Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

Monday, 9 January 2017



*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;)

Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka.

Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head!

Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan.

Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagian dari stereotipe itu. So, ladies, you want to know more? Enjoy!

The monotonous northerners 

Kalau kamu memang mengidolakan cowok-cowok berotot, bertato-tapi-kyut, berambut pirang, bermata biru, dan stylish, liriklah para cowok di bagian utara Eropa. Para cowok ini kebanyakan pandai di bidang teknologi dan desain. They're undoubtedly uber creative and charming!

Sayangnya, cowok-cowok Nordik terkenal super garing saat merayu lawan jenis. Mereka tipikal cowok membosankan yang tidak akan bisa jadi sosok gentleman a la drama idaman cewek. Jangan heran kalau kebanyakan dari mereka jarang sekali SMS atau textingan. Mereka sebenarnya adalah cowok mandiri yang akan memberi kita space yang begitu luas dan tidak akan pernah mencecar pertanyaan songong semacam "lagi apa?" atau "sudah makan belom?" setiap hari.

Karena persamaan hak dan derajat antara pria dan wanita di negara mereka, para cowok Nordik juga tidak membeli perhatian wanita dengan makan malam romantis, bunga, ataupun banjiran ungkapan cinta. Mereka juga cukup berhati-hati melangkah dan memutuskan apakah suatu hubungan itu hanya sebatas kencan, friend with benefits, atau serious relationship. 

Tapi karena persamaan derajat ini, para cowok Nordik biasanya sudah terbiasa membantu urusan rumah tangga semisal mencuci piring, memasak, hingga mengurus anak. Mereka memang bukan tipe gentleman yang kita cari, tapi mungkin justru mereka lah, para cowok mandiri yang kita butuhkan. They will take care of you, be honest, and respect you to the fullest.

Lucunya, tak jarang lho, para cowok Nordik merasa jiwa gentleman mereka terkubur sehingga mencari pasangan di wilayah lain. Mereka menganggap, para cewek Eropa Utara terlalu sulit dimengerti, banyak ekspektasi, dan sok mandiri. 

Warriors from the West

Bukan pengagum cowok-cowok pirang? Mungkin kamu akan jatuh cinta dengan sosok feminin-maskulin cowok Prancis, talkative Germans, dan the hot brunette Belgian and Dutch guys!

Saya juga suka cowok-cowok berambut brunette yang super kece dan ganteng seperti Michael Fassbender ataupun ClΓ©ment Sibony. They are so damn hot, huh? Ehe.

Cowok-cowok Eropa Barat biasanya sangat mumpuni di bidang teknologi dan sains. Jangan heran kalau kebanyakan para cowok ini hanya sibuk dengan gadget canggih dan buku-buku pintar mereka. Tidak seperti cowok Nordik yang sedikit dingin dan tertutup, para cowok di Eropa Barat biasanya lebih terbuka, adventurous, dan menyenangkan.

Saat para cowok Barat sudah berhasil mendekati cewek, mereka adalah tipe pejantan tangguh yang akan mengejar si cewek dimana pun kapan pun. Mereka juga tidak malu menunjukkan sisi maskulin dengan menawarkan tumpangan, membayari makan, ataupun mengunjungi negara asal si cewek kalau memang sedang LDR.

Meskipun humourless dan pemalu di awal, tapi cowok Eropa Barat termasuk salah satu the greatest lovers. Lucunya, banyak juga anggapan, cowok-cowok ini super perhitungan dengan uang mereka. They could count every single thing they've (not yet) spent. 

Casanovas live in the south

Saya mengelompokkan para cowok Spanyol, Portugal, dan Italia sebagai Casanova. Apa yang menarik dari mereka? Macho, tukang gombal, ahli menebar kata-kata cinta, dan tentu saja, ganteng alami! Cek deretan pemain bola dari Spanyol dan Portugal kalau belum juga percaya! ;)

Entah kenapa, imej cowok-cowok playboy tetap saja menempel ke para makhluk Adam ini. Mereka memang terkenal jenaka, sangat terbuka, bersahabat, dan ramah terhadap orang baru. Tidak seperti cowok-cowok Eropa Barat, para Casanova juga pede saat mendekati para cewek. They're so confident and have a ball!

Karena terlatih untuk menghargai dan memperlakukan cewek dengan baik, para Casanova biasanya tahu bagaimana bersikap layaknya gentleman. Mereka terkenal agresif dalam menunjukkan rasa cinta terhadap pasangan, bersedia membayari makan saat kencan, dan tidak malu memberikan bunga meskipun belum jadian.

Tapi, jangan harap mendapatkan posisi pertama di hati para Casanova ini. Nyatanya, mereka tetap menempatkan ibu mereka di urutan pertama. Karena harga sewa yang mahal di negara mereka, banyak juga para cowok yang masih tinggal dengan orang tua meskipun di atas usia 25 tahun. Hal ini juga yang membuat para cowok ini sangat dekat dengan keluarga mereka.

Saat para cowok Nordik bersikap hati-hati dan jujur dengan perkataan mereka, para Casanova justru bisa saja terlalu lebay dan membual. You have to make sure that you ARE the one.

In the middle of cuteness

Salahkan saya lagi jika harus memasukkan deretan cowok Balkan dan negara-negara Eropa Tengah seperti Republik Ceko, Slovenia, atau Kroasia, di daftar ini. Sangat sulit membagi-bagi wilayah Eropa secara geografis.

Kalau kamu ingin melihat perpaduan hidung Timur Tengah, kulit Eropa Utara, dan keseksian Eropa Barat, kamu harus berlabuh di hati para cowok Balkan! They are so good looking creatures!

Saya pernah bertemu dengan seorang cowok Bosnia muslim yang saat itu sedang membenari lampu di rumah keluarga Denmark ini. Mukanya putih bersih bersipu merah karena hawa dingin. Badannya tinggi tegap, senyumnya manis, dan wanginyaalamakjadi melting!

Eh serius, ini cowok pakai parfum merk apa ya? Saat dia lewat, seruangan dipenuhi wangi si dia. Di dinding bekas dia bersandar pun, masih ketempelan parfumnya! *Ini penting tapi lupakan ya.*

Cowok-cowok Albania, Austria, Republik Ceko, atau Kroasia memang tidak se-macho para cowok Eropa Selatan, tapi mereka adalah para cowok yang akan membuat para cewek meleleh karena terlalu cute.

Selain memiliki muka perpaduan dari wilayah Eropa di sekitarnya, para cowok Eropa Tengah juga sangat pemalu, lho. Anehnya, mereka tidak akan malu mabuk dan sok jadi lelaki saat bersama teman. Namun, mendadak jadi sok misterius tapi sebenarnya malu ketika berhadapan dengan lawan jenis.

Meskipun para cowok ini bisa jadi sangat cerewet, terbuka, dan senang bercanda, tapi entah kenapa mereka kebanyakan lebih memilih pasangan dari kultur yang sama. Yah!

The humblest easterners

Apakah cowok-cowok dari timur Eropa belum terdeteksi radar? Then it has to be! Faktanya, mereka adalah para true gentleman dibandingkan cowok Eropa mana pun!

Oke, secara penampilan, cowok-cowok Eropa Timur memang tidak se-stylish cowok Eropa Utara. Tapi jangan salah, cowok-cowok ini juga kebanyakan mengerti teknologi dan sains. Banyak cowok dari Romania, Latvia, Polandia, atau Lithuania yang saya temui bekerja di bidang IT bahkan arsitektur.

Tapi karena sering mendapatkan imej negatif soal bangsa gipsy yang hobi mencuri, penduduk Eropa Timur banyak dinilai sebelah mata oleh penduduk Eropa lain. Makanya, para cowok Eropa Timur yang saya temui, biasanya akan lebih banyak berkicau tentang pekerjaan dan sekolah. Mereka tidak ingin dicap bodoh oleh bangsa lain, jadi topik soal hot job dan cool university adalah yang sering dibicarakan.

Pada umumnya, cowok-cowok Eropa Timur sangat rendah hati, tidak terlalu peduli dengan tren terbaru, dan cukup hati-hati saat mendekati cewek. Mereka tidak akan pernah seagresif para Casanova ataupun seniat cowok dari Barat. Tapi nyatanya, mereka tetap bisa menunjukkan sisi maskulin dan menjadi gentleman yang seperti para cewek inginkan.

Kalau cowok-cowok Eropa lain masih ingin memikirkan karir dan masa depan, para cowok Timur justru tidak takut pada komitmen dan pernikahan. Lucunya, entah kenapa saya merasa cowok-cowok Eropa Timur kadang terlalu jujur terhadap perasaan mereka ke lawan jenis. Tidak terlalu misterius dan terkesan mudah ditebak, layaknya cara pendekatan cowok-cowok Indonesia.

Dibandingkan wilayah Eropa lain, para cowok Timur juga termasuk yang paling religius. Meskipun tidak ingin mengaku sebagai orang yang keluar masuk gereja tiap minggu, tapi sedari kecil mereka sudah ditanamkan untuk mempercayai sesuatu Yang Besar di alam ini. Superb!

Nah, kalian sendiri, lebih suka cowok Eropa bagian mana? ;)


140 comments:

  1. hanya punya beberapa kenalan dari western europe dan gue setujuuu! hahaha.. dan nice to know others type heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay! Kayaknya sepikiran ya tentang cowok2 Eropa Barat ;)

      Enjoy the rest!

      Delete
  2. Artikelnya informatif dan komunikatif juga sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Sebagai seseorang yang pernah dekat dengan cowok Polish, saya setuju. Awal berteman dia bisa menjadi sangat tertutup, humble, dan juga sweet. Tapi ketika seorang Polish jatuh cinta, he will treat you like a princess! A true gentleman indeed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah berbagi pengalaman.

      Sama sih. Pernah juga nongkrong sama cowok Polandia yang berakhir flirting di bar. Meskipun doi hanya bawa sepeda, pas pulang tetep aja niat pengen nganter sampe stasiun kereta. Gentleman!!

      Delete
    2. How about Serbian man? Aku lagi LDR sama cowok Serbia nih mbak πŸ˜€

      Delete
    3. Udah pernah ketemu belom? Kalo belom, mending ketemuan aja dulu. Mereka tipikal cowok Eropa Timur yang royal kok :)

      Delete
    4. Nanti dia mau ke Indo mbak buat ketemu dengan saya. Doi dah berumur sih mbak, goals lifenya udah mengarah buat punya keluarga dan anak. Bisa dipercaya ga sih mbak omongan mereka? Jujur saya agak sedikit ragu. Lah jadi curhat gini ke mbaknya πŸ˜ƒ

      Delete
    5. Sebenernya kalo udah berumur sih, ya gak seababil anak muda. Tapi mending ketemuan aja dulu langsung. Cowok bule sama aja kok kayak cowok mana pun, kalo belum ketemu, belum ketauan sifat aslinya ;)

      Good luck!

      Delete
    6. Hi amel, boleh minta contact emailnya, mau tanya soal serbia karena ada rencana mau kesana taun ini, aku juga lg ldr sama cowo serbia, kali aja bisa bagu tips :)

      Delete
    7. Hi amel boleh minta contact emailnya, rencananya taun ini mau ke serbia, aku juga ldr sama cowo serbia. Kali aja bisa bagi tipsnya :)

      Delete
  4. How about Portugal man? Mbak saya juga lagi LDR nich sama cowok Portugal...kami baru berhubungan sebulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah ketemuan belom? Ketemuan aja dulu, baru tau sifat aslinya. Mereka tuh saya kategorikan sebagai Cassanova ;p

      Delete
  5. Cowok Bosnia emang cakep kak, dekat cuman di awal mugkin btl lebih tertarik sm cewek Bosnia juga..
    Sekarang dkt Sama Casanova karakternya cucokk.. Hahahaa..katanya mau dtg Indonesia, srius atau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Datang aja dulu, terus ngobrol. Liat deh, chemistry-nya kalo udah ketemu langsung, masih sama atau kamunya jadi ilfil ;)

      Delete
  6. Ka mau tanya, kalo cowok Netherlands masuk yg mana yah? πŸ˜…πŸ˜… aku lg deket sama cowok netherlands dan aku agak susah percaya sama orang πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanda kan masuk Barat-nya Eropa. Jadi yang mana hayooo??

      Delete
  7. Informasinya sangat membantu mbak
    saya lagi pacaran nih sama orang sweden....Dlu pernah putus eh dianya balik lagi...Cuek banget selama pacaran bilang I love you 1x doang.hhh
    Terus mau ketemuan aja ribet banget berdebat dlu milih negara yang mau dikunjungi.Di tawarin ke Indonesia aja katanya sulit. ..kendala biaya kali ya !!! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Skandinavia baru mau bilang 'I love you' kalo dia betul2 mean it. Bukan yang tebar kata2 manis cuma demi menyenangkan pasangan doang ;>

      Aku juga gak paham kenapa cowok Utara susah banget buat diundang datang ke Indonesia. Beda banget sama cowok Barat yang mau bela2in datang. Mungkin jarang ada tiket promo kali ya dari Utara ke Indonesia ;p

      Delete
    2. Betul katanya tiketnya terlalu mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ , betul yang dikatakan mbak nin cowok Eropa tengah/ Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁😁

      Delete
  8. Aku jadi bingung antara Spanyol, Jerman ama Rusia nihπŸ˜‚ pilih Mana yakπŸ˜…πŸ˜†

    ReplyDelete
  9. Hi kak.. aku abis baca blognya dan kayanya emang bener banget wkwk jd waktu itu aku liburan ke pulau dewata bali, aku nginap disebuah resort dan aku bertemu sm cowok Polish (tau polish pas denger doi ngomong dan temenku liat di social medianya) yg awalnya aku anggap biasa aja. Pertama ketemu dia itu duduk disamping aku waktu sarapan bersama keluarganya, ada sih eyecontact cuma itu biasa banget kok.. nah terus ketemu lg di pool, doi lg jemur2an terus aku duduk disebelah bed nya (ga sadar kalo dia lagi) nah disitu aku ngerasa ada yang agak beda karna dia selalu ngelirikin aku, apalagi kalo doi bolak balik dr pool (baper ala cewe indo wkwk) terus lama banget aku disitu doi ga ngajak ngomong dan yaudah dehh aku balik ke kamar dan aku cerita ma temen aku.. entah gimana temen aku detective bgt, temenku dpt social medianya doi wkwk dan aku ga berani follow atau dm etc.. gimana ya? Apa yang harus aku lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum kamu mikirin kebangsaannya, coba posisikan dulu si cowok ini orang Indonesia. Apa kamu berani langsung DM atau follow? Hehe. Kalo kamu berani, bisa jadi bagi si cowok, kamu creepy! Soalnya udah stalking dia dan bela2in DM segala ;p

      Di Eropa pun sama aja, kalo kamu tiba2 nge-add atau DM sosmed-nya, si cowok ini pasti bingung. Mereka mungkin bakalan berpikiran, agresif bener nih cewek. Yang aku tahu, cowok Timur emang beda sama Utara. Kalo cowok Utara Eropa, lebih condong pengen di-agresifin. Kalo cowok Timur, mereka lebih santai, malu2 kucing, tapi sejatinya tetep mereka yang pengen maju duluan. Gitu.

      Taaapiii.. kalo emang beneran pengen negor dan kenalan, ya silakan aja sih.

      Delete
    2. Ya ampun pas bgt dpt web ini. Kebetulan aku berkenalan dgn sorg pria swiss yg bekerja di penerbangan di jerman, but skrg dia lg ada di yogjakarta.awl berkenalan lewat aplikasi ksh gtu,dia duluan yg mengajak berknlan & dia menjelaskn data pribadi dia,dia sorg pilot yg sibuk tdk sempat membuka dating yg masuk,lalu dia menyuruh q u/ memberitaukn no hp / wa aq melalui e-mail dia.pesan dr dia tu udh 3 minggu baru aq baca.aq pun mmbls pesan & mengirim no hp q lewat e-mail dia. Aq hny menunggu 10 menit dia lgsg menghubugi q lewat wa. Jantung q bedebar" min,tdk pnjg lebar,dia lgsg vc aq. dia bicara,dia meminta q ke yogjakarta u/ bertemu dgnnya,masalah ongkos dll dia akan bertanggung jwb kn,dia jg blg saya tidak pelit,awalnya aq ragu & takut, pas dia blg ke aq,kalo kamu takut & ragu silakan mundur.sya hny mau berkenalan sm sorg yg dewasa bkn kekanak-kanakan & pola pikir yg dewasa,di stu aq terdiam gk bs jwb apa".vc pun lgsg di matikn sm dia. Lalu dia menchat aq lg dia meminta maaf jk dia mengangu q,dia hny butuh org yg serius bkn yg kekanakan. Akhirnya aq menjlskn alasan aq, lalu aq berjanji akn menemui dia.lalu dia blg ke aq, kabarin aja tanggal dan kapan mau ke sini biar dia mnt atur izin dr kantor supaya dia bs menjemput q di bandara dan menemani q bbr hari di yogjakarta. Aduuuu... ksh pendapat donk guys.. !!!!!

      Delete
    3. Halo yang curhat tgl 11/3 di atas, makasih udah nimbrung :)

      Anyway, ini si lelaki umurnya berapaan? Daripada dia repot2 yang undang kita ke Jogja, napa gak dia aja yg nyamperin kita? Terus di Jogja tinggal dimana dong? Hotel? Dia juga yang bayarin?

      Baru pertama kenal udah seroyal itu? Sounds too good to be true. Mending be aware aja, kalo menurut ku sih.

      Delete
    4. for me, its also sounds pretty weird.
      jangan mudah percaya mbak.
      kalau emang mbak punya kenalan lain di Jogja, mba bisa hubungi temen mba yang lain. just in case he doesnt meet you.
      and even he told that he will offer anything for you make sure you also have enough cash for taking care your self.

      Kalau mbaknya merasa yakin silahkan temui dia, tapi jangan lupa sama saranku di atas. heheh
      Good luck

      Delete
  10. Sy lg dkt sama cwok portugal mix india.mommynya portugal,alm. daddy nya india.Dia ank tungga,usia 38thn.knl di sosmed dr akhir maret.tp lom prnh ktemu.Ldr an via chat and vc tp itu pun tdk intens.tetapi emang sih sy gak prnh vc/tlp dia duluan kecuali dia yg duluan krn sy mo liat seberapa serius dia ama sy.Di awal pdkt intens sih ,dan dia slalu blg mo seriuslh mah aku,mo long term relationship and merit ama saya.Dan jika kamu serius,blh kah sy dtg pada liburan saya nanti di bln juli?Saya blg sih "welcome saja jika kamu mau dtg.buktikanlh.Dan dia jg blg bhwa dia ga mau sama cwek sana Krn pada gak mau long term relationship sdgkn dia mau.Makanya dia trtarik sama profil sy waktu dia lihat.Dan dia blg ke saya utk tunggu dia,dia akan segera dtg.Awalnya juli dia blg mo dtg.Tp ada kendala skrg,dia blg bhwa mommynya lg skit(prnh operasi tumor),dia worries bgt mah kondisi mommynya yg srg kluar msuk Rs.Dan belakangan dia jd jrg nongol utk chat saya.Dan sy chat dia jg kdg cumn di read aj.Dan trakhir skitar seminggu yg lalu dia chat blg "please wait for me.We'll meet soon.So,apakah mnurut Sis,omongan dia bisa dprcya??Sy bingung dgn sikap dia.Sy gak mau lg chat dia duluan krn tdk dbls.So,what can i do?mohon pencerahannya sis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..

      Duh, aku mah ya.. jujuran aja, skeptis sama cowok India. Apalagi mixed Portugal. Emang sih, semua cowok gak bisa disamaratain. Tapi entahlah, cowok India tuh sok kegantengan dan agresif banget, imho. Kadang saking agresifnya, gak mikir sama manner dan attitude lagi.

      Kamu kayaknya mesti baca postingan terbaru aku tentang ‘Bule Online’ deh. Jujuran aja, aku bukan peramal yang bisa tau si doi serius atau gak :D Yang hanya tau keseriusannya ya hanya dia sendiri.

      Kalo udah kelamaan chatting di dunia maya, mungkin aja dia bosan? Nyuruh dateng ke Indo pun gak segampang ngundang dari Bogor ke Medan. Udah lintas benua gini, ongkosnya mahal. Belom lagi kalo dia punya banyak kerjaan dan urusan :)

      Ya.. tergantung mbaknya aja sekarang. Kalo masih nyaman textingan buat fun, ya silakan. Tapi gak usah diambil hati banget kalo dia sampe gak serius. Buang2 waktu sih iya, tapi senggaknya gak sampe rugi yang laen2 (I hope).

      Delete
    2. Bener ya didunia peronline'an pun bejibun cowok india, disetiap app yg aku main ada mrk. ada beberapa yg baik cuma menurutku rata2 mereka cowok penggoda πŸ˜‚

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo..

      Thank you banget ya udah sharing pengalamannya sama cowok Hungaria! Seru banget dibaca ;)

      Delete
    2. Sama-sama makasih banget udah dimuat komen saya seus ;)

      Delete
  12. hai.. kalo Bosnia itu termasuk selatan ya berarti? apa tau karakter lebih spesifik lg ttg Bosnian selain wangi parfum yg menempel di tembok? haha. Baru dapet kenalan orang Bosnia tp stay di German. Baru chat aja sih.. kesan pertama orangnya sopan. mungkin krn dia muslim juga kali yaa. krn kalo kenal cm lewat chat banyak yg cuma mau dirty talk -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokil sih ini!
      ((Selain wangi parfum yang menempel di tembok)) 🀣

      Aku sebetulnya belom pernah ngedate langsung sama cowok Bosnia sih. Aku juga gak bisa masukkin mereka ke tipe2 cowok Selatan, karena mereka tuh sebetulnya malu2 kucing juga. Gak kayak cowok2 Selatan yang “jual tampang dan gombalan”.

      Yang aku tau sih, cowok2 Bosnia suka mobil mewah. Haha! Apalagi kalo mereka asli Bosnia, tapi udah lama tinggal/lahir di negara Eropa yang lebih kaya, biasanya royal banget :D

      Ngobrol aja dulu sama orangnya. Jangan berpikiran jauh dulu. Tau sendiri kan cowok internet gimana, abu2. Gak bisa ditebak gimana karakter aslinya ;)

      Delete
  13. Wahhh keren article nya. Kebetulan Pacar Ku orang Polandia Sudah 3 tahun long distance. Doi sih baik banget, Tapi sayang Sikap nya misterius gitu. Susah Di tebak karakter nya . Dan dia juga nggak romantis! Cwok Poland nggak Se Romantis Cwok Italy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Italia tuh bukan romantis, tapi tukang gombal! Haha.. Mereka tuh emang bermulut manis dan tau banget nge-treat cewek kayak gimana. Mereka juga tau kalo cewek tuh suka cowok maskulin, butuh dimanja, butuh perhatian, ya makanya mereka sebisa mungkin kasih itu semua ;) Then again, watch out!

      Delete
  14. Klu cowok rumania gimana sih orangnya, soalnya adik aku pacaran sama cowok rumania. Mereka udh pernah ketemu dan rencana mau nikah. Bulan depan cowok itu mau datang lg ke indonesia mau ketemu sama orangtua kami. SAya kadang takut klu nanti adik saya nikah dan dibawa kenegaranya. UMurnya 39 tahun

    ReplyDelete
  15. Aku suka cowok balkan, karna cowo ku dari bosnia. Emang muka nya campuran gt ya... dan sifat nya emang cerewet klo sm pas asngan. Jaga banget...

    ReplyDelete
  16. Cowok romania membingungkan, agak kesan misterius dan tertutup gitu. Tapi saat aku bilang "kamu orang yang tertutup aku sulit menemukan percakapan denganmu". Eh dia bilang dia hanya malu dan bingung merespon gadis cantik. Lah kok dia jadi gombal. Krena chat pendek-pendek, aku bingung apa maksud dia.Membosankan. Harus di chat duluan. Apa mungkin karena belum lama kenal ya...dia dekat banget dengan keluarganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener...pemalu. tapi kalo dah kenal, malu2 in . Suka bercanda juga dan bahkan kadang keterlaluan kalo dah bercanda. Gak gampang bilang I love you. Dan kalau dah bilang I love you, gak perlu lagi dia ucapkan lagi karena dia gak akan berubah dr apa yg dia pernah bilang ( itu kata cowok aku sih πŸ˜…). Pernah berantem karena pasal ginian πŸ˜‚. Tapi habis itu aku lebih bisa memahami dia. Karena cinta bisa dilihat bgm dia memperlakukan pasangannya, bukan dengan hanya kata2 aja. Itu kata dia 😁. Dan aku bisa jadi lebih kreatif dalam membangun hubungan ini agar terhindar dari kebosanan, Krn sikap pemalu ya kadang lebih dominan juga.kami masih terus berjuang, sih...gak tau kedepannya .

      Delete
    2. Hi mbak, aku lagi pacaran LDR jg sm cowok Romania. Emang gitu mbak, gmau chat duluan. Tapi orangnya sopan bget dan sayang kluarga. Mbaknya msih dating sma dia?

      Delete
  17. My ex fiance orang kosovo ,masuk dlm negara Balkan. Anak emak banget. Jadi kalo mau ambil hati anaknya, deketin juga emaknya dan ambil hati emaknya.kwkwkwk... dah lah, He was once in my heart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang masih sama orang Kosovo itukah? Aku sama orang Albania tapi belum pernah ketemu an🀣🀣🀣

      Delete
    2. SamaπŸ˜‚

      Delete
  18. My ex from Netherlands. Baikk banget, warm dan saking warmnya ke cewe lain juga warm haha, rada gedek sih,baper kan aku. Tp Pas lagi cinta2 nya nurut bgt haha. Pendirian dia kuat (dalam arti agak stubborn). Sayang ada masalah, jadi mantan juga akhirnya :( padahal tahun ini mau nikah. Mungkin perpisahan ini hny sementara, semoga kami diperstaukan kembali oleh Tuhan setelah si dia dan aku menjadi pribadi yg lebih baik . AMINN.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada sama yang lama, kenapa gak cari yang baru aja? ;)
      Susah kalo nungguin cowok berubah sih.

      Delete
  19. gimana sih caranya biar bisa ketemu sama cowok eropa di medsos???

    ReplyDelete
  20. ikutan dong sharing mengenai cow bule,. baru bulan ini si ketemu dngan cow spanyol melalui dumay,umurnya sih udah lumayan dan mengapa sy trtarik dngan dia cz slama chating sama dia orang'a sopan sorry ga sprti turky or india yg cuma maunya naked piktore rata2 lagi mereka begitu dan kasar pula klo ga di kasih,.syukurnya pria spanyol ga gitu dan bln dpan dia udah janji mau ke indonesia,.
    semoga aja dia baik orangya πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya buat sharingnya :)
      Ayok ketemuan dulu soalnya di IRL sama dunia maya biasanya jauh beda.
      Sukses ya.

      Delete
  21. wah sangat bagus artikelnya...
    bagaimana dengan cowok dari Albania?
    soalnya aku lagi deket sama cwo Albania yang usianya lebih muda dari saya.

    ReplyDelete
  22. Cowok inggris masuk yg mana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brexit tuh xD
      Aku belom pernah sama cowok Inggris.

      Delete
  23. hey, topiknya superb hot dan membantu banget buat yang penasaran sama karakteristik cowok2 europe. *terutama yg lagi pdkt sama cwok sana hahaha. sering2 ya. love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much! Glad you love it.
      Tapi apa yang aku tulis ini sebetulnya terlalu umum sih. Karena kan gak semua orang punya kriteria yang sama miripnya seperti di atas ;)

      Delete
  24. Betul katanya tiketnya terlalu mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dan cowok Eropa tengah/Balkan cenderung memilih ras nya sendiri 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang. Soalnya finansial/love culture cowok2 Eropa Timur 11-12 sama cowok2 Indonesia. Makanya buat beli tiket ke Indo pun mikir 2x.

      Delete
  25. Haii kak, aku baru kenal cowok Austria ni dia tamuku di hotel ehh malah jdi cinlok πŸ˜… umurnya udh 40 dia punya anak 1 dari gf nya dia huffff apa iya ya kalo mrka udh umurnya segitu jdi agresif bgt wkt pertemuan terakhir aku dipeluk dan dicium sm dia, apa iya mrka seagresif itu ya 😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh gak juga kok. Bisa juga karena cowoknya keganjenan atau gak nangkep “sinyal” kamu salah.

      Kalo pelukan sih wajar ya. Soalnya disini pun kadang lebih enak pelukan, biar gak terkesan formal banget—ketimbang jabat tangan :) Ciumnya pipi apa dimana dulu nih? Kan some clues are different :)

      Delete
  26. Wahhh ... Saya lagi dideketin laki2 portugal yg casanovaaa ..
    Jadi merasa digombaliin... ����.
    Dia suka manggil saya princesss wkwkwkw...


    Klo gantengnya, emang ganteng siih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ati2, jangan kemakan rayuannya :b
      Mereka tuh mulutnya kemana2. Gak hanya ke kanan, kadang flirtingnya juga ke kiri.

      Delete
  27. Hy mbak. I found your article and its so interesnting hahha also with the some comment of the people. Hahah saya juga lagi deket sama cowok spanyol tpi dia tipe org yg jarang banget ngegombal, or say something sweet. Tp jujur saya akui mereka tipe cowok yang jujur banget. Sy udah kenal sama cowo ini selama kurang lebih 2 bulan, we met in my region, dia dtg ke indo pake kapal pesiar dr perusahaannya. He is a capten. Dan sy suddenly met him like destiny (wkwkw baper ala cewe indo). Dia org yang bisa humoris gila bgt dan bisa serius bgt. Sebenarnya ini pertama sih bgt buat sy bisa dekat banget sama bule, biasa ya hanya sebatas ngobrol aja, but he is totally different. Hubungan kami sekarang gak jelas statusnya apa hahah maybe just friend with benefit or apalah haha saya aja bingung, is he like me or not. Sekarang dia udah leave dr indo dan gak tau kapan balik lagi hahah but we still communicate as well. Dia ngirim foto, vid call, chat walaupun gak everyday, mereka tipikal cowok yg jarang bgt ngechat like you said. Sekarang masalahnya ada pada saya. I can't move on dari dia. I really in trouble. What should I do ? Hahaha I'll so happy if you can give me some advice. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua bulan kenal, textingan lancar, lalu tinggal, tiba-tiba baperan. Yakin ini beneran baper, apa hanya karena doi bule doang nih? ;)

      Menurut ku kalo baru 2 bulan gini, ya jangan dibawa perasaan banget. Emangnya kenapa sih udah bingung sama status? Mau langsung diajak pacaran dan dinikahin gitu? :p Kan belom tau juga kapan dianya mau balik ke Indonesia (atau mana nih, secara kamu cuma nyebutin 'region'?).

      Santai aja. Let it flow. Jangan ngebut, karena bisa jadi doi malah udah kawin atau beranak di negaranya. Ngobrol aja dulu sampe bosen ntar baru tanya lagi kapan mau kunjungan biar enak ketemuan dan ngobrol in real life.

      Delete
  28. Hahhaha bener bgt sih mbak Nin. I have to face the reality yah kalau mmg seperti itulah adanya. Hahhaha I have to wake up. Dan skrg aku udah totally sadar dan tdk bermimpi lagi. Not anymore. Like what you say 'let it flow'. Thanks by the way. *bighug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa berkhayal punya hubungan spesial sih. Gratis ini juga. Tapi jangan sampai menutup kesempatan membuka hati sama cowok mana pun ya, karena yang ini gak jelas gimana futurenya ;)

      Terima kasih juga udah sharing di blog biar dibaca sama yang punya problem sama :)

      Delete
  29. Hai mbak nin, aku mau sharing... aku lagi deket sama cowok hungary. Baik banget asli dan sangat sopan ya. Tidak pernah bicara yang nyeleneh. Bicaranya selalu berbobot. Dan saya baca sharing mbak wulan diatas tentang cowok hungary itu emang bener. Mereka lebih deket ke mamanya. Dan suka memasak, berkebun, hal hal yang biasanya wanita indonesia lakukan. Bersihin dapur. Cuma aku agak worried perihal agama sih, aku belum berani sharing ke dia lebih dalam perihal agama karena takutnya udah hopeless duluan sebelum berjuang gitu. Kebetulan PDKTan aku ini campuran budaya antara serbia dan hungary dan kerjanya kadang di canada. Tapi seneng sih karrna orangnya sangat welcoming bgt. Hahaha thankyou sis udah ngeluarin artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..

      Makasih ya udah sharing. Cowok Eropa Timur emang budaya dan point of view-nya mirip2 Asia sih. Jadi no wonder lah kalo kamu ngeliat mereka sopan dan rada shy di awal.

      Soal agama, menurut aku tahan aja dulu. Jangan biarkan agama memblok2 kita dengan dunia luar. Bukannya apa, tapi kalo baru sebatas teman dan pacaran, menurut aku biarin aja dia belajar semua tentang kamu dulu. Jangan "ditakuti" duluan perihal agama.

      Nanti kalo udah jelas future-nya gimana, baru kalian bahas lagi soal keyakinan ini. Yakin aja, kalo emang cara kamu menyampaikannya benar dan dia juga berpikiran terbuka terhadap budaya dan keyakinan kamu pilih, kedua pihak bisa sama-sama belajar memahami dan bertoleransi kok :)

      Delete
  30. Lg deket sm cowok dr Elbasan Albania tp stay di hamburg jerman . Sopan, mandiri, senyumnya imut, suka becanda,
    Dia kriteriaku bgt, nyaman bgt sm dia, tp sayang dia harus memilih dr kultur yg sama untuk dijadikan pasangannya, meskipun begitu kita tetap komunikasi dg baik, karena aku menghargai adat di negaranya. Yaa semoga saja ada keajaiban dia jadi sama aku .. #Ngarep Hahahaha .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tipe cowok Timur banget sih ini. Biasanya emang ada campur tangan pihak keluarga yang lebih prefer cewek dari kultur yang sama. Soalnya lebih enak ngobrol sama keluarga dan nyambung budayanya.

      Sabar ya :)

      Delete
  31. Hii ka .. aku mau cerita juga ni .. jdi aku lg dekat sm cowo prancis.. orangnya baik, ga pernah ngomong yg ke arah2 ngetif.. tapi yang aku bingung .. terkadang ketika lg bahas topic menyenangkan di balesnya cepet bgt kadang di jg pake emoticon2 kiss.. tp bisa tbtb chat aku di read doang .. apa memang cowo prancis seperi itu ya ka? Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ini sih, tanpa kamu bilang asalnya dari A, B, C, udah ketebak kalo dia cuma butuh temen ngobrol doang. Pas lagi bosen, gencar tuh ngehubungin sampe balesin teks yang sweet banget. Abisnya, dilepehin, whatever gitu.

      Udah ah, jangan baper. Bales dendem aja sekalian biar dia nyariin kamu terus. Soalnya cowok-cowok Prancis tuh malah demen ngejer ketimbang dikejer ;>

      Delete
  32. Saya punya teman orang Ukraine bagaimana ya sifat” mereka kak thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada kenalan sama cowo Ukraine dari Februari 2019, orangnya agak mesum kaya India hehehe suka banget tiba-tiba ngechat untuk bilang kalau dia sekarang lagi h*rny. Sekarang udah ga komunikasi lagi sejak Juni.

      Delete
    2. Aku juga pernah kenalan sama orang Berlin, dia juga agak mesum pernah kirim foto anunya. Dia bilang kalau dia itu udah sering berhubungan badan sama cewe lain disana.

      Delete
    3. Cara tau sifatnya?

      - ajak ngobrol panjang lebar
      - ajak makan bareng
      - ajak ketemuan sering2
      - ajak jalan2

      General banget kok! Tanpa perlu nyebutin asalnya dari mana :p

      Delete
    4. Hai hai Rutro..

      Kalo semua cerita kamu tentang cowok horny, menurut ku gak bisa menggeneralisasi semua cowok begitu. Lagian kalo kamu cuma kenalnya lewat internet, wajar banget cowok begitu sih tanpa nyebutin asal negaranya. Lha, di Indonesia aja banyak kok yang begitu.

      Menurut ku, kalo kamu kenanya sama cowok horny-an mulu, berarti kamu mesti pindah platform dating site ;D

      Delete
  33. Kak Nin atau teman-teman lainnya punya pengalaman dekat sama orang Turki kah? Itu apa benar sama aja kaya India? Gila sex? 2 bulan ini aku ada dekat sama cowo Turki yang mana dia ini bapa nya Turki mama nya Romania, tapi sudah 2 tahun tinggal dan kerja di Jerman. Dia juga cerita kalau dia pernah berhubungan s*x sama pacarnya dulu di Turkey dua kali. Ada komentar soal ini kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau komentar apa dong? Kan masalah seks itu masalah individu ;)
      Kamu kira cowok Indonesia semuanya masih perjaka? Banyak kok yang juga udah ngeseks sama pasangannya.

      Kamu berkali-kali nyebutin asal negara cowok yang gila seks, tapi di Indonesia juga banyak cowok yang hyper sex. Menurut ku kamu mesti lebih berpikiran sedikit terbuka kalo mau lanjut kenalan sama cowok asing. Kalo kurang nyaman ngobrolin seks, ya jangan lanjutin.

      Kalo pengen cowok yang masih perjaka, jangan kenalan sama cowok asing. Pasti hampir semuanya gak perjaka lagi itu sih.

      Delete
  34. Hi mbak Nin, salam kenal. Aku lg deket sama cowok asal Sweden. Dia udah 40, dan aku 29. Kenal sekitar 2 mingguan. Kami komunikasi masih via email. Dan bener sich, dia jarang nanya kabarku πŸ˜‚ terus kalau Sabtu sama Minggu dia gak balas email. Enaknya dia ini kalau telas balas email sampai 2 harian ntar ngasih alesan, ngejelasin kenapa telat. Atau sebelum itu udah bilang kayaknya 2 hari bakal sibuk, maaf kalau telat balas. Dia bilang dia kerja usaha sendiri, konsultan githu. Dan yg bikin aku tertarik dia ini sopan dan respect banget ma aku. Mau nanya hal2 yg agak privasi dia mastiin dulu apa aku gak masalah terus kasih tahu ke dia kalau dia nanyanya ngelewatin batas. Seminggu kita 2 atau 3 hari email2 an. Menurut mbak Nin, bagusnya gimana cara menangani cowok Nordik ini? apa aku harus terus email dia duluan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, kalo baru 2 mingguan, apalagi lewat email, ya let it flow aja sih kata aku. Tanpa melihat dia asalnya dari mana, kayaknya pendekatan model begini juga balik lagi ke individunya :)

      Ngobrol aja dulu lebih jauh. Kenalan. Susah menilai orang hanya dari texting sih. Tapi intinya; JANGAN BAPER dulu! Udah itu aja ;D

      Delete
    2. Kita kenal lewat dating site mbak. Dia minta email. Sampai sekarang masih email2 an sich. Dari awal udah tak jelasin kalau aku nyari hubungan serius. Dan dia juga. Bener kata mbak Nin,JANGAN BAPER! saya berusaha begitu mbakπŸ˜‚ karena baca blog mbak ini, sekarang saya berani email dia duluan, kalau 2 hari gak da kabar πŸ˜‚ awalnya gengsi sich. Di dating site dia jg jarang online, seminggu paling 1 kali. Setiap aku email dia bales juga, apa aku coba gak usah email dia ya mbak? Nunggu dia email duluan..?

      Delete
    3. Iya. Tau kok. Emang kebanyakan kalo yg belom pernah ketemu tapi cuma texting2an dimulainya dari kenalan secara online :)

      Ya kalo dari aku, kalo emang tertarik mengenal satu sama lain, jangan jual mahal. Kenalan aja lebih deket. Nanti kalo dia beneran serius, dia bakalan nyamperin kamu kok :D Sekarang mah anggap aja kayak temen aja dulu yg baru kenal & pengen tau lebih dekat.

      Delete
  35. Pacarku blasteran Portugal-Indonesia. Doi tinggal di Portugal dari kecil sampe smp, setelah itu baru pindah kesini. Perangainya kurang lebih mirip sama yang disebutkan di atasπŸ˜‚ lucu, ramah, sedikit agresif but still ok. Kadang suka kesel sendiri kalo liat doi lagi dideketin cewe-cewe, tebar pesona banget! Tapi ya kembali lagi ke orangnya. Doi emang udah serius kok ngejalanin hubungan, jadi mau tebar pesona ke cewe manapun tetap aja dia bakal jaga jarak dan jaga hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyeee.. mampir ke sini mau pamer pacar blasterannya nih ye ;p

      Sepengalaman aku, para cowok2 asing yang udah pindah ke Indonesia, perangainya emang udah gak 100% bule lagi. Lebih mirip cowok Asia yg kalo ganteng dikit mulai dah tebar pesona, apalagi ni cowok tau mukanya “gantengan dikit” dari populasi Indonesia.

      Semoga awet ya kalian berdua. Makasih udah mampir ke sini ☺️

      Delete
  36. Hi, sis. Terima kasih sudah mengulas soal cowok eropa ya. Kebeneran aku lg deket sama cowo rumania. Sesuai banget sm ulasan mu. Dia tuh lbh suka bahas soal pekerjaannya. Dan dia juga religius. Orangnya juga jujur. Dia duda, pny anak 1. Aku sih masih anggap tmn aja. Belum ada niat lbh jauh.

    ReplyDelete
  37. Ka boleh nanya ga ? Biasanya tipe" idaman cowok polandia tuh kaya gmna sih ka ? Niatnya akhir tahun dia mau ketemu aku , dia mau ke indo tapi aku takut & malu .

    ReplyDelete
  38. Kalah type albania kaya gimana sih mba, kebetulan lg deket sama cowo albania, but so far dia serius dsn udh dtg kerumah, cm karna br brp bln jd blm ngerti sifatnya dia, kenal di kenalin sama temen, dan dia bener desain di sallah satu sepatu brand di dunia, so far sjh baik dan care sama anak anak ak, klo am kerja dka suka mesen gofood dikirim kerumab buat anak anak ak, tp ak ngerasa ga enak .Hehehee terlalu lebai deket ama bokap jg gtπŸ™„πŸ˜«cm ngeri disakktin lg ama bule.. Wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya kerjaan kamu tuh sekarang gampang banget; ya itu... mencari & mengenal lebih jauh sifat dia :)
      Mau Albania, Jerman, Spanyol, gak ada hubungannya lagi sama kewarganegaraan sih kalo menyangkut keseriusan. Lha cowok Indonesia aja bisa gak serius setelah menjalani hubungan bertahun2 ;)

      Yaaa.. tapi kalo dia udah tinggal di Indonesia sih, biasanya budaya udah ngikut Indo. Cuman karena Albania masuk daerah Balkan, coba kamu cek di atas, kira2 aku nulisnya gimana cowok2 Balkan ☝️ hampir 11-12 sama cowok Indonesia.

      Good luck! :)

      Delete
  39. halo mba nin... tau gmana gak karakter cowo belgian.. aku ada kenalan sama cowo belgian but dia skrg tinggal di jerman.. dan Alhamdulillah seiman sama aku.. aku bingung klo mau yext dia.. krna bales nya kadang singkat kadang udah talkative banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Eropa, Belgia masuk ke Eropa Barat. Coba gimana aku deskripsikan tipe2 mereka secara general di atas? :)

      After all, aku bukan dukun yang tau semua karakter tiap orang. Balik ke individunya masing2 itu sih.

      Delete
  40. Hi mbk nin..aku mau sedikit cerita aku ldr an sama cwok itali dan kami belum pernah ketemu dia bilang dia mau serius sama aku pengin menemui aku dan keluargaku tpi aku jadi ragu karena kebanyakan artikel mengatakan cwok itali emang banyak casanova alias playboy menurut mbk dia serius ngga sma omongannya aku jadi ragu...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. I don’t know ~
      It’s you who talk to him. I don’t know him :)

      Masalah serius atau gak, kembali lagi ke orangnya gimana. Jangankan dari Italia, lha wong Indonesia juga banyak yang PHP kok 😁

      Ya pokoknya..
      Kalo dia udah nyempetin datang ke Indonesia, ngobrol sama kamu ampir tiap hari, terus peduli sama kamu, ya pasti tu cowok serius ;)

      Good luck!

      Delete
  41. Sudah pacaran sama cowo Bosnia 2 thn. Memang bener mrka bersih, wangi amejing, memperhatikan penampilan,cerewet, ga pelit, tinggi, ganteng... hahaaa I'm luckiest woman to have him.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dibawa ketemu keluarganya belom nih? ;)

      Keluarga cowok2 Timur banyak yang hi-expectations lho! Mirip2 keluarga dari Asia.

      Delete
  42. Ya ampun ini bener banget sih yang dari negara balkan!
    Terutama yang Bosnia! Aku punya temen dari Bosnia tapi sekarang dia tinggal di Swiss sih.
    Baik sama Sopan. Karena aku ga pernah chat duluan dia selalu bilang ke aku kalau jangan sungkan chat aku dulu haha. Tapi tetep ngga berani sih walaupun udah temenan 3 tahun.

    Ada juga dari Kosovo. Kalau ini mantan sih tapi belum bisa lupaπŸ˜‚ padahal udah setahun putus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. “Temenan 3 tahun”

      Boong nih kayaknya. Pasti kamu nyimpen hati kan? :b Kalo temen ya chat aja langsung. Siapa tau dia naroh perasaan lebih juga.

      Eniwei, makasih udah sharing ya.

      Delete
  43. Hai! Bener banget yang tentang Cowok Croatia hahahah. Pacar aku orang Croatia, dan memang dia pemalu sekali. Senyumnya juga cute, bikin nagih! Dan iya dia senang bercanda dan lucu banget orangnya pokoknya. Dan bener bgt, wangiii banget orangnya wkwkwk which is a good thing for me karna cowok wangi itu bikin nempel teruuuuuuuussssss😍😍😍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho!! Awet selalu ya! Makasih udah mau sharing :)

      Delete
  44. Hallo kak nin.
    Aku mau curhat dan tanya tentang cowo ukraine.
    Aku kenal diapps travel,apakah cowo ukraine itu harus dichat duluan yah?
    Awal kenal ku chat dia untuk hangout terus dia minta wa, dia wa dia chat dan datang ketempat ku menginap cepat banget, awal ketemu kita sama sama nervous dan tatapannya matanya bikin baperπŸ˜‚, kebetulan bahasa inggris saya very bad haha.. Tapi dia bisa ngertiin, dari awal ketemu dia udh cerita banyak tentang pekerjaan, keluarganya.
    Selama dibali kita ketemu 3x sore hari.
    Dia invite aku ke club 2x tapi ku bilang aku ga suka ke club terus dia ngerti buat ke bar saja. Tapi ku ga bisa ketemu malam itu karena hujan.
    Pas dia sudah balik ke ukraine dia kasih voice note : I want come back To As possibly soon and I hope meet you soon.
    Aku udh baper duluan haha..
    Aku binggung harus gimana.Tapi semenjak dr voice note itu dia ga pernah chat duluan.
    apakah memang cowo Eropa itu tidak suka chat ya? Tapi lebih ke action? Tapi perlakuan dia ke saya baik dan perhatian banget selama 3x ketemu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru ketemu 3 kali dong sama cowok Ukraina. Please please please, jangan baperan & gone too far dulu for the next step :)

      Eniwei, gak usah takut, orang Ukraina juga banyak yang gak educated & bahasa Inggrisnya pas2an. Terus kalo diliat dari polanya sih, doi emang hangout sama kamu saat itu buat fun2 aja. Nyari temen lokal. Wajar aja dia pengen ketemu lagi next time, karena dia enjoy hangout sama kamu. Kayak ketemu temen baru yang asik.

      Kalo kamu penasaran, ya coba texting aja duluan. Mungkin dianya juga lagi gak ada kerjaan sekarang lagi krisis Corona gini. Tapi ya jangan banyak berharap juga, karena yang namanya udah balik ke negaranya lagi, holiday is over, kadang memori tinggalah memori :)

      Delete
    2. Maaf itu ada yg typo, bukan datang ketempat ku untuk menginap tapi untuk hangout. Hehe
      Thanks ka nin atas sarannya πŸ˜ŠπŸ™πŸΎ

      Delete
  45. Ada benernya sih sifat cowo Balkan mirip2 cowo Indonesia. Saya lagi dekat sama cowo muslim Bosnia. Dikenalin temen. Tiap hari nge-chat saya. Royal kata *volim te (aku sayang kamu). Agak sedikit membosankan. Well,, balik lagi ke individunya sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah ketemuan? :)

      Emang cowok2 Timur pada gak asik kalo cuma textingan.

      Delete
  46. Hi Nin, kalo Inggris masuk kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barat :)

      Kalo menurut ku sih ya, cowok Inggris lebih mirip cowok Jerman yang mudah dideketin, but at the same time, mirip cowok Swiss juga yang sopan, gak terburu2, tapi rada ngebosenin.

      But again, that’s just a generalization πŸ˜…

      Delete
  47. Hai kak Salam kenal, ikutan mampir ya kak🀭 aku lagi deket sama cowo Lithuania, Kita udh 3 bulan pacaran online wkwkwkwk, dia orngnya lucu, pekerja keras,Dan mandiri, dia bilang udh tinggal sendiri Dr usia nya 18tahun jd dia biasa ngerjain kerjaan rumah sndr, tiap Hari Kita texting tapi kadang dia tuh Suka lama bgt blsnya, apalagi klo lg sibuk kerja bisa seharian baru d balas, Kita pernah vc cma 1x ja, entah kenapa dia katanya lebih nyaman texting d banding vc, tp tiap Hari Kita selalu kirim foto masing2, Dia bilang sih serius sama Aku Dan katanya mw dtg k Indonesia, pernah Aku tanyain lg apa bener bakal dtg ksni, Aku bilang Kan tiketnya Mahal bgt, trs dia bilang tiket k Indo antara 600-800 dolar Dan gaji dia lbh besar Dr itu, jd dia pastiin dia bakal dtg setelah covid ini berakhir, kira2 menurut kakak itu bule bisa d percaya gak? Dan menurut kakak karekternya itu gmn? Terimakasih sebelumnya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak tau, kan yang kenal dia kamu ;D Aku kan bukan dukun yang tau semua karakter cowok di dunia ini. Ya kita juga mana bisa nebak orang serius/gak kalo selama ini cuma ngobrol via online dan baru 3 bulan kenal juga. Everything could happen.

      Tapi ya, FYI, karakter cowok2 Eropa Timur tuh mirip2 cowok Asia. Masih ada budaya patriarki di sana; yang mana cowok/yg lebih tua yang lebih dominan.

      Terus keliatannya cowok ini rada sombong apa gimana dah (yg mana tipikal cowok Timur), kalo ngomongin duit kayak dilebih2kan begitu. Kalo mau ke Indonesia mah ya ke Indonesia aja. Gak usah pake acara ngomong gaji lebih gede juga keleus ;p Money matters amat dah.

      Delete
    2. Tpi knp aku dapet cowo lithuania cuek ya klo texting dia lebih suka call/vc

      Delete
    3. Gak semua orang suka texting karena capek ngetik dan banyak banget miskomunikasinya. Justru lebih enakan nelpon/VC langsung biar maksud yang tertuju tersampaikan dengan baik. Kalo ini sih gak hanya orang Lithuania doang, tapi orang Indo juga banyak yang begitu :)

      Delete
  48. Hallo ka, pengalaman aku pernah deket sama org belgia. Kami dating sekitar 2 tahun itu bener bgt, tipe cowo yang mau memperjuangin untuk ketemu dan setia tapi sayangnya aku udh gasama dia lg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa sayang?? 😁😁

      Itu namanya, tidak jodoh. Mau diperjuangkan segimana pun kalo gak ditakdirkan bersama, kita mau bilang apa?

      Thanks for sharing btw! ;)

      Delete
  49. Hallo ka nin, senengnya bkn main Nemu blog ini deh☺️ agak mirip yg aku alamin.. maap sebelumnya ootd.. aku lagi Deket sama cowok Pakistan (bkn cowo Eropa) udah 6blnan lewat app dating.. ka Rin punya pengalaman ga sama cowo Pakistan entah temen atau dating gt? Jujur aku pengen serius sih, ga pengen main2, walau tetep realistis dan masih ada keraguan sama dia. makaasihh sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gemma, thanks for sharing! :)

      Mungkin kamu lebih tertarik baca postingan aku tentang “Bule Kenalan Online, Bisa kah Serius?” Di sana aku juga komen tentang beberapa orang yang sedang menjalani hubungan dengan cowok Pakistan. Menurut ku postingan itu juga lebih pas sama kisah kamu sekarang.

      Eniwei, aku gak tertarik sama cowok campuran India begitu. Haha.. Intinya sifat mereka ya mirip2 cowok Indonesia lah karena sama2 di Asia.

      Delete
  50. Haii kaa! I'm super excited for reading your articel. Ini tuh sumpah related banget dan pass sama yang aku tau selama ini karna sampai sekarang punya teman cowok dari europe. dan konten kk ini menarik banget dehhh karna aku suka sama dunia barat jadi pass ke akunya. Buat kontent terus yaa kaa tentang dunia barat.

    Xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much udah mampir dan baca2 ya! ;)
      Keep updating aja soalnya kalo lagi gak males, tiap minggu aku selalu ngeluarin artikel random kok soal kehidupan di luar negeri.

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Kak aku lagi kenal cowok swiss, kalo cowok Swiss kakak tahu gak karakternya?πŸ˜… Hehe soalnya Swiss gak gabung uni Eropa kan cmn negaranya ditengah-tengah negara Eropa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak gabung Uni Eropa, bukan berarti negaranya di Afrika dong? :p

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  53. Hallo mba.. bantu sarannya dong, cowo italia tipe laki2 seperti apa? Kebetulan saya skrg lagi deket sm doi, saya takut salah melangkah.. dari sejauh saya mengenalnya dia org yg baik tapi masalah hati saya tidak tau meskipun dia pernah bilang cinta.. saya ga percaya dan saya takut itu semua hanya rayuan belaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di peta deh, Italia masuk belahan Eropa mana coba.

      Delete
  54. Kak Nin, suka deh Ama blog kakak nih :) ,makasi udah sharing yaa...anyway aku cewek umur 27 punya kenalan bule Prancis dia umur 32 ,udah hampir setahun kita chat . Tapi dia nih orangnya ga neko-neko n ga show off, terus misterius..dia udah bilang suka sama aku , dan dia bukan tipe yg suka gombal , apa cowok Prancis ini tipenya emg tertutup dan ga cepet utk terbuka sama cewek ya kak ? Soalnya selama aku Deket sama dia ini sulit bangetttt buat tahu cerita dia atau keluarga n pergaulan dia, yg aku tau dia kerja di perusahaan IT, terus setiap sbtu minggu selalu di family time sama ortunya (as he explain on WA) , terus yaa dia ga terlalu byk omong krna mgkin bus Inggris dia ga lancar, tp dia bilang serius sama aku n mau ke indo habis corona kelar, dari penampilan dia ini sederhana n ga neko2 suka pakai kaos polos ,celana jeans ama sneaker tiap hari2nya (sampe aku hapal bgt ) πŸ˜‚, menurut kakak apa cowok Prancis ini tipe yg serius kah ? Apa worth kalo aku perjuangin dia juga? Krna dia bilang dia setia n ga ada cewek yg sama dia skrg n dia nunggu aku..
    Makasi kak , salam dari kota Malang Jawa timur .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih ya.. yang paling penting dalam sebuah hubungan itu komunikasi. Percuma kita nikah tp untuk menceritakan sebuah masalah aja sulit.

      Di posisi ini, aku paham, kalo cowok Prancis tuh banyak yg gak bisa ngomong English dengan sangat lancar. Pada dasarnya orang Prancis tuh talkative kalo bisa mengekspresikan perasaannya dengan baik. But as you said, mungkin karena bahasa Inggrisnya tidak lancar, jadinya dia kesulitan banget buat cerita apapun.

      Kalo aku jadi kamu.. aku gak mau terlalu serius sebelom ketemu langsung orangnya. Ini masalah online dating; mudah percaya sama orang yg baru dikenal! Ketemu aja dulu, ngobrol, baru deh ntar mikir, mau diseriusan apa gak.

      In a meantime, aku berusaha belajar sedikit2 bahasa Prancis buat usaha ngomong juga ke dia. Mungkin saat tahu aku berusaha belajar, dia jadinya lebih mau membuka diri & cerita.

      Delete
  55. Bener banget semua karakter yg uda disampaikan. Pernah dulu jadian ama cowo Italy akhirnya putus, sesuai banget sama karakter diatas. Trus sekarang Menjalin hubungan sama cowo Russia-tinggal di Ukraina. Karakternya tepat banget sama yg uda disebutin. Malu² tapi gampang ditebak, religious dibanding cowo Eropa lain. Selain itu saya mau tambahin cowo Eropa Timur sangat sopan dibanding cowo Eropa atau benua manapun. Cowo Eropa Timur betul ga seagresif cowo Eropa lain,
    hati² dalam mendekati cewek, bener banget . Eropa Timur kesan wajahnya dingin, tapi bener² sangat menghargai wanita sekali dan punya kasih sayang yang lebih dibanding cowo Eropa lain. Pengalaman yang saya dapat sejauh ini.

    ReplyDelete
  56. Bagus banget blog nya. Karakter cowo cowo nya bener banget. Hanya tau sebagian dari beberapa cowo Eropa. Dulu pernah jadian sama cowo Italy, ga lama abis itu putus. Sesuai banget sama yang disebutin diatas. Cowo Italy yang pernah jadian sama aku ini karakternya juga ga agresif, sopan juga and romantis. Terus sekarang aku lagi menjalin hubungan sama cowo Russia yang tinggalnya di Ukraina. Sesuai banget apa yang uda disebutin jg, cowo Eropa Timur itu malu² dan bisa ditebak, religious juga dibanding Eropa lain. Trus aku mau nambahin nih. Eropa Timur cara komunikasi mereka hati² dan sangat sopan. Tidak seagresif cowo eropa lain. Mereka tipikal yang sopan banget cowo Eropa Timur. Beda banget dengan Eropa lainnya. Wajahnya terkesan dingin tapi mereka sebenarnya benar² sayang dan bisa sangat romantis tapi tetep aja sambil malu². Eropa Timur sangat mandiri. Cowo Eropa Timur karakter cowo idamanku intinya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Timur emang karakternya mirip cowok Asia, makanya mungkin lebih membuat kamu nyaman. Mereka orangnya emang berhati2 biar bisa memberikan kesan bagus buat kamu, tapi ya tipikal cowok Asia juga, kalo dikasih celah mereka bakalan maju :)

      Hope you'd get your dream Easteners prince ya! ;)

      Delete
    2. Thank you sis! Blog nya keren!

      Delete
  57. hi kak thanks for this article.aku lg deket sama temenku cowo itali ni. temenan si dah mayan lama tp baru intensnya 5 bulanan ini.ngegombal si lumayan, suka perhatian sama anakku juga walopun dia lebih muda dr aku. cuma bingungnya dia sering rewel klo jadwalku kerjaku (karena aku shifting) ga bisa banyak waktu buat dia. bingung antara dia cuma basa basi ato emang cowo itali kek gitu?secara ga langsung menuntut kita menyesuaikan sama mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cowok Italia emang demanding! Kalo emang merasa terganggu, jujuran aja mendingan. Asli, gak sopan amat tu laki! Jam Indonesia dan jam Italia aja udah beda. Kalo gak ngerti juga, blok aja udah! Repot amat ;D

      Delete
  58. Senyum-senyum baca artikel ini berasa lagi bicarain teman sendiri.
    Ya, setuju tapi kadang tergantung sikap kita juga ke mereka, ya.

    ReplyDelete
  59. Bener banget tu tentang eropa selatan khususnya italy, mereka cinta banget dengan sport apalagi football! Dan lagi mereka deket banget dengan anggota keluarga besarnya, kalo kalian pacaran dengan orang sana pasti dikenalin ke sepupu ke ibunya bahkan sampai ke neneknya lho.
    Saya pernah deket dengan cowo italia umurnya 35 selama 4 bulan dan putus 2 bulan ini karna dia nganggap pacaran LDR itu susah kak, tapi setelah putus mereka ngga mau kontak tapi bikin status galau di sosmet dan kayak rada nyesel mutusin aku :D akhirnya aku kasian jd aku kontak dia eh responnya fast banget tapi kayak cmn bates gitu2 aja masih peduli tapi kayak ngga mau ngajak balikan gitu kak, terus kalo aku posting di ig pasti dia jg posting yg sama aku post kayak ngasi tanda gitu, kakak ada saran ga biar dia ngajak balikan lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dikenalin ke semua keluarga, menurut ku gak cuma sama cowok Italia aja kok πŸ˜‡ Dimana2 kalo udah merasa deket & serius, pasti bakalan dikenalin ke keluarga besar juga someday.

      Yaa.. kalo dari dianya yang mutusin karena gak kuat LDR, menurut ku sih gak bisa dipaksa juga. Biarin aja dia galau sendiri, karena mungkin maju mundur; mau putus tapi ntar kehilangan perhatian, gak putus cuma gak kuat LDR-an πŸ˜… Bingung sendiri akhirnya dia. Keep in touch aja sih menurut ku. Liat deh siapa yg paling effort mempertahankan hubungan even udah putus gini.

      Delete
    2. Cowok Spanyol Playboy ya? Kalo beneran, berarti ga jadi berharap deh. Hihi

      Delete
  60. Hi, seneng banget aku nemu blog inj. Mba tolong jelaskan tentang karakter cowok bule Hungaria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada berjuta2 cowok di Hungaria dan pastinya karakter mereka gak ada yang sama. So far, tulisan aku di atas ini berisi watak general aja gimana budaya membentuk karakter seseorang. Tapi kalo soal attitude dan watak personal, ya balik lagi ke orangnya masing2. Hungaria ada di Eropa Timur, jadi cek aja karakter general cowok Timur gimana.

      Delete
  61. Aku baca komen-komennya, nggak ada atau pernah dpt cowok dari Estonia. Kknya pernah dpt cowok Estonia blm ? Cowok Estonia itu gimana sih kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tulis postingan ini, bukan berarti juga aku udah pernah menjalin hubungan sama semua cowok di Eropa dong. Estonia itu letaknya di Eropa Timur, jadi silakan cek watak general cowok2 Eropa Timur gimana.

      Delete