Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

Monday, 9 January 2017



*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;)

Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka.

Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head!

Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan.

Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagian dari stereotipe itu. So, ladies, you want to know more? Enjoy!

The monotonous northerners 

Kalau kamu memang mengidolakan cowok-cowok berotot, bertato-tapi-kyut, berambut pirang, bermata biru, dan stylish, liriklah para cowok di bagian utara Eropa. Para cowok ini kebanyakan pandai di bidang teknologi dan desain. They're undoubtedly uber creative and charming!

Sayangnya, cowok-cowok Nordik terkenal super garing saat merayu lawan jenis. Mereka tipikal cowok membosankan yang tidak akan bisa jadi sosok gentleman a la drama idaman cewek. Jangan heran kalau kebanyakan dari mereka jarang sekali SMS atau textingan. Mereka sebenarnya adalah cowok mandiri yang akan memberi kita space yang begitu luas dan tidak akan pernah mencecar pertanyaan songong semacam "lagi apa?" atau "sudah makan belom?" setiap hari.

Karena persamaan hak dan derajat antara pria dan wanita di negara mereka, para cowok Nordik juga tidak membeli perhatian wanita dengan makan malam romantis, bunga, ataupun banjiran ungkapan cinta. Mereka juga cukup berhati-hati melangkah dan memutuskan apakah suatu hubungan itu hanya sebatas kencan, friend with benefits, atau serious relationship. 

Tapi karena persamaan derajat ini, para cowok Nordik biasanya sudah terbiasa membantu urusan rumah tangga semisal mencuci piring, memasak, hingga mengurus anak. Mereka memang bukan tipe gentleman yang kita cari, tapi mungkin justru mereka lah, para cowok mandiri yang kita butuhkan. They will take care of you, be honest, and respect you to the fullest.

Lucunya, tak jarang lho, para cowok Nordik merasa jiwa gentleman mereka terkubur sehingga mencari pasangan di wilayah lain. Mereka menganggap, para cewek Eropa Utara terlalu sulit dimengerti, banyak ekspektasi, dan sok mandiri. 

Warriors from the West

Bukan pengagum cowok-cowok pirang? Mungkin kamu akan jatuh cinta dengan sosok feminin-maskulin cowok Prancis, talkative Germans, dan the hot brunette Belgian and Dutch guys!

Saya juga suka cowok-cowok berambut brunette yang super kece dan ganteng seperti Michael Fassbender ataupun ClΓ©ment Sibony. They are so damn hot, huh? Ehe.

Cowok-cowok Eropa Barat biasanya sangat mumpuni di bidang teknologi dan sains. Jangan heran kalau kebanyakan para cowok ini hanya sibuk dengan gadget canggih dan buku-buku pintar mereka. Tidak seperti cowok Nordik yang sedikit dingin dan tertutup, para cowok di Eropa Barat biasanya lebih terbuka, adventurous, dan menyenangkan.

Saat para cowok Barat sudah berhasil mendekati cewek, mereka adalah tipe pejantan tangguh yang akan mengejar si cewek dimana pun kapan pun. Mereka juga tidak malu menunjukkan sisi maskulin dengan menawarkan tumpangan, membayari makan, ataupun mengunjungi negara asal si cewek kalau memang sedang LDR.

Meskipun humourless dan pemalu di awal, tapi cowok Eropa Barat termasuk salah satu the greatest lovers. Lucunya, banyak juga anggapan, cowok-cowok ini super perhitungan dengan uang mereka. They could count every single thing they've (not yet) spent. 

Casanovas live in the south

Saya mengelompokkan para cowok Spanyol, Portugal, dan Italia sebagai Casanova. Apa yang menarik dari mereka? Macho, tukang gombal, ahli menebar kata-kata cinta, dan tentu saja, ganteng alami! Cek deretan pemain bola dari Spanyol dan Portugal kalau belum juga percaya! ;)

Entah kenapa, imej cowok-cowok playboy tetap saja menempel ke para makhluk Adam ini. Mereka memang terkenal jenaka, sangat terbuka, bersahabat, dan ramah terhadap orang baru. Tidak seperti cowok-cowok Eropa Barat, para Casanova juga pede saat mendekati para cewek. They're so confident and have a ball!

Karena terlatih untuk menghargai dan memperlakukan cewek dengan baik, para Casanova biasanya tahu bagaimana bersikap layaknya gentleman. Mereka terkenal agresif dalam menunjukkan rasa cinta terhadap pasangan, bersedia membayari makan saat kencan, dan tidak malu memberikan bunga meskipun belum jadian.

Tapi, jangan harap mendapatkan posisi pertama di hati para Casanova ini. Nyatanya, mereka tetap menempatkan ibu mereka di urutan pertama. Karena harga sewa yang mahal di negara mereka, banyak juga para cowok yang masih tinggal dengan orang tua meskipun di atas usia 25 tahun. Hal ini juga yang membuat para cowok ini sangat dekat dengan keluarga mereka.

Saat para cowok Nordik bersikap hati-hati dan jujur dengan perkataan mereka, para Casanova justru bisa saja terlalu lebay dan membual. You have to make sure that you ARE the one.

In the middle of cuteness

Salahkan saya lagi jika harus memasukkan deretan cowok Balkan dan negara-negara Eropa Tengah seperti Republik Ceko, Slovenia, atau Kroasia, di daftar ini. Sangat sulit membagi-bagi wilayah Eropa secara geografis.

Kalau kamu ingin melihat perpaduan hidung Timur Tengah, kulit Eropa Utara, dan keseksian Eropa Barat, kamu harus berlabuh di hati para cowok Balkan! They are so good looking creatures!

Saya pernah bertemu dengan seorang cowok Bosnia muslim yang saat itu sedang membenari lampu di rumah keluarga Denmark ini. Mukanya putih bersih bersipu merah karena hawa dingin. Badannya tinggi tegap, senyumnya manis, dan wanginyaalamakjadi melting!

Eh serius, ini cowok pakai parfum merk apa ya? Saat dia lewat, seruangan dipenuhi wangi si dia. Di dinding bekas dia bersandar pun, masih ketempelan parfumnya! *Ini penting tapi lupakan ya.*

Cowok-cowok Albania, Austria, Republik Ceko, atau Kroasia memang tidak se-macho para cowok Eropa Selatan, tapi mereka adalah para cowok yang akan membuat para cewek meleleh karena terlalu cute.

Selain memiliki muka perpaduan dari wilayah Eropa di sekitarnya, para cowok Eropa Tengah juga sangat pemalu, lho. Anehnya, mereka tidak akan malu mabuk dan sok jadi lelaki saat bersama teman. Namun, mendadak jadi sok misterius tapi sebenarnya malu ketika berhadapan dengan lawan jenis.

Meskipun para cowok ini bisa jadi sangat cerewet, terbuka, dan senang bercanda, tapi entah kenapa mereka kebanyakan lebih memilih pasangan dari kultur yang sama. Yah!

The humblest easterners

Apakah cowok-cowok dari timur Eropa belum terdeteksi radar? Then it has to be! Faktanya, mereka adalah para true gentleman dibandingkan cowok Eropa mana pun!

Oke, secara penampilan, cowok-cowok Eropa Timur memang tidak se-stylish cowok Eropa Utara. Tapi jangan salah, cowok-cowok ini juga kebanyakan mengerti teknologi dan sains. Banyak cowok dari Romania, Latvia, Polandia, atau Lithuania yang saya temui bekerja di bidang IT bahkan arsitektur.

Tapi karena sering mendapatkan imej negatif soal bangsa gipsy yang hobi mencuri, penduduk Eropa Timur banyak dinilai sebelah mata oleh penduduk Eropa lain. Makanya, para cowok Eropa Timur yang saya temui, biasanya akan lebih banyak berkicau tentang pekerjaan dan sekolah. Mereka tidak ingin dicap bodoh oleh bangsa lain, jadi topik soal hot job dan cool university adalah yang sering dibicarakan.

Pada umumnya, cowok-cowok Eropa Timur sangat rendah hati, tidak terlalu peduli dengan tren terbaru, dan cukup hati-hati saat mendekati cewek. Mereka tidak akan pernah seagresif para Casanova ataupun seniat cowok dari Barat. Tapi nyatanya, mereka tetap bisa menunjukkan sisi maskulin dan menjadi gentleman yang seperti para cewek inginkan.

Kalau cowok-cowok Eropa lain masih ingin memikirkan karir dan masa depan, para cowok Timur justru tidak takut pada komitmen dan pernikahan. Lucunya, entah kenapa saya merasa cowok-cowok Eropa Timur kadang terlalu jujur terhadap perasaan mereka ke lawan jenis. Tidak terlalu misterius dan terkesan mudah ditebak, layaknya cara pendekatan cowok-cowok Indonesia.

Dibandingkan wilayah Eropa lain, para cowok Timur juga termasuk yang paling religius. Meskipun tidak ingin mengaku sebagai orang yang keluar masuk gereja tiap minggu, tapi sedari kecil mereka sudah ditanamkan untuk mempercayai sesuatu Yang Besar di alam ini. Superb!

Nah, kalian sendiri, lebih suka cowok Eropa bagian mana? ;)


63 comments:

  1. hanya punya beberapa kenalan dari western europe dan gue setujuuu! hahaha.. dan nice to know others type heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay! Kayaknya sepikiran ya tentang cowok2 Eropa Barat ;)

      Enjoy the rest!

      Delete
  2. Artikelnya informatif dan komunikatif juga sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Sebagai seseorang yang pernah dekat dengan cowok Polish, saya setuju. Awal berteman dia bisa menjadi sangat tertutup, humble, dan juga sweet. Tapi ketika seorang Polish jatuh cinta, he will treat you like a princess! A true gentleman indeed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah berbagi pengalaman.

      Sama sih. Pernah juga nongkrong sama cowok Polandia yang berakhir flirting di bar. Meskipun doi hanya bawa sepeda, pas pulang tetep aja niat pengen nganter sampe stasiun kereta. Gentleman!!

      Delete
    2. How about Serbian man? Aku lagi LDR sama cowok Serbia nih mbak πŸ˜€

      Delete
    3. Udah pernah ketemu belom? Kalo belom, mending ketemuan aja dulu. Mereka tipikal cowok Eropa Timur yang royal kok :)

      Delete
    4. Nanti dia mau ke Indo mbak buat ketemu dengan saya. Doi dah berumur sih mbak, goals lifenya udah mengarah buat punya keluarga dan anak. Bisa dipercaya ga sih mbak omongan mereka? Jujur saya agak sedikit ragu. Lah jadi curhat gini ke mbaknya πŸ˜ƒ

      Delete
    5. Sebenernya kalo udah berumur sih, ya gak seababil anak muda. Tapi mending ketemuan aja dulu langsung. Cowok bule sama aja kok kayak cowok mana pun, kalo belum ketemu, belum ketauan sifat aslinya ;)

      Good luck!

      Delete
    6. Hi amel, boleh minta contact emailnya, mau tanya soal serbia karena ada rencana mau kesana taun ini, aku juga lg ldr sama cowo serbia, kali aja bisa bagu tips :)

      Delete
    7. Hi amel boleh minta contact emailnya, rencananya taun ini mau ke serbia, aku juga ldr sama cowo serbia. Kali aja bisa bagi tipsnya :)

      Delete
  4. How about Portugal man? Mbak saya juga lagi LDR nich sama cowok Portugal...kami baru berhubungan sebulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah ketemuan belom? Ketemuan aja dulu, baru tau sifat aslinya. Mereka tuh saya kategorikan sebagai Cassanova ;p

      Delete
  5. Cowok Bosnia emang cakep kak, dekat cuman di awal mugkin btl lebih tertarik sm cewek Bosnia juga..
    Sekarang dkt Sama Casanova karakternya cucokk.. Hahahaa..katanya mau dtg Indonesia, srius atau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Datang aja dulu, terus ngobrol. Liat deh, chemistry-nya kalo udah ketemu langsung, masih sama atau kamunya jadi ilfil ;)

      Delete
  6. Ka mau tanya, kalo cowok Netherlands masuk yg mana yah? πŸ˜…πŸ˜… aku lg deket sama cowok netherlands dan aku agak susah percaya sama orang πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanda kan masuk Barat-nya Eropa. Jadi yang mana hayooo??

      Delete
  7. Informasinya sangat membantu mbak
    saya lagi pacaran nih sama orang sweden....Dlu pernah putus eh dianya balik lagi...Cuek banget selama pacaran bilang I love you 1x doang.hhh
    Terus mau ketemuan aja ribet banget berdebat dlu milih negara yang mau dikunjungi.Di tawarin ke Indonesia aja katanya sulit. ..kendala biaya kali ya !!! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Skandinavia baru mau bilang 'I love you' kalo dia betul2 mean it. Bukan yang tebar kata2 manis cuma demi menyenangkan pasangan doang ;>

      Aku juga gak paham kenapa cowok Utara susah banget buat diundang datang ke Indonesia. Beda banget sama cowok Barat yang mau bela2in datang. Mungkin jarang ada tiket promo kali ya dari Utara ke Indonesia ;p

      Delete
    2. Betul katanya tiketnya terlalu mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ , betul yang dikatakan mbak nin cowok Eropa tengah/ Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁😁

      Delete
  8. Aku jadi bingung antara Spanyol, Jerman ama Rusia nihπŸ˜‚ pilih Mana yakπŸ˜…πŸ˜†

    ReplyDelete
  9. Hi kak.. aku abis baca blognya dan kayanya emang bener banget wkwk jd waktu itu aku liburan ke pulau dewata bali, aku nginap disebuah resort dan aku bertemu sm cowok Polish (tau polish pas denger doi ngomong dan temenku liat di social medianya) yg awalnya aku anggap biasa aja. Pertama ketemu dia itu duduk disamping aku waktu sarapan bersama keluarganya, ada sih eyecontact cuma itu biasa banget kok.. nah terus ketemu lg di pool, doi lg jemur2an terus aku duduk disebelah bed nya (ga sadar kalo dia lagi) nah disitu aku ngerasa ada yang agak beda karna dia selalu ngelirikin aku, apalagi kalo doi bolak balik dr pool (baper ala cewe indo wkwk) terus lama banget aku disitu doi ga ngajak ngomong dan yaudah dehh aku balik ke kamar dan aku cerita ma temen aku.. entah gimana temen aku detective bgt, temenku dpt social medianya doi wkwk dan aku ga berani follow atau dm etc.. gimana ya? Apa yang harus aku lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum kamu mikirin kebangsaannya, coba posisikan dulu si cowok ini orang Indonesia. Apa kamu berani langsung DM atau follow? Hehe. Kalo kamu berani, bisa jadi bagi si cowok, kamu creepy! Soalnya udah stalking dia dan bela2in DM segala ;p

      Di Eropa pun sama aja, kalo kamu tiba2 nge-add atau DM sosmed-nya, si cowok ini pasti bingung. Mereka mungkin bakalan berpikiran, agresif bener nih cewek. Yang aku tahu, cowok Timur emang beda sama Utara. Kalo cowok Utara Eropa, lebih condong pengen di-agresifin. Kalo cowok Timur, mereka lebih santai, malu2 kucing, tapi sejatinya tetep mereka yang pengen maju duluan. Gitu.

      Taaapiii.. kalo emang beneran pengen negor dan kenalan, ya silakan aja sih.

      Delete
  10. Sy lg dkt sama cwok portugal mix india.mommynya portugal,alm. daddy nya india.Dia ank tungga,usia 38thn.knl di sosmed dr akhir maret.tp lom prnh ktemu.Ldr an via chat and vc tp itu pun tdk intens.tetapi emang sih sy gak prnh vc/tlp dia duluan kecuali dia yg duluan krn sy mo liat seberapa serius dia ama sy.Di awal pdkt intens sih ,dan dia slalu blg mo seriuslh mah aku,mo long term relationship and merit ama saya.Dan jika kamu serius,blh kah sy dtg pada liburan saya nanti di bln juli?Saya blg sih "welcome saja jika kamu mau dtg.buktikanlh.Dan dia jg blg bhwa dia ga mau sama cwek sana Krn pada gak mau long term relationship sdgkn dia mau.Makanya dia trtarik sama profil sy waktu dia lihat.Dan dia blg ke saya utk tunggu dia,dia akan segera dtg.Awalnya juli dia blg mo dtg.Tp ada kendala skrg,dia blg bhwa mommynya lg skit(prnh operasi tumor),dia worries bgt mah kondisi mommynya yg srg kluar msuk Rs.Dan belakangan dia jd jrg nongol utk chat saya.Dan sy chat dia jg kdg cumn di read aj.Dan trakhir skitar seminggu yg lalu dia chat blg "please wait for me.We'll meet soon.So,apakah mnurut Sis,omongan dia bisa dprcya??Sy bingung dgn sikap dia.Sy gak mau lg chat dia duluan krn tdk dbls.So,what can i do?mohon pencerahannya sis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..

      Duh, aku mah ya.. jujuran aja, skeptis sama cowok India. Apalagi mixed Portugal. Emang sih, semua cowok gak bisa disamaratain. Tapi entahlah, cowok India tuh sok kegantengan dan agresif banget, imho. Kadang saking agresifnya, gak mikir sama manner dan attitude lagi.

      Kamu kayaknya mesti baca postingan terbaru aku tentang ‘Bule Online’ deh. Jujuran aja, aku bukan peramal yang bisa tau si doi serius atau gak :D Yang hanya tau keseriusannya ya hanya dia sendiri.

      Kalo udah kelamaan chatting di dunia maya, mungkin aja dia bosan? Nyuruh dateng ke Indo pun gak segampang ngundang dari Bogor ke Medan. Udah lintas benua gini, ongkosnya mahal. Belom lagi kalo dia punya banyak kerjaan dan urusan :)

      Ya.. tergantung mbaknya aja sekarang. Kalo masih nyaman textingan buat fun, ya silakan. Tapi gak usah diambil hati banget kalo dia sampe gak serius. Buang2 waktu sih iya, tapi senggaknya gak sampe rugi yang laen2 (I hope).

      Delete
  11. Hai hai... ikutan curhat hehe... saya lagi deket sama cowok Hungary, kalo dari peta sih letaknya di Central Europe, tapi kalo menurut saya culture wise dan character wise lebih condong ke eastern europe deh... saya ada kenalan 5 cowok Hungary lainnya (6 sama cowok saya), dan kesamaannya mereka semua adalah cowok yang sangat dekat dengan keluarganya, apalagi sama mama-nya :/ dan kesamaan lainnya adalah mereka semua cowok smart dan sopan.
    oh and btw, 4 dari 6 cowok ini umurnya 20an, tapi menurut saya mereka lebih dewasa dalam memandang hidup dibandingkan saya yang lebih tua LOL dan saya pernah baca juga di suatu artikel, karena mereka punya bahasa sehari-hari yang sangat sulit, ada 41 atau 43 huruf alfabet kalau nggak salah (kita cuma punya 27 huruf dan bahasa mereka adalah salah satu bahasa yang tersulit untuk dipelajari) maka otak mereka juga berevolusi, cara mereka berpikir saya rasa dalam level tertentu sangat berbeda dari orang kita. Seperti orang yang jago bermain catur, mereka sudah berpikir 4 sampai 5 langkah ke depan. Kadang-kadang saya berpikir mereka seperti paranormal karena kadang sudah tahu maksud-maksud tertentu tanpa kita jelaskan lebih jauh (intinya mereka ngga bisa diboongin, atau pun kalau mau boong gampang ketauannya lho LOL). Pernah saya brainstorming soal-soal matematika dengan cowok saya, dan soal matematika yang saya butuh seharian untuk figuring out (dan belom bisa ketemu juga jawabannya) ketika saya share lewat Whatsapp ke cowok saya, cuma dalam waktu 20 menit dia bisa solve soal tersebut :/ amsyiong banget! Kesamaan lainnya adalah mereka senang ngobrol! Ngobrol sama cowok Hungary menyenangkan karena bisa ngalor ngidul kemana-mana haha. Khusus cowok saya, pertama kali kenal - dia sangat tertutup sekali. tapi begitu dia sudah percaya dan sayang sama kamu, dia akan sangat terbuka sekali, sampai ke hal-hal pribadi mengenai keluarganya sekalipun, they would be like an open book for you once they trust you. Dan mereka juga tidak kesulitan untuk berkata jujur mengenai semua hal. Tapi bukan berarti mereka nggak bisa bohong lho, bohongnya juga bisa jadi lebih pintar dan ini perlu diwaspadai haha :/ minusnya dari mereka adalah mereka punya banyak bias mengenai warga negara asing selain dari eropa. Khususnya orang timur tengah dan China. Saya rasa banyak terkait dengan history dan juga pengalaman. ini yang saya kurang suka. dan saya temukan beberapa artikel betapa relatednya orang-orang Hungary dengan xenophobic. Mungkin sih lebih kepada generasi yang tua2, yang generasi muda2 lebih demokratis walaupun untuk cowok saya sendiri juga saya merasakan sedikit banyak sikap dia terpengaruh juga dengan generasi tua. Okay, kesamaan lainnya sepertinya mereka suka memanggil pasangannya dengan panggilan-panggilan manis dan terkait dengan binatang LOL, contohnya "kitty" atau "bunny" haha... saya sendiri punya banyak panggilan manis seperti babygirl, cutie, kitchen pixie, house pixie, sweetheart, sweet little kitty, sweet bunny dan lain-lain LOL. 2 dari 6 cowok Hungary yang saya kenal melakukan ini kepada pasangannya. Mungkin yang levelnya paling "parah" adalah cowok saya, karena tiap hari dia memanggil saya dengan panggilan2 manis ini, uhuy! Apalagi ya.... oh iya... kesamaannya adalah mereka cowok banget. dalam artian bagus dan nggak bagus. nggak bagusnya kadang2 saya merasa ada di jaman flintstone batu primitive dimana cewek harus ngalah terus dan cowoknya ngontrol terus. Walaupun secara verbal mereka mengakui persamaan gender tapi tetep aja gengsi cowoknya dominan banget deh :/ jadi ya mesti sabar2 aja, jangan sama2 keras, or it wont work. Apalagi ya.... saya rasa masih banyak keunikan2 lainnya tentang cowok Hungary, mungkin next time saya lanjutkan lagi. Tapi sebetulnya kalau boleh jujur saya sedang mencari pasangan Hungary Indonesia lainnya, mau sharing so bad! syukur2 kalo nemu pasangan yang ceweknya orang Indonesia dan cowoknya orang Hungary. Langsung aja e-mail saya ke wul4nnn@yahoo.com yahhhh lets share!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo..

      Thank you banget ya udah sharing pengalamannya sama cowok Hungaria! Seru banget dibaca ;)

      Delete
    2. Sama-sama makasih banget udah dimuat komen saya seus ;)

      Delete
  12. hai.. kalo Bosnia itu termasuk selatan ya berarti? apa tau karakter lebih spesifik lg ttg Bosnian selain wangi parfum yg menempel di tembok? haha. Baru dapet kenalan orang Bosnia tp stay di German. Baru chat aja sih.. kesan pertama orangnya sopan. mungkin krn dia muslim juga kali yaa. krn kalo kenal cm lewat chat banyak yg cuma mau dirty talk -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokil sih ini!
      ((Selain wangi parfum yang menempel di tembok)) 🀣

      Aku sebetulnya belom pernah ngedate langsung sama cowok Bosnia sih. Aku juga gak bisa masukkin mereka ke tipe2 cowok Selatan, karena mereka tuh sebetulnya malu2 kucing juga. Gak kayak cowok2 Selatan yang “jual tampang dan gombalan”.

      Yang aku tau sih, cowok2 Bosnia suka mobil mewah. Haha! Apalagi kalo mereka asli Bosnia, tapi udah lama tinggal/lahir di negara Eropa yang lebih kaya, biasanya royal banget :D

      Ngobrol aja dulu sama orangnya. Jangan berpikiran jauh dulu. Tau sendiri kan cowok internet gimana, abu2. Gak bisa ditebak gimana karakter aslinya ;)

      Delete
  13. Wahhh keren article nya. Kebetulan Pacar Ku orang Polandia Sudah 3 tahun long distance. Doi sih baik banget, Tapi sayang Sikap nya misterius gitu. Susah Di tebak karakter nya . Dan dia juga nggak romantis! Cwok Poland nggak Se Romantis Cwok Italy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Italia tuh bukan romantis, tapi tukang gombal! Haha.. Mereka tuh emang bermulut manis dan tau banget nge-treat cewek kayak gimana. Mereka juga tau kalo cewek tuh suka cowok maskulin, butuh dimanja, butuh perhatian, ya makanya mereka sebisa mungkin kasih itu semua ;) Then again, watch out!

      Delete
  14. Klu cowok rumania gimana sih orangnya, soalnya adik aku pacaran sama cowok rumania. Mereka udh pernah ketemu dan rencana mau nikah. Bulan depan cowok itu mau datang lg ke indonesia mau ketemu sama orangtua kami. SAya kadang takut klu nanti adik saya nikah dan dibawa kenegaranya. UMurnya 39 tahun

    ReplyDelete
  15. Aku suka cowok balkan, karna cowo ku dari bosnia. Emang muka nya campuran gt ya... dan sifat nya emang cerewet klo sm pas asngan. Jaga banget...

    ReplyDelete
  16. Cowok romania membingungkan, agak kesan misterius dan tertutup gitu. Tapi saat aku bilang "kamu orang yang tertutup aku sulit menemukan percakapan denganmu". Eh dia bilang dia hanya malu dan bingung merespon gadis cantik. Lah kok dia jadi gombal. Krena chat pendek-pendek, aku bingung apa maksud dia.Membosankan. Harus di chat duluan. Apa mungkin karena belum lama kenal ya...dia dekat banget dengan keluarganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener...pemalu. tapi kalo dah kenal, malu2 in . Suka bercanda juga dan bahkan kadang keterlaluan kalo dah bercanda. Gak gampang bilang I love you. Dan kalau dah bilang I love you, gak perlu lagi dia ucapkan lagi karena dia gak akan berubah dr apa yg dia pernah bilang ( itu kata cowok aku sih πŸ˜…). Pernah berantem karena pasal ginian πŸ˜‚. Tapi habis itu aku lebih bisa memahami dia. Karena cinta bisa dilihat bgm dia memperlakukan pasangannya, bukan dengan hanya kata2 aja. Itu kata dia 😁. Dan aku bisa jadi lebih kreatif dalam membangun hubungan ini agar terhindar dari kebosanan, Krn sikap pemalu ya kadang lebih dominan juga.kami masih terus berjuang, sih...gak tau kedepannya .

      Delete
    2. Hi mbak, aku lagi pacaran LDR jg sm cowok Romania. Emang gitu mbak, gmau chat duluan. Tapi orangnya sopan bget dan sayang kluarga. Mbaknya msih dating sma dia?

      Delete
  17. My ex fiance orang kosovo ,masuk dlm negara Balkan. Anak emak banget. Jadi kalo mau ambil hati anaknya, deketin juga emaknya dan ambil hati emaknya.kwkwkwk... dah lah, He was once in my heart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang masih sama orang Kosovo itukah? Aku sama orang Albania tapi belum pernah ketemu an🀣🀣🀣

      Delete
  18. My ex from Netherlands. Baikk banget, warm dan saking warmnya ke cewe lain juga warm haha, rada gedek sih,baper kan aku. Tp Pas lagi cinta2 nya nurut bgt haha. Pendirian dia kuat (dalam arti agak stubborn). Sayang ada masalah, jadi mantan juga akhirnya :( padahal tahun ini mau nikah. Mungkin perpisahan ini hny sementara, semoga kami diperstaukan kembali oleh Tuhan setelah si dia dan aku menjadi pribadi yg lebih baik . AMINN.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada sama yang lama, kenapa gak cari yang baru aja? ;)
      Susah kalo nungguin cowok berubah sih.

      Delete
  19. gimana sih caranya biar bisa ketemu sama cowok eropa di medsos???

    ReplyDelete
  20. ikutan dong sharing mengenai cow bule,. baru bulan ini si ketemu dngan cow spanyol melalui dumay,umurnya sih udah lumayan dan mengapa sy trtarik dngan dia cz slama chating sama dia orang'a sopan sorry ga sprti turky or india yg cuma maunya naked piktore rata2 lagi mereka begitu dan kasar pula klo ga di kasih,.syukurnya pria spanyol ga gitu dan bln dpan dia udah janji mau ke indonesia,.
    semoga aja dia baik orangya πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya buat sharingnya :)
      Ayok ketemuan dulu soalnya di IRL sama dunia maya biasanya jauh beda.
      Sukses ya.

      Delete
  21. wah sangat bagus artikelnya...
    bagaimana dengan cowok dari Albania?
    soalnya aku lagi deket sama cwo Albania yang usianya lebih muda dari saya.

    ReplyDelete
  22. Cowok inggris masuk yg mana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brexit tuh xD
      Aku belom pernah sama cowok Inggris.

      Delete
  23. hey, topiknya superb hot dan membantu banget buat yang penasaran sama karakteristik cowok2 europe. *terutama yg lagi pdkt sama cwok sana hahaha. sering2 ya. love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much! Glad you love it.
      Tapi apa yang aku tulis ini sebetulnya terlalu umum sih. Karena kan gak semua orang punya kriteria yang sama miripnya seperti di atas ;)

      Delete
  24. Betul katanya tiketnya terlalu mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dan cowok Eropa tengah/Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang. Soalnya finansial/love culture cowok2 Eropa Timur 11-12 sama cowok2 Indonesia. Makanya buat beli tiket ke Indo pun mikir 2x.

      Delete
  25. Haii kak, aku baru kenal cowok Austria ni dia tamuku di hotel ehh malah jdi cinlok πŸ˜… umurnya udh 40 dia punya anak 1 dari gf nya dia huffff apa iya ya kalo mrka udh umurnya segitu jdi agresif bgt wkt pertemuan terakhir aku dipeluk dan dicium sm dia, apa iya mrka seagresif itu ya 😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh gak juga kok. Bisa juga karena cowoknya keganjenan atau gak nangkep “sinyal” kamu salah.

      Kalo pelukan sih wajar ya. Soalnya disini pun kadang lebih enak pelukan, biar gak terkesan formal banget—ketimbang jabat tangan :) Ciumnya pipi apa dimana dulu nih? Kan some clues are different :)

      Delete
  26. Wahhh ... Saya lagi dideketin laki2 portugal yg casanovaaa ..
    Jadi merasa digombaliin... ����.
    Dia suka manggil saya princesss wkwkwkw...


    Klo gantengnya, emang ganteng siih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ati2, jangan kemakan rayuannya :b
      Mereka tuh mulutnya kemana2. Gak hanya ke kanan, kadang flirtingnya juga ke kiri.

      Delete
  27. Hy mbak. I found your article and its so interesnting hahha also with the some comment of the people. Hahah saya juga lagi deket sama cowok spanyol tpi dia tipe org yg jarang banget ngegombal, or say something sweet. Tp jujur saya akui mereka tipe cowok yang jujur banget. Sy udah kenal sama cowo ini selama kurang lebih 2 bulan, we met in my region, dia dtg ke indo pake kapal pesiar dr perusahaannya. He is a capten. Dan sy suddenly met him like destiny (wkwkw baper ala cewe indo). Dia org yang bisa humoris gila bgt dan bisa serius bgt. Sebenarnya ini pertama sih bgt buat sy bisa dekat banget sama bule, biasa ya hanya sebatas ngobrol aja, but he is totally different. Hubungan kami sekarang gak jelas statusnya apa hahah maybe just friend with benefit or apalah haha saya aja bingung, is he like me or not. Sekarang dia udah leave dr indo dan gak tau kapan balik lagi hahah but we still communicate as well. Dia ngirim foto, vid call, chat walaupun gak everyday, mereka tipikal cowok yg jarang bgt ngechat like you said. Sekarang masalahnya ada pada saya. I can't move on dari dia. I really in trouble. What should I do ? Hahaha I'll so happy if you can give me some advice. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua bulan kenal, textingan lancar, lalu tinggal, tiba-tiba baperan. Yakin ini beneran baper, apa hanya karena doi bule doang nih? ;)

      Menurut ku kalo baru 2 bulan gini, ya jangan dibawa perasaan banget. Emangnya kenapa sih udah bingung sama status? Mau langsung diajak pacaran dan dinikahin gitu? :p Kan belom tau juga kapan dianya mau balik ke Indonesia (atau mana nih, secara kamu cuma nyebutin 'region'?).

      Santai aja. Let it flow. Jangan ngebut, karena bisa jadi doi malah udah kawin atau beranak di negaranya. Ngobrol aja dulu sampe bosen ntar baru tanya lagi kapan mau kunjungan biar enak ketemuan dan ngobrol in real life.

      Delete
  28. Hahhaha bener bgt sih mbak Nin. I have to face the reality yah kalau mmg seperti itulah adanya. Hahhaha I have to wake up. Dan skrg aku udah totally sadar dan tdk bermimpi lagi. Not anymore. Like what you say 'let it flow'. Thanks by the way. *bighug

    ReplyDelete
  29. Hai mbak nin, aku mau sharing... aku lagi deket sama cowok hungary. Baik banget asli dan sangat sopan ya. Tidak pernah bicara yang nyeleneh. Bicaranya selalu berbobot. Dan saya baca sharing mbak wulan diatas tentang cowok hungary itu emang bener. Mereka lebih deket ke mamanya. Dan suka memasak, berkebun, hal hal yang biasanya wanita indonesia lakukan. Bersihin dapur. Cuma aku agak worried perihal agama sih, aku belum berani sharing ke dia lebih dalam perihal agama karena takutnya udah hopeless duluan sebelum berjuang gitu. Kebetulan PDKTan aku ini campuran budaya antara serbia dan hungary dan kerjanya kadang di canada. Tapi seneng sih karrna orangnya sangat welcoming bgt. Hahaha thankyou sis udah ngeluarin artikel ini.

    ReplyDelete