalu. tapi kalo dah kenal, malu2 in . Suka bercanda juga dan bahkan kadang keterlaluan kalo dah bercanda. Gak gampang bilang I love you. Dan kalau dah bilang I love you, gak perlu lagi dia ucapkan lagi karena dia gak akan berubah dr apa yg dia pernah bilang ( itu kata cowok aku sih 😅). Pernah berantem karena pasal ginian 😂. Tapi habis itu aku lebih bisa memahami dia. Karena cinta bisa dilihat bgm dia memperlakukan pasangannya, bukan dengan hanya kata2 aja. Itu kata dia 😁. Dan aku bisa jadi lebih kreatif dalam membangun hubungan ini agar terhindar dari kebosanan, Krn sikap pemalu ya kadang lebih dominan juga.kami masih terus berjuang, sih...gak tau kedepannya .

      Hapus
    2. Hi mbak, aku lagi pacaran LDR jg sm cowok Romania. Emang gitu mbak, gmau chat duluan. Tapi orangnya sopan bget dan sayang kluarga. Mbaknya msih dating sma dia?

      Hapus
  18. My ex fiance orang kosovo ,masuk dlm negara Balkan. Anak emak banget. Jadi kalo mau ambil hati anaknya, deketin juga emaknya dan ambil hati emaknya.kwkwkwk... dah lah, He was once in my heart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang masih sama orang Kosovo itukah? Aku sama orang Albania tapi belum pernah ketemu an🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Sama😂

      Hapus
  19. My ex from Netherlands. Baikk banget, warm dan saking warmnya ke cewe lain juga warm haha, rada gedek sih,baper kan aku. Tp Pas lagi cinta2 nya nurut bgt haha. Pendirian dia kuat (dalam arti agak stubborn). Sayang ada masalah, jadi mantan juga akhirnya :( padahal tahun ini mau nikah. Mungkin perpisahan ini hny sementara, semoga kami diperstaukan kembali oleh Tuhan setelah si dia dan aku menjadi pribadi yg lebih baik . AMINN.��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada sama yang lama, kenapa gak cari yang baru aja? ;)
      Susah kalo nungguin cowok berubah sih.

      Hapus
  20. gimana sih caranya biar bisa ketemu sama cowok eropa di medsos???

    BalasHapus
  21. ikutan dong sharing mengenai cow bule,. baru bulan ini si ketemu dngan cow spanyol melalui dumay,umurnya sih udah lumayan dan mengapa sy trtarik dngan dia cz slama chating sama dia orang'a sopan sorry ga sprti turky or india yg cuma maunya naked piktore rata2 lagi mereka begitu dan kasar pula klo ga di kasih,.syukurnya pria spanyol ga gitu dan bln dpan dia udah janji mau ke indonesia,.
    semoga aja dia baik orangya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya buat sharingnya :)
      Ayok ketemuan dulu soalnya di IRL sama dunia maya biasanya jauh beda.
      Sukses ya.

      Hapus
  22. wah sangat bagus artikelnya...
    bagaimana dengan cowok dari Albania?
    soalnya aku lagi deket sama cwo Albania yang usianya lebih muda dari saya.

    BalasHapus
  23. Cowok inggris masuk yg mana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brexit tuh xD
      Aku belom pernah sama cowok Inggris.

      Hapus
    2. Ex aku cowo Inggris, pendiriannya kuad banget wkwk. kadang kalo telfon saking cepetny dia ngomong suka kelewatan bbrp kata, gara2 beda keyakinan makanya jadi ex:( dia ateis. sm dia kek blm bisa lupain si mantan gitu. padahal uda ada rencana buat merit

      Hapus
  24. hey, topiknya superb hot dan membantu banget buat yang penasaran sama karakteristik cowok2 europe. *terutama yg lagi pdkt sama cwok sana hahaha. sering2 ya. love it

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much! Glad you love it.
      Tapi apa yang aku tulis ini sebetulnya terlalu umum sih. Karena kan gak semua orang punya kriteria yang sama miripnya seperti di atas ;)

      Hapus
  25. Betul katanya tiketnya terlalu mahal 😂😂😂 dan cowok Eropa tengah/Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang. Soalnya finansial/love culture cowok2 Eropa Timur 11-12 sama cowok2 Indonesia. Makanya buat beli tiket ke Indo pun mikir 2x.

      Hapus
  26. Haii kak, aku baru kenal cowok Austria ni dia tamuku di hotel ehh malah jdi cinlok 😅 umurnya udh 40 dia punya anak 1 dari gf nya dia huffff apa iya ya kalo mrka udh umurnya segitu jdi agresif bgt wkt pertemuan terakhir aku dipeluk dan dicium sm dia, apa iya mrka seagresif itu ya 😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh gak juga kok. Bisa juga karena cowoknya keganjenan atau gak nangkep “sinyal” kamu salah.

      Kalo pelukan sih wajar ya. Soalnya disini pun kadang lebih enak pelukan, biar gak terkesan formal banget—ketimbang jabat tangan :) Ciumnya pipi apa dimana dulu nih? Kan some clues are different :)

      Hapus
  27. Wahhh ... Saya lagi dideketin laki2 portugal yg casanovaaa ..
    Jadi merasa digombaliin... ����.
    Dia suka manggil saya princesss wkwkwkw...


    Klo gantengnya, emang ganteng siih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ati2, jangan kemakan rayuannya :b
      Mereka tuh mulutnya kemana2. Gak hanya ke kanan, kadang flirtingnya juga ke kiri.

      Hapus
  28. Hy mbak. I found your article and its so interesnting hahha also with the some comment of the people. Hahah saya juga lagi deket sama cowok spanyol tpi dia tipe org yg jarang banget ngegombal, or say something sweet. Tp jujur saya akui mereka tipe cowok yang jujur banget. Sy udah kenal sama cowo ini selama kurang lebih 2 bulan, we met in my region, dia dtg ke indo pake kapal pesiar dr perusahaannya. He is a capten. Dan sy suddenly met him like destiny (wkwkw baper ala cewe indo). Dia org yang bisa humoris gila bgt dan bisa serius bgt. Sebenarnya ini pertama sih bgt buat sy bisa dekat banget sama bule, biasa ya hanya sebatas ngobrol aja, but he is totally different. Hubungan kami sekarang gak jelas statusnya apa hahah maybe just friend with benefit or apalah haha saya aja bingung, is he like me or not. Sekarang dia udah leave dr indo dan gak tau kapan balik lagi hahah but we still communicate as well. Dia ngirim foto, vid call, chat walaupun gak everyday, mereka tipikal cowok yg jarang bgt ngechat like you said. Sekarang masalahnya ada pada saya. I can't move on dari dia. I really in trouble. What should I do ? Hahaha I'll so happy if you can give me some advice. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua bulan kenal, textingan lancar, lalu tinggal, tiba-tiba baperan. Yakin ini beneran baper, apa hanya karena doi bule doang nih? ;)

      Menurut ku kalo baru 2 bulan gini, ya jangan dibawa perasaan banget. Emangnya kenapa sih udah bingung sama status? Mau langsung diajak pacaran dan dinikahin gitu? :p Kan belom tau juga kapan dianya mau balik ke Indonesia (atau mana nih, secara kamu cuma nyebutin 'region'?).

      Santai aja. Let it flow. Jangan ngebut, karena bisa jadi doi malah udah kawin atau beranak di negaranya. Ngobrol aja dulu sampe bosen ntar baru tanya lagi kapan mau kunjungan biar enak ketemuan dan ngobrol in real life.

      Hapus
  29. Hahhaha bener bgt sih mbak Nin. I have to face the reality yah kalau mmg seperti itulah adanya. Hahhaha I have to wake up. Dan skrg aku udah totally sadar dan tdk bermimpi lagi. Not anymore. Like what you say 'let it flow'. Thanks by the way. *bighug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa berkhayal punya hubungan spesial sih. Gratis ini juga. Tapi jangan sampai menutup kesempatan membuka hati sama cowok mana pun ya, karena yang ini gak jelas gimana futurenya ;)

      Terima kasih juga udah sharing di blog biar dibaca sama yang punya problem sama :)

      Hapus
  30. Hai mbak nin, aku mau sharing... aku lagi deket sama cowok hungary. Baik banget asli dan sangat sopan ya. Tidak pernah bicara yang nyeleneh. Bicaranya selalu berbobot. Dan saya baca sharing mbak wulan diatas tentang cowok hungary itu emang bener. Mereka lebih deket ke mamanya. Dan suka memasak, berkebun, hal hal yang biasanya wanita indonesia lakukan. Bersihin dapur. Cuma aku agak worried perihal agama sih, aku belum berani sharing ke dia lebih dalam perihal agama karena takutnya udah hopeless duluan sebelum berjuang gitu. Kebetulan PDKTan aku ini campuran budaya antara serbia dan hungary dan kerjanya kadang di canada. Tapi seneng sih karrna orangnya sangat welcoming bgt. Hahaha thankyou sis udah ngeluarin artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai..

      Makasih ya udah sharing. Cowok Eropa Timur emang budaya dan point of view-nya mirip2 Asia sih. Jadi no wonder lah kalo kamu ngeliat mereka sopan dan rada shy di awal.

      Soal agama, menurut aku tahan aja dulu. Jangan biarkan agama memblok2 kita dengan dunia luar. Bukannya apa, tapi kalo baru sebatas teman dan pacaran, menurut aku biarin aja dia belajar semua tentang kamu dulu. Jangan "ditakuti" duluan perihal agama.

      Nanti kalo udah jelas future-nya gimana, baru kalian bahas lagi soal keyakinan ini. Yakin aja, kalo emang cara kamu menyampaikannya benar dan dia juga berpikiran terbuka terhadap budaya dan keyakinan kamu pilih, kedua pihak bisa sama-sama belajar memahami dan bertoleransi kok :)

      Hapus
  31. Lg deket sm cowok dr Elbasan Albania tp stay di hamburg jerman . Sopan, mandiri, senyumnya imut, suka becanda,
    Dia kriteriaku bgt, nyaman bgt sm dia, tp sayang dia harus memilih dr kultur yg sama untuk dijadikan pasangannya, meskipun begitu kita tetap komunikasi dg baik, karena aku menghargai adat di negaranya. Yaa semoga saja ada keajaiban dia jadi sama aku .. #Ngarep Hahahaha .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang tipe cowok Timur banget sih ini. Biasanya emang ada campur tangan pihak keluarga yang lebih prefer cewek dari kultur yang sama. Soalnya lebih enak ngobrol sama keluarga dan nyambung budayanya.

      Sabar ya :)

      Hapus
    2. Hi nisa klo boleh tau siapa namanya yaa soalnya aku jg lagi deket sm cowo dr elbasan albania dan stay di hamburg jerman takutt sama wkwkwk

      Hapus
  32. Hii ka .. aku mau cerita juga ni .. jdi aku lg dekat sm cowo prancis.. orangnya baik, ga pernah ngomong yg ke arah2 ngetif.. tapi yang aku bingung .. terkadang ketika lg bahas topic menyenangkan di balesnya cepet bgt kadang di jg pake emoticon2 kiss.. tp bisa tbtb chat aku di read doang .. apa memang cowo prancis seperi itu ya ka? Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini sih, tanpa kamu bilang asalnya dari A, B, C, udah ketebak kalo dia cuma butuh temen ngobrol doang. Pas lagi bosen, gencar tuh ngehubungin sampe balesin teks yang sweet banget. Abisnya, dilepehin, whatever gitu.

      Udah ah, jangan baper. Bales dendem aja sekalian biar dia nyariin kamu terus. Soalnya cowok-cowok Prancis tuh malah demen ngejer ketimbang dikejer ;>

      Hapus
  33. Saya punya teman orang Ukraine bagaimana ya sifat” mereka kak thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada kenalan sama cowo Ukraine dari Februari 2019, orangnya agak mesum kaya India hehehe suka banget tiba-tiba ngechat untuk bilang kalau dia sekarang lagi h*rny. Sekarang udah ga komunikasi lagi sejak Juni.

      Hapus
    2. Aku juga pernah kenalan sama orang Berlin, dia juga agak mesum pernah kirim foto anunya. Dia bilang kalau dia itu udah sering berhubungan badan sama cewe lain disana.

      Hapus
    3. Cara tau sifatnya?

      - ajak ngobrol panjang lebar
      - ajak makan bareng
      - ajak ketemuan sering2
      - ajak jalan2

      General banget kok! Tanpa perlu nyebutin asalnya dari mana :p

      Hapus
    4. Hai hai Rutro..

      Kalo semua cerita kamu tentang cowok horny, menurut ku gak bisa menggeneralisasi semua cowok begitu. Lagian kalo kamu cuma kenalnya lewat internet, wajar banget cowok begitu sih tanpa nyebutin asal negaranya. Lha, di Indonesia aja banyak kok yang begitu.

      Menurut ku, kalo kamu kenanya sama cowok horny-an mulu, berarti kamu mesti pindah platform dating site ;D

      Hapus
  34. Kak Nin atau teman-teman lainnya punya pengalaman dekat sama orang Turki kah? Itu apa benar sama aja kaya India? Gila sex? 2 bulan ini aku ada dekat sama cowo Turki yang mana dia ini bapa nya Turki mama nya Romania, tapi sudah 2 tahun tinggal dan kerja di Jerman. Dia juga cerita kalau dia pernah berhubungan s*x sama pacarnya dulu di Turkey dua kali. Ada komentar soal ini kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau komentar apa dong? Kan masalah seks itu masalah individu ;)
      Kamu kira cowok Indonesia semuanya masih perjaka? Banyak kok yang juga udah ngeseks sama pasangannya.

      Kamu berkali-kali nyebutin asal negara cowok yang gila seks, tapi di Indonesia juga banyak cowok yang hyper sex. Menurut ku kamu mesti lebih berpikiran sedikit terbuka kalo mau lanjut kenalan sama cowok asing. Kalo kurang nyaman ngobrolin seks, ya jangan lanjutin.

      Kalo pengen cowok yang masih perjaka, jangan kenalan sama cowok asing. Pasti hampir semuanya gak perjaka lagi itu sih.

      Hapus
  35. Hi mbak Nin, salam kenal. Aku lg deket sama cowok asal Sweden. Dia udah 40, dan aku 29. Kenal sekitar 2 mingguan. Kami komunikasi masih via email. Dan bener sich, dia jarang nanya kabarku 😂 terus kalau Sabtu sama Minggu dia gak balas email. Enaknya dia ini kalau telas balas email sampai 2 harian ntar ngasih alesan, ngejelasin kenapa telat. Atau sebelum itu udah bilang kayaknya 2 hari bakal sibuk, maaf kalau telat balas. Dia bilang dia kerja usaha sendiri, konsultan githu. Dan yg bikin aku tertarik dia ini sopan dan respect banget ma aku. Mau nanya hal2 yg agak privasi dia mastiin dulu apa aku gak masalah terus kasih tahu ke dia kalau dia nanyanya ngelewatin batas. Seminggu kita 2 atau 3 hari email2 an. Menurut mbak Nin, bagusnya gimana cara menangani cowok Nordik ini? apa aku harus terus email dia duluan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, kalo baru 2 mingguan, apalagi lewat email, ya let it flow aja sih kata aku. Tanpa melihat dia asalnya dari mana, kayaknya pendekatan model begini juga balik lagi ke individunya :)

      Ngobrol aja dulu lebih jauh. Kenalan. Susah menilai orang hanya dari texting sih. Tapi intinya; JANGAN BAPER dulu! Udah itu aja ;D

      Hapus
    2. Kita kenal lewat dating site mbak. Dia minta email. Sampai sekarang masih email2 an sich. Dari awal udah tak jelasin kalau aku nyari hubungan serius. Dan dia juga. Bener kata mbak Nin,JANGAN BAPER! saya berusaha begitu mbak😂 karena baca blog mbak ini, sekarang saya berani email dia duluan, kalau 2 hari gak da kabar 😂 awalnya gengsi sich. Di dating site dia jg jarang online, seminggu paling 1 kali. Setiap aku email dia bales juga, apa aku coba gak usah email dia ya mbak? Nunggu dia email duluan..?

      Hapus
    3. Iya. Tau kok. Emang kebanyakan kalo yg belom pernah ketemu tapi cuma texting2an dimulainya dari kenalan secara online :)

      Ya kalo dari aku, kalo emang tertarik mengenal satu sama lain, jangan jual mahal. Kenalan aja lebih deket. Nanti kalo dia beneran serius, dia bakalan nyamperin kamu kok :D Sekarang mah anggap aja kayak temen aja dulu yg baru kenal & pengen tau lebih dekat.

      Hapus
  36. Pacarku blasteran Portugal-Indonesia. Doi tinggal di Portugal dari kecil sampe smp, setelah itu baru pindah kesini. Perangainya kurang lebih mirip sama yang disebutkan di atas😂 lucu, ramah, sedikit agresif but still ok. Kadang suka kesel sendiri kalo liat doi lagi dideketin cewe-cewe, tebar pesona banget! Tapi ya kembali lagi ke orangnya. Doi emang udah serius kok ngejalanin hubungan, jadi mau tebar pesona ke cewe manapun tetap aja dia bakal jaga jarak dan jaga hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyeee.. mampir ke sini mau pamer pacar blasterannya nih ye ;p

      Sepengalaman aku, para cowok2 asing yang udah pindah ke Indonesia, perangainya emang udah gak 100% bule lagi. Lebih mirip cowok Asia yg kalo ganteng dikit mulai dah tebar pesona, apalagi ni cowok tau mukanya “gantengan dikit” dari populasi Indonesia.

      Semoga awet ya kalian berdua. Makasih udah mampir ke sini ☺️

      Hapus
  37. Hi, sis. Terima kasih sudah mengulas soal cowok eropa ya. Kebeneran aku lg deket sama cowo rumania. Sesuai banget sm ulasan mu. Dia tuh lbh suka bahas soal pekerjaannya. Dan dia juga religius. Orangnya juga jujur. Dia duda, pny anak 1. Aku sih masih anggap tmn aja. Belum ada niat lbh jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tau ga mba namanya siapa?aku juga ada kenalan orang rumania stay diinggris duda anak 1😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Kalo boleh tau namanya siapa ?
      Dikhawatirkan org yg sama 😂😂😂

      Hapus
  38. Ka boleh nanya ga ? Biasanya tipe" idaman cowok polandia tuh kaya gmna sih ka ? Niatnya akhir tahun dia mau ketemu aku , dia mau ke indo tapi aku takut & malu .

    BalasHapus
  39. Kalah type albania kaya gimana sih mba, kebetulan lg deket sama cowo albania, but so far dia serius dsn udh dtg kerumah, cm karna br brp bln jd blm ngerti sifatnya dia, kenal di kenalin sama temen, dan dia bener desain di sallah satu sepatu brand di dunia, so far sjh baik dan care sama anak anak ak, klo am kerja dka suka mesen gofood dikirim kerumab buat anak anak ak, tp ak ngerasa ga enak .Hehehee terlalu lebai deket ama bokap jg gt🙄😫cm ngeri disakktin lg ama bule.. Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya kerjaan kamu tuh sekarang gampang banget; ya itu... mencari & mengenal lebih jauh sifat dia :)
      Mau Albania, Jerman, Spanyol, gak ada hubungannya lagi sama kewarganegaraan sih kalo menyangkut keseriusan. Lha cowok Indonesia aja bisa gak serius setelah menjalani hubungan bertahun2 ;)

      Yaaa.. tapi kalo dia udah tinggal di Indonesia sih, biasanya budaya udah ngikut Indo. Cuman karena Albania masuk daerah Balkan, coba kamu cek di atas, kira2 aku nulisnya gimana cowok2 Balkan ☝️ hampir 11-12 sama cowok Indonesia.

      Good luck! :)

      Hapus
  40. halo mba nin... tau gmana gak karakter cowo belgian.. aku ada kenalan sama cowo belgian but dia skrg tinggal di jerman.. dan Alhamdulillah seiman sama aku.. aku bingung klo mau yext dia.. krna bales nya kadang singkat kadang udah talkative banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Eropa, Belgia masuk ke Eropa Barat. Coba gimana aku deskripsikan tipe2 mereka secara general di atas? :)

      After all, aku bukan dukun yang tau semua karakter tiap orang. Balik ke individunya masing2 itu sih.

      Hapus
  41. Hi mbk nin..aku mau sedikit cerita aku ldr an sama cwok itali dan kami belum pernah ketemu dia bilang dia mau serius sama aku pengin menemui aku dan keluargaku tpi aku jadi ragu karena kebanyakan artikel mengatakan cwok itali emang banyak casanova alias playboy menurut mbk dia serius ngga sma omongannya aku jadi ragu...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. I don’t know ~
      It’s you who talk to him. I don’t know him :)

      Masalah serius atau gak, kembali lagi ke orangnya gimana. Jangankan dari Italia, lha wong Indonesia juga banyak yang PHP kok 😁

      Ya pokoknya..
      Kalo dia udah nyempetin datang ke Indonesia, ngobrol sama kamu ampir tiap hari, terus peduli sama kamu, ya pasti tu cowok serius ;)

      Good luck!

      Hapus
  42. Sudah pacaran sama cowo Bosnia 2 thn. Memang bener mrka bersih, wangi amejing, memperhatikan penampilan,cerewet, ga pelit, tinggi, ganteng... hahaaa I'm luckiest woman to have him.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dibawa ketemu keluarganya belom nih? ;)

      Keluarga cowok2 Timur banyak yang hi-expectations lho! Mirip2 keluarga dari Asia.

      Hapus
  43. Ya ampun ini bener banget sih yang dari negara balkan!
    Terutama yang Bosnia! Aku punya temen dari Bosnia tapi sekarang dia tinggal di Swiss sih.
    Baik sama Sopan. Karena aku ga pernah chat duluan dia selalu bilang ke aku kalau jangan sungkan chat aku dulu haha. Tapi tetep ngga berani sih walaupun udah temenan 3 tahun.

    Ada juga dari Kosovo. Kalau ini mantan sih tapi belum bisa lupa😂 padahal udah setahun putus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. “Temenan 3 tahun”

      Boong nih kayaknya. Pasti kamu nyimpen hati kan? :b Kalo temen ya chat aja langsung. Siapa tau dia naroh perasaan lebih juga.

      Eniwei, makasih udah sharing ya.

      Hapus
  44. Hai! Bener banget yang tentang Cowok Croatia hahahah. Pacar aku orang Croatia, dan memang dia pemalu sekali. Senyumnya juga cute, bikin nagih! Dan iya dia senang bercanda dan lucu banget orangnya pokoknya. Dan bener bgt, wangiii banget orangnya wkwkwk which is a good thing for me karna cowok wangi itu bikin nempel teruuuuuuuussssss😍😍😍.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho!! Awet selalu ya! Makasih udah mau sharing :)

      Hapus
  45. Hallo kak nin.
    Aku mau curhat dan tanya tentang cowo ukraine.
    Aku kenal diapps travel,apakah cowo ukraine itu harus dichat duluan yah?
    Awal kenal ku chat dia untuk hangout terus dia minta wa, dia wa dia chat dan datang ketempat ku menginap cepat banget, awal ketemu kita sama sama nervous dan tatapannya matanya bikin baper😂, kebetulan bahasa inggris saya very bad haha.. Tapi dia bisa ngertiin, dari awal ketemu dia udh cerita banyak tentang pekerjaan, keluarganya.
    Selama dibali kita ketemu 3x sore hari.
    Dia invite aku ke club 2x tapi ku bilang aku ga suka ke club terus dia ngerti buat ke bar saja. Tapi ku ga bisa ketemu malam itu karena hujan.
    Pas dia sudah balik ke ukraine dia kasih voice note : I want come back To As possibly soon and I hope meet you soon.
    Aku udh baper duluan haha..
    Aku binggung harus gimana.Tapi semenjak dr voice note itu dia ga pernah chat duluan.
    apakah memang cowo Eropa itu tidak suka chat ya? Tapi lebih ke action? Tapi perlakuan dia ke saya baik dan perhatian banget selama 3x ketemu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ketemu 3 kali dong sama cowok Ukraina. Please please please, jangan baperan & gone too far dulu for the next step :)

      Eniwei, gak usah takut, orang Ukraina juga banyak yang gak educated & bahasa Inggrisnya pas2an. Terus kalo diliat dari polanya sih, doi emang hangout sama kamu saat itu buat fun2 aja. Nyari temen lokal. Wajar aja dia pengen ketemu lagi next time, karena dia enjoy hangout sama kamu. Kayak ketemu temen baru yang asik.

      Kalo kamu penasaran, ya coba texting aja duluan. Mungkin dianya juga lagi gak ada kerjaan sekarang lagi krisis Corona gini. Tapi ya jangan banyak berharap juga, karena yang namanya udah balik ke negaranya lagi, holiday is over, kadang memori tinggalah memori :)

      Hapus
    2. Maaf itu ada yg typo, bukan datang ketempat ku untuk menginap tapi untuk hangout. Hehe
      Thanks ka nin atas sarannya 😊🙏🏾

      Hapus
  46. Ada benernya sih sifat cowo Balkan mirip2 cowo Indonesia. Saya lagi dekat sama cowo muslim Bosnia. Dikenalin temen. Tiap hari nge-chat saya. Royal kata *volim te (aku sayang kamu). Agak sedikit membosankan. Well,, balik lagi ke individunya sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah ketemuan? :)

      Emang cowok2 Timur pada gak asik kalo cuma textingan.

      Hapus
  47. Hi Nin, kalo Inggris masuk kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barat :)

      Kalo menurut ku sih ya, cowok Inggris lebih mirip cowok Jerman yang mudah dideketin, but at the same time, mirip cowok Swiss juga yang sopan, gak terburu2, tapi rada ngebosenin.

      But again, that’s just a generalization 😅

      Hapus
  48. Hai kak Salam kenal, ikutan mampir ya kak🤭 aku lagi deket sama cowo Lithuania, Kita udh 3 bulan pacaran online wkwkwkwk, dia orngnya lucu, pekerja keras,Dan mandiri, dia bilang udh tinggal sendiri Dr usia nya 18tahun jd dia biasa ngerjain kerjaan rumah sndr, tiap Hari Kita texting tapi kadang dia tuh Suka lama bgt blsnya, apalagi klo lg sibuk kerja bisa seharian baru d balas, Kita pernah vc cma 1x ja, entah kenapa dia katanya lebih nyaman texting d banding vc, tp tiap Hari Kita selalu kirim foto masing2, Dia bilang sih serius sama Aku Dan katanya mw dtg k Indonesia, pernah Aku tanyain lg apa bener bakal dtg ksni, Aku bilang Kan tiketnya Mahal bgt, trs dia bilang tiket k Indo antara 600-800 dolar Dan gaji dia lbh besar Dr itu, jd dia pastiin dia bakal dtg setelah covid ini berakhir, kira2 menurut kakak itu bule bisa d percaya gak? Dan menurut kakak karekternya itu gmn? Terimakasih sebelumnya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak tau, kan yang kenal dia kamu ;D Aku kan bukan dukun yang tau semua karakter cowok di dunia ini. Ya kita juga mana bisa nebak orang serius/gak kalo selama ini cuma ngobrol via online dan baru 3 bulan kenal juga. Everything could happen.

      Tapi ya, FYI, karakter cowok2 Eropa Timur tuh mirip2 cowok Asia. Masih ada budaya patriarki di sana; yang mana cowok/yg lebih tua yang lebih dominan.

      Terus keliatannya cowok ini rada sombong apa gimana dah (yg mana tipikal cowok Timur), kalo ngomongin duit kayak dilebih2kan begitu. Kalo mau ke Indonesia mah ya ke Indonesia aja. Gak usah pake acara ngomong gaji lebih gede juga keleus ;p Money matters amat dah.

      Hapus
    2. Tpi knp aku dapet cowo lithuania cuek ya klo texting dia lebih suka call/vc

      Hapus
    3. Gak semua orang suka texting karena capek ngetik dan banyak banget miskomunikasinya. Justru lebih enakan nelpon/VC langsung biar maksud yang tertuju tersampaikan dengan baik. Kalo ini sih gak hanya orang Lithuania doang, tapi orang Indo juga banyak yang begitu :)

      Hapus
  49. Hallo ka, pengalaman aku pernah deket sama org belgia. Kami dating sekitar 2 tahun itu bener bgt, tipe cowo yang mau memperjuangin untuk ketemu dan setia tapi sayangnya aku udh gasama dia lg :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa sayang?? 😁😁

      Itu namanya, tidak jodoh. Mau diperjuangkan segimana pun kalo gak ditakdirkan bersama, kita mau bilang apa?

      Thanks for sharing btw! ;)

      Hapus
  50. Hallo ka nin, senengnya bkn main Nemu blog ini deh☺️ agak mirip yg aku alamin.. maap sebelumnya ootd.. aku lagi Deket sama cowok Pakistan (bkn cowo Eropa) udah 6blnan lewat app dating.. ka Rin punya pengalaman ga sama cowo Pakistan entah temen atau dating gt? Jujur aku pengen serius sih, ga pengen main2, walau tetep realistis dan masih ada keraguan sama dia. makaasihh sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Gemma, thanks for sharing! :)

      Mungkin kamu lebih tertarik baca postingan aku tentang “Bule Kenalan Online, Bisa kah Serius?” Di sana aku juga komen tentang beberapa orang yang sedang menjalani hubungan dengan cowok Pakistan. Menurut ku postingan itu juga lebih pas sama kisah kamu sekarang.

      Eniwei, aku gak tertarik sama cowok campuran India begitu. Haha.. Intinya sifat mereka ya mirip2 cowok Indonesia lah karena sama2 di Asia.

      Hapus
  51. Haii kaa! I'm super excited for reading your articel. Ini tuh sumpah related banget dan pass sama yang aku tau selama ini karna sampai sekarang punya teman cowok dari europe. dan konten kk ini menarik banget dehhh karna aku suka sama dunia barat jadi pass ke akunya. Buat kontent terus yaa kaa tentang dunia barat.

    Xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much udah mampir dan baca2 ya! ;)
      Keep updating aja soalnya kalo lagi gak males, tiap minggu aku selalu ngeluarin artikel random kok soal kehidupan di luar negeri.

      Hapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Kak aku lagi kenal cowok swiss, kalo cowok Swiss kakak tahu gak karakternya?😅 Hehe soalnya Swiss gak gabung uni Eropa kan cmn negaranya ditengah-tengah negara Eropa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak gabung Uni Eropa, bukan berarti negaranya di Afrika dong? :p

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  54. Hallo mba.. bantu sarannya dong, cowo italia tipe laki2 seperti apa? Kebetulan saya skrg lagi deket sm doi, saya takut salah melangkah.. dari sejauh saya mengenalnya dia org yg baik tapi masalah hati saya tidak tau meskipun dia pernah bilang cinta.. saya ga percaya dan saya takut itu semua hanya rayuan belaka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di peta deh, Italia masuk belahan Eropa mana coba.

      Hapus
  55. Kak Nin, suka deh Ama blog kakak nih :) ,makasi udah sharing yaa...anyway aku cewek umur 27 punya kenalan bule Prancis dia umur 32 ,udah hampir setahun kita chat . Tapi dia nih orangnya ga neko-neko n ga show off, terus misterius..dia udah bilang suka sama aku , dan dia bukan tipe yg suka gombal , apa cowok Prancis ini tipenya emg tertutup dan ga cepet utk terbuka sama cewek ya kak ? Soalnya selama aku Deket sama dia ini sulit bangetttt buat tahu cerita dia atau keluarga n pergaulan dia, yg aku tau dia kerja di perusahaan IT, terus setiap sbtu minggu selalu di family time sama ortunya (as he explain on WA) , terus yaa dia ga terlalu byk omong krna mgkin bus Inggris dia ga lancar, tp dia bilang serius sama aku n mau ke indo habis corona kelar, dari penampilan dia ini sederhana n ga neko2 suka pakai kaos polos ,celana jeans ama sneaker tiap hari2nya (sampe aku hapal bgt ) 😂, menurut kakak apa cowok Prancis ini tipe yg serius kah ? Apa worth kalo aku perjuangin dia juga? Krna dia bilang dia setia n ga ada cewek yg sama dia skrg n dia nunggu aku..
    Makasi kak , salam dari kota Malang Jawa timur .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih ya.. yang paling penting dalam sebuah hubungan itu komunikasi. Percuma kita nikah tp untuk menceritakan sebuah masalah aja sulit.

      Di posisi ini, aku paham, kalo cowok Prancis tuh banyak yg gak bisa ngomong English dengan sangat lancar. Pada dasarnya orang Prancis tuh talkative kalo bisa mengekspresikan perasaannya dengan baik. But as you said, mungkin karena bahasa Inggrisnya tidak lancar, jadinya dia kesulitan banget buat cerita apapun.

      Kalo aku jadi kamu.. aku gak mau terlalu serius sebelom ketemu langsung orangnya. Ini masalah online dating; mudah percaya sama orang yg baru dikenal! Ketemu aja dulu, ngobrol, baru deh ntar mikir, mau diseriusan apa gak.

      In a meantime, aku berusaha belajar sedikit2 bahasa Prancis buat usaha ngomong juga ke dia. Mungkin saat tahu aku berusaha belajar, dia jadinya lebih mau membuka diri & cerita.

      Hapus
  56. Bener banget semua karakter yg uda disampaikan. Pernah dulu jadian ama cowo Italy akhirnya putus, sesuai banget sama karakter diatas. Trus sekarang Menjalin hubungan sama cowo Russia-tinggal di Ukraina. Karakternya tepat banget sama yg uda disebutin. Malu² tapi gampang ditebak, religious dibanding cowo Eropa lain. Selain itu saya mau tambahin cowo Eropa Timur sangat sopan dibanding cowo Eropa atau benua manapun. Cowo Eropa Timur betul ga seagresif cowo Eropa lain,
    hati² dalam mendekati cewek, bener banget . Eropa Timur kesan wajahnya dingin, tapi bener² sangat menghargai wanita sekali dan punya kasih sayang yang lebih dibanding cowo Eropa lain. Pengalaman yang saya dapat sejauh ini.

    BalasHapus
  57. Bagus banget blog nya. Karakter cowo cowo nya bener banget. Hanya tau sebagian dari beberapa cowo Eropa. Dulu pernah jadian sama cowo Italy, ga lama abis itu putus. Sesuai banget sama yang disebutin diatas. Cowo Italy yang pernah jadian sama aku ini karakternya juga ga agresif, sopan juga and romantis. Terus sekarang aku lagi menjalin hubungan sama cowo Russia yang tinggalnya di Ukraina. Sesuai banget apa yang uda disebutin jg, cowo Eropa Timur itu malu² dan bisa ditebak, religious juga dibanding Eropa lain. Trus aku mau nambahin nih. Eropa Timur cara komunikasi mereka hati² dan sangat sopan. Tidak seagresif cowo eropa lain. Mereka tipikal yang sopan banget cowo Eropa Timur. Beda banget dengan Eropa lainnya. Wajahnya terkesan dingin tapi mereka sebenarnya benar² sayang dan bisa sangat romantis tapi tetep aja sambil malu². Eropa Timur sangat mandiri. Cowo Eropa Timur karakter cowo idamanku intinya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok Timur emang karakternya mirip cowok Asia, makanya mungkin lebih membuat kamu nyaman. Mereka orangnya emang berhati2 biar bisa memberikan kesan bagus buat kamu, tapi ya tipikal cowok Asia juga, kalo dikasih celah mereka bakalan maju :)

      Hope you'd get your dream Easteners prince ya! ;)

      Hapus
    2. Thank you sis! Blog nya keren!

      Hapus
  58. hi kak thanks for this article.aku lg deket sama temenku cowo itali ni. temenan si dah mayan lama tp baru intensnya 5 bulanan ini.ngegombal si lumayan, suka perhatian sama anakku juga walopun dia lebih muda dr aku. cuma bingungnya dia sering rewel klo jadwalku kerjaku (karena aku shifting) ga bisa banyak waktu buat dia. bingung antara dia cuma basa basi ato emang cowo itali kek gitu?secara ga langsung menuntut kita menyesuaikan sama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cowok Italia emang demanding! Kalo emang merasa terganggu, jujuran aja mendingan. Asli, gak sopan amat tu laki! Jam Indonesia dan jam Italia aja udah beda. Kalo gak ngerti juga, blok aja udah! Repot amat ;D

      Hapus
  59. Senyum-senyum baca artikel ini berasa lagi bicarain teman sendiri.
    Ya, setuju tapi kadang tergantung sikap kita juga ke mereka, ya.

    BalasHapus
  60. Bener banget tu tentang eropa selatan khususnya italy, mereka cinta banget dengan sport apalagi football! Dan lagi mereka deket banget dengan anggota keluarga besarnya, kalo kalian pacaran dengan orang sana pasti dikenalin ke sepupu ke ibunya bahkan sampai ke neneknya lho.
    Saya pernah deket dengan cowo italia umurnya 35 selama 4 bulan dan putus 2 bulan ini karna dia nganggap pacaran LDR itu susah kak, tapi setelah putus mereka ngga mau kontak tapi bikin status galau di sosmet dan kayak rada nyesel mutusin aku :D akhirnya aku kasian jd aku kontak dia eh responnya fast banget tapi kayak cmn bates gitu2 aja masih peduli tapi kayak ngga mau ngajak balikan gitu kak, terus kalo aku posting di ig pasti dia jg posting yg sama aku post kayak ngasi tanda gitu, kakak ada saran ga biar dia ngajak balikan lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dikenalin ke semua keluarga, menurut ku gak cuma sama cowok Italia aja kok 😇 Dimana2 kalo udah merasa deket & serius, pasti bakalan dikenalin ke keluarga besar juga someday.

      Yaa.. kalo dari dianya yang mutusin karena gak kuat LDR, menurut ku sih gak bisa dipaksa juga. Biarin aja dia galau sendiri, karena mungkin maju mundur; mau putus tapi ntar kehilangan perhatian, gak putus cuma gak kuat LDR-an 😅 Bingung sendiri akhirnya dia. Keep in touch aja sih menurut ku. Liat deh siapa yg paling effort mempertahankan hubungan even udah putus gini.

      Hapus
    2. Cowok Spanyol Playboy ya? Kalo beneran, berarti ga jadi berharap deh. Hihi

      Hapus
    3. Hi ka, betul cowoku juga awalnya mikir berat karena LDR dan dia ga jadi indo karena covid ini. Tp setelah diomongin emang dianya ga mau putus dan mau coba buat jalanin. Tp malah skrg dia tambah perhatian drpd awal dulu. Dia emang yg minta yg penting keep in touch dan keep each other aja.

      Hapus
  61. Hi, seneng banget aku nemu blog inj. Mba tolong jelaskan tentang karakter cowok bule Hungaria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada berjuta2 cowok di Hungaria dan pastinya karakter mereka gak ada yang sama. So far, tulisan aku di atas ini berisi watak general aja gimana budaya membentuk karakter seseorang. Tapi kalo soal attitude dan watak personal, ya balik lagi ke orangnya masing2. Hungaria ada di Eropa Timur, jadi cek aja karakter general cowok Timur gimana.

      Hapus
  62. Aku baca komen-komennya, nggak ada atau pernah dpt cowok dari Estonia. Kknya pernah dpt cowok Estonia blm ? Cowok Estonia itu gimana sih kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tulis postingan ini, bukan berarti juga aku udah pernah menjalin hubungan sama semua cowok di Eropa dong. Estonia itu letaknya di Eropa Timur, jadi silakan cek watak general cowok2 Eropa Timur gimana.

      Hapus
  63. Klo kanada termasuk kategori yg mna mbk, sebln ni lg dket ni sma cwo kanada umur 26th, dy seorg guru awal chat dy lgsg blg suka sma q ktnya mw jlnin hbgn serius ,dy pgen punya cwe yg gk pernh manfaatin dy dan bkn karna uangnya, dan org nya sangst tutup point bgt klo ngomong, dy jg mix dubai karna ayahnya dri dubai dan januari ini dy mw ke indonesia mw blg ke ayahku mw nikahin q jd bngung sndri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, Kanada kan di Amerika Utara 😅😅

      “Tutup point”?? To the point kali maksudnya ya.

      Kok kamu bingung?? Ya kalo gak siap mah jangan kawin dulu. Jangan gara2 packaging-nya bule, lalu maen iya2 aja. Emang udah jelas orangnya gimana? Udah tau kalo ngobrol in real gimana? Real life & online itu 2 hal yang berbeda. Kalo emang belom siap nikah, ya kamunya harus tegas di awal. Suruh datang aja dulu Januari nanti. Ngobrol2 dulu. Jalan2 dulu layaknya orang pacaran. Abis itu gantian kamu yg ngunjungin dia ke Kanada. Cari tau idup di Kanada gimana. Semua2nya. Jangan baru sekali ketemu, langsung maen nikah2 aja.

      Hapus
  64. Wah cerita yang sangat menarik Mba. Jujur saat ini saya sedang dekat dengan cowok dari Azerbaijan. Awalnya Aku takut karena fotonya terlihat tegang senyumnya pelit banget. Dia Minta kenalan dulu via telegram.karena melihat niat pertemanan akhirnya aku iyain ajakannya. Intens sekali komunikasi denganku sampai dini Hari dia kirim pesan telegram.saya pikir dia jujur sie Karena dia jawab apa adanya saat Aku Tanya Nama pekerjaan,kesibukan dan teman-temannya. Yah ga kurang lah usahanya mendekatiku dari kirim foto kerjaan, teman,masa kecilnya bahkan keluarganya dia kasihkan. Yes kelihatan dia jujur poin 1.aku masih Belum percaya kalau belum video call.fix dia sering video call Aku meski Bahasa indonesianya terbatas banget setidaknya dia berusaha belajar Bahasa Indonesia dan praktek langsung. Deg aku percaya saja.jalan 4 bulan dia minta menikah denganku dan siap kirim 3000 dollar buat akomodasiku. Deg oh my god saya baru kenal udah main nikah aja. Trus aku mikir sambil mengenal dia lebih jauh dan lagian aku juga masih nhlanjutin S2ku yang waktu itu baru semester 1 aku bilang bahwa aku mau kuliah sampai selesai. Fix dia setuju dan bersedia menunggu hingga aku wisuda.sekarang udah hampir 2 tahun dan dia berjanji ke Indonesia untk ketemu orang tuaku. Qodarulloh pandemi covid merebak sejak Maret 2020 lalu. Seluruh negara dikarantina termasuk negaranya. Hingga saat ini masih komunikasi dan saling berdoa agar dapat dipertemukan Allah. Sekarang new normal seluruh penerbangan dunia mulai dibuka. Namun dia masih sibuk dengan pekerjaannya.menurutnya pandemi menyebabkan banyak pasien Di negaranya dan dia capai sekali. Hal yang ingin Aku tanyakan apakah ia termasuk cowoq yang serius atau hanya mau main2 saja? Terus terang dia sudah menenangkan hatiku. Saya hanya bisa pasrah dan berdoa agar ia segera menemui keluargaku dan menikah seperti janjinya 2 tahun Yang lalu.Iya betul dia tak suka basa basi dan terkesan menjawab seperlunya saja namun pintar menganalisa. Saat ini saya juga sedang berjuang mempelajri bahasanya. Kadang kita saling belajar Bahasa bersama. Ada ketakutan aku hanya dipermainkan saja.kadang dia aktif kadang pasif.aku hanya positif thinking kalau ia sibuk.dia juga sering like FB ku.bahkan sering pakai profil picture samaan.terima kasih masukan Dan sarannya.oh ya salam kenal dari saya, Julie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak tau cowok kamu hanya dari baca cerita ini. Kan aku bukan dukun :D
      Yaa.. kan yang paling kenal dia kamu. Yang terpenting sekarang tuh bukan cuma komunikasi digital, tapi juga visual. Kalian setidaknya ketemu 3-4 kali dulu sebelum memutuskan menikah. Kamu kunjungi dia ke sana 2x, dia ngunjungi kamu ke sini 2x. Kalo emang gak punya cukup uang, ya setidaknya doi ngunjungi kamu dulu di Indonesia 2-3 kalian. Terus ngobrol dah tuh panjang2, kenalan lebih jauh. Ada banyak banget orang yang aslinya tuh gak sama dengan yang diajak textingan.

      Menikah tuh bukan persoalan sama bule mana, tapi sekenal apa kamu sama pasangan mu. Yakinkah orang tuanya suka sama kamu. Yakinkah dia bisa beradaptasi dengan Indonesia? Begitu.

      Eniwei, hope for the best buat kalian ya.

      Hapus
    2. Hi sist !
      Seneng bgt deh baca blog kamu. Sebenernya saya deket sama orang Serbia. Baik bgt orgnya. Dia respect bgt sama saya. Awal2 sih pernah ngomongin soal sex, tp makin lama gak pernah lagi dan dia bilang "I respect you and I dont want to lose you." Pernah ada 1 pengalaman dia di medsos yg bikin dia kesel bgt sampai akhirnya me-non aktifkan medsosnya sampai detik ini. Dan tersisalah saya sebagai seseorang yg deket ma dia. Texting tiap hari, vicall tiap hari meskipun cuman 3mnt gara2 sibuk. Udh dikenalin juga ma keluarganya, terutama mamanya. Untuk sementara sih status kami cuma teman deket aja 😊
      Kira2, tipe perempuan seperti apa sih yang dicari sama cowok Eropa Tengah? Kok kesannya mereka sangat hati2 memilih pasangan hidup. Pdhal umurnya udh 38an.

      Hapus
    3. Yang dicari? Yang bisa bahasa ibu mereka! 😁😁😁

      Cowok Balkan tuh mirip2 cowok Indonesia; patriarkis, perlu approval keluarga kalo deket sama cewek, terus sebisa mungkin gak milih cewek luar. Karena kan budaya & bahasa itu nomor satu. Kalo kamu gak bisa bahasa mereka, gimana kamu mau ngobrol sama keluarganya? :)

      Itu secara general sih ya. Kalo personal, ya balik lagi ke orangnya masing2 karena aku dan kamu, meskipun sama2 cewek Indonesia, tp pasti punya selera yang beda.

      Serbia itu even di Eropa, tapi salah satu negara termiskin di sana. Jadi kamu mesti maintain ekspektasi kalo si doi mesti ngunjungin ke Indonesia/doi dompetnya bakalan tebel.

      Hapus
  65. Mbak nya kayaknya terpesona banget ya sama Mas2 Bosnia yg wangi yg lagi benerin lampu ����

    Tapi emang bener sih baik cewek atau cowok kalo mereka wangi pasti mereka tambah menarik walaupun mereka biasa aja

    Saya baca artikel mba ini jadi pengen pake parfum terus sekarang biar tambah menarik ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya bukan karena doi pake parfum, tapi karena penasaran tu cowok pake parfum paan! Wanginya enak banget, sampe nempel di dinding pas doi nyender 😆😆

      Cowok wangi mah banyak. Tapi kan kadang wanginya aneh2 & paling ya bertahan sampe siang doang. Ini tuh enggak. Doi gawe dari pagi-sore banget, wanginya masih kuat 😀

      But yes!!! Cowok/cewek wangi tuh tambah menarik ;)

      Hapus
  66. Hi.nin...
    Aku ngga sengaja nemu blog ni.pas aku baca aku tertarik bngt,ngga ngebosenin n to the point.aku lbh bnyk ilmu.aku cuma mau bilang thank u krn kamu nulis ini...mudah-mudahan lbh bnyk lg cewe2 indonesia yg baperan baca blog ini.sayang utk tulisan mu ttg au pair aku baca saat usia udh ngga mungkin lg.hiks hiks hiks...btw good luck n lbh sukses lg dg blogny yg inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.. hai.. makasih banyak ya udah mampir kesini :)
      Semoga tulisan ku semakin menginspirasi tanpa bikin cewek2 Indonesia baperan. Rempong abisnya! ;D

      Hapus
  67. Hai Nin!
    Aku mampir ke post ini setelah baca2 post kamu soal au pair yang insightful buat aku
    Kaloa aku sih gak punya pacar orang Europe, temen2an doang sambil berharap salah 1 ada yang jadi 😂😂
    Soalnya dari penjabaran kamu aku jadi tertarik sama cowok2 Eropa barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyyeeeee.. ;D
      Semoga dari pertemanan, terus akhirnya jadian ya.

      Hapus
  68. mbak saya lagi ldr sama cowok portugal umurx 44 tahun tpi kyk msh muda,dia petnah di bsli 8 bln, puldng ke nrgarax karna kecelskaan, tapi dia itu misterius sekali, no wa pke no indonesia, smpat aku tsx katanya karna dekat2 ini dia mau ke bali. setiap aku tanys nams pnjsngnya, fi bsli tinggal dimana dia tidak pernah mau jawab trus apa kerjaannya gak jawab, benar2 misterius....sekarang katsnys dia lgi diportugal,

    BalasHapus
  69. Saya lagi dekat sama cowok dari Romania, tapi dia ga begitu suka dilihat alias di video call, gimana doing tipsnya supaya dia mau vcan ?:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah berapa lama kenal?
      Udah sedekat apa?
      Kamu siapanya? 😄

      Gak semua orang nyaman diajak video call-an. Banyak yang ngerasa gak pede kalo mesti ngomong sama orang via video. Apalagi kalo tu orang sebenernya masih asing buat mereka.

      Tukeran foto & suara aja dulu. Make him comfortable around you. Tapi ya tetep mesti waspada, karena banyak juga yang mungkin scammer; dalam artian, mungkin ngakunya muda taunya udah tua. Di foto ganteng, ternyata aslinya kek badak. Ngaku single, mungkin ya udah punya bini. You just never know :)

      Hapus
  70. Hai kak...lg kepo sm cwo swiss ehh ktmu blog ini..
    Jd tau lh karakter nya gmna trus jd tau jg sikap kita nya gmna ngadepin itu bule...thanks alot tulisan nya ngebantu aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enjoy the love ride! :)
      Thank you udah mampir.

      Hapus
  71. Yampun seneng banget kak asli nemu blog ini, bner² ngebantu bnged!!:) bener banget kata kakak kalo cowok eropa bagian tengah cute². Oiya kak aku juga punya temen dari hungaria kita kan gaperna tau kesan kita ke mreka klo texting beruntun itu sprti apa, mnurut kaka gmna? Awalnya kita ktemu itu di Line, seumuran juga si trus chatingan tpi gatau skrg kita udah ga contack lagi. Mnurut kaka typical orang daerah hungaria itu sprti apa??? Dri segi texting:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teks beruntun tuh maksudnya gimana ya? Jelasin coba :b

      Hapus
  72. Halo,kak senang banget baca artikelnya, good luck kak

    BalasHapus
  73. wah pengetahuan semua nih isinya

    BalasHapus
  74. aku lagi dekat dg cowok spanyol nih,kenalan lewat tinder. dia bilang mau serius ke aku dan dy curhat kalau dy ga suka sama perempuan spanyol krna gaya hidup mreka yg terlalu bebas, dy ngajak aku untuk serius dan bangun rumah tangga dan dia jg janji mau temui aku. dy tertarik sma aku krna profil ku pakai hijab. dan dy slalu tanya tentang islam. suatu saat dy mau masuk islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Gaya hidup terlalu bebas? Maksudnya paan?
      Lha, dianya sendiri apakah soleh? xD

      Yaudah.. penuhi dulu aja janjinya. Dateng dulu ke Indonesia, ketemu keluarga, kenalan sama temen2 kamu, membiasakan diri sama budaya Indonesia. Abis itu balik, suruh mikir lagi. Kalo masih mau lanjut, suruh datang lagi ke Indonesia. Jadi gak cuma sekali datang langsung kewong :D

      Hapus
  75. Hai kak nin. Aku lagi dekat nih dengan laki asal Netherland punya anak 1 tapi tinggal di newcastle. Netherland negara mana ya kak dan sifat cowok Netherland gimana ya kak ? Terima kasih

    BalasHapus
  76. Hai KK aq punya teman dari Italia, Lombardy ,Milan. Dia cuma voice , sesekali write tp di cupid site.kira2 gimana orang ini karakter nya mengingat orang ini berkata di akhir voice sll kiss.tp tdk pernah mengatakan cinta. Hanya very like me. Kita baru 1 bln ini.
    Aku pernah bilang kapan datang ke Indonesia? Dia bilang , stay come.
    Bagaimana menurut KK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang gimana? Temen doang kan? Baru 1 bulan kenal.

      Ngarepnya apa? Langsung dikawinin? 😄😄

      Selow aja. Siapa sih yang bisa langsung tau sifat seseorang dari cuma 1 bulan kenal? Kalem aja. Masih Korona ini. Gak asik travelling.

      Hapus
    2. Ikut nimbrung yah, bener yg kak nin bilang selow. Aku deket sama cowo fermo italy hampir 11 bulan ini. Ngomongnya emang dasarnya manis. Tiap pagi absen kasi emot kiss. Klo lg pergi si biasanya bilang dan malem bilang jg udah pulang. Vc bentar. Klo wfh kita bisa selama kerja vc.beda bgt sama cowo belgia/ceko.Tp y memang harus selow karena jarak dan budaya beda bgt.

      Hapus
  77. temenan yuk di IG @marstrings

    berharap sama Skandinavien tapi entahlah.. belum ketemu yg pasti. hiks

    BalasHapus
  78. Hay kak nin...pas bgt nemu artikel ini..aku 2 minggu yg lalu br kenalan sm cowok asli lebanon tp sekolah dan kerja di ireland.itu termasuk eropa barat ya?? Awal nya sama sih dia chat pendek2, dan bahkan jarang banget pakai emoticon baru 2x pakai emoticon love sama ketawa ,dia sopan serta religius muslim bgt masih muda, senyum nya manis ,malu2 gt juga, usia 22 th, dia ramah, belum pernah ketemu juga,, tapi dia nawarin ke aku,, kl aku ada masalah apapun cerita aja ke dia..dia akan bantu sebisa dia..bhkan aku gak nyangka dia minta video call sm aku... dia kerja di desain bangunan konstruksi bangunan gt di dublin..jd masih tahap pendekatan aja sih kak,blm ada komitmen... apa aku tanya aja ya ke dia...dia udah punya pacar apa belum...menurut kamu gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. No, no!! Dia masih cowok Lebanon dan gak masuk ke bagian Eropa mana2. Jadi mirip2 sifat orang Arab sebetulnya.

      Kamu yakin dia kerja di "desain bangunan" bukan sebetulnya "kuli bangunan"?

      Terus ini udah akhir Desember, progressnya udah sampe mana jadinya? Udah kamu tanyain belom doi udah punya pacar/belom?

      Hapus
  79. Kak mau tanya, cowok2 Eropa suka under estimate ga dengan status single mom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok! Biasa aja. Banyak di sini yang cowok2 single tapi tetep tertarik sama single mom ;)

      Hapus
  80. Ka kalo orang polandia kalo udah ngomong nikah dan mau datang kesini, serius ga ya. Soalnya baru chat pertama kali masa udah bilang i love you 😂, kaya becanda gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakali serius...

      Mau Polandia kek, Indonesia kek, Brazil kek, masa langsung chat hari ini besoknya langsung nikah kamu kira itu serius. Emangnya nikah kek beli baju di Shopee apa? Hari ini naksir terus langsung beli xD

      Hapus
  81. Hai kak nina, mau tanya nih kak. Pernah ada pengalaman temenan ataupun pacaran sama orang amerika? Kalo ada boleh share pengalaman Dan beberapa infonya kak.
    Makasih

    BalasHapus
  82. Hi ka nin.. salam kenal, blognya bagus enak dibacanya mudah dipahami...
    Liat yg komen rame bgt jadi pengen tanya2 juga.
    Jadi Saya punya bnyk tmen orang luar yg sya kenal lwt online.. tujuan saya dowload2 apps2 yg isinya orang berbagai dunia buat improve b.inggris saya biar nambah bagus. Dan buat namba2 relasi juga biar klo ada waktu dan uang buat jalan2 bisa dpt tour guide gratis.. soalnya sya suka bgt sma traveling.
    Saya treat temen2 online sya layaknya tmn2 indo saya disini.. ya apa adanya ajalah.. saya gk ada modus relationship juga dan selalu cantumin di bio cuma cari temen.... saya pernah punya temen dari jepang, korea, turki, thailand,inggris.. semua akhirnya lost contact karena sya ngerasa bosen ngobrolnya.. karena seru2 tuh pas awal2 kita kenal aja jadi banyk topik nanya ini itu.. lama2 bosen gk tau mo bahas apa...intinya sya orangnya bosenan main sma tmn2 indo juga gtu.. gampang bosen.
    Jadi buat pertama kalinya sya punya tmn orang jerman.. sya kenal dia 2 tahun lalu dari situs oniline juga, sya yg pertama kali match dia tapi yg selalu mulai pembicaraan itu dia... saya kurang sreg sbrnya temenan sma orang jerman pembawaanya terlalu kaku dan gaya bercanda kurang cocok. Saya bales pesan dia cuma buat sekedar basa basi aja.. soalnya gk enak sya kan yg match dluan..
    Tmn saya ini gk sungkan share soal kerjaan, goals yg lagi dia kejar dalam jangka pendek, keluarga (mamaknya sama sister) dan Problem yg dia alamin.. intinya yah share kya curhat kita ke temen aja. Dia tiap bulan selalu nanya kabar saya.. seakan2 mnrt sya dia pengen ngobrol tapi kaga niat 🤣.. balesnya paling cpt yah detik itu juga tapi cuma 3 balesan mungkin paling bnyak.. trs bsknya baru dibaca 4 hari.. atau mingguan 🤣🤣.
    Saya gk pernah nanya knp balesnya lama.. karena sya gk mau tau privasi dia.. klo dia share ya udh sya ladenin. Klo kaga ya udah..... saya penasaran gimana gaya pertemanan disna UE (terutama jerman).
    Saya sering bgt apus no dia wkwk karena sya kira oh gk dibaca oh lost contact lagi sma2 udh bosen ya apus aja 🤣🤣 minggu dpnnya chat lagi... topiknya keburu basi buat sya... pernah sya bnr2 pengen ngilang sya apus Line saya biar gk usah baca chat dia (soalnya sya gk enakan apalagi orang gk aneh baik dan sopan, kasian juga kaga salah apa2 dia sya gtuin) yg bosen kan sya lagi kan moto kita temenan knp saya baper 🤣🤣🤣...
    Sya pernah ngilang 1 bulan wkwk.. smpe bnr2 lupa sma Line.. dowload line lagi gara group kampus aktifnya disna.. terpaksa harus dowload lagi.. eh bnr aja tuh tmn sya ngechat saya dan hampir 3 minggu gk saya baca wkwkw... akhirnya sya baca doang tapi 2 minggu kemudian chat lagi... karena ke notif kebaca sya akhinya bales.. dan balesnya cpt bgt seminggu itu ngobrol dibales terus...trs akhrinya balik lagi jdi berhari2 dan berminggu balesnya... intinya klo sya bales lama dia bales cpt bgt...makanya sya pikir ini orng niat ngobrol apa kaga sih.. gaje bgt.. gimana sih culture temenan disna bingung deh sya.
    Dia tuh klo lagi valentine days, natal, tahun baru selalu ngucapin ke sya itu normal kan disna.. sya agak risih sma yg valentine days 🤣🤣 tpi kata tmn sya normal orang luar ngucapin begitu.
    Trs skrng klo chat pke emot2 manis gtu iyuuuuhh🤢.
    Ka nin hal seperti itu normal disna ? Atau enggak ?
    Karena moto awal kita ngobrol kan kita temenan. Sya agak risih klo udh kearah dia nganggap sya bukan temen.minta pendapat ka nin dong.enaknya kita treat orang yg kita anggap temen ini gimana.. biar enggak keluar jalur atau saya yg GR kocak sih.. maklum yah sya kan gk tau persis culture disna gimana🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu nyari temen di situs kencan?? Kalo iya, ARE YOU KIDDING ME, GIRL?! XD
      Kalo mau belajar bahasa Inggris, ya jangan repot2 buka akun di situs kencan lah. Mending daftar aja kelas bahasa Inggris yang emang tujuannya latihan bahasa Inggris. Kalo emang niat memperlancar speaking, ya jangan gabung app2 ginian. Mending kamu cari "English online class" bener2, biar gol kamu terarah; latihan ngomong sama orang INGGRIS atau gak ENGLISH NATIVE SPEAKERS!

      Ya wajarlah kalo cowok ngarep lebih. Abisnya kamu ketemuannya di situs kencan, ya apa bukan? Kalo bukan situs kencan, bisa kasih keterangan lebih lanjut ketemu para cowok2 ini dari mana? Terus apakah emang semuanya cowok? Kalo emang semuanya cowok, itu kamu nyari partner latihan bahasa Inggris apa mau sok populer doang? xD

      Balik ke pertanyaan kamu.. Ya kalo menurut aku sih gampang banget! Ngomong jujur aja!
      Kalo risih, ya bilang kalo sekarang kamu gak butuh pacar atau tertarik menjalin hubungan sama seseorang dulu. Bahkan jelas banget di profil kamu kalo cuma cari temen doang. Jangan diladenin. Jangan dibales lagi pesannya. Kalo perlu ya blok sekalian. Kenapa susah2? Toh kalopun diblok, orangnya gak bakalan bisa texting kamu lagi dong? Kamu gak rugi juga kan?

      Hapus
    2. Wkwk kaga disitus kencan dong 🤣 emangnya mo cari pacar lol. Di Unbordered lmao,
      Ku dlu belajar di situs2 lebih ke pertukaran bahasa Hello Talk atau traveling aja kaya couchsurfing. Dan lama2 jadi banyak tahu situs2 yg lain jga.... jadi tmn kampusku yg saranin buat kita punya temen texting native english biar klo mau inget kosa kata2 lebih gampang karena kebiasaan dia dlu juga gtu pas SMA. thats why sya ikutin karena saya bnr2 males bljr bahasa inggris sbrnya, lagu juga metode yg sya pakai. metode pembelajaran class itu bnr2 lambat diotak sya gk masuk2 kaya matematika ngantuk membosankan .karena tuntutan hidup (kuliah dan kerja 😂) dikasih tau cara begitu sma tmn sya.. dan yah lumayan skrng gara2 punya temen2 berbagi negara bisa ngerti orng lagi ngomong apa. Balesin masih patah2. 🤣grammernya gk pas.

      Ko jadi sok populer sih ka nin ?..ku jah gk pernah pasang fotoku disitus2 itu. Ku kan niatnya cari temen juga. Karena dlu ada rencana ke thailand sma tmnku dan dia tmnku orng jerman pernah kethailand jadi dia kasih tau tmpt2 bagus yg gk ada di internet buat dikunjungin.. fix motoku cuma teman aja. Dia pun begitu cari temen

      Hapus
    3. Emang gk ada ruginya sih klo ku blok dia. Cuma saya kasian juga ibarat temen gk tau2 apa2 main kita blok kan. Makanya kan ku bilang gaya bertemenku sma kesmua orng luar kya temenan di indo.. apa salah treat orng luar kya gtu karena perbedaan budaya.

      Ku sih sbrnya pengen to the point ke orangnya klo sya gk suka ngobrol yg dicut2 berminggu (dah keburu lupa mo ngomong apa jadinya) kurang asiklah bagiku kaku jadinya dan chatnya jgn ada emot2 manis2 gtu. Sya gk tau sifat orng kan beda2 tiap negara... apa itu normal atau enggak kan beda sma disini.. makanya ku tanya ka nin... ini tmnku normal gk ? Atau emang budaya disna seperti itu. karena namanya budaya itu kan tidak bisa kita benarkan dan tidak bisa di salahkan juga. Cuma bisa gk orng lain mentolerir budaya atau kebiasaan negara orng lain (napa jadi teori) lol.

      Klo emang itu budaya berteman disna mo kirim emot lope2 peluk2 ke temen atau kirim selamat peringatan hari A sedunia hari B sedunia juga ya udah.. toh itu mungkin budaya berteman disna. Sya open minded ko 😂.
      Kan lucu klo nanti emang saya ke GRan.. sya tanya kamu napa kirim ucapan hari valentine kesaya.. kamu suka sya.. trs dia jawab enggak.. itu biasa disini ke temen.. trs sya oh gtu GR sekali saya ini.. and then
      Napa pake emot2 gtu.. maksudnya apa lope2 gtu.. trs dia jawab budaya bertemen disini sperti itu. Kocak sih GR parah.
      Intinya mo dari negara manapun sya terbuka dengan gaya pertemenan mereka.. dan mentolerir asalkan konteks kami berteman.

      Sekali lagi ka.. sya ada pengen bgt bisa datang ke berbagai negara... harus bisa bahasa inggris itu harus kan biar lolos pas diwawancara sma imigrasi lol dan supaya kaga nyasar dinegara orng... dan punya temen orng lokal lebih enak karena lebih tau soal tmpt2 dinegaranya yg bisa di rekomendasiin ke kita buat kita kunjungin.
      Sya juga ada temen cwe ko gk smua temen saya cwo 🤣🤣🤣 yg dari luar, ada tmnku cwe dari turkey and korea. But why idk why knp klo distus online itu jarang cwe mau nanggepin pertanyaan2 sya sesama cwe🤣🤣🤣 bisa di itung jari. Dan sya gk berharap ke arah relationship. Gk pernah saya kunjungi dating site atau dowload online dating. Pure semua tulisannya gk ada dating saya pastikan itu.. sya gk munafik saya tahu klo kesitu (dating site) mo belajar bahasa inggris itu hoax.. itumah bule hunter 😂😂🤣✌.

      Hapus
    4. So jadi sya walaupun bertemen sma orng luar harus be yourself or gk boleh gini loh sma orng UE, gk boleh gini loh sma orng AU, atau UK.. nanti dikiranya kamu ngasih harapan.. kaya gtu kah ?.
      Gaya pertemenan di online sma real life kan beda. Kan nin mungkin dah bnr2 mengenal orng UE karena bnr2 ada di lingkungan isinya orng sna semua. Dan saya taunya cuma by pesan... dimana intonasi membaca dan gaya penulisan bisa saya salah artikan. Ya contohnya ini.. apa emot2 manis itu biasa kah disna ?. Kan di indo itu agak gimana gtu klo tmn cwo yg ngasih, beda sma temen cwe.. hayuuu aja
      dan saya bingung jadinya dari jwaban ka nin.. dari sudut mana sya ngasih harapan ? Dan Harapan apa ?pacaran, nikah ? Atau apa ? ngomongin soal relationship aja kaga pernah ama dia cuma ngobrol daily life aja🤣🤣🤣 oh apa karena sya selalu bales chat dia..
      Emang harus sya blok aja.. dan sudahi semua ini wkwk.. tenang saya gk ambil pusing nanti sya blok orngnya wkwkwk makasih loh ka nin sarannya 🤣🤣🤣 hilang tour guide gratis saya 1 🤣🤣🤣. Maunya gratisan dong. Tour guide UE mahal2 oyyy
      Dan 1 lagi saya gk cuma baca tulisan ka nin yg ini... sya juga baca yg lain kya Au pair dan beasiswa. Bisa tinggal di negara orng belajar budaya baru kya bnr2 menatang diri... Sya comment disini karena penasaran aja karena punya temen cwo dan orng UE dan menurut sya agak beda sma yg dlu pas kenal.
      Ya walapun yg dibahas lebih ke relationship bukan friendship di tulisan ini.. kan kali aja ka nin bisa share gaya pertemenan disna ke sya kaya apa. Karena ka nin sya nyakin pasti punya tmn2 disna yg bnr2 real life ngobrol dan kadang komunikasi by phone.
      Thank u loh ka nin udh mau bales komenanku. Have a good day ka nin

      Hapus
    5. Wahh lebih panjang nih xD
      Aku bahas satu per satu aja yang kamu komentarin di 3 sesi ini:

      Kolom 1:
      Makanya aku nanya dulu nih di awal2, kamu beneran nyari temen di situs pencarian teman atau pencarian jodoh. Jangan salah, banyak lho cewek2 yang sign up di situs2 kencan gitu buat nyari temen doang. Daftarnya gak hanya ke 1 situs, tapi beberapa situs biar bsia lebih banyak dapet kenalan bule.

      Tujuan awalnya sih belajar bahasa Inggris ya. Sampe akhirnya ya itu, bukannya dapet temen malah baperan sendiri. Ujungnya, curhat kalo klepek2 sama cowok A, B, C, yang padahal awalnya cuma niat nyari temen lah malah kayak ngeliat masa depan xD

      Hapus
    6. Kolom 2:
      Ini bener banget! Aku juga sebel sama aplikasi belajar bahasa sekarang. Udah kek jadi ajang pencarian jodoh juga. Yang cowok2 udah pada milih2, kalo ceweknya gak cantik, gak diladenin belajar bahasa. Sementara yang cewek juga jual mahal kalo kita tegur. Serba salah banget jadinya :c

      Untuk budaya temenan, menurut ku baru bisa kerasa kalo kamu tinggal di negaranya langsung. So far, kalo cuma lewat teks, keknya seragam sih ya. Gak di Indo, gak di Amerika, gak di Jerman, kalo suka sama orang, pasti di-teks sering banget ngasih2 emot love, peluk, dll kayak gitu. Jadi menurut aku sih, cowok ini sebetulnya ada rasa sama kamu. Tapi, cuma sebatas rasa suka doang, lebih ke rasa mengagumi. Masalahnya, kita gak bisa ngontrol perasaan orang ke kita. Serah dia deh mau kirim teks atau emot apaan. HANYA AJA... kalo kamu risih, bilang aja jujur. Jangan banyak basa-basi. Orang Eropa tuh pada dasarnya ngomong apa adanya kok, gak pake rasa "gak enakan".

      Terus soal dia yang bales cuma seminggu sekali, atau ngebosenin. Ya gimana ya, namanya juga cuma temenan lewat teks gitu lho ;D Gak semua temen kan juga pinter ngomong pas lewat texting. Lagian kan temenan juga gak mesti tiap waktu ngobrol. Bisa aja sesekalinya ngobrol, langsung panjang. Yang penting jangan ngilang dan keep in touch aja terus. Kenapa, karena aku kenal banget temen bule ku yang di teks dingin banget. Tapi aslinya kocak, banyak ngoceh gak keruan! ;)

      Hapus
    7. Kolom 3:
      Jadi gini.. bagi cowok2 Eropa yang udah kenal sama budaya Asia/sempet deket sama cewek Asia, mereka bakalan ngeh kalo banyak cewek Asia yang emang tergila2 banget sama bule. Makanya ini tuh kayak jadi ajang tebar pesona bagi si bule ke banyak cewek Asia, mengingat mereka gak bisa gitu di negaranya langsung. Jadi kalo emang kamu nganggap ni cowok Jerman cuma temen doang, then say it loud! Bilang aja, kamu gak nyaman sama emot2 sok romantis yang doi kirim. Jangan sampe deh ni cowok merasa kamu layaknya cewek2 Asia lainnya yang oke2 aja digombalin via texting.

      So far, karena aku kenal bule2 ini dari negaranya langsung, emang treatment-nya rada beda sih ya. Mereka cenderung strightforward aja gitu. Kalo suka, ya bilang suka. Ketemuan, ciuman, bisa ke arah tidur bareng, sampe akhirnya di-ghosting. Gitu aja polanya kalo sama2 saling suka. Tapi kalo temenan, ya beneran textingnya kayak orang temenan. Gak ada emot2 aneh karena satu sama lain saling respek aja gitu. TAPI... aku punya kenalan cowok yang memang suka ngasih emot2 hati ke orang2 tersayangnya, termasuk best friend. Ini cowok emang care banget sih sama orang, ramah juga sama siapa aja. Jadinya kita yang dikasih emot hati gitu jadinya ya b aja juga :)

      Semoga menjawab apa yang kamu pusingkan ya. Haha.. Panjang yes, jadinya.

      Hapus
    8. kak nin, how about turkish?

      Hapus
  83. kak nin, how about turkish?

    BalasHapus
  84. Halo kak nin, senang rasanya bisa ketemu blog yang "nih dia jawaban yg aku cari" hahaha..

    Dari jawaban kk di section comment, aku makin yakin kalau kenalan dengan siapapun baik itu bule atau bukan, jangan pernah bawa perasaan saat kita lg online di dating site.. apalagi baper berhari-hari ke orang belum pernah ketemu di real life.. 😄

    di tunggu ya tulisan terbarunya.. ❤

    BalasHapus
  85. Halo kak NIN aku pembaca Setiamu tapi ga pernah komen 😭.
    BTW aku mau nanya aku awalnya belajar bahasa Svenska. Nah jadi kebingungan praktik nya sama siapa. Jadi aku coba pake dating apps iseng aja sih.
    Setelah itu aku ketemu pria bule Spanyol di sweden di dating apps tsb. Kebetulan dia udah gede disono. Dan syukur aku mulai sedikit paham svenska. Jadi topik pembahasannya semua topik kak termasuk pendidikan dan sex(ga penting sih sebenarnya)
    Kebetulan aku pria 25 thn mau nempuh pendidikan S2 disana nah. Case nya adalah dia mau melamar aku aku ga terlalu tertarik (aku bisex sih prefer nikahin cewe) karena terlalu offensive.
    Nah. Sampe dia memaksa aku dan mengirimkan duit loh sekitar (SEK10000) Biar tinggal bareng dia di Stockholm dan jujur kedia aku ga niat nikah ama laki. Dia masih ngebet banget. Menurut kaka gimana. Walaupun dia tinggal di nordik sangat lama apa dia masih pria Casanova.
    Trus solusi nya gimana menghadapi karakter pria gini. Aku takut ga bs berteman karena udah banyak bantuin belajar svenska.
    Btw makasi kak nin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you banget ya udah jujur cerita! :)

      Kamu kapan rencana S2 di Swedia? Rencana tinggal di kota mana?
      Itu beneran doi udah ngirim duit segitu ke rekening kamu?

      You know what, orang2 yang hanya membeli cinta dengan uang itu bisa dipastikan 100% kalo mereka adalah orang yang desperate dan udah gak tahan lagi nyari pasangan! Sure, duit bisa bikin kita bahagia. Tapi kalo mesti ngawinin duit, ketimbang duitnya, ya hidup gak akan bahagia2 amat. Justru salah banget kamu mengharapkan orang seperti ini jadi temen. Sejak kapan kita bisa berteman dengan orang yang suka sama kita? :D

      Kalo dia kemaren ngajarin Swedish, ya udah. Makasih. Selebihnya? Nope.
      Gak tau juga kenapa doi bisa se-ngebet itu. Entah kemaren kamunya yang lebih open & manja2 lucu sampe doi salah kaprah. Karena pada dasarnya bule itu, kalo gak dikasih ruang, ya gak bakalan maksa masuk :)

      Tinggal di Swedia udah berapa lama? Ortunya tinggal di Spanyol apa Swedia?
      Kalo baru 15 tahunan doang sih, ya tetep 100% masih Spanyol. Gak tau juga umurnya pas sampe sana berapa tahun. Karena kalo dia sampe sana umur 15 tahun, ya mau gimana pun, sisi cowok Spanyolnya tetep kental lah.

      Hapus
  86. Seneng nemu blog ini! Aku lg deket sm cowok Romania dan yes, karakternya sesuai dengan yang disebutkan kak Nin! Gak terlalu mengikuti trend dan bisa dibilang dia org yg simple, religius dan punya impian untuk menikah (ini yg saya kagetkan!).
    Kami kenal di game simulasi kehidupan ditengah pandemic yang pasti cukup aneh, mengingat banyak orang ketemu para pria bulenya di dating site. Tapi mungkin itulah jalannya ya kak Nin.
    Saya dengan dia baru selangkah dua langkah berjalan. Semoga kedepannya yang terbaik saja. Wish me luck!

    BalasHapus
  87. Hai kak Nin..aku lg Deket ma cowok Rumania nih sudah 1 tahun lebih kita saling kenal, keluarga dia juga saya sudah mengenal tapi kita belum pernah ketemu.dia bilang saya yang harusnya ke Rumania karena kondisi dia untuk berjalan susah akibat kecelakaan,saya sendiri juga belum pernah ada pengalaman ke luar negeri?gimana solusinya kak Nin??🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah repot2 ;)
      Tungguin aja sampe Korona kelar. Sekalian kan pasti doi udah sembuh dari kecelakaan.

      Jangan mau disuruh2 ke negaranya. Harusnya dia yang rela mau berkorban ke Indonesia, kenalan sama keluarga kamu, mengenal kamu lebih jauh, sekalian liburan. Lagian orang Rumania gak kaya2 amat kok, biasa aja negaranya. Jadi harusnya dia gak usah pake alasan macem2, cuma karena males ke Indonesia ;D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

First Time Au Pair, Ke Negara Mana?

Saya ingat betul ketika pertama kali membuat profil di Aupair World, saya begitu excited memilih banyak negara yang dituju tanpa pikir panjang. Tujuan utama saya saat itu adalah Selandia Baru, salah satu negara impian untuk bisa tinggal. Beberapa pesan pun saya kirimkan ke host family di Selandia Baru karena siapa tahu mimpi saya untuk bisa tinggal disana sebentar lagi terwujud. Sangat sedikit  host family dari sana saat itu, jadi saya kirimkan saja aplikasi ke semua profil keluarga yang ada. Sayangnya, semua menolak tanpa alasan. Hingga suatu hari, saya menerima penolakan dari salah satu keluarga yang mengatakan kalau orang Indonesia tidak bisa jadi au pair ke Selandia Baru. Duhh! Dari sana akhirnya saya lebih teliti lagi membaca satu per satu regulasi negara yang memungkinkan bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelum memutuskan memilih negara tujuan, berikut adalah daftar negara yang menerima au pair dari Indonesia; Australia (lewat Working Holiday Visa ) Austria Amerika