Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

Thursday, 26 July 2018



(PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI, HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING-AN ATAU VIDEO CALL-AN ITU ADALAH PENIPU!! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!)

Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia, banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan.

Saya sebetulnya hanya berkesempatan kencan beberapa kali dengan para cowok internasional saat tinggal di Eropa. Terutama di Denmark, saat saya jadi serial dater dan suka bersosialisasi karena tidak tahan hanya diam di rumah. Karena cowok-cowok yang tinggal di Kopenhagen sangat beragam, saya tidak hanya jalan dengan cowok lokal tapi juga dari negara lainnya.

Pengalaman saya berkencan dengan para cowok ini pun tidak hanya dimulai dari online dating, tapi kadang ketemu langsung di festival atau acara lain. Tentunya ada beda kalau kamu ketemu si cowok lewat aplikasi kencan versus in real life. Tapi online dating di Eropa itu hanya wadahnya saja, empat hari kemudian biasanya sudah ketemu.

Perlu dimaklumi juga kalau teman kencan saya kebanyakan cowok-cowok usia 20-30an. Paling tua yang pernah saya kencani berusia 31 tahun. Jadi kalau kamu tanya saya bagaimana karakter cowok bule di atas 40-an, jawaban saya abu-abu. Yang saya tahu, kebanyakan pria (bukan cowok lagi nih) di atas 40-an sudah cukup dewasa, mapan, dan siap untuk diajak serius. Anyway, serius disini tidak harus ke jenjang pernikahan ya. Bisa jadi dia siap membangun future bersama kamu dengan atau tanpa menikah, atau ingin atau tidak punya anak.

Sebagai gambaran, cowok yang saya kencani kebanyakan hanya teman jalan tanpa mencari keseriusan. Karena merasa masih muda dan finansialnya belum stabil, kebanyakan cowok di usia 20-an masih ingin having fun dan takut berkomitmen. Masuk usia 27 tahun biasanya si cowok mulai berpikir untuk menabung demi memiliki apartemen atau mobil pribadi. Tapi tetap, pikiran untuk menikah atau memiliki anak masih jauh. Meskipun, ada juga beberapa yang sudah siap membangun rumah tangga dan tidak sabar ingin punya anak.

Kembali ke pengalaman saya yang sering menerima surel dari pembaca, ternyata hampir semua cewek di Indonesia memulai perkenalan dengan para cowok Eropa lewat dunia maya. Ada juga yang ketemu di tempat kerja atau saat si bule liburan ke Indonesia. Saya sering kali ditanya, apakah si cowok worth-it diperjuangkan, bagaimana karakter si cowok dari negara ini-itu, kenapa si cowok tidak membalas pesan, atau apa saran yang harus diberikan.

Sejujurnya, saya tidak pernah berniat mencari pacar bule lewat dunia maya sewaktu di Indonesia. Saya memang pernah mengobrol dengan beberapa cowok bule, tapi itu juga ketemunya dari situs belajar bahasa. Malasnya dari situs seperti ini, bule-bulenya kadang sombong dan malah berpindah lapak jadi tempat mencari gebetan. Meh!

Satu lagi, dulu saya takut berkenalan dengan bule via online karena merasa semua bule otaknya mesum dan hanya pamer batang saja. Pernah suatu kali, saya iseng-iseng buka Omegle untuk cari teman memperlancar bahasa, yang dibahas ujung-ujungnya masalah seks. Buka Omegle video, yang keluar batang semua. Done!

Jadi untuk cewek-cewek Indonesia yang bertanya, "how to read this or that guy?", saya juga bingung. Saya bukan peramal yang bisa membaca status hubungan kalian seperti apa. Kamulah yang lebih tahu apakah hubungan tersebut bisa dibawa ke arah yang lebih serius atau tidak. Saya juga belum pernah ada di posisi kalian yang hanya berkomunikasi lewat teks selama beberapa minggu, lalu tiba-tiba memutuskan LDR tanpa bertemu orangnya langsung.

Tapi, berikut hal yang bisa saya sarankan bagi kalian yang kenalan lewat dunia maya tanpa kejelasan kapan bisa ketemuan.

1. Kamu tidak akan pernah tahu keseriusan seseorang hanya lewat textingIt's okay kalau kalian berdua sama-sama fun dan nyaman saling bertukar teks, gambar, atau suara. Tapi sekali lagi, semua itu bisa dibuat-buat hanya untuk kesenangan belaka. Kamu tidak akan pernah tahu apa si cowok itu sudah punya istri, pacar, atau hanya menjadikan kamu teman texting saja. Kamu juga pasti sulit menebak karakter asli si cowok meskipun sudah memantau kegiatannya sehari-hari via Snapchat. Sebelum terlalu jauh berkirim pesan, coba cek profilnya disitus kencan. Cowok yang serius mencari pasangan biasanya menuliskan deskripsi profil mereka lebih jelas, panjang, dan detail.

Oh ya, saya pernah mendengar  cerita dari satu cowok Eropa yang sengaja datang ke Asia Tenggara untuk liburan sekalian mencari teman tidur. Jadi doi sengaja membuat profil di situs kencan dan berpura-pura ingin kenalan dan ketemuan. Si cowok ini tahu, kalau mukanya sangat laku di Asia dan  mudah saja merayu cewek-cewek lugu. Tanpa harus dia yang maju duluan, pesan di profilnya sudah muncul ratusan. Tetap hati-hati kalau sampai diajak ketemuan oleh cowok model begini!

2. Don't get carried away! Bahasa Indonesianya, jangan baperan! Mau dia cowok Italia, Jerman, Estonia, atau Austria, kamu tidak harus terbang melayang dulu saat si cowok bilang suka. Suka itu maknanya luas sekali dan belum tentu artinya lagi nembak kamu. Cowok Eropa berbeda dengan cowok Indonesia yang harus pakai 'persetujuan' atau validasi dulu sebelum menjadikan kamu pacar. Mereka lebih suka meresmikan suatu hubungan lewat tindakan ketimbang omongan. Maksud 'suka'-nya disitu bisa jadi 'suka mengobrol dengan kamu', 'suka karakter kamu yang energik', 'suka selera humor kamu', atau suka apapun itu.

3. Don't treat them as your Indonesian guy! Cowok bule itu tidak pernah pakai modus, kode-kodean, atau basa-basi saat bicara dengan lawan jenis. Mereka tipikal orang yang straight forward dan speak their minds. Jangan tanya hal tidak penting seperti, "lagi apa?", "sudah makan atau belum?", atau pertanyaan basi lainnya khas pasangan Indonesia. Seriously, mereka akan mengecap kamu sebagai cewek nosy yang lebih mirip ibu-ibu. Kamu juga harus tahu kalau cowok bule itu kurang nyaman dengan cewek yang trying too hard menjadi sosok ibu-ibu yang sok mengingatkan atau terlalu perhatian.

4. Please be aware! Selain kamu masih menerka tentang keseriusan seseorang di dunia maya, kamu juga tidak akan pernah tahu apakah cowok ini asli apa palsu. Zaman sekarang foto-foto bisa asal comot dari Google atau sosial media orang lain. Meskipun mukanya ganteng, tetap waspada kalau permintaannya sudah menjurus ke pinjam uang atau gambar-gambar telanjang.

The major reason they ask you to send them nudes is because it's thrilling! It's exciting, it's secretive, it's intimatewhat's not to love about nudes? Tapi, kalo kamu merasa ingin dihargai, kamu pantas bilang tidak! It’s up to you anyway. Seorang teman ada yang biasa saling bertukar nude pictures atau video yang bisa membuat keduanya terangsang. Si cowok ini dari Belanda dan keduanya belum pernah sama sekali ketemu. Mereka saling chat murni hanya karena kepuasan biologis semata. But, that’s how they are having fun. Ya, silakan saja!

5. Prepare yourself to be ghosted. Masalah utama dari online dating adalah banyak orang bisa menghilang secara tiba-tiba setelah kencan pertama, setelah satu sama lain nyaman, atau tanpa sebab apapun kita tidak pernah mendengar kabar mereka lagi. Menyebalkan sekali karena kita kadang sudah merasa klik dan cocok.

Well, semua orang bisa berubah pikiran dan tiba-tiba bosan. Cowok bule yang tadinya setiap hari chatting-an lalu menghilang, bisa jadi karena rasa ketertarikannya ke kamu mulai pudar. Mungkin juga karena doi bosan melihat layar ponsel setiap hari tanpa bisa merasakan eksistensi kamu. Bisa juga karena doi sibuk kerja, lambat laun lupa juga harus membalas pesan. Kalau sampai ini terjadi, sebaiknya langsung cut off dan lupakan saja. Move on, girls! 

6. Yang terakhir adalah kamu harus mengundang dia ke Indonesia. Mungkin ceritanya kalian sudah lama kenal, sudah nyaman texting-an, sering telponan, saling tanya kabar dan aktifitas, lalu apalagi yang ditunggu kalau tidak segera ketemuan? Kalau si cowok ini betul-betul serius ingin mengenal kamu, doi pasti meluangkan waktunya untuk singgah ke Indonesia. Kecuali cowok ini statusnya masih pelajar yang uang sakunya tak seberapa ya. 

Masalah ketemuan ini pun tidak semudah hanya mengundang dia datang. Ongkos pulang pergi dari Eropa ke Indonesia tentulah tidak murah. Belum lagi kalau si cowok ini susah mengambil jatah libur dari kantor. Tapi kalau memang menemukan cowok serius, uang dan waktu pasti bisa diatur. Saya punya teman asli Belgia yang rela pulang pergi Belgia-Indonesia 2 kali setahun hanya untuk bertemu dan mengenal lebih jauh si gebetan (sekarang pacar). Apalagi itu namanya kalau bukan pengorbanan, keseriusan, dan cinta? 


Saran saya yang lain, kalau memang tertarik dengan si cowok, jangan lupa pelajari juga budaya orang-orang di negara mereka agar tidak kaget dengan kemisteriusan cowok Finlandia, misalnya. Atau coba juga untuk memahami karakteristik cowok-cowok Eropa Utara yang tidak agresif dan inginnya kamu duluan yang maju.

You can be falling in love with someone who you've never met indeed. Kamu boleh saja memutuskan untuk pacaran jarak jauh meskipun belum pernah ketemuan. Selagi sama-sama nyaman, ya silakan tetap berhubungan tanpa harus menaruh ekspektasi berlebih tentang masa depan. Berdoa saja suatu hari kalian bisa dipertemukan dan dialah pasangan yang kamu cari. (Baca juga postingan saya tentang online dating yang menyebalkan!)

Tapi ngomong-ngomong, apa sih yang membuat kalian sebegitu niatnya cari pasangan orang asing?

P.S. Karena kolom komentar sudah sangat penuh, kalau memang komentar baru kalian tidak terlihat di bawah, silakan cari dan extend "load more..." di bawah kolom 'tinggalkan komentar' ya. Mungkin tertutup dengan kolom yang lama.



421 comments:

  1. Hi Nin :) I always enjoy your blog! I met my bonbon online and he did come to Indonesia and then it went great we want to continue hehe tapi ya memang banyak lelaki gak jelas di internet, ada juga kok yang baik

    ReplyDelete
  2. Btw, aku juga ada kenalan dr sosmed, trs skrg lagi deket, dia sendiri yg nge screenshoot kalo dia lgsg hapus apk di hpnya stlh meet sm aku, jadi gimana tuu?πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nge-screenshot lalu hapus di hape setelah meetup? Gimana? Gimana?

      Gagal paham. Haha!

      Delete
    2. Maksudnya doi hapus profile dia dr dating online setelah ketemu mbak TikaaπŸ€£πŸ˜‹ gitu kali yaa

      Delete
    3. Hihihihihi sama banget sama aku itu kak, setelah ketemu dia.. satu sama lain hapus appsnya wkwkwk.

      Delete
  3. Ahhhh aku uda pacarn 5 bulan sama cowok finlandia, trus dia mau datang, gimana ni aku nggak siap ketemu diaπŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pacaran apa gebetan doang? Seneng dong akhirnya bisa ketemu pacar online in real life :)

      Selamat ya!! Semoga semuanya berjalan lancar dan dia gak batu karena belom minum vodka. Hoho :b

      Delete
  4. kak mau tanya dong aku tu lagi deket gitu sama cowo luar, dia bilang ibunya udah meninggal ayahnya juga, terus dia bilang juga kalo aku itu kaya ibunya dan setelah itu dia bilang mau nikahin aku dan mau kesini untuk ketemu aku. Itu gimana ya kak?apa serius atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet amat bilang langsung mau nikahin. Emang udah kenal berapa lama? Udah pernah ketemu? Selama ini ngobrol via apa? Udah sampe mana diskusi?

      Jangan baper dulu ahh. Udah kenal lama aja banyak yg PHP apalagi cuma kenal via online. Jalani masa penjajakan aja dulu. Ya datang aja dulu ke Indonesia. Siapa setelah ketemu malah berbeda dengan yg selama ini dikenal di online :)

      Delete
    2. Kok sama ya kisahnya sama saya πŸ˜‚

      Delete
  5. Aku kenal sama cowok amerika kak... Dia mau ngrim barangnya dulu kerumah aku baru dia datang.. Tapi dia ngak minta uang ataupun apappu..katanya dia bwrsedia datang keindoneaia.. G mna nih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan yang mau dikirim? Ati2, ntar malah ngirim narkoba/senapan pulak! Haha.. aneh2 aja. Tanya dulu, paan yg mau dikirim. Terus dia kapan datangnya ke Indonesia. Kenapa yg sampe duluan malah barangnya dulu? Mau pindahan langsung ke Indonesia, gitu?

      Delete
    2. jangan sampe kalian mau dikirim barang apapun.. please baca kasus modus penipuan dari luar negeri. yang penting jangan mudah percaya dan jangan mudah baper

      Delete
    3. Cewek2 Indonesia kebanyakan gak peduli lagi kalo udah menyangkut bule online mah. Yang penting ‘bule’ aja udah ;p

      Makasih buat sharing-nya ya! Tuh dengerin, cewek2 Indonesia!

      Delete
  6. Saya punya Cowo orang turkie, dan sekarang dia tinggal didubai, sering kok vidcall bareng mamahnya juga keluarganya..setelah corona selesai nnti dia mau keindonesia buat ketemu orangtua aku dan membawa kami ke turkie untum melaksanakan pernikahan disana. apa menurut kaka itu serius? aku kenal udah 2bulan dan dia baru menyatakan perasaannya. dan skrg pacaran hampir 1bulanan sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet amat percaya. Baru 2 bulan kenal, pacaran sebulan, lalu udah mau ke Indonesia dan dibawa ke Turki buat nikah? Emangnya kamu yakin ni cowok anak baik2? Yakin dia bukan mafia? Yakin dia bakal memperlakukan kamu dengan baik nantinya?

      Kenapa banyak yang baper dan percaya amat ya sama bule2 online? Padahal proses kenalan yang panjang itu penting banget, lho! Jangankan bule online, orang Indonesia yang tiap hari kita ketemu aja, udah pacaran 5 tahun belom tentu serius.

      FYI, cowok Turki dan keluarganya itu punya ekspektasi tinggi sama pasangan. Cowok Turki lebih dengerin mamanya ketimbang istrinya. Jadi kamu mesti ilangin dulu sifat baper & lebih realistis ya :)

      Delete
  7. kenapa bule dari Turki, mesir, Maroko pikirannya sex trs. ku pikir negara yg berhubungan dgn Islam bakalan alim eh ternyata sama aja kek indo wkwk pikirannya cabul smua wkwk aku dapat kenalan online kak. selalu cht tentang sex. aku jijik wkwkq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kenapa nyarinya yang keturunan Arab semua? πŸ˜…

      Belom tau kalo para keturunan Arab ini otaknya pada ngeres? Ngeliat cewek udah kayak mangsa. Meskipun NOT all of them! Yang bule dari ras putih juga banyak kok yang ngeres. Tujuannya ya itu, emang nyari kepuasan doang di internet, bukan buat serius :)

      Delete
    2. Iya samaa.. banyak banget aku dapet di Badoo

      Delete
  8. Ikut nimbrung nih guys, hahaha... Hubungan aku sama bule nih udah berjalan 1 tahun alias pacaran. Aku kenal dia sudah hampir 1.6 tahun nih. Dulu berteman dulu .. aku dulu sebenernya hanya ingin berteman karna aku punya cita cita buat kerja di australia. Buat mengasah ilmu speaking aku. Tapi lama lama si bule mengajak ke arah relationship, tapi beberapa 2 bulan aku pacaran dia ke indonesia buat liburan ,and than ya sudah tau Lah. Dia memang tak suka berbicara panjang lebar dia itu tipikal ke pembuktian , ok beberapa bulan kemudian aku aku dapat 6 bulan sama dia aku coba taruh poto dia diline aku. Dia marah Besar Guys.? Akhirnya aku marah sama dia. Dan g hubungi dia. Karna chating aku yg terakhir g dibaca , ok fine marah banget dan hatiku aku patahkan gituaja. Dansetelah 3 bulan no chat dan tlpon dari aku,dianya tlpon dan dan minta balikan. Karna di usia kayak aku ,aku itu pengin cepet nikah sebenernya πŸ€—πŸ€—πŸ€— dia ngajak balikan ya ok. Dan sekrg dia lebih ke arah bener bener prioritasin aku? Dan chat dia yg wterakhir bilang mau ke arah itu.arah itu maksudnya apa sih guys ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu cowok kenapa marah fotonya kamu taroh di Line? Takut ketahuan bininya apa gimana? Hehe ~

      Ini kalian selama pacaran 1th itu, komunikasi gimana? Lancar? Ketemuan udah sering? Udah pernah ketemu keluarga kamu juga di Indonesia?

      Karena kamu udah pengen nikah, aku tebak usia kamu bukan abege lagi dong? :) Yang tau cowok ini kan kamu ya, yang tau dia serius apa gak, ya kamu juga. Ikuti kata hati kamu aja. If you think he’s the one, ya why not invite dia ke Indonesia lagi & bicara lebih serius ke ortu kamu.

      Good luck! ;)

      Delete
  9. Aku lagi deket sama bule austria kita kenal udah sekitar 6/7 bulan lewat tinder udah pernah ketemu juga 3x karena kebetulan dia lagi ada kerjaan juga di Indo jadi sering bolak balik austria indo, di awal kenal sih aku biasa aja krn aku gk ada niatan jg buat cari bule hehe di awal kenal tu dia yang sering banget ngechat/nelp aku malah sering gak bls chat/angkat telp dari dia tapi sejak kita ketemu pertama kali kita jadi deket banget tiap hari selalu kabar kabaran biarpun dia udh balik ke austria komunikasi kita ttp lancar nah masalahnya aku sih bingung dia tuh gak pernah nembak aku atau menyatakan cintanya tapi kita udah kaya orang pacaran setiap hari dia bakal ngirimin foto dia dimana lagi ngapain tanpa diminta dan orangnya bener bner baik bgt.tapi sejak terakhir kita ketemu dan dia balik ke austria komunikasi kita jadi jarang bnget T.T dia selalu sibuk kerja dan bahkan hampir gak ada waktu buat bls chat aku kalo di bls pun itu singkat bgt. Tapi dia selalu berusaha ngasih kabar walaupun cuma 1x sehari.aku lagi diposisi galau bgt ini apa dia udh gk peduli sama aku.mohon pencerahanya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain jarak, komunikasi antara Indonesia dan Austria itu pasti juga terkendala sama waktu dan kesibukan yang masing2 pasti gak sama :)

      Kemarenan seru banget textingan, terus sekarang malah mendadak ilang2 kabar. Yang mana menurut ku, NORMAL BANGET! Kalo ini sih bukan persoalan dia dari Austria atau dia dari Indonesia.

      Sepengalaman aku, cowok kalo udah balik ke negaranya, biasanya emang mulai sibuk sama rutinitas sehari2. Alasan dia bales pesan kamu singkat2, bisa jadi;
      . Memang sibuk & bales pesan kamu bukanlah prioritas
      . Udah males chattingan karena emang gak ngeliat masa depan sama kamu, jadi ceritanya chattingan sesekali doang karena gak ngerasa enakan kalo tetiba ilang
      . Sudah melirik cewek lain lagi/mungkin lagi dating sekembalinya ke Austria

      Di Eropa ini emang gak ada cerita tembak-menembak πŸ˜… Bahkan kalian sudah tidur seranjang pun, belom tentu endingnya bakal jadian. Karena being fun, lust, dan love itu beda banget.

      Saran dari aku ke kamu, jangan takut untuk bertanya!!! Jangan gengsian!! Yang kamu hadapi ini cowok Austria, bukan Indonesia. Kalo penasaran kenapa dia mulai berubah, ya tanya.

      Makasih udah sharing & good luck! ;)

      Delete
  10. Hi nin....aku ada kenalan laki2 keturunan malaysia china tapi tinggal di london,trus dia kirim barang kan, dia videoin barang2nya tapi setelah aku setuju dan kirim alamat aku baru sadar gitu beberapa kasus kan ada ya modus ternyata ngirim barang terlarang dan lain2...tapi udh terlanjur kirim alamat nin sumpah aku takut banget nih deg2an...harus gimana nin menghadapinya😭😭😭😭😭 bales ya ke email aku nin pengen cerita nih😭😭😭😭 Ya Allah selamatkan saya dari marabahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kenapa dia sampe mau ngirim barang ke kamu? Dalam rangka apaan?

      Delete
    2. Banyak scammer yg ngaku tinggal di UK dan kadang di Malaysia. Rata2 mrk ini orang Niger. Be aware..

      Delete
  11. Kak, aku pacaran sama coeok turky uadah 2 bulan, tapi dua ngomongnya mau nikah lah, terus kadang kirim chat kiss sama agak mesum tapi gak pernah minta kirim foto, aku berhenti sama dia gak ya kak, aku agak g nyaman sama chatnya dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak nyaman, kenapa bisa sampe pacaran 2 bulan? :D Emangnya kemaren2 tu cowok obrolannya apa aja?

      Delete
  12. Jarang banget ya nemu cowok bule yang otaknya ga cuma ngew*s doank
    Pernah deket ama bule canada kak, udah kenal hampir sebulan chat rutin, aku kira dia laki-laki sopan
    ehh...ga taunya dia marah gara-gara aku nolak dia minta nude pic dan video call sex, jujur kak aku sedih karena ngerasa dilecehin...😒

    Ga ada apa ya cowok bule yang otaknya normal gitu, ngomongin hal-hal wajar aja jauh dari sex πŸ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ku, yang salah bukan bulenya tapi cara kamu ketemunya :) Trust me, hampir semua cowok2 yang kamu ajak ngobrol online itu pada dasarnya gak ada kerjaan dan emang sengaja nyari temen ejakulasi doang. Haha!

      Real fact-nya, cowok2 bule yang waras dan sopan itu BANYAK banget!! Sayangnya, orang2 ini banyak yang gak maen dating app sampe ke Indonesia :)

      Cara lainnya, ya mungkin bisa coba pake dating website ala2 orang Asia utk (sengaja) cari pacar bule? Biasanya mereka ini yellow fever sih, tapi kalo serius, ya mereka bener2 usaha buat ketemu kamu. In the end, semuanya memang tergantung jodoh.

      Delete
    2. Halo kak, saya tidak sengaja membaca artikel kaka dan saya tertarik karena pembahasannya tentang bule. Kebetulan saya juga pacaran dengan bule yang berasal dari palestine inisialnya "HM" dia adalah seorang selebgram lokal di palestine obrolan pertama kita masih biasa dan singkat cerita dia tertarik pada saya dan ingin serius awal saya kira ini hanya bercanda tetapi dia menyakini saya dan alasan dia tertarik pada wanita Indonesia adalah karena wanita Indonesia berakhlak, cantik, dan bermoral. Singkat cerita saya bilang "yes" dan dia meminta saya untuk bersumpah demi Allah SWT agar kita pinya ikatan hubungan sampe nikah dan dia juga telah bersumpah Demi Allah. Singkat cerita kami seumuran(18 tahun) ya tahun ini. dia berencana akan datang ke Indonesia pada umur 22 tahun dan langsung bertemu keluarga untuk melamar saya dan tahun depan kita akan menikah. Dari perilaku nya menunjukkan bahwa emang ada keseriusan tetapi saya memiliki sedikit keraguan.
      Keraguan saya :
      1. Mengapa baru saja mengenal tetapi udah langsung serius dan berencana menikah yang jelas belum pernah bertemu?
      2. Saya tahu negara kita beda jam dan dia selebgram selalu aktif di medsos tetapi dia bilang ada urusan dan perlu 3 jam dan dia akan menghubungi saya nanti tetapi disini dia tidak menghubungi saya (sudah 2× terjadi) maksud saya apakah sesibuk itu sehingga saya tidak dihubungi. Dan saya pantau dia mengikuti beberapa cewek Indonesia ya biasa aja sih tetapi dia berkata dia tidak mempunyai hubungan dengan wanita lain dan dia telah bersumpah demi Allah SWT
      Saya bingung kak, saya takut ketika saya sudah terlanjur jatuh Cinta tetapi malah kecewa yang begitu dalam.
      Saya harap email saya kaka balas dan saya sangat membutuhkan saran kaka
      Terima kasih 😍

      Delete
    3. Ini apaan sih bawa2 nama Tuhan buat menyatukan hubungan? :p
      Pada desperate apa gimana?

      Tunggu2..
      Kamu bilang kalian bedua ini usianya masih 18 tahun. Terus pas umur 22 dia mau ke Indonesia, ketemu orang tua, terus tahun depannya nikah? Lah kan umur 22 masih 4 tahun lagi. Terus tahun depan kok malah langsung nikah?

      Kalo aku jadi kamu, aku gak mau kemakan omongan dia! First of all, you both are SO YOUNG! Masih naif dan planning idupnya belom jelas. Tu cowok emangnya mau ngasih kamu makan apaan? Lagian aku nganggap orang2 Palestina ini kayak cowok2 Arab yang terlalu dominan.

      Terus kamu nanya, kenapa baru kenalan, lom pernah ketemu, tapi tiba2 ngajak "serius"? Lha, itu kamu sendiri bertanya2 sebetulnya. Lagian aku juga gak mau kenalan sama cowok yang mulutnya seharum bunga mawar. Baru kenalan, tiba2 ngajak nikah. Dikata proses kenalan bisa cepet apa?? Lagian kalo dia memang serius, harusnya bukan tiba2 datang terus langsung ngelamar anak orang. Datang dulu, ketemu kamu, kenalan sama keluarga kamu, terus datang lagi, kenalan lagi, ngobrol lagi sama orang tua kamu.

      Kalian nih pacaran ala2 anak abege yang segala hal perlu dikonfirmasi. Kalo emang tu cowok sibuk, ya mungkin sibuk. Bisa jadi juga mood-nya tiba2 berubah dan gak mau nelpon kamu. Bisa jadi juga kamu hanya selingan saat dia bosan doang. Everything could happen.

      ...dan, aku paling males dengerin cowok nyamain kita sama semua populasi cewek Indonesia. Harusnya he likes you as you are, bukan as an Indonesian woman. Ini sih bisa diartikan kalo dia emang ada rasa perhatian tertentu ke semua cewek Indonesia :p

      Thanks for sharing, btw!

      Delete
  13. Gua pengalaman banget
    pacaran sama cowok bule dan berbeda negara juga hampir semua gua pernah jalanin hubungan sama mereka. well itu cuma bisa dijalankan 2/3 bulan maksimal lol bahkan ada yang cuma 1 minggu. hahaha damn.
    tapi waktu gua putus dari mereka ada beberapa cowok pakistan, bule, texas dan turki minta balikan sama gua Lol. tapi gua tolak sebab gua tahu mereka ga serius sama gua. terus setelah itu gua kenal cowok dari mexico namanya Diego. Dan dia cowok nya yang sangat baik. perhatian dan lain lain. gak terlalu ganteng sih tapi dia itu cowok yang baik banget. gua sempet mau putus sama dia karena nyokapnya ga setuju sama hubungan gua dan dia. tapi dia lebih milih gua banding mamanya. dia juga kirim paket ke gua. boneka, uang dan cincin bahkan komik anime juga. dia adalah cinta sejati gua. masalah mamanya ga setuju karena mamanya pikir gua buat anaknya sedih sebab gua punya depresi dan gua selalu lukai diri gua sendiri dan itu membuat anaknya khawatir sama gua dan ya dia juga selalu nangis kalau gua lakuin itu dan itu sebabnya mamanya benci gua sekarang lol. tapi gua sama dia tetap jalanin hubungan terus walaupun komunikasi sulit. gua sama dia hampir 1 tahun. itu cuma chatting atau send video tanpa call atau video call haha. lumayan lama dan gua beruntung dapat dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey dear you yang pengalaman pacaran sama bule, makasih ya udah sharing! 😁

      Cowok2 Amerika Selatan pada dasarnya emang punya budaya kolektif khas2 orang Asia. Jadi gak nyalahin kalo pola pikir & sifat2nya juga rada close sama cowok Indonesia.

      Sejauh yang aku tau, cowok2 latin kalo gak playboy dan sok kegantengan, ya itu.. gak ganteng2 amat tapi sincere. Bisa dibilang, mereka emang niat ninggalin keluarganya demi cinta (sejauh pengalaman aku temenan sama cowok Latin). Lucky you kalo udah setahunan ini berusaha menjalani hubungan meskipun sulit :)

      Yang awet ya kalian! Semoga bisa ketemu someday & kamu dikenalin ke mamanya. Hoho.

      Delete
  14. Hey Nin, gimana kalo dengan cowo Inggris? Aku ada chating sama cowo Inggris, lembut banget, ngga nasty juga, cuma karena aku ngga terlalu fasih english, kadang bingung harus bahas apa, aku baru sekali ini sih chating sama bule. Saran nya please :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada saran apa2 sih yang spesifik.

      Mau chattingan sama cowok Inggris, cowok Jepang, cowok Indonesia, yang paling penting emang masalah komunikasi. Jangankan sama cowok Inggris, kita gak lancar bahasa Indonesia aja bisa ngebuat komunikasi via teks gak smooth.

      Jadi ya kalo emang bahasa Inggris kamu gak fasih2 amat, mending jujuran dari awal, sebelom dia ilfil. Anyway, tau lembut dari mana? Udah sempet telponan? ;)

      Delete
    2. Memang saya lagi incar banget pasangan bule. Coba bule hunter ayu buat komunitasnya wkwkwkw

      Delete
    3. Ngapain bikin komunitas kayak gituan?? Rasis tau gak sih? ;p
      Ntar malah jadi bahan saing2an; siapa yang paling ganteng, paling kuat di ranjang, paling kaya, lalala~

      Boleh aja punya preferensi maunya cowok non-Asia banget, tapi ya gak harus ditunjukkin juga ;D

      Delete
  15. Hai kak, 6 bulanan ini aku deket sm cowok Jerman (berawal dr penpal dan lanjut ke WA). Kita punya banyak kesamaan mulai dr hobi, selera humor, dll. Aku nyaman sm dia, tp aku ga berharap lebih krn aku pun blm tau gmn perasaannya ke aku. Intensitas chat kita jg ga terlalu sering krn beda zona waktu dan dia jg punya banyak kesibukan (terutama persiapan untuk final examnya), tp tiap hari dia sll nyempatin waktu untuk sekedar nyapa aku dan uring"an kl aku ga ngabarin wkwkw. Well, i just hope good things will get through us :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohong nih :p
      Gak mungkin kamu gak berharap lebih, apalagi kalo udah sampe ke postingan ini ;D

      Ya menurut ku, yang namanya chat2an tiap hari, gak sama gebetan, gak sama temen, sama2 nyaman. Soalnya komunikasi hanya sebatas teks doang & apa2 serba terbatas. Tapi kalo dari cerita kamu dia udah tiap hari teks, ya pasti cuma 2 hal; dia emang gak ada teman/bosen doang atau gak emang sebetulnya juga berharap “something”.

      Gapapa. Kenalan aja dulu :)
      Dari teks lanjut telponan, kirim foto sekitar, video call kalo perlu, sebelom beneran ketemuan. It’s okay not to be “something”, selagi kalian masih nyaman sih ya.

      Good luck!

      Delete
  16. Takut kenal bule

    ReplyDelete
  17. Hay kak,
    Aku kan baru kenal sama cowok Inggris usianya udah 39 tahun, terus setelah 3 hari kenalan tiba2 dia nembak aku. Otomatis aku tolak ya kan kak, karena aku takut. Terus dia juga masih chat sama aku, dia sih sebenarnya baik gitu ngomong nya kalau chat sama aku, tapi aku gak punya rasa sama dia
    Apalagi tujuan dia untuk serius, usia aku kan masih 23 tahun kak.
    Aku gak begitu memikirkan ke arah sana.
    Tapi dia masih aja terus menunggu aku untuk membuka hati.
    Terus aku harus gimana donk kak?
    Kasih saran please...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu cowok desperate kayaknya ;p
      Ketemu belom pernah, baru ngobrol 3 hari udah maen nembak aja.

      Jadi intinya kamu gimana nih? Katanya gak punya rasa sama dia, gak mau serius juga, terus ngeladenin chat dia atas dasar apa dong?

      Delete
  18. Haii kak,
    Aku berteman dengan buleol olso Norwegia tetapi bekerja di Inggris, dia katanya ingin mengirimkan barang ke tempatku di Indonesia tetapi aku takut isinya barang yang tidak baik saya coba menanyakan kepadanya dan beliau mengatakan itu isinya hadiah..
    Apa yang harus aku lakukan kak?
    Dia selalu menyuruhku udah selalu jujur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..

      Kamu kenal ni cowok udah berapa lama? Udah sedeket apa? Udah beneran telponan/video call-an? Beneran ni cowok asli Norwegia?

      Setau aku, cowok asli Norwegia tuh jarang banget bohong (maksudnya bukan scammer). Tapi coba kamu jelasin aja sama dia, banyak banget kasus cowok2 di Inggris yang sok2an ngirim barang ke Indonesia, ehh taunya itu barang terlarang. Makanya kamu concern. Kalo boleh, ya fotoin dulu apa yang mau dikirim (meskipun endingnya ya gak surprise lagi).

      Delete
  19. Kak, aku kenal ma cowok keturunan afghanistan yg tinggal di pakistan tapi sekarang dia kerja di italia. Awalnya aku cuma ingin berteman sambil belajar speaking aja, tapi belum 1 bulan kenal tiba2 dia bilang klau dia itu suka ma aku. Dia cerita semua tentang history lifenya dia, ttg keluarganya, juga tentang planning hidupnya. Dia bilang mau niat serius nikah ma aku. Aku akui dia tipycal orang yg enak diajak ngobrol. Dia jg punya planning yg baik utk kedepannya. Tapi stelah 4-5 bulan LDR tiba2 dia kayak udah berubah gitu. Gak sebaik dan gak seromantis sebelumnya. Tiba2 dia menghilang tnpa kabar, susah dihubungi, dll.
    Terus 1 tahun berlalu tiba2 chat aku lagi. Dia bilang klau dia really love me dan mau dateng ke indonesia utk menikah. Kurang lebih 1 minggu kita mulai ngobrol intens lagi. Eh di minggu kedua ini kadang dia ngilang kdang muncul. Balas chatnya jg gak secepat minggu kemarin. tadi pagi ja chatku gak dibalas.
    Knp ya kak kira2 dianya? Apakah dia cuma mempermainkan perasaanku ja? Atau emang itu hal yg normal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah bukan bule! ;p
      Tapi cowok keturunan Afghan yang sempet tinggal di Pakistan. Yang mana kelakuannya mirip2 cowok India/Arab yang gak jelas! xD

      Kalo kamu mau dengerin aku sih, mending lupakan aja cowok ini! Gak jelas!! Udah kelihatan banget, ni cowok cuma menghubungi kamu pas ada maunya doang (pas bosen doang). Abis itu ghosting gak keruan. Ya kaleee nikah bisa segampang itu!! Udahlah, lupain aja! Jangan buang2 waktu ;p

      Delete
  20. Kak mau curhat nih hehe, aku deket sama cowo France udah 1 tahun. Dia baik, ga pervert, perhatian, dan dia skrng 23 yo. Aku sendiri 18 yo. Kita awalnya kenal gegara dia comment di foto yg aku up di interpals, dia kek tengil gitu bilang rada blur. Hmm. Dari situ deh, tuker Wa, kita tiap hari chat, awalnya dia ga sering bngt balesnya, tp makin kesini dia kek makin intens gitu sama aku. Kadang kita Videocall/telfon kalo dia ga sibuk. Sering ngirim foto sih dia kalo lg kemana gitu atau ngapain, dia kek ngebahas future sama aku tentang ntar mau ga kalo dapet pasangan bule akunya ikut ke negara si cowo, terus dia pernah bahas, kalo dia udah ga virgin, dan dia tanya ke aku, "kamu mau ga nerima kalo cowo kamu udah ga virgin, sementara kamu masih?" Ya aku jawab mau aja, yaudah karena itu bagian masalalunya. Aku pernah bilang kalo aku tertarik sama dia*nekat bngt yaampun. Dan dia tuh ga ngebales secara blak blakan. Dia nilai aku tuh masih muda, dan mungkin bisa start relationship yg serius waktu aku 19, btw dia tau kalo aku minatnya serious relationship. Dia kek cemburu kalo aku deket sama cowo lain, contohnya waktu aku ada drama disekolah wkwk. Dia bilang aku santai aja dulu sebelum 19th. Bener bener dia ngetreat aku baikkk bngt peduli kek pacar. Dia suka ga ya sama aku? :( rencananya dia pengen sih ke Indo:) tp ya masih pelajar juga dianya. Aku maklumi butuh banyak hal yg harus dipersiapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho.. makasih ya udah curhat! ;)
      FYI, di Eropa, sebelom usia 20th, orang2 masih nganggap kamu anak2 nanggung alias ABG! ABG yang artinya masih labil, banyak drama, susah diajak diskusi, etc.
      Di sini kamu baru diakui “punya otak” dan cerdas menanggapi masalah pada saat usia 20th-an, itupun kamu masih dianggap muda banget. Beda sama di Indonesia yg usia 17th kayak gerbang menuju kedewasaan, di sini saat kamu starting 25th baru bener2 dianggap “dewasa” dan siap diajak serius.

      Sebetulnya kamu nih pura2 gak tau :b
      Udah jelas banget ni cowok juga nyaman dan suka sama kamu. Ya ngapain coba buang2 waktu textingan, video call, lalala.. kalo gak serius. Buang2 waktu dia doang kalo emang tujuannya cuma “naked pic, please”. Menurut aku sih, ni cowok lagi hold on buat serius sama kamu karena ya itu; kamu masih terlalu muda.

      Eniwei, jangan judge bule gak virgin itu bad boy :) Di sini mentalnya beda banget sama di Indonesia. Di sini, kamu ngeseks sama orang, belom tentu ujungnya cinta. Ya namanya sama2 suka kan, melakukan atas dasar nafsu/mabok doang. Beda kayak di Indonesia, cewek udah kayak trofi bagi cowok. Ngeseks dianggap “merdeka” dan bisa ngeperawanin anak orang dianggap “penghargaan”. Ppfftt!

      Jadiii.. ya itu, keep in touch aja terus. Kalo jodoh, gak kemana kok. Ntar kalo emang waktunya kalian berjodoh, tiba2 udah jadian aja ;p

      Delete
    2. Waah. Makasih kak sarannya! ^^ seneng banget bisa direply!

      Delete
    3. Fix itu dia udah serius, aku kenal french guy masih sama2 umur 19 thn, dan gw dah nyerah ngadepin french guy, cuek, tapi perhatian si,kalo bls chat fast bgt gw sampe kaget, gw bingung dia masih mau keep in touch sama gw, tapi dia tuh cuek bgt astaga. Dia bilang sih kamu kaya "kamh cerita aja aku di sini" , aku ini jujur ya, kata2 yg dikeluarin french guy itu terkadang sweet ya ampun, padahal mereka aslinya begitu, ya ga si. Lol

      Delete
  21. Halo kak, kenalin sya pendatang baru nih di blognya, btw makasih bgt soal info aupairnya soalnya aku lebih banyak baca point yg itu, terus kehibur aja dengan comment2 yang ada disini pdahal skrng lgi ditmpat kerja, makanya mau ikutan naruh comment. Aku skrng umurnya 25 thn, punya pacar bule trus dia udh datang ke indonesia but we back to LDR again dia kebangsaan irlandia but living in northern ireland, udh 3 tahun aku pacaran dan banyak up and down nya sih, cuman cinta emang harus realistis jga, aq skrng jga agak stuck untk masalah visa pikirku krna kehidupan dia belum stabil betul dan ada beberapa reason yg agak sulit aplgi visa inggris susah jga dapatnya. betul sih apa yg dibilang orng bule itu 100% beda dgn orng kita dalam segi pola pikirnya, having fun bagi mereka jga hal biasa tpi klw sekalinya serius yah ada pembuktiannya. mau tau nih kak biar bisa cepet improving englishnya gimana? at least aq jga lgi lihat2 info beasiswa tapi gak yakin dengan skor toefl dan ieltsku wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai.. makasih ya udah mampir ke blog dan ninggalin jejak di sini :)

      Selamat juga, akhirnya kamu ketemu cowok Irlandia yang sampe 3th LDR!! Salut, lho! ;)

      Hmmm.. ni cowok tinggalnya di Northern ya, padahal kalo kamu maen ke sana (Southern), visa Irlandia gratis sih. Gak perlu bayar (tapi tetep mesti nunjukkin buku tabungan dll).

      Eniwei, 3th menurut ku waktu yg cukup lama untuk sebuah LDR. Awet2 ya kalian! Semoga si cowok masih usaha terus buat ketemu kamu di Indonesia, selagi kamunya nyari cara untuk being closed to him. Atau gak, mungkin kamu bisa jadi au pair di Eropa? Jadinya lebih deket sama doi (gak lintas benua dulu).

      Soal bahasa Inggris, tiap orang menurut ku punya skill linguistik yang berbeda sih ya. Tapi pada dasarnya, ala bisa karena biasa. Kalo kamu emang mesti tes akademik IELTS/TOEFL, ya sering2lah baca berita/jurnal yang tulisannya berat2. Latihan speaking juga perlu sama si doi, bahas politik dan isu terhangat dunia coba ;p

      Delete
  22. Hai kak,aku lagi kenalan sama cowok Texas,awal aku kenal dy di app dating,diantara cowok2 yg aku kenal disitu Dy yg sopan yg lain otak mesum semua,gak lama Dy minta no wa krna Dy bilang jarang buka app itu krna sibuk kerja,jadi kita ngobrol lewat wa sampai skrg,sudah 1 bulan kita kenalan n Alhamdulillah Dy smpai skrg sopan n orangnya baik n gak pernah mengarah ke seks,dy duda anak 1,anaknya umur 4tahun,kita tidak pernah vc atau call awal kita kenalan cuma saling kirim foto aja,aku jg sbnarnya paling malas vc lebih suka chat aj sih hehe.. tiap hari Dy chat ngasi kabar n anaknya sakitpun ksi tau aku,kemarin Dy bilang Dy nyaman kenal sama aku n katanya sy jg peduli dengan Dy n anaknya,cewek2 Dy kenal dinegaranya cuma suka uangnya,gt sihh ceritanya Dy,kemarin Dy jg sempat bilang setelah virus korona berakhir Dy akan ketemu sy sama anaknya,sy cuma bilang dalam hati beneran gak nih,menurut KK gimana n akupun tidak tau budaya orang sana n ini pertama kali aku kenal cowok Texas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, makasih ya udah curhat :)

      To be perfectly honest, entah kenapa aku rada skeptis sama cowok2 Amerika yang ada di online dating/sosmed. Udah banyak banget kejadian, cowok2 ini sebetulnya akun palsu yang dijalankan oleh orang2 kulit hitam. Jadi tujuannya, ya itu, kenalan sama kamu lama2 terus bikin kamu jatuh hati sampe nantinya doi ngirim cerita sedih & bikin kamu luluh untuk ngirimin duit. Foto bukan jadi masalah karena bisa aja ambil di Google/akun orang.

      Terus ya.. omong kosong banget soal cowok yg selalu bilang, “cewek di negara aku cuma mau duit aku!”. Ngoookk!! Dikate Amerika negara miskin apa. Ya kale semua ceweknya matre! Bohong amat!

      Saran dari aku;
      . Cek nomor hapenya; asli Amerika apa bukan
      . Selain foto, coba cek gaya ngobrol dan tata bahasanya. Kalo cowok Amerika, pasti dah ketahuan kalo native & bahasa Inggrisnya udah pasti bener
      . Sesekali aja bertukar suara, sekalian sama suara anaknya. Ni profilnya beneran punya anak apa maen2 doang?
      . Jangan pernah percaya sama orang di internet! Kalo kamu mau serius, video call itu SANGAT SANGAT perlu!!!

      Ya kalopun ni cowok legit alias bukan scammer, tetep aja pertahankam hati untuk gak kebawa perasaan. Good luck ya! :)

      Delete
  23. Hai kak nin, please bales ya kak. Aku kenal dengan bule turkey, masih baru sih blm sampe sebulan. Kami kenalan online. Nah dia ceritalah kalau dia itu udah 2 bulan ngga having sex sama istrinya, karna istrinya ngga mau. Aku ga tau alasannya kenapa. Dia sama istrinya itu MBA, jadi dia ngerasa dia harus buang masalalunya. Dia juga ingin mulai kehidupannya yang baru. Dan..katanya, aku orang yang dia cari. Karna aku ngga macem2 katanya. Terus dia juga janji bakal divorced dulu abis itu ngelamar aku. Aku sih nggak percaya. Tapi dia keliatannya baik kak. Dia minta move w.a aku gak mau, dia gak maksa, dia ga nakal juga ke aku, dia cuman mau aku sabar nunggu dia divorced dah itu aja. 5 bulan lagi dia baru bisa divorced kak. Nah sekarang permasalahannya, aku itu cemburuan kak, jadi kmarin aku tuduh dia macem2, aku tuduh dia chat dengan org lainlah, love scammer lah, nah dia udah berkali2 jujur ke aku cuman aku yang dia chat, feeling aku dia emang jujur kak karna dia selalu ngomong terbuka, cuman di akunya ini yang suka memperkeruh suasana. Jadi trakhir aku bilang ke dia "i dont want to argue, i dont like everything be problems, i am leaving" trus dia balas "as you wish" huaaaa aku sedih kaak. Aku nyesel nuduh dia gitu. Dan dia gak ngechat aku lagi sampe skrg. Apa dia bosan aku tuduh2 kak ? Kak please kasi pencerahan.. Kalo aku chat dia deluan bilang maaf gitu salah ga kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..
      Makasih ya udah ninggalin jejak :)

      Pertama2, kamu sadar kan kalo kamu lagi ngobrol sama suami orang? Entah dia ada masalah apapun sama istrinya, entah apapun yang terjadi, dia tetaplah SAH laki orang.

      Yang kedua, how on earth you could trust people easily for less than a month?! Kenalannya lewat internet pulak.

      Ketiga, entah ada apa sama lelaki ini, tapi dia nyuruh kamu nunggu 5 bulan lagi?? Ni orang maksudnya paan?? Cerai mah ya cerai aja. Udah jelas cerai, baru nyari gebetan lagi. Ini kok masih laki orang, malah nyari gebetan lain di belakang. Kalo ini mah namanya selingkuh.

      Keempat, atas dasar apa kamu punya hak cemburuan sama lelaki ini? Sorry if I sound a bit harsh, tapi gini lho, dia kan laki orang. Kenal di internet pulak. Siapa yg menjamin lelaki ini jujur? Gak ada kan? Jadi menurut ku, kamu sedikit berlebihan sih.

      Saran aku... jangan dibawa serius. Aku tau di dunia ini ada banyak banget suaminyg selingkuh di belakang istrinya. Tapi untuk kasus kamu, menurut ku, apa ya... kayak buang2 waktu. Mana orangnya gak kamu lihat, sentuh, ketemu. Takutnya, saat lelaki ini jadi nikahan kamu, bosen dikit ehh langsung nyari gebetan lain via internet.

      Kalo dari kamu sendiri gimana kira2?

      Delete
    2. Makasi ya kak jawabannya.
      Dia belum bisa cerai sekarang karna istrinya minta cityzenship kak. Istrinya filiphinos, bukan turkish, jadi istrinya mau cerai kalau dia berhasil dapetin cityzenship turkey. Sementara persyaratan disana cityzenship harus nikah 3 tahun dulu baru bisa. Dan 5 bulan lagi dia baru genap nikah 3 tahun. Itu yg jadi hambatannya. Istrinya skrg lagi dirumah ortu si cowok. Mereka pisah rumah. Udah 2 bulan. Istrinya gak jalanin kewajibannya gitu.. Jadi dia udah muak. istrinya ini widow. Dari yang dia bilang mau nikahin aku bla bla bla itu sih aku nggak terlalu percaya kak. Aku selalu jawab " i hope i can trust you" dan dia selalu bilang "i will earn your trust, i will show you the paper if i got divorced" yang jadi ngga enakannya ini sekarang aku udah nuduh dia macem2 itu kak. Iya aku tau aku ga punya hak kak. Makanya apa salah kalau aku chat dia bilang maaf untuk yg kmarin itu ? Kalau menurut kakak dia penipu ngga ya ? Kalau yang aku rasain dia jujur karna semua di ceritain nya ke aku sampai ke MBA2 nya. malah aku yang malu, karna kan aib ya..

      Delete
    3. Yailah.. ni cowok bego apa gimana sih? Entahlah ya apa cerita sebetulnya di balik ini. Tapi gini, lho, kalo mau cerai ya cerai aja. Bahkan kalo dia udah muak sama istrinya, dia bisa langsung ceraiin tu bini. Terus nendang bininya langsung dari negara itu karena kan permit bininya bergantung di dia. Ngapain coba cerai aja pake acara mikirin citizenship dulu? He sounds weird sih kalo menurut ku.

      Terus setelah sama Filipina, dia mau nyari gebetan lain yang sesama Asia dong? Yellow fever apa gimana ni cowok?

      I don’t know about you..
      But, why on earth laki orang?? πŸ˜…πŸ˜… Aku sih merasa kamunya udah salah duluan dari awal. Dah tau ni lelaki masih bebini, diladenin pula. Masalahnya ketemu aja gak pernah, kan? Saran aku banget, let it be.

      Delete
  24. Ikut nimbrung nih... Jadi kenal sama cowok bule via online itu ya fifty2 sih, aku kenal beberapa orang & masih komunikasi sama mereka sampai sekarang. Bahkan ada yang sampai bertaun2 temenan biarpun ga pernah meet in person. Tapi ada juga beberapa orang yang meet in person.

    Ok lanjut,

    So, aku pernah pacaran sama French man. Kami kenal online, dia keliatan serius banget. Tiap hari kami chatting (tapi nggak pernah VC) tau2 dia nongol aja ke Indo selama 3 minggu. Dari awal Chatting, dia udah nunjukin keseriusannya, kirim Google maps lokasi rumahnya, tempat kerjanya, tunjukin ID cardnya kalo dia bnr2 single. Nggak pernah talk dirty things sekalipun sama aku. Tapi ya karena belum jodoh, akhirnya putus deh..

    Beda lagi sama cerita beberapa tmnku yang nikah sama cowo bulenya, rata2 mereka kenal online. Bahkan ada yang nekat nikah setelah 3 bulan chattingan, sekali ketemu langsung nikah. Sampai sekarang udah sekitar 7 taunan masih langgeng & bahagia.

    Jadi, ga semua yang kenal online itu buruk, tapi banyak juga bule yang datengin buat meet in person cuma buat sex tourist doank juga banyak (ada kasusnya temen, udah dibilangin nggak percaya, namanya juga lagi jatih cinta) setelah ditidurin ya ditinggalin dia sama tu cowo gitu aja..

    Ati2 aja sih kalo kenal online. Meet in person nggak musti dia emang serius, banyak yang cuma cari sex tourist doank. Pinter2 kita aja pakai intuisi. Intuisi cewe kan tajem tuh... Manfaatkan aja 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! :)

      Makasih banyak ya udah sharing pengalaman! That’s totally true; tidak ada yg bisa digeneralisasi soal jodoh ini. Bahkan yang udah pacaran bertahun2 (sama orang Indonesia) pun, bisa putus gitu aja.

      Tapi karena aku sekarang tinggal di Eropa dan cukup ngerti kelakuan bule2 ini, pada dasarnya meet up itu memang perlu :) That’s totally true kalo kamu bisa aja chattingan 3 minggu, lalu sekalinya dia datang ke Indonesia, kalian langsung nikah. Tapi inget lho, dia tidak hanya menikahi kita, tapi juga budaya & keluarga kita. Ada yg namanya manner; datang dulu, kenalan sama orang tua, ngobrol lebih panjang soal masa depan, dan lainnya.

      Kenapa meet up in person atau video call often itu penting, ya itu, biar kita bisa tau nk cowok serius apa gak. Karena chatting dan real life itu sejatinya sangat berbeda. Banyak kok yang bohong virtually. Ehh pas ketemu langsung, ternyata si cowok bikin ilfil, terlalu gendut, jorok, miskin, tidak menghargai budaya Indonesia, tidak menghargai orang tua kita, bahkan hanya buru2 nikah sama kita karena desperate doang.

      Lain lagi kalo tu cowok ada niat nyamperin/video call sering2. Kenapa? Karena setidaknya dia sudah nyempetin buang2 duit & waktu. Keduanya kan sesuatu yang berharga. Kalo dia udah ngasih sesuatu yg berharga itu buat kita, gak serius apalagi coba namanya? Masalah jodoh mah lain lagi :)

      Kasus temen;
      Tu cowok sampe pernah 4x bolak-balik Palembang-Brussels buat nemuin pacarnya doang. Sekarang udah jalan setahunan lebih. Tetep aja, dari pihak keluarga tidak setuju karena masalah budaya. Teman saya bagusnya semakin lama semakin mau belajar budaya Indonesia dan menghargai orang tuanya si cewek. Jadi walaupun hopeless, tidak serta merta langsung nikahin tu cewek doang terus diboyong ke negaranya.

      Again.. kuncinya menurut aku, JANGAN BAPERAN! Jangan gara2 packagingnya bule, lalu kita mudah kesemsem :)

      Delete
  25. Hallo Nin, makasih udah bales komentarku.

    Btw, kebetulan nih aku ada temen cowok bule, dia sering bolak balik ke Indo dari Amrik. Kami kadang juga meet up kalo dia lagi di Indo. Dia banyak cerita sih, dia suka keliling Asia (khususnya Asia Tenggara) dia cerita punya banyak temen cewe yang emang cuma buat ditidurin kalo lagi jalan di negara tersebut. Dan cewe2 itu juga tau & mau.

    Pernah aku ingetin jangan suka maen cewe, kasian kalo cuma buat ditidurin doank. Tapi apa jawabnya, dia bilang selagi cewenya mau ya nggak masalah. Hmmm...

    Tapi sama aku baik sih, ga pernah macem2. Karena aku bilang dari awal nggak cari having fun. Cuma banyakin temen dari seluruh dunia.

    Semoga aja tmnku yang satu ini cepet tobat. Wkwkwwkk... Kasian aku sama cewe2nya. Ampuun deh...

    Buat yang lagi nyari bule2, tetep ati2 yaa... Karena meskipun banyak yang cari serious relationship buat married. Tapi masih banyak juga yang cuma cari sex tourist (mungkin di profile nya ditulis cari yang serius, bla.. bla.. bla...) Tapi ujung2nya cuma buat have fun doank masih banyak banget yang model begini 😊

    Sering2 baca2 tentang scammer, fake profiles, atau sex tourist di google. Banyak artikelnya koq πŸ‘Œ

    ReplyDelete
    Replies
    1. I see. Tapi dari opini ku ya, kayaknya cowok2 Amrik kebanyakan yang sok gaya deh! Haha.. Udah pernah denger berita soal 2 cowok Amerika yang sengaja datang ke Asia buat ngeseks sama cewek2 Asia doang, terus divideoin atau gak dikomersialin ceritanya buat ngasih tips2 ke cowok2 lain. Lame!! Beraninya sama cewek Asia doang :b Gak laku kali dia di negaranya sendiri sampe segitunya banget :x

      But yeah.. kembali lagi ke ceweknya juga. Karena pada dasarnya, ngeseks tuh bukan perkara bule doang. Alaahh orang Indonesia juga banyak kok yang memanipulasi demi kepuasan semata :D

      Terima kasih banyak ya sudah sharing. Good to know :)

      Delete
  26. Hi kak, aku dari Timor Leste. Mau curhat. Ada cowok bule dari London yang lagi dekat sama aku kita chat lewat Facebook, dan sekarang lewat WhatsApp.Kita kenalan di bulan November dan tepat di bulan januari kita jadian, setiap hari komunikasi kita lancar, voice, video call atau texting dan hanya vc biasa tidak minta yang aneh aneh seperti foto bugil atau video naked, pokoknya hanya chat untuk masa depan dan mau bertemu dengan saya jika Virus corona ini berlalu. Samapi 2 minggu yang lalu dia minta nama dan alamat lengkap saya katanya mau kirim paket untuk saya dan 4 hari lalu dia kirim paket ke saya. Karena bukan saya yang minta jadi saya anggap biasa saja dan kemarin ada nomor indonesia kirim pesan ke saya katanya paket saya sudah sampai di Jakarta tapi ada kendala di imigrasi dan nomor tersebut minta saya bayar Rp.7 juta. Saya masih tidak percaya dan minta foto dari paket tersebut tapi mwereka tidak foto paket tersebut hanya kirim Nama dan alamat yang pernah saya kirim cowok saya. Ini penipuan atau bagaimana?
    Dan paket itu sampai di Timor Leste baru saya bayar juga bisakan?
    Terus menurut kakak dia ini serius atau tidak?
    Kok aku merasa kayak ditipu ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya aja dulu sama cowok itu lagi, barang apa yang dikirim. Takutnya barang hasil selundupan. Ngapain coba kita mahal2 bayar 7juta kalo ternyata emang itu barang ilegal??? Mau kamu dipenjara?? Hati2 deh mendingan nerima barang-barang kayak gitu.

      Lagian kalo pun itu barang cuma boneka atau kalung2 biasa, ya kali kita nebus sampe 7 jutaan. Tuh coba baca komen2 di atas ☝️ udah ada juga yang dikirimin cowok dari Inggris ini itu. Waspadalah! Jangan mudah kemakan omongan bule.

      Delete
  27. Hi Kak Nin, Seneng banget bisa baca blog ini. Jadi bisa nambah wawasanku. Oh ya kak, aku mau tanya. Apa bener untuk mengurus izin tinggal menetap di Italia itu prosesnya lama? Kira2 butuh brp bulan?

    Cara membedakan cowok keturunan arab (turki,pakistan,afghan,india) yg serius dan tidak gmn ya kak? Sedangkan kita belum pernah ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin apa dulu? Kamu mau ngapain ke sana?

      Gak ada yang serius! Haha... Pokoknya kalo udah sama cowok yang darah2 India/Pakistan dan sejenisnya, rata2 creepy! Sorry for being racist, but that’s how it is ;) Cowok dari kawasan tsb yang bener gak pernah maen online dating, karena mereka biasanya sibuk kerja/belajar. Karena dari orang bener, makanya pas nikah pun kebanyakan udah di-arrange sama ortunya. Jadi kayak ala2 Siti Nurbaya gitu lah.

      Delete
  28. Nin, gimana kalo pria inggris, dah berumur, duda 1 anak? Mau ngajak serius?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius dalam artian apa dulu?

      Udah berapa lama? Udah pernah video call-an? Udah pernah ketemu? Udah pernah ngobrol sama anaknya? Dia udah pernah ngobrol sama orang tua kamu? And the questions would be loooong 😬

      Delete
  29. Hallo Nin..thanks tipsnya ya..aku jg mau nimbrung ni.Kebetulan baru beberapa hari,aku ketemu pria asal Canada,lewat Badoo.Awalnya g aku notice bahkan sempat aku delete,gegara aku minta foto terbaru dia,setelah janji aku share lokasi aku.Setelah aku delete ternyata dia bisa kirim aku foto,awalnya gak tertarik karena dia gak cantumin profile resume di Badoo jadi dipikir g terlalu serius da jgkjg foto profilnya agak beda dan terlalu kurus menurutku.Sampailah dia buat pengakuan macam2 kalau dia naksir aku berat karena skin tone,badan aku dibilang sexy dan very hot.Setelah ngobrol panjang lebar,aku mulai click sama dia karena kata2 dia manis kayak dia mau kesini atau aku yang dibajak dan dibawa k Canada dan aku jg ngasih umpan manis ke dia kayak kita harus ketemu memang.memang awal Desember aku ada rencana mau ke Canada terkait kerjaan,makaya aku gombal gombalan balik jg.Berlanjut,aku tawari apa kita perlu share kontak buat pindah lapak,dia tawarin via Snapchat or WA.Sempet nunggu lama,malamnya dihari yang sama dia bilang g bs instal WA,akhirnya aku instal Snapchat.Baru deh aku bisa ngobrol,sempet ada incident,sblm tidur aku mau dengerin suaranya dia,tp dgn berbagai alasan dia menghindar,yang bilang hpnya jelek lah,dkk..Intinya si dia menolak sopan,sampai akhirnya aku marah,dan dia bilang ya sudah gpp,trims kamu sudah suka saya dan semoga bs ketemu lagi.Aku sadar marahku berlebihan jadi aku putuskan putuskan minta maaf duluan dan akhirnya kita ngobrol sampe pagi disini,dan dia suruh aku tidur cepat.Udah mungkin itu hari pertama kita pindah buat hubungan serius,aku bersiap no bucin,dan gak mau ngejar dia duluan,soalnya aku tipikal orang kapok pernah hub dgn pria Italia,nasibnya gak happy ending.Dan,aku mau nanya,ada beberapa kejanggalan sik,koq aku feeling ya dia da beristri,tanda2nya ni,nama gak beneran baik di Badoo or di Snapchat,trus setiap aku ngobrol di Snapchat,obrolan kita selalu dihapus Ama dia,jadi gak bs ngesave obrolan dan terakhir aku gak bs denger suaranya sama sekali padahal udah aku pancing..Nah cuma itu si Nin,aku gak mau banyak berharap tp jalani saja,aku coba Badoo jg iseng bermula lihat temen ada yang jadi dan lokasinya bs cari sendiri.Sampai aku berkesimpulan kalau laki2 di Badoo cuma butuh physical intense dowank,mereka kalau tahu aku tinggal di negara lain langsung gak the end aja ceritanya..Tp sama dia kenapa beda y,jadibya aku mau dan dia mulai bs buat aku langsung suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..

      Makasih udah sharing :) You know what, trust your gut!! Sebetulnya kamu sendiri udah tau ada yang janggal, jadi menurut ku: dengarkan feeling tersebut!

      Menanggapi dari kisah kamu;

      1. Gak bisa install WA???? BOHONG!!!!!! Dia make BB apa sampe gak bisa install WA. Kecuali alasan dia; sorry, kepenuhan memori jadinya gak kuat lagi install. Okelah. Lagian siapa tau ni cowok emang sebetulnya ada WA, tapi takut aja ketahuan kalo dia online mulu.

      2. Cuma aktif di Snapchat?? Helloooo... narsis amat!

      3. Gak mau kirim suara hanya karena banyak alasan ini itu?? Emang sebetulnya patut dicurigai! Nape kirim 2 detik doang, susah banget apa??!! Banyak alasan dahh!

      4. Dari awal, sebetulnya aku udah turn off sama cowok ini. Apalagi pas kamu bilang, dia sampe nyebutin suka sama kamu karena bodi kamu lalalaa ~ elaaahh.. creepy amat! Suka sama kita sebagai objek doang jadinya?? Sama aja kan kayak kita ngomong ke cowok, “gue suka bodi lo! Hot banget!!” Kan jijay. Herannya masih kamu ladenin pula.

      And again..
      Tidak semua cowok yang kalian temui di online dating itu serius nyari pasangan! ;) Ada juga yang cuma selingan doang (padahal udah punya pacar/istri). Jadi ya sekali lagi, ikuti kata hati. Jangan takut buat memutuskan hubungan sama sekali. Dikira lelaki se-Kanada cuma dia doang apa? ;)

      Delete
  30. Hi mba Nin, how are you? Hope u are fine :)
    Seneng akhirnya nemu blog ini. Ceritanya ngalir dan enak dibaca bikin terbuai hehhe...
    Mau curhat mbaaa, aku bagi dua part ya mbaa… hehe
    1. Jadi, saya kenal dia awalnya dari aplikasi hobi gitu mba. Awalnya memang saya yang approached dia duluan. Ya, hanya bilang makasi karena sudah join. Tapi, dibales dan akhirnya obrolan kita berlanjut, kenalan dari negara mana, dll. Bulan pertama emang kita jarang komunikasi mba dan saya juga belum ada rasa sama dia. Saya suka dia awalnya karena suara dia bagus, dan tipikal suara yang saya suka.
    Naah, bulan ke-dua kita mulai chat lagi dan lumayan lebih sering dari bulan pertama. Kita ngobrol banyak hal. Awalnya sih saya yang kepo, saya tanya banyak soal Denmark, dll. Dan kadang2 tanya soal dia dan keluarganya. Dan dijawab sama dia mba. Dan sebaliknya juga saya cerita soal keluarga saya tapi masih dipermukaan aja hehe. Blm berani.
    Setelah itu kita sempat vakum ngobrol beberapa bulan, tapi dia tetap aktif nge like status saya, hampir setiap kali saya udpate dia selalu ada. Nah, dari sinilah rasa mulai timbul, sedikit. Akhirnya saya beraniin diri ngajak dia ngobrol di aplikasi lain, yaitu Line. Dia setuju dan obrolan kita akhirnya berlanjut ke Line.
    Sebenernya saya sudah lihat wajahnya mba, foto profile dan video dia yang pernah dia share. Naah, dari September tahun lalu, kita mulai intens ngobrol di Line hampir tiap hari dan ngobrol dari malam bisa sampe pagi klu ga saya atau dia yang nyetop karena ngantuk. Itu karena saya merasa senang dan nyambung ngobrol sama dia mba. Di aplikasi line ini dia sering ngirimini saya foto2 daerah dia tinggal, tapi dia ga mau ngasih foto wajahnya ke saya karena dia bilang dia 'shy'. Malunya klu sama saya aja ktnya. Saya sempat heran juga, dia mau ngirimin foto matanya, foto dia lagi panjat tebing dari kejauhan, sering bikinin saya gambar2 yang bertuliskan nama saya, sering kirimin voice recording yang di akhirnya selalu 'kiss' dan bilang i love you, tapi ga mau saya ajak video call ataupun voice call. Tapi, yaa saya pikir apa mungkin tipikal Danish pemalu, jadi ya sudahlah, saya terima karena dia nge-share alamat rumahnya ke saya. Oke, jadi ini bener ada orangnya di Denmark, dan dia ga bohong, saya mikir gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanggepin yang ini dulu..

      1. First of all, tipikal cowok pemalu emang ada banget! Aku dulu juga kenalan sama cowok Finlandia yg gak mau berbagi foto karena dia mikir, “aku tuh jelek kalo selfie saat ini juga”. Ya pada dasarnya, kurang percaya diri. Tapi kalo dia sampe kass-kiss-kass-kiss trus bilang “I love you”, rada agresif sih menurut aku.

      2. Katanya dia malu, tapi kok bisa sampe Iloveyou2an?? Setau aku ya dan yang aku tau, kalo dia nyaman sama kamu, semalu2nya dia, pasti ada keinginan kok ngirim foto. Pacar ku yang sekarang juga kalo sama orang baru gak banyak ngomong. Tapi pas nyaman sama aku, keluar tuh sisi gokilnya.

      3. Beraninya cuma ngirimin voice recording doang, tp gak berani diajak video call-an? Ni cowok ngakunya umur berapa? Ati2, ada yang disembunyikan mungkin :D

      Delete
    2. Aaaaaaa, seneng banget dibales sama mba Niiiin. Makasi ya mbaa...

      Tapi jujur mba, setelah baca komenan mba ini, aku kayak disadarkan gitu. Aku bersyukur. Untuk umur, dia ngaku ke aku umur 24 tahun sih mba. Dia ngirim-ngirimin foto masa kecil dia juga ke aku sebenarnya, dan foto dia umur 16-17 tahunan.

      Dia memang pernah bilang mba, kalau dia dulu dua tahun yang lalu pernah kena anxiety dan mood nya gampang naik turun.

      Aku seneng banget dibales mba Nin, aku jadi tahu apa yang harus aku lakukan selanjutnya. -TINGGALIN!-

      Thankyou so much mba Niiiiin. Have great day always for you :D

      Delete
  31. Part 2
    Awal Januari dia ngilang dua minggu tanpa kabar dan hanya read text saya. Saya kuatir kan, jadi ditanya lah, tp ga ada respon jg akhirnya saya nyerah. Naah, dua minggu setelah itu dia muncul lagi dan minta maaf. Dia bilang awal tahun ini ga baik buat dia, banyak hal ini itu yang terjadi, saya mau ngechat kamu, tapi entah knp banyak banget halangannya, katanya begitu.
    Oke, kita balikan, temenan. Meskipun saya suka sama dia lebih dari teman. Naah, di akhir Januari dia bilang suka ke saya mba, dan dia bilang gimana klu kita pacaran? kita coba dulu aja ktnya gitu. Dan bodohnya saya, haha, karena saya suka sama dia, ya saya bilang, oke, lets try it first, and see how it goes for us. Emang tipikal Danish sweet kah mba?
    Sehari kemudian dia ngilaang lagi dong mba, haha. Saya mulai mikir, ohh nih anak main2 aja nih kayaknya sama saya. Memang sih mba, dia usianya lebih muda beberapa tahun dari saya, tapi kami sama2 sudah bekerja. Dan sikapnya yg menurut saya 'mature', ya berarti mgkin dia ga main-main. Ehhh, ternyata saya ditinggal doong kali ini slama hampir sebulan tanpa kabar.

    Akhirnya dia balik lagi bulan berikutnya, bilang 'iya, saya kaget knp saya bisa bilang utk coba pacaran sama kamu, dan kamu langsung iya-in'. Dia minta maaf dan bilang dia sudah mikir dan ingin hubungan kita tetap lanjut. Dan saya, entahlah ini bodoh ato apalah namanya, mau aja mba. Jadi kita lanjut pacaran lagi ya, di dunia maya, LDR-an. Dia makin sweet dan ahhhh saya makin suka.
    Singkat cerita, sebulan pacaran dia minta putus, saat saya lagi sayang-sayangnya mba T^T. Tapi, dia bilang gini 'saya ga bisa in relationship skrg, kehidupan saya harus 'settle' dulu sblm saya berani punya hubungan sama seseorang, saya mau hidup yang layak dlu'. Trus saya tanya, apa karena ada orang lain? Dia bilang ngga. Ini bukan masalah kamu atau orang lain. Hanya prinsip saya saja. Saya coba jadi pacar kamu berharap it will work, tapi ternyata saya ga bisa. Pun, kalau misalnya saya pengen pacaran, kamulah orangnya, bukan yang lain, tapi ngga sekarang, mungkin nanti. Jadi, kita temanan dlu ya- itu katanya mba.
    Stlh itu dia ngajakin sy ngobrol lagi, dan yah, oke as friends, saya yakinkan ke diri sendiri begitu. Dua minggu kemudian dia ilang lagi. Sampai sebulan berlalu dan dia ngirimin saya voice recording. Di voice dia bilang minta maaf udh ninggalin tanpa kabar gt aja dan dia bilang 'I'm sorry, i don't know what to say right now, But tbh i dont want you to leave me'. Naaaah, itu maksudnya gimana mba??? Apakah arti dari 'i dont want to say' dia itu? Saya sedih harus kehilangan dia sebenernya mba, karena saya masih pengen sahabatan sama dia.
    Apakah benar cowok Denmark pemalu seperti dia? Menurut mba, aku harus ninggalin dia ato gmn mba? Klu misalnya suatu saat dia datang lagi dan minta maaf, saya harus gmn mba? karena jujur aja saya masih pengen temenan, tapi klu diginiin terus, saya juga capek sendiri. Karena klu dia tiba2 ngilang gt saya jadi ngeblame diri sendiri, gua salah apaa yaa... salah ngomong gak yaa.. gt mba... :(
    Maaf klu cceritanya panjang banget ya mba.. Tapi, saya berharap mba Nin mau baca dan reply hiks karena sy butuh banget saran dari mba Nin yg banyak tahu ttg tipikal bule dan tentunya tahu budaya mereka. Makasi ya mbaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjuuuuttt...

      4. Sweet dari mananya, Buuukk? 😁😁 Cowok ninggalin gitu aja, lalu tiba2 datang lagi, bilang suka, ngajak jadian. Bagian mananya yang sweet? Serius nanya.

      5. Lha tadi katanya selalu ngirim recording pake kass-kiss-kass-kiss, terus sisanya “I love you”. Lalu pas ngilang2 gak jelas, tiba2 bilang suka & ngajak jadian? Lalu yg kemaren2 kemanaaaa?? “Kau datang dan pergi sesuka hati...”

      6. Oke. Dari cerita2 kamu ini, cowok ini ngingetin aku sama beberapa pacar temen ku di sini. Jadiiii.. mungkin cowok ini emang punya anxiety yang parah banget. Ada banget tipe2 cowok kayak gini. Pas kita di deket dia, dianya happy bukan main. Pas kita jauh, kita rasanya gak dianggap. Untuk kasus temen ku, udah beberapa kali dia diputusin-nyambunglagi-putusin-nyambung lagi sama cowok itu. Aku udah berusaha bilang ke dia, kalo anxiety tuh sifatnya kadang parah. Jadi daripada capek sendiri, mending diputusin aja tu cowok.

      7. Asumsi lainnya, tu cowok punya ADHD atau penyakit lain yang bikin mood dia naik turun. Yang bikin dia takut sama komitmen. Yang bikin dia kadang ngomong, eh ditarik lagi. Pokoknya sesuka hatinya doang dah. Terus pas kangen, dia balik lagi dengan cuma minta maaf, karena dia tau tu orang pasti bakalan nerima dia kembali.

      8. Saran aku?? TINGGALIN!!! He’s not serious at all! Kamu bilang dia mature? Mature dari bagian mananya? Ilang2an gitu kok. Jangan2 udah punya bini (who knows?!) Tinggalin dan sebelom itu bilang ke dia, kamu bukanlah selingan yang bisa dikacangin gitu aja, terus dipungut lagi kapanpun dia mau. Maaf dia gak cukup karena kamu sudah terlalu lelah dipermainkan kayak begini. If I were you, it’s time for me to leave him alone!!

      Delete
    2. Haha, iya ya, sweetnya dimana ya mba? LOL aku juga jadi nanya ke diri sendiri lagi nih...

      emang datang dan pergi sesuka hatinya hahah. OMG, aku bener2 harus ninggalin!!! Makasi banyak mba Niiiinn.

      Delete
  32. Hy nin.. Aku baru nih mampir di blog kamu aku tertarik mengenai pembahasan kamu tentang cowok bule. Jadi ceritanya skrg aku lagi deket eh tapi ga deket si cuma sering chatting gtu sama cowok pakistan dan kenal di app datting gitu. Kayanya dia kerja di bidang kesehatan, sejauh yang aku baca di comment kamu katanya cowok kaya arab india itu kebanyakan ya gtu deh. Cuma sejauh aku chatting sama dia kaya ga atau belum kali ya menunjukkan gelagat ga baik. Sejauh ini ok ok aja pembahasan hanya mengenai cerita tentang dia dan aku sehari hari. Cuma dia juga jarang chat aku juga ga berani chat dia duluan, jadi nunggu dia duluan aja yang chat. Aku pernah tanya juga aku mau chat kamu duluan tapi ga enak takut ganggu dan intinya aku insecure aja sama diri aku. Tapi sih dia jawab ga masalah chat aja aku aku suka kalo kamu chat aku duluan ga masalah. Nah sebenernya gimana si menghadapi cowok kaya gtu secara luar indo juga jadi aku kurang mengerti budaya dan karakter mereka kaya gmna. Sama satu lagi nih sebenarnya biar bisa akrab sama bule yang baru kita kenal gmna sih? Apa kita harus perhatian duluan atau cuek nunggu mereka nyamperin kita aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. thanks for commenting :)

      FYI, bule biasanya hanya tertuju ke ras Kaukasian = orang kulit putih yang emang budayanya berbeda banget sama kita. Kalo cowok Pakistan mah, sama2 Asia, lebih ras campuran India mereka.

      Sebetulnya orang Pakistan mirip2 orang Asia kok. Masih terkenal sama budaya patriarki & cowok lebih dominan dalam mengambil keputusan. Saran aku sih gak perlu pusing2 gimana ngadepinnya karena kamu bisa anggap dia kayak orang Indonesia aja. Pikir aja saat kamu lagi textingan sama cowok Indonesia, kira2 begitu deh :)

      Delete
  33. Hai Nin! aku sudah baca blogmu.

    Jadi ingin curhat,
    awalnya ada cowo Slovenia yang mengajak untuk saling follow di instagram, kemudian kami saling chat di snapchat, aku bilang untuk pindah whatsapp, dia bilang bahwa dia tidak menggunakan whatsapp namun saat aku bilang pindah whatsapp dia langsung download. kemudian dia tidak pernah sama sekali membahas yang berbau sex, dia cerita mengenai kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, saat ibunya menikah lagi. dia juga cerita mengenai teman-temannya, perayaan di Slovenia, sejarah Slovenia, dan bahasa Slovenia, dia mengajari beberapa kata dan membantu pengucapannya menggunakan voice note. sesekali dia juga mengirimkan video dirinya. menurutmu, apakah itu awal yang baik untuk berteman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Don’t you think so? :)
      I have no long answer for this! Selamat menjalin pertemanan ya!

      Delete
    2. Wow... jelas ini pertemanan yg manis. Terkadang, menjadi teman lebih baik karena cenderung untuk tidak saling menyakiti. Saya juga punya teman yg begini. Dia orang Albania.

      Delete
  34. Halo kak Nin btw namanya sama kayak aku; Nina heheheh :D
    Kak mau curhat nih, jd aku emang doyan banget sama bule sampe dwnld badoo buat dating cari pasangan bule. Terus ak nemu 1 yg menurutku pas gitu dia anak baik2 ngobrol nyambung, lucu, gak mesum dan aku stalking sih dia kayaknya emang type good boy gak neko2. Kita udah chatting sebulan ini, tp udah 4hr ini dia gak balas chat badoo aku kenapa yah kak? Padahal kemaren dia liat story ig aku, tp gak balas chatku. Kira2 dia ini sibuk beneran apa cuma jadiin aku temen chat kak padahal ak udah ngarep lebih pengen pepet terus dia kak pengen dapetin dia :( menurut kakak aku kudu chat lg apa gimana yah? Soalnya aku pantengin badoo dia udah gak online 4hr an sih kak, dan yes he is totally single :( thanks yah kak sarannya i really appreciate that if u dont mind to reply this one❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei.. nama depan aku bukan “Nina” sebetulnya ☺️

      ((Doyan bule)) Tu cowok orang mana ngomong2? Sebulanan ngobrolin apa aja?

      I think, you’re a bit TOO much & too HARD 😁😁 Nyari pasangan kan butuh waktu & jodoh2an. Kalo namanya ya gak jodoh, mau gimana.

      Beberapa asumsi aku kenapa selama 4 hari ini dia ghosting kamu:
      . Textingan sama cewek lain yang lebih interesting
      . Bosen karena cuma bisa textingan doang
      . Lagi males aja karena gak ada hal2 penting yg diomongin tiap hari

      Orang ngeliat story kamu itu bisa berarti:
      . Kepo doang (gak ada kerjaan)
      . Emang demennya cuma pengen update sama idup orang lain

      Eniwei..
      Please don’t be too desperate :) kalo satu ilang, ya cari yang lain dong. Hoho.

      Delete
    2. Hey kak thanks udah dibalas, aku mau jd bales lagi deh heheh. Owkay i thought ur name is Nina tho haha sowrry :)
      Dia bule inggris kak 23yo same as me, dan kerja sbg akuntan. Sebulanan ngobrolin kegiatan sehari2 aja cerita2 selama quarantine ngapain aja, cerita soal kerjaan. Gitu doang sih kak random. Krn kalo mau tanya yg aneh2 takutnya dia ilfeel dong masak baru kenal udah tanya tentang hal2 pribadi yah kan kak?? I mean yg lebih intense gituu
      Tp selama chat selalu ak yg cari topik, okelah dia balasnya ramah kak gak cuek, so for me its owkay, maybe dia cowok yg gak pinter cari topik pembicaraan kan??
      Nah tp terakhir kita chat bahas soal snack favorite lah, ak bilang km kalo datang ke indo ak bisa buatin snack yg enak loh, nah dia bales kalo dia suka healthy jd gak seberapa ngemil. Terus ak jd down dong ternyata reaksinya gitu aku balas aja "owkay i see" nah abis gitu dia bales lg kak "you'll have to be my snack instead" ak kaget dong pas bacanya, auto browsing maksudnya bilang gitu apa ternyata banyak maknanya. Menurut kakak dia bilang gitu krn emang mulai attracted atau just flirting?? Krn setelahnya ak balas "thanks i take it as a compliment" gitu kak mencoba gak salah faham apa yg dia maksud. Itu chat terakhir kita sih kak jd udah 5hr ini gak chattingan.

      Iyah kak, i admit im soo desperate to look for bule apalagi udah nemu 1 ini yg bikin nyaman, jd susah utk look around for others kak :"( thanks kak for responseπŸ™❤

      Delete
    3. Alright! Terus setelah kamu bales begitu dianya bales gimana? Ghosting tiba2? Kalo iya, berarti dia nganggep kamu gak kena flirtingannya. Mungkin pengennya dia, kamu juga bales flirting kali. Hoho..

      Delete
  35. Curhat dong min.. Dan minta sarannya Gw kenalan sama cewek prancis. Dia bilang sih seorang pediatrician (dokter anak) yang sedang tugas di Kabul, Afganistan selama 2 tahun. Sekarang adalah tahun terakhir
    Untuk membuktikan bahwa dia gak bohong, saya di kirimin foto2 yg kebanyakan sih sopan dan juga dia kirimin foto passport nya
    Pernah suatu kali dia mau memberikan sejumlah uang ke saya untuk tujuan amal di Indonesia, namun saya tolak karena saya tidak pernah nge lead acara amal
    Pertanyaan saya, apakah cewek ini benar2 ingin mengenal saya atau tidak
    Sebelumnya trm ksh buat saran dan masukannya. Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berapa kenal? Kenalnya dimana nih kalo boleh tau, online dating apa situs lain?
      Aku kan bukan dukun ya, jadinya gak tau sifat orang hanya dari baca beberapa kalimat kamu doang. Haha!

      Kalo mau kenalan ya kenalan aja sih. Kayak kamu kenalan sama cewek Indonesia deh gimana. Gak ada beda kok pada dasarnya. Tapi sejauh yang aku tau, kalo cewek Kaukasian suka sama yang bukan rasnya, pada dasarnya mereka mencoba untuk setia kok :)

      Delete
    2. Oh iya, saya kenal di aplikasi dating Twoo. Sbtlnya saya cuma nge like profile dia aja, dan beberapa hari kemudian dia juga like profile saya dan dia langsung memberikan no whatsappnya.
      Baru 4 hari kenal dia mau kasih saya sejumlah uang untuk tujuan charity anak2 Indonesia

      Delete
    3. Ya kalo dia mau charity, kasih aja nomor rekening donasi langsung. Biar dianya sendiri yang transfer kesana. Gak usah perantara kita, kalo emang kita gak kerja di badan amal.

      Pokoknya ati2 aja kalo berurusan sama uang sama orang yg baru dikenal via online. Takutnya itu uang mafia atau korupsi apa gimana, we reallynever know. Terus tiba2 ntar ada polisi ngelacak duit masuk ke rekening kita, kan berabe.

      Again.. siapa yang tau ~

      Delete
  36. Oh owkay sorry kak i thought ur name was Nina tho hahah, thanks for answered me first :)
    Jadi dia tuh British boy kak 23 yo just like me, udah kerja. Sebulanan ngobrol kegiatan sehari2 selama dirumah ajasih, random things juga tp bener2 asik nyambung diajak ngobrol even aku yg suka cari topik dulu kak tp dia selalu reply dg ramah jawabnya gak cuek gitu.
    Terakhir kita chat ak bahas snack fav dia apa kalo dia kesini ak bisa buatin yg enak nah dianya bales kalo dia gak seberapa suka ngemil krn like to be healthy, ak jd down dong krn balesannya gitu akhirny aku jawab aja "owkay i see" eh dia malah bales "you will have to be my snack instead" nah pas ak googling maknanya bisa in a good way or pervert one kan kak, menurut kakak gimana kira2 dg jawaban dia yg begitu itu beneran attracted or just flirting kak?? Thanks yah for ur advice again! πŸ™πŸ˜πŸ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, menurut aku ya.. gak usah terlalu jualan kata2 sama bule via online ;) Slow aja. Gak usah being too hard untuk memikat mereka. You don’t have to say you are going to cook this and that only for him. No no. He’s not that so special. Not yet.

      ...dan, ini konteksnya gak positif. Cowok ini mulai aneh2. Karena makna snack di sana, dia mau ngeseks sama kamu. He’s going “to eat” you, yang mana maknanya, menikmati badan kamu. Mana ada flirting modelnya langsung ke sana, menjijaykan! Haha ~

      Delete
  37. Hello ka Nin, aku mau sedikit cerita dan minta pendapat dari ka Nin dan teman-teman di sini. Jadi aku kenal bule dari badoo dia from Belgium sekitar seminggu lalu dan kita chat cukup intense. Aku sama dia beda 5 tahun, kita saling tukar cerita tentang kebudayaan di sana dan di sini. Tbh aku ganyari serius di Badoo karena aku review dari orang-orang banyak yang cuma having fun, mungkin ada ya bule serius tapi bagaikan jarum di tumpukan jerami.

    So singkat cerita aku fav bule ini karena aku liat bionya ya ga aneh aneh yaudah aku memberanikan diri, kalo emangnya nanti dia aneh aneh yaudah cut. Hari pertama aku ngerasa ‘wow friendly abis’ and then tiba tiba dia ceritain mantannya aku pun sebaliknya. Kebetulan yang kita alamin hampir mirip (semoganya dia gaboog sih) abis itu dia blg kalo misalnya kita jadi pasangan mungkin bisa be good, aku gamau langsung percaya dan cuma blg ya untuk skrg saya masih mau kenal kamu banyak. Hari hari berikutnya kita makin deket dan aku masih gabisa percaya sama dia. Akhirnya aku buat akun badoo di hp satu lagi pasang ava cewe cantik indo dan chat dia + sedikit teasing, aku kira dia bakal yuk yuk aja. Jawabannya “Sorry i found my partner here and i wanna be loyal” aku kaget dan gatau maksud partner dia siapa 😲. Aku tetep bujuk dia pake fake account itu tapi tanggapan dia “pls go away my girl has good personality” karena aku kasian akhirnya aku engga ngetest dia lagi. Di akun aku, dia ngirim ss nya dan blg ini cewe cuma mau main-main.

    Aku ngerasa hah dia ngasih tau aku? And tbh i have trust issue because my past kaa, jadi ya aku percaya sama dia tapi bener bener jika di skalain 1-10 mungkin baru 2.5 :( abis dari itu dia cerita tentang keluarga nunjukin ke aku dan aku nunjukin juga keluarga aku, aku ngasih foto mama aku dia bilang “say to your mom hii from me, she looks friendly” and dia bilang mau nemuin aku (ya gatau si). Abis itu baru kejadian kemaren aku emg posisinya lg haid mood lagi aneh ditambah dia beli rumah di daerah deket mantannya. Impact my past to me, so i have trust issue setiap ada cowo yg pernah/lagi deket sm aku, aku ngerasa aku sebagai perempuan not better from his ex dan tadi malem aku bilang ke dia, dia perbaikin aja hub sm mantannya (fyi : mereka 2 tahun) terus dia blg dia gamau dan ngerasa sedih aku ngomong cukup panjang. Egois nya aku, aku masih nyuruh-nyuruh dia untuk balikan dan dia bener bener nolak (ya gatau si aku teh skrg jadi susah percayaan kaa)

    So i explained to him i have trust issue, aku kira dia bakal ghosting dan ya aku juga udh pasrah aja. Salah satu jawaban dia yg buat aku tercengang “i wanna rebuild your trust” aku bener-bener ngerasa jahat bgt sampe dia jg blg “now i feel don’t like this chat”.

    Aku bener-bener bingung gimana, di satu sisi aku ngerasa susah percaya dan have much negative thinking, salah satunya ‘bisa aja loh dia jalan sm mantannya kayak si itu’. Dia blg ke aku mau clear semua masalah dia sm keluarga mantannya minggu depan, aku cuma liatin aja dia prove it or no but so far apapun yang dia omong ke aku, masih terbukti but one day who knows.

    Jadi aku minta saran dan tips dari ka Nin sama temen-temen di sini, aku let it flows aja atau udahin bener-bener bingung 🀦🏻‍♀️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw i hope to hear from ka Nin and people here yashh, thanks a lot guys πŸ€—πŸ™πŸ»

      Delete
    2. Heii.. thanks for sharing a long story! However I have bunch of comments for you!

      Alright..
      Jadi kamu bilang baru SEMINGGU kenal dong ya? Okay? If so, how on earth you’re being this anxious? πŸ˜… Maksudnya, yailah baru seminggu ini. Bayi seminggu lahir pun merahnya belom ilang, lho. Dalam seminggu udah sampe mana komunikasi? Texting doang apa video call-an?

      Katanya kamu bilang percaya dia, tp kalo diskalain, cuma 2.5. Itu mah artinya “tidak percaya” ;) Or..?

      First of all, textingan hari pertama udah bahas mantan?? Like, WHY???? Kamu tau, tipe2 orang yang gak bisa move on dari mantannya, salah satunya memang bahas mantan! Apalagi kata kamu dia yg tiba2 duluan bahas. Kayak gak ada topik lain aja. Udah kamu tanya mantannya orang mana? Jangan2 orang Asia pulak πŸ˜†πŸ˜† Sepengalaman aku ya, cowok Belgia yg mantannya orang Asia, susah lepas. Alias mau nyarinya orang Asia lagi dan lagi. Terus ada kemungkinan kalo cara dia nyari pacar2 berikutnya mencontek model mantan Asia dia itu. Contoh; mantannya dulu pinter masak. Nah ntar dia demen tuh sama cewek Asia yg pinter masak juga ;p

      “Mau clear-in semua masalah dia dan keluarga mantannya??” Kenapa lagi ini? Mereka sebelomnya udah punya anak bareng apa gimana? Udah nikah kah?

      Menurut ku, as a new person, you have NO right to be this hard to him :) He’s just a virtual person that you never really know when are you going to meet. Di belakang layar memang terlihat baik2 aja, textingan terus. But you never know his real story. Jadiiii... daripada terlalu emosional sama anak ini, perbaiki aja dulu mood kamu. Perbaiki gol kamu kenapa mau deket sama cowok ini. If I were you, I am going to start this with only in friendship limitation. Kenapa? Biar gak baperan ;p

      Delete
  38. Hi nin, mau tanya nih karakter cowok eropa tengah gimana ya ? Umur 23 an, bisa diajak serius ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mana aku tau πŸ˜‚πŸ˜‚
      Coba deh aku nanya balik, “karakter cowok Jawa tengah gimana? Umur 23-an, kira2 bisa diajak serius gak?”

      You cannot speak to a whole nation & a whole age! You have to give me a specific answer. Eropa Tengah tuh luuuuaaass.. πŸ˜… Cowok yang umur 23-an juga bemiliar2 di dunia ini.

      Hati orang siapa yang tau. Please be specific kalo ngasih pertanyaan πŸ˜›

      Delete
    2. Kak mau curhat,, takut alayπŸ˜‚

      Delete
  39. Hai kak.. aku juga nih mau curhat, aku juga lagi pacaran dgn cowo bule yg berasal dr canada,kami kenalan lewat aplikasi tandem, aplikasi buat belajar bhs gitu, nah dia belajar bhs indo dan aku belajar bhs inggris serta spanyol, dia bisa banyak bahasa termasuk indo cuma kdg masih sering salah, kami kenalan sdh 7 bulan dan pacaran sdh 3 bulan, dr awal ketemu sampe skrg kami chat nya mmg udah intens karena kami benar² belajar ttg bahasa, dan setelah kami pacaran chattingan kami jd makin intens, kami kdg melakukan Video call, call atau pun sering ngirim voice, kami sdh bercerita banyak hal ttg kehidupan kami berdua, bahkan dia pengen punya masa depan dgn aku, dia ada 2 tahun lagi sebelum kuliah nya selesai, tapi karena dia pengen lebih cepat selesai supaya bisa dtg ke Indo, dia ambil kelas khusus di musim summer, sebenarnya dia malas mau ngambil sih, tapi demi aku dia rela ambil kelas khusus itu. Ketika selesai kuliah dia mau ke Indo utk lanjut studinya dan ambil program BI, dan juga dia mau dtg utk lamar dan ketemu keluarga aku, jadi untuk skrg dia berharap aku bisa ttp bertahan utk tggu dia selama 2 tahun itu, aku juga sih sgt suka dgn dia, tapi aku punya sedikit keraguan dgn dia, apa dia beneran serius dgn aku atau tdk.. dia orangnya sgt sopan menurut aku, dan juga dia selalu suruh aku jd seperti diriku yg skrg, dia larang aku berubah, dia suka aku karena aku selalu bilang sesuatu yg sesuai dgn pikiran ku, klw aku gk suka aku akan lgsg blng gak suka, dia juga sgt suka dgn kucing, dia selalu kirimkan aku photo, video atau bahkam ketika Video call dia akan memperlihatkan kucing nya itu pada ku, padahal dr awal ketemu aku dah blng yg aku gak suka dgn hewan apapun, dia mmg kaget juga, karena dia blng aku cewe pertama yg dia temui tapi gk suka dgn hewan apapun, walaupun dia tau aku gak suka kucing, dia selalu berusaha membuat aku suka dgn kucing, dia berharap aku bisa jd lembut dan suka terhadap hewan terutama kucing,, sampe skrg dua juga masih berusaha melakukan itu, walau aku blng aku bosan melihat kucing, tapi dia ttp gk putus asa hehe.. kami lebih sering komunikasi pake bhs indo, karena indo dia lebih baik dr inggris aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kamu insecure banget buat tau dia serius apa gak? :D
      Masih ada 2 tahun lagi waktu penantian. Lagian dari semua rencana dia, keliatan kok kalo dia care sama hubungan kalian. Keliatan juga kalo dia mau berusaha deket sama kamu.

      Tapi yaaaa... udah gak usah ngomongin nikah2 dulu lah kalo belom pernah ketemu langsung. FYI, everything could happen in 2 years! Apalagi kalian hubungannya LDR gini. Bisa jadi ada yang bosan sendiri, males LDR-an lagi, atau malah si doi gak jadi sama sekali lanjut kuliah ke Indonesia.

      Saran aku, gak usah terlalu dikasih umpan. Kalo dia bilang mau serius nikahin, kamu harusnya jelasin sama dia kalo konsep pernikahan di Indonesia itu beda sama di Kanada. Even dia udah tau budaya kita pun, kamu tetap harus jelasin bahwa bisa aja dia tiba2 datang ke Indonesia, ketemu keluarga kamu, lalu langsung lamar. Masalahnya, kamu mikirin perasaan orang tua kamu gak?

      Harusnya kalo dia memang cowok baik2, dia tuh datang bukan buat ngelamar, tapi kenalan dan ngobrol lebih panjang sama kamu! Kenalan sama keluarga kamu, ngobrol sama orang tua kamu, dan liat apakah dia diterima dengan baik oleh keluarga kamu. Lah cowok Indonesia aja mesti dapet izin dulu dari orang tua kita buat nikah, ya masa bule langsung lolos aja.

      Good luck buat pelajaran bahasanya! Dua tahun ini saran aku makin dipoles deh pelajaran bahasa Inggris kamu. Nanti kalo beneran jadi nikah, kamu sulit sendiri kalo gak bisa ngobrol sama keluarganya :)

      Thanks for sharing!

      Delete
  40. hai nin aku mau sharing sedikit pengalaman ku dating sama bule
    1. aku pernah dating sama bule australia yang relationshipnya 4 tahun dan dia abbusive banget sama aku dia pernah seret aku di depan mall dan lempar aku pake sepatu sampe cekik aku karena saat itu hub kita lagi kacau bngt dan aku menghilang 2 minggu dari dia dan aku putusin dia setelah itu aku di kontak sama cewek yang ngaku pacarnya dan kita ketemu ternyata selama relation sama aku dia punya selir tapi dia ngak pernah abbusive sama cewek ini karena cewek ini having s*x sama dia karena menurut dia aku keras kepala karena itu 4 thn kita up/down trs bahkan pernah putus 1 tahun trs balikan lagi u/ terakhir dia janji tidak kasar dan dia lamar aku tp aku tolak karena aku merasa ada yang janggal sama dia

    2. setelah kejadian itu aku sempet pacaran sama bule perancis yang tinggal lama di indonesia berawal dari relasi kerja karena aku buat website u/ bisnis dia dan dia ngajak pacaran akhirnya kita jalanin tapi selama relationship ini aku merasa dia abbusive aku secara verbal seperti dia marahin aku waktu jemput dia jam 6 pagi dan aku telat 10 meni, dia cemburu bngt dengan temen2 kerja aku yang hampir semuanya laki-laki sampe dia marahin aku dan ngusir aku drai rumahnya sd ketika aku sakit dan harus menjalankan operasi dan dia meninggalkan ku 1 hari setelah aku operasi disitu aku merasa kecewa karena aku sadar ternyata aku terjebak sama sebuah kebohongan dan kata-kata manis sebuah commitment sd kita putus dia bilang dia ngak bisa commitment sama saya dan saya dihina dengan disamakan dengan wanita prostitut dan 1 kata lagi yang sangat menyakitkan sampai 1 tahun berlalu ketika dia bilang "it's not possible you healing from your sick" setalh kejadian itu saya sedikit difensif jika dia menanyakan kabar saya dan seperti ingin berbicara kembali dengan saya

    3. setelah kejadian itu saya mengalami trauma dengan laki-laki bahkan hampir tidak percaya laki-laki kembali dan saya menganggap lali-laki itu semua omong kosong, dan saya pergi ke psikolog u/ mengobati trauma saya yg sd saat ini jika teringat sy bisa nanggis dan depresi.

    4. setelah 1 tahun saya healing saya mulai bertemu dengan bule italy, iralandia tapi saat first meet saya merasa saya tidak tertarik dengan mereka seperti saya tidak memilki ketertarikan lagi dengan laki-laki, lalu saya bertemu org indonesia yang tingal di jerman dia baik dan asik anaknya dia masih muda usinya 23 tahun dia pernah kirimkan hadia jauh-jauh dari jerman dan kita belum pernah ketemu langsung tp saya merasa dia masih terlalu muda dan masa depan dia masih sangat panjang jd saya hanya menjadi teman saja dengan dia.

    4. lalu saya bertemu bule australia awalnya saya hanya tertarik u/ share terkait pekerjaan lalu dia bilang menyukai saya dan 3 bulan kita kenal dia kirimkan saya tiket pesawat PP JKT-MEL dan kirimkan saya uang u/ visa tapi h-7 saya membatalkan karena saya merasa sy belum siap u/ terikat dengan sebuah hubungan jujur saya takut masalalu saya terulang saya pun meminta maaf dan respond dia sangat baik dia hanya bilang "jika kita ada waktu saya berharap bisa bertemu kamu" dan setelah ini saya sudah jarang berkomunikasi dengan dia karena saya merasa buruk u/ dia.

    dr hal itu yang saya pikirkan hanyalah cinta yang sesungguhnya hanya dari keluarga dan sahabat saya yang setia menemani saya ketika dirumah sakit bahkan selama pengobatan saya , dan menurut saya pernikahan bukanlah goal dari sebuah kebahagiaan menurut saya ketika kita bisa setia dengan pasangan kita menerima dan menjadi sesorang yang humble dan mengigat bahawa hidup ini milik tuhan. setelah kejadian itu dan saya menikmati hidup saya dengan belajar mencintai diri saya hidup saya jauh lebih tenang dan bahagia dan itu semua sederhana

    hhehe maaf kalau ceritanya kepanjangan tapi ini semua base on my real story ... u/ sd saat ini mantan sy yang org france masih berusaha u/ bisa bertemu dengan saya dan meminta maaf tapi saya merasa terlalu takut diri saya u/ melihat seseorang yg menyakiti saya bahkan menggalkan scars pada diri saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for sharing a long love story! :)

      1. PROUD OF YOU AKHIRNYA BISA LEPAS DARI MACAN AUSTRALIA INI! Cowok abusive mah ada dimana2, di Indonesia juga banyak. Menurut ku cowok ini sifatnya manipulatif sih. Dia merasa paling dominan dan kamu hanyalah boneka yang bisa dia kasarin semau hati kalo gak nurutin sifat dia. Nope! This type of attitude would never be changed! Untung kamu gak nerima lamaran dia.

      2. Hmmm.. is there anything wrong with you? Kenapa pengalaman kedua juga sama? Apa maksudnya si Babi sampe ngomongin kamu "sick"? Iya paling bener emang gak usah percaya semua kata2 bule yang udah lama tinggal di Indonesia. Betul deh! Sifatnya arogan dan merasa paling ganteng sendiri. Dia merasa paling kece dan bisa ngedapet pengganti kamu dengan mudah. Please hold his words! Jangan mudah terayu kemasan kulit putihnya deh, apalagi lagi2 zonk begini.

      3. Jadi ini semuanya dialami kamu dan bule, atau sama orang Indonesia juga? Menurut ku, tidak semua laki2 sama. Masih banyak banget, bermiliar2 cowok baik di luar sana. Hanya aja, aku merasa kamu terjebak di lubang yg sama lagi mungkin karena tipenya kamu ala2 badboy gitu ya? Atau mungkin terlalu termanipulasi kulit putihnya, makanya kesemsem. Padahal bule di Indonesia banyak yang jelek (frontal abis ini!) xD

      4. Harusnya kalo dia memang cowok baik2, instead of ngirimin kamu tiket dan uang, dia sendiri yang harusnya datang ke Indonesia. Kenal juga belom lama, ketemu belom pernah, seram kali tiba2 dikirimin tiket dan uang. Bukan apa, takutnya malah sampe sana karena merasa udah ngebayarin kamu ini itu, si cowok merasa punya hak atas apapun dari diri kamu lagi. Pppffttt..

      Terima kasih sekali lagi sudah berbagi cerita. Menurut ku cerita kamu bagus sih, untuk membuka cewek2 lain yang terlalu desperate pengen banget dapet bule. Tidak semua bule itu baik. Intinya kembali lagi ke orangnya masing2 kalo soal sifat.

      Hope you're going better and better! Happy to know that you always have people behind to support your fall :)

      Delete
    2. Terima kasih untuk respondnya jujur u/ tipe2 bule aku lebih suka prnampilan yang biasa bahkan cenderung sederhana tapi mungkin ini jadi pelajaran buat aku, u/ cowok yang kirim aku tiket dan uang itu yang aku takutkan karena itu aku memutuskan u/ membatalkan semua H-7 keberabgkatan karena merasa ngak yakin dan jujur takut juga .... Terkait bule yang lama tinggal di indo aku ngak prefer mereka jauh lebih sombong dr pada bule yang baru kenal indonesia dan merasa brad pitt juga bule yang di indo ngak semua sih tapi beberapa hehehhe btw aku suka baca blog mu terkait scandinavia aku tertarik banget apalagi ini salah satu tujuan buat travelling kalau aku ada budget hehhehe

      Delete
    3. Hai hai..

      That's so true kalo kita gak bisa menggeneralisasi semua manusia di dunia ini. Tapi karena memang ada sifat2 yang terlalu condong, makanya kadang kita mikir semua orang begitu.

      Aku cuma penasaran kenapa kamu sampe terjebak di dua cowok abusive. Apa memang sifat aslinya begitu apa terpacu karena kesalahan kamu? Sampe ada yang ngomong kamu kayak perek. Why? Anyway, gak usah dijawab juga. Hati orang memang siapa tau. Dari depan kayak malaikat, di belakang lebih2 dari iblis.

      Bule di Indonesia memang tidak semuanya sombong, tapi kalo aku, pasti bahkan lebih aware kalo kenalan sama mereka. Kenapa, karena mereka tuh pada dasarnya udah tau, they're "better" in appearance. Ada kok cerita temen yang pacaran sama bule, ternyata si bule di belakang dia juga ngehamilin cewek lain. Ya karena itu, banyak yang suka bule di Indonesia. Hoho..

      Delete
  41. Hai kak, aku tertarik membaca artikel ini. Mau crita dong kk, bbrapa bulan lalu ada DM masuk yg ternyata dia bule USA. Dan singkat crita sejak bulan 3 kmrin kita jadi chatingan.

    Slama 3 bulan kenal, bbrapa kali dia meminta foto
    Tapi aku ga ngirim ke dia krna bagiku dia ttep orang asing wkwk
    Dan bbrpa kali dia chat, aku ga tanggepin sampai akhirnya kita chat lagi dan bbrpa hari lalu dia tuh tiba² nyatain prsaan ke aku.

    Btw, nih bule usia 29 tahun.

    Niatan awal ngerespon nih bule biar ngelatih english ku wkwk tpi lama² risih kk, krna dia bbrpa kali bilang i love you, i miss you 🀣

    Nih bule mnurut kk cuma ngabisin waktu kosong doang kan bt ngechat?

    Thank you kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh banget. Menyatakan perasaan tapi gak pernah ngeliat muka. Emangnya kamu sendiri udah pernah ngeliat mukanya doi?

      Kalian kenalan dimana emangnya? Online dating apa situs tempat belajar bahasa?

      Kalo kamu risih, bilang aja ke dia. Bilangin jadi cowok gak usah desperate lah! Kalo gak, ya tinggalin aja. I don’t trust people saying stupid things digitally kalo belom pernah ketemu/gak kenal begini :)

      Delete
    2. Kenal nya dari Instagram kak.
      Bahkan aku gatau tuh wajahnya. -___-

      Delete
    3. Aneh banget 🀣
      Instagram yang mana adalah platform untuk foto malah kalian gak pernah ngeliat muka satu sama lain.

      Udahlah, lupain aja. Banyak cowok2 Afrika yg nyamar jadi cowok kulit putih di internet. Ya kalo pun emang dia asli Amrik yang putih, gak usah diladenin banget. Cowok desperate gitu :b

      Delete
  42. Haiii thank you for sharing Blog nya bagus banget... aku mau cerita nih kakπŸ˜‚

    Aku deket sama temanku orang Belanda, dia tinggal di Winschoten.. kita kenal dari Skout Apps, move ig, sampe WA.. kita kenal udah sekitar 3 tahunan.. sering text,vc, dan suka nyuruh dia send video ngomong bahasa indoπŸ˜‚ aku nyaman banget sama dia kenal 3 tahun ini gaada aneh aneh, yang jadi kendala dari awal pertama kenal, dia jujur ke aku dia gaterlalu fasih bahasa inggris.. lagi lagi text dia bilang dia suka pake google translate, dan VC gabanyak ngomong dia wkwkwk. Tapi kalau aku yang berusaha ngomong bahasa nya dia seneng banget.. Dia juga semangatin aku untuk belajar bahasanya dan suatu saat kalau dia punya uang dia mau ke Indonesia dan aku juga bilang kalau aku ke Belanda aku akan sempatkan bertemu dia.. hehehehe..

    Makasih ya kak udah sharing tips dan infonya, memang kalau Jodoh we never know dimana aja bisa ketemu.. bener banget kata kakak jangan pernah baperan dulu kalau belum tau banget what is the purpose, etc.

    Best Regrads. Esther:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Esther,

      Thanks for sharing :)
      3 tahun temenan aja nih? Awet banget! πŸ˜€ Atau jangan2 malah kamu yang ternyata menyimpan rasa?

      Sebetulnya aneh banget orang Belanda gak bisa fasih English. Padahal English kayaknya udah jadi bahasa internasional. Tapi kalo aku jadi kamu, kayaknya gak bakalan seawet itu sih betemen. Mana ngomong gak nyambung πŸ˜… karena kebanyakan pake translator.

      Saran aku, dia jangan egoislah. Masa kamu doang yg belajar bahasanya dia. Harusnya kalo gak bisa English, dia juga usaha buat belajar bahasa Indonesia.

      Hoho ~

      Delete
    2. Hihihi.. thank you kak nin, udah bales reply comment aku.. The best banget kak, i think iya sih kak keknya dia little bit egois gamau berusaha juga belajar bahasa kuπŸ˜† tapi dengan berteman dengan dia aku ambil sisi positifnya less bahasa belanda gratissπŸ˜‚ kalau masalah ada rasa hiks:")pernah kak ditahun ke3 tapi yaudah lah dipendem aja kak.. hahahaha Kita cuma TEMEN WKWKWKK..
      Btw, Blog kakak selalu memotivasi aku kak.. and also all about being an au pair is my inspiration.. I have plan being an au pair next 4 years again:") bersyukur banget bisa banyak belajar ilmu dari sekarang.. hehehe

      Good Luck kak Nin, semangattt kuliah S2 nya ya kak.. Semoga sukses selalu.. God Bless kak..

      Best Regrads. Esther:)

      Delete
  43. bikin blog tentang cowo mexico dong heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah :p
      Lagian cowok Amerika Latin mah ampir2 mirip cowok Asia.

      Delete
  44. Kak, kalo misal kita deket sama bule terus dia suka vidcall gitu padahal aku itu orangnya kurang nyaman karena baru kenal. Nah itu cara ngasih pengertian ke dia nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya?
      OPEN COMMUNICATION!

      Jangan kamu yang ngasih pengertian, harusnya dia ngertiin kamu! Just straight to the point! Teks dia, bilang kalo kamu gak nyaman video call-an. Kalo dia video call, gak usah angkat. Tapi kasih teks setelahnya.

      Kalo dia marah hanya gara2 hal ini, tinggalin aja!! He’s so selfish!

      Delete
  45. Hai Kak, anw kalau kita share no wa ke temen chat bule yg ketemu di app gt safety kah?
    Beberapa pengalaman aku ttg kenalan dengan cowo bule mereka sangat susah buat diajakin temenan aja. Bahkan chat2 awal juga ada yg udah explicit mau sex online aja.

    Gara2 ini aku sih biasanya suka mute kalau ada cowo yg minta no wa. Padahal niatnya mau banyakin teman dan belajar budaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kamu dulu nyarinya dimana. Kalo mau cari temen doang, jangan di situs online dating. Harusnya bener2 nyari di situs buat belajar bahasa/hobi begitulah. Itu pun jangan terpaku sama cowok, sama cewek juga.

      Soal nomor WA, tergantung kamunya gimana. Kalo gak nyaman, ya jangan kasih nomor WA. Kasih aja akun FB apa IG. Jadinya pas udah gak cocok, blok aja langsung.

      Delete
  46. hello sis, aku mau tanya dong sis kalau karakter cowok India itu gimana sih?
    jadi aku kenal seseorang dari aplikasi, dia orang india tapi kerja dan tinggal di Australia hampir 6 tahun. awalnya kita memang chating di aplikasi tersebut terus akhirnya dia minta pindah ke aplikasi lain dan aku kasih instagram aku. terus kita mulai chatting disana, kirim video/insta stories, dan vn. dia tuh rajin banget setiap pagi chat/vn aku untuk bilang "good morning" atau "selamat pagi", kadang dia kirimin foto dia juga atau masakan apa yg lg dia masak. terus beberapa waktu lalu aku gak chat dia karena aku memang lg sibuk, terus dia chat aku dan pas aku jelasin aku kemana dia bilang kangen sama aku. kadang dia juga minta kirimin vn aku nyanyi, aku sih selalu ingetin hati sama otak biar sinkron kalau dia cuma sekedar nyaman sebagai temen. tapi kadang ada hal yang buat aku luluh, ya maklum perempuan ya sis hahaha tp aku sok stay cool aja nanggepinnya. kepo deh sis kalau orang India tuh karakternya gimana? dan apa yang aku lakuin udah bener belum sih sis? hahaha thank you sisturrrr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..

      Gak usah pusing2 gimana karakternya. Karena pada dasarnya cowok dari Asia tuh sama aja; easy to talk, gak terlalu straight to the point, ya pokoknya kalo dari cerita kamu sih emang pendekatannya model2 cowok Indonesia :D

      So far sih aku selalu punya pengalaman gak asik sama cowok India. Karena menurut ku mereka terlalu agresif kalo kenal via online dating. Banyak omong, sok asik, dan ya tipikal2 cowok Asia lah; kadang ngomongnya ketinggian.

      Kalo kamu nyaman, ya jalanin aja layaknya lagi ngobrol sama cowok Indonesia. Pada dasarnya sama aja kok.

      Delete
  47. Hi kak aku baru liat blog kaka, sarannya lumayan membantu, aku mau cerita kak, aku dapat kenalan bule dari chile. Awal mula sih dari fb, berteman udah 7 tahun tapi komunikasinya sempat lost kontak selama 5 tahun,. Baru baru ini dia ngechat nanyak kabar karena corona. Dari situ kita balik chatingan lagi. Dulu sih karna masih sekolah dia nganggepnya aku anak kecil, jadi chatnya ya gimana dia ngomong sama bocahlah kak. Nah.. Sekarang 7 tahun berlalu hal yang wajar kita ada perubahan ya kak, jadi dia sekarang nganggep aku sebagai wanita dewasa. dia bahkan nanyak gimana kehidupanku selama 7 tahun, udah nikah apa belum, aku lanjut kuliah. wajar sih ya karna udah lama ga komunikasi nanyaknya gitu. trus selama chatingan dia lebih kearah perhatian sih kak. awalnya biasa aja, makin kesini ngerasa udah kayak orang pacaran pdhl sbnarnya enggak, tp dia manggil sayang trus nanyak aktivis seharian gimana, kerjaan gimana, seharian itu kita pasti ada kabar kabaran kak karna beda jam jadi chatnya di jam tertntu aja. tp rutin tiap hari.. Dia jg sering minta foto aku, habis itu dia balas ngirim foto dia juga, kalo vc sih jarang, lebih ke chat kak, soalnya aku kurang bisa gitu buat ngomong inggris. jujur sih jadi baper sama dia kak, soalnya dia pinter ngegombal gitu. trus kadang dia sengaja pake google translate buat ngomong pake bhasa indo karna gramerku kurang kak. dia bilang yng pnting aku nyaman komunikasi sama dia. Menurut kaka dia ada respect ga ya kak. Trus karakter cowo amerika latin itu gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Amerika Latin itu mirip2 cowok Asia; pokoknya budayanya masih kolektif (family first), terus ap2 masih butuh persetujuan orang tua, dan masih ada budaya patriarki juga di sana. Bedanya mungkin mereka rada2 mirip cowok Eropa Selatan yang rada agresif, terbuka banget, emang pada dasarnya gampang ngegombal buat dapet perhatian cewek.

      Aku ada beberapa temen cowok Amerika Latin dan rata2 mereka tuh sebetulnya asik banget diajak temenan. Suka juga bilang “Bonita”, pokoknya bener2 jujur aja apa yg ada di benak mereka. Kalo kita cantik, ya dibilang cantik. Kalo kita baik, ya dibilang baik.

      Seperti kata kamu, udah 5th ngilang, artinya bukan 7th kenal dong? Tapi baru 2th. Dia ngeliat kamu berubah kali sekarang; lebih dewasa, cantik, modis, dll. Makanya dipepet terus :p

      Delete
  48. Hi Nin.. Suka deh baca commentsnya.. Ngalir gitu aja.. Emang bener ya kalau hub dgn bule ntah darimana asalnya, kitanya hrs yakin n paham betul. Selalu intuisi yg dikedepankan..

    Sy jg saat ini sedang dekat dgn Albanian tp sdh citizen US, tepatnya di NYC. Tiap hari texting dan vcall. Walau beda waktu 11jam, tapi kita sudah paham kapan jam tidur, makan, kerja, even workout sekalipun.
    Vcall kadang di apartement, restonya dia, lg nyetir, lg biking di pantai, anywhere and anytime gak masalah. Orangnya jg sangat romantis, gak jorok, gak minta yg aneh2, nice and cool. Bbrp kali tlp gak diangkat, tp gak lama dia akan tlp balik. Selalu begitu.. Beberapa kali sy minta teman sy yg di Belanda utk coba chat dia, tp jwbnya standard, ttp sopan. Dan hanya sekali jawab. Sudah..

    Sy kenal dia Des th lalu, dari salah satu dating site. Jadi baru 5bulan menjalin komunikasi. Komunikasi lancar2 aja, gak pernah yg tiba2 dia menghilang.. Kalau toh chat blm sempat dibaca, krn dia sibuk. Udah berasa free, pasti balas. Dia serius dan hampir dtng ke Ind awal April bulan kemarin, tp krn pandemi corona jadi reschedulle ntah sampai kapan. Dia pastikan, airport buka langsung beli tiket. Yaa semoga yaa..

    Komunikasi sdh sangat intens, sudah saling cerita ttg keluarga masing2, hobby, habits, sampai masakan kesukaan yg sama2 suka healthy food. Suka saling ingatkan utk be aware dgn covid-19, dan saling support utk WFH dan workout di rumah.

    Rencana dia akan dtng ke Ind, dan spend waktu bbrp hari disini, nikah agama dulu, trus ajak sy ke North Macedonia (keluarga besarnya banyak disana) dan dia ada rumah juga disana.. Sampai rencana dia mau ajak jalan ke Turkey jg (jarak Macedonia ke Turkey kurleb 8jam jalan darat).
    Setelah itu urus semua document. Dan setelah nikah nanti, dia mau sy pindah ke NYC dan sy bisa bantu usaha dia disana (dia punya 3resto dan gedung di Jerman yg disewakan utk perkantoran dan bisnis saham lainnya).

    Sy juga diminta dia utk prepare visa. Tp krn embassy tutup, jd paling nanti yaa setelah kantor buka.

    Sy belum kenalkan dia ke keluarga, sy pikir nanti aja setelah dia sdh betul2 nyampe Jkt, baru deh sy akan sampaikan ke keluarga.. Walaupun sy berharap itu nyata, tp ttp aja sy hrs selipkan rasa ketidakpercayaan itu sepersekian persen, utk jaga2 aja supaya gak kecewa kalau yg terjadi diluar my expectasion..

    Sy orangnya mandiri, terbiasa handle masalah sendiri. Sy periang tp gak bisa share masalah pribadi sy ke orang2. Termasuk kondisi corona saat ini.. Bisnis sy nyaris gak jalan (sy bergerak di bidang kontruksi), semua project dihentikan dan pembayaran pun tersendat. Ya memang resiko semua yaa.. Bukan sy aja yg mengalami.

    Yg ingin sy tanyakan, kalau bule anti ya bicara ttg uang, atau dia gak peka gt? Atau dia ngerasa sy bisa handle disini? Suka sih dia tanya gmn bisnis kamu, sy cerita apa adanya. Tapi dia gada reaksi apapun..
    Sy khawatir aja nanti kalau sy jadi nikah dgn dia, dia pelit.. Walaupun sy gak punya alasan menuduh dia pelit kan? Hehe..

    Thanks for ur advice darling!.. 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Thanks for sharing :) It was really nice reading your story sampe aku kebaca soal dia yg langsung mau nikahin kamu pas sampe Indonesia nanti. Like, seriously??

      He sounds too good to be true. Sepertinya juga udah mapan & penghasilan di atas rata2, kalo yang kamu ceritakan.

      Tapi.. yakin udah bener2 langsung nikah pas ketemuan? Gimana kalo ni cowok ternyata bohong? Gimana kalo ni cowok pelit, seperti yang kamu bilang? Gimana kalo ternyata pas nikah baru ketahuan sifat aslinya yang ternyata kamu gak suka? Ya kalo memang ketemu, terus langsung nikah, ya terserah kamu sih.

      Tapi kalo aku, gak akan percaya gitu aja sama bule yg baru aku temuin di internet lalu setibanya pertama kali datang ke Indonesia, langsung nikah. Menurut ku, pernikahan bukan cuma soal kamu ngeliat packagingnya bule + udah mapan aja. Gimana kalo ternyata dia bohong? Ternyata di Amrik cuma jadi koki doang? You never know :) terus menurut ku juga gak adil sama orang tua kalo gak pernah kamu kenalin, terus pas dilamar, ortu kamu disuruh mau aja gitu nerima dia? Soal bahasa gimana? Emang kamu yakin ortu kamu 100% setuju sama cowok ini?

      He sounds too good, menurut ku. Tapi rada heran, kalo emang sekaya itu, kenapa mesti nyari cewek jauh banget sampe pake online dating? Kenapa gak nyari cewek dari Macedonia aja yang kultur & bahasanya sama, terus gak repot2 urus visa dll? Karena cowok2 dari Balkan nih pada dasarnya mirip sama cowok Asia; kaya raya, kebanyakan lebih prefer cewek dari negaranya langsung. There are A LOT to be asked!

      Kalo dia emang bener punya banyak perusahaan di sana dan di sini, financially stable alias kaya raya, harusnya kamu tantang dong! :) Setidaknya datang ke Indonesia 3-4 kali dulu sebelom kamu bener2 yakin mau lanjut hubungan serius sama ni cowok. Di masa2 itu ya kamu bisa kenalan sama dia face-to-face. Ngobrol sama ortu kamu. Kenalan sama keluarga kamu. Gak bisa sekali datang langsung maen nikahin anak orang doang. Pelit amat :p

      Lalu juga, yang mau bayar soal visa ke Macedonia siapa? Tiket gimana? Jalan2 cuma ke Turki doang? Gak sekalian travelling ke Eropa? Mentang2 Turki bebas visa buat pemegang paspor Indonesia :b

      If I were you..
      I am not gonna trust him a 100%! ;)

      Good luck!

      Delete
  49. Hi Nin, baru hr ini baca komen" yg ada disini, kebetulan sekali sdg kenalan sama bule Amrik um ur sdh matang 50 keatas (msh d bawah 60 sih). Usia sy dibawah dia tp sdh diatas 40. Baru Kali ini mencoba jalin relationship melalui apps date. Krn dia text minta no wa sy pikir why not. Interaksi kami ga lama 4 hr texting dgn pertanyaan awal perkenalan kemudian k yg pribadi dr dirinya ke sy dsblknya. Dan pd akhirnya dia ghosting. Sy coba nanya sekaligus jg menunjukkan k worry an sy bila" dia kena covid-19 secara d negaranya korban yg plg bnyk sedunia. Sekaligus jg say sorry for kalau" Ghostingan dia disebabkan olh statement terakhir sy yg menyatakan pria bgmm yg sy inginkan dlm berumah tangga kelak ( stupid me, too the point, and too early). Chat sy dibaca beberapa kemudian. Just read, finally. No reply. Tp satu hal yg dia lakukan yg sblum"nya tdk dia lakukan, yaitu membuka status online wa nya n menunjukkan status message sy yg biasanya"nya grey jd blue spti pd umumnya bl sdh dbaca. Bingung serta bingung kenapa ghosting. Hanya bs introspeksi dan menduga" dlm hati. Meskipun jwbn yg sejatinya tdk pernah diberikan. Kemudian pas tgl ultahnya sy kasih ucapan selamat yg lagi" No reply at all, meskipun dlm hati sbnarnya sdh yakin ga kan di respon meskipun hanya say thank you. Ttp ga ngerti kenapa. Akhirnya hr ini sy baca blog kamu. Baru sy paham. Kemudian sy unblock nmrnya krn sy ga sdg cari pen pall. Knp bule? Ga da k khususan, kbtulan dia yg text message d apps date berbayar. Yg Indo? Kagak, ups 😁. Akhirnya sy buka situs date dmn sy pernah berkenalan dgn nya. Disitu sy lihat dia sempat online. OmG. I blame myself. How can I so naive like this? Great lesson for me, really. Keinginannya utk dtg k Indonesia utk merayakan my birthday (dia sempat menanyakan tgl lahir sy) yg blm depan sy anggap sekrg hanya kue coklat, manis bgt. Well, thanks bgt kalau kamu mau kasih pandangan buat sy. I keep blaming myself. This totally my bad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak :)

      I don't know what happened behind, tapi menurut ku, caranya ghosting setelah 4 hari textingan rada kekanakkan sih. Mengingat juga umur beliau yang udah di atas 50 tahun. But yeah, he could do that without giving you any reasons. Cuma kalo dari cerita mbaknya, aku cuma berasumsi kalo doi bisa kayak gitu ya bisa jadi karena ilfil dengan obrolan terakhir, atau bisa jadi juga tiba-tiba nemu yang lebih baik dan menarik dari mbaknya, atau juga karena mulai bosen sendiri maen online dating.

      Tapi karena mungkin masih aktif di online dating tersebut (setelah mbak cek), bisa dipastikan doi emang masih nyari2 yang lain. Don't trust people easily lah, Mbak, apalagi cowok Amerika. Perhaps I just try to generalize them, tapi menurut ku, cowok Amerika nih rada demanding kalo kenal via online dating. Sedikit yang bener dan serius, tapi kebanyakan sok powerful dan paling ganteng karena merasa punya uang (kursnya lebih gede) dan bisa menggaet cewek Asia dengan mudah.

      So, please be careful and I don't think you should blame yourself just because falling to these scenes! Thanks for sharing! :)

      Delete
  50. Hi kak Nin😊, mau nanya nih

    Sifat cowok India biasanya itu gimanasih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yang aku tau, mereka tuh generally ada 2 tipe. Satu, yang kamu temuin lewat online. Dua, yang kamu temuin face-to-face. To be perfectly honest, menurut ku, cowok baik-baik dan berpendidikan tinggi yang serius biasanya gak main online dating. Mereka lebih condong fokus sama karir atau pendidikan dan let their parents arrange the marriage instead.

      Sementara kalo ketemu via online dating, kebanyakan dari mereka tuh creepy, agresif, dan lonely doang. I never trust Indian men on online dating dan gak tertarik juga untuk kenal mereka lebih jauh :) So kalo kamu memang ketemu online, please be aware jangan terlalu dikasih muka. Soalnya sifat mereka tuh pada dasarnya mirip cowok2 Asia lainnya, jadi kamu tetep jadi diri sendiri aja.

      Delete
  51. Halo mb, jdi pngen sharing jg stlah bca2 komen. Ak lg pcran sm cow hungary tp tggl d serbia. Udh setahun lebih, awal knal dr omegle. G nyangka klo trnyta msh ad bule waras d omegle. Prtma kali chat d omegle dy g ad omgn yg mnjurus k arh sex sm sekli, kta ngbrol lma 2 jam an, untung g disconnect, trs kta tukern skype. Lnjut ngbrol intens d skype hmpir stiap hri. Awalny ak g ad rsa sm dy, cm bt tmen ngbrol aj, ak pkir ap sih yg bsa d hrepin dr hubngan online. Kta ngbrol selama sbulan bru ak ksh tau namaku yg sbnrny krna ak ngrasa g enk dn dy udh ju2r sm ak (awl knalan ak ksh nama smaran, klo ak g ju2r sndri jg kykny dy g tau). Ak ju2r k dy jg stlah ak ngcek klo dy bner2 ad, ak cek dy pnya fb dn ig. Stlah itu kta mulai intens vc, 4 bulan kmdian dy nemuin ak. Total sthun dy udh bolak balik 3x bt ktmuan. Januari kmrn ak yg ksna bt ktmu keluarga dn tmen2ny. Tiket dll dy yg biayain semuany. Slma pcaran dy g prnah ngilang g ad kbr, sblm ktmu jg dy g prnah ngilang. Ak pcran sm dy jg stlah ktmu lgsg, dr awl mmg ak g mau pcran dlu sblm ktmu wlopn sbnrny udh baper, entah mgkin ak yg trlalu insecure. Dy jg udh nglmar ak, ngmg k ortuku lgsg jg. Doakn smga kmi bsa sgra k jnjang lbh lnjut y mb. Hehe
    Oy, dr awl ak jg udh ngmg k cowku no sex before married, dy stju dn ternyata dy bner2 jga omongan dn komitmen dr awl, dy sm sekli g prnah cri2 ksempatn.
    Ak blm prnah pcrn dg bule sblmny, jd cm sm cow ku skrg ini. Kykny klo mmg dy serius entah it dr asia, eropa, amerika maupn bnua lain mereka akn bner2 mau brkorban dn brjuang brsama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there..
      Makasih ya udah sharing :)

      First of all, aku cuma mau ngucapin, selamat ya buat kalian berdua! Lucky you!
      Dari pas awal kamu cerita soal Omegle itu, aku udah ngeh kalo cowok ini dari awal emang udah serius. Kenapa, karena nyari cowok asik dan super serius buat lanjut ke platform lain itu, SUSAH!!

      Dari 4 bulan kenal, lalu dia nemuin kamu itu sebetulnya udah jadi bold sign kalo cowok ini memang bener2 serius ketemu dan menjalinkan hubungan sama kamu :) Dia punya usaha! What a gentleman, tipikal cowok Eropa Timur banget sih.

      Sukses ya buat hubungan kalian berdua :) Semoga semuanya bisa lanjut ke jenjang yang lebih serius! Awet terus ;>

      Delete
  52. Hei ka aku suka sekali sama sharingnya
    Saat ini aku sdg berkomunikasi deng pria moroko sudah hampir 2 bulan. Boleh gak ya ka kasih info ttg lelaki moroko tuh seperti apa? So far kami berjalan baik untuk komunikasi dan vidcall berjalan dengan baik, sejauh ini tidak ada masalah. Cuman ingin tau ajah mgkn kaka bisa info ttg lelaki moroko, apakah sama dgn lelaki arab pada umumnya?. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama! 😁😁😁
      Sama bingiiiit. Mulai dari emosinya, cara berpakaiannya, menu makanannya (kebanyakan makan lamb). Bedanya cuma.. orang Maroko bisa bahasa Arab & Prancis, orang asli Arab cuma bisa bahasa Arab doang.

      Delete
  53. Hai kak, seneng banget baca konten Kaka. Aku jadi pengen curhat nih. Jadi aku punya pacar orang Norwegia. Dia kerja chef. Aku 20 dia 25. Awal kenal ga sengaja. Aku cuma cari temen doang. Tapi bukan di dating apps. Kita ketemu di kik. Aku pernah beberapa kali pacaran sama org luar. Kayak dari jaman SMA. Dari yg awalnya bosen banget, sampai bener2 ngebet pengen serius. Nah, sebelum kenal dia, aku udh beberapa kali pacaran Ama orang indo juga. Tapi dapetnya fakboy mulu. Emang bule ku ga sebegitu cakep kayak mantan2ku. Tapi lama2 aku luluh. Dia sepertinya tulus banget sama aku. Kita texting all day. Vcall hampir tiap hari atau minimal seminggu 3 kali. Mantanya orang Thailand juga tapi tinggal di Norway. Katanya dia diselingkuhin. Selama kita pacaran gapernah dia marah ke aku. Dan yang aku sedih kita beda keyakinan. Sampe aku takut cerita ke ortu. Tapi dia bilang dia mau pindah agama demi aku. Speechless aku. Aku tau dia, keluarga nya sampe temen2nya. Gatau kenapa aku merasa yakin sama dia. Soalnya aku selalu dapet fakboy, dan dia bener2 nge treat aku layaknya princess. Gapernah ghosting, ga pernah marah. Dia juga terang2an soal gajinya selama jadi chef di norway. And ane dia headchef di Asian restaurant gitu. Dan denger gajinya, aku speechless. Wkkwk. Aku gapernah minta apa2 sama dia, tapi dia sering banget tiba2 kirim uang. Awal dia nembak aku ga yakin mau Nerima dia. Tapi gara2 waktu itu aku ada problem soal uangku yang dipinjem sama temenku dan ga balik2 dia inisiatif banget bantu aku, dan dengan nominal lebih lewat Paypal. Habis itu karena dia bener2 baik akhirnya aku terima dia. Dan syukurnya kita udh berjalan 1 tahun. Dan komunikasi selalu baik. Dan sekarang dia lagi ngumpulin uang buat ke Indo ketemu aku. Tahun depan rencananya. Doain ya kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei hei..
      Thank you ya udah sharing. Kebetulan banget aku lagi di Norwegia nih, I can relate sama curhatan kamu ;)

      To be noticed untuk kamu:
      1. How could you compare this Norwegian guy to your ex Indonesian fuckboys?! Gak fair sih menurut ku. Even si Norwegia ini gak ganteng2 amat, tapi kayaknya gak proper aja kamu ngebandingin kegantengan dia sama mantan2 mu yang sebetulnya kamu sesalin itu.

      2.Hmm.. Mantannya orang Thailand, berarti sesama Asia. Tanya deh, tu cewek au pair bukan? Haha. Tipikal cowok2 Norwegia yang pacaran sama cewek Asia, emang biasanya mereka yang diputusin karena terlalu baik, tapi gak punya kerjaan "bagus".

      3. Please don't be speechless soal gaji ;) Ntar malah kamunya mikir doi orang kaya pulak.

      4. Soal dia kirim uang, menurut ku ada hubungannya sama dia yang pernah pacaran sama orang Asia. Terus related juga sama kerjaan dia bidang kuliner Asia. Jadi masalah budaya kirim/pinjamin uang tuh biasa aja buat doi. Padahal kalo cowok Norwegia asli, gak sesensitif itu sih tiba2 langsung ngirim uang setelah kita cerita doang. Kecuali cowok ini emang bener2 rasa kepeduliannya tinggi sama siapa pun.

      Eniwei, good luck ya kalian berdua! Semoga tahun depan bener2 bisa ketemuan ;)

      Delete
  54. Hai kak. Makasih banyak buat bales aku
    Aku bandingin soalnya emang ga pernah dapet yang baik. Mau itu indo atau bule.
    Iya mantannya au pair tapi Gaada kerjaan katanya. Jadi bergantung sama pacar ku ini. Mungkin karena si ex nya ini punya gaya hidup tinggi, dan pacarku ga bisa menuhin akhirnya di selingkuhan Ama yang lebih kaya. But, setau ku kesenjangan sosial di norway itu kecil banget. Semakin besar gaji semakin besar pajaknya. I don't think my bf Kaya. But his parents does. Karena dia anak pedesaan. Karena disono apa2 mahal banget jadi aku pikir dengan gaji segitu wajar. Bener banget dia terlalu baik. Related banget sama mantannya. Soalnya mantannya dulu bergantung banget sama dia. Sementara kata kakak, mereka itu menjunjung tinggi kesetaraan gender. Give and take. But selama dia kirim uang aku ga pernah minta. Hehe :)
    Thank you kak doanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi again :)

      Hmmm.. au pair itu sebetulnya kerjaan, lho :) Au pair juga dapat uang tiap bulan. Tapi aku paham soal cewek Thai itu. Emang ada beberapa cewek Asia yang nyari bule di sini cuma sekedar dari kantong doang. Kenapa, soalnya mereka mau nikahin ni cowok bukan untuk mereka sendiri. Tapi juga untuk keluarganya. Belum lagi kalo tu cewek punya gengsi yang tinggi buat punya tas LV. Udah dah.. kelar 😁

      Iya. Kenapa aku berusaha menjelaskan fakta bahwa dia bukanlah cowok kaya, karena takut aja kamu berpikir ni cowok wow banget, tapi sebetulnya biasa aja kok :) But again, he’s financially stable, at least.

      Karena kamu kenal dia lewat online dating :) Kamu belum terlalu tau kultur asli di sini gimana. Lagian, dia juga udah pernah pacaran sama cewek Asia yg mungkin apa2 ngomongin duit. Kalo kamu ketemu cowok langsung di negaranya, pola pikir mereka biasanya ngikut mentality di sini :) That’s why lebih kena “kesetaraan gendernya”.

      Delete
    2. Hihi bener banget kak. My bf sendiri udh pernah ke Thai buat ketemu keluarga mantannya. Dan notabennya emang kurang dalam finansial. Cuma mungkin karena lingkungan dia kebanyakan orang Asia, jadi pola pikir dia agak beda. Even though kakaknya prefer punya baby dulu baru nikah,dia tetep berniat serius ke aku. Semoga aja beneran. Tapi emang bener ya kak, kalo kita menikah sama orang Norway, kita bisa kerja disono karena suami kita orang sono?
      Dia bilang sih, dia termasuk yang average disono. Jadi aku udah terbiasa. Orang barbershop aja sejuta. Wkwkkw. Disono gaji 10jt ga bisa hidup kali ya.

      Delete
  55. Hi Nin..
    aku sampe disini dengan niatan nolong temen yang lagi ke"tipu" sama cowo morocco yang kenal di dating apps,berusaha googling gimana jln keluarnya.jadi dia tuh sex on cam sama tu cowo dan ternyata di screen record,nah skrg tu cowo minta kirim uang donk,ancamannya tu video bakal di sebar,pas diceritain aja aku uda pucet duluan,doain ya nemu jalan keluarnya..
    btw aku gelin (cewe indo yang nikah sama pria turki) suda nikah 1 tahun dan sedang hamil 3 bulan saat ini,alhamdulillah 😊
    krna aku baca²komenan diatas aku mau share sedikit si ttg pengalaman awal kenal suami,dia gak pernah ngajak atau janjiin ttg pernikahan,cuma tanya di awal sudah punya pacarkah? dan aku jawab aku gak cari pacar tapi cari suami,selang 3 bulan dari itu dia dateng ke indo sma kakak laki²nya untuk lamar,jadi seperti mimpi,dalam hitungan bulan kita udah upgrade status dari "kenalan" ke suami istri.
    btw skrg kita tinggal di banten krna suami kerja di sebuah pabrik besar di sini sebagai engineer.
    jadi saran aku untuk cewe² yg diatas curhat ttg turki,aku cuma mau bilang kalo mereka serius mereka gak umbar rencana² masa depan tapi membuktikan dengan tindakan,so jangan gampang kegoda sama bujuk rayu yaa kalian² semua.
    btw bakal jadi fans kamu berikutnya nih akunya heheheh,love you Nin,salam kenal πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tika,

      Kalian mau nyari jalan keluar via Google? Kira2 apa yang bisa Google bantu?

      Aku tak tau apakah temen kamu udah kenal lama sama tu cowok. Maksudnya apa tu cowok udah kenal banyak temen/sodara temen mu? Kalo gak ada sama sekali, daripada ngasih uang sia2 doang, mending blok aja tu cowok.

      Just in case emang beneran tu video keluar di internet, baru deh nyewa orang buat ngehack tu video. Dulu temen ku (bukan orang Indo) sempet digituin cowok juga. Tu video udah keluar, tapi jadinya si temen nyewa orang buat ngehack/ngapus tu video si situs tsb. Berhasil :)

      Selamat ya!! :)
      Semoga calon bebi & ibunya sehat2 selalu.
      Tapi sebetulnya ada yg mau aku garis bawahi masalah jodoh. Karena pada dasarnya jodoh tiap orang gak akan punya cerita yang 100% mirip. Mungkin di satu sisi, ada yang gak lucky sama cowok Turki, mungkin juga ada yg kayak kamu; baru 3 bulan kenal, datang2 langsung ngelamar :) bedanya mungkin suami kamu stay longer di Indonesia, jadinya masih ada kesempatan untuk kenal lebih jauh keluarga mu.

      Tapi kalo aku boleh menggeneralisasi, kenalan sama cowok non-Indonesia via dating site/app itu kayak judi. Ada yang berhasil, ada yang gak. Ada yang serius, ada yang maen2. Ada yang kita kira cowok baik2, tp ternyata pas tau aslinya cowok brengsek. I think before you are ready to turn the status, it’s better to know him longer than what you expect :)

      Makasih ya udah mampir! Salam kenal juga ;)

      Delete
  56. Hi Kak Nin.I'm so excited read your blog.Di sini sy mo share about my story.Di bln Sept thn lalu sy brkenalan dgn pria italia via skout brlnjut ke Wa.Usia 40thn,single,never merit,no kids.Dia kerja di Aussie(2 bln lg visanya brakhir),pagi dia ambil kursus bhsa english dan di sore hr ampe tgh mlm dia pergi kerja di restoran.Dan dia di sana krg lbh sudah 1thn4bln.Awalnya kita hnya chat biasa dan sy sdkit cuek sama dia krn sy lg feel tired chit chat ama bule2 yg rata2 otak mesum yg sy jumpai di dating app(intinya sy mo rehat sjnak).Tp dia intent hubungi sy via Wa,Vc,call me.(pd fase awal sy gak prnh chat dia duluan,dia yg slalu kontak sy duluan,sling brkirim foto,video aktivitas dll.Btw dia jg tdk fasih bhasa inggris,sama kyk sy😁.Dan kdg kita use google translate.Yg membedakan dia sama bule lain krn dia sopan,dan tidak prnh sama skali omong vulgar ke sy,no smooking,tdk doyan pergi2 clubbing jg.Dia humoris & penyabar jg.Intinya dia baik.Singkat kata kmi jd dekat dan dia bercerita ttg kluarganya di Italy,bhkn dia mngirimkn kpda saya byk foto2 msa kcil nya,foto kluarganya,foto rmh nya di italy,crita ttg mntannya jg(dia prnh pcran slma krg lbh 14thn tetapi cwenya ninggalin dia dgn pria lain,dan dia ptah hati ,lalu dr saat itu dia tdk prnh mncri wanita lg).Dan pd akhirnya dia ktemu sy di skout.Dia prnh menawarkn tiket kpd sy utk sy dtg ke aussie but sy blg tdk bisa,jika km serius km lh yg dtg ke indo duluan.Nah...pd suatu hr tgl 23des thn lalu,hal yg tdk sy duga ,di pagi hr dia blg kpd sy bhwa dia akan pergi ke tmpt sy di Indo hr ni jg,dan dia kirimkn bukti tiket serta bukti bookingan hotel yg sdh dia lunasin( sy cek tlp ke htel tmpt dia bkal menginap utk mastiin & trnyata bnr).Dia blg dia mau ktemu sy dan merayakan natal brsama sy ,tp hnya 1 hr sj krn hr brikutnya dia msuk kerja.Dan ini tdk direncanakan jauh2 hr ,dia mndadak sj gitu bli tiket krn dia ingin ktemu sy.Nah...Pas dia smpai di bandara Bali,eh...di situ lh trjdi kekacauan,dia trjebak antrian cap pasport di imigrasi yg pnuh krumunan org2 shingga dia ktinggalan pswat menuju jakarta,dan sbnrnya dr jkt dia hrs menuju ke Pangkalpinang Bangka( tmpt sy).Akhirnya dia putuskn lngsung blik ke aussie lg tnpa jj di Bali lg dgn membeli tiket baru krn dia hrs msuk kerja.Dan gatot deh prtemuan kmi,kmi pun sempat feel sad.Tetapi dr kjdian itu,hub kmi tetap dekat,komunikasi tetap lancar.Bisa dikategorikan hub kmi sprti org pacaran tp tanpa status😊.Bhkan ketika dia mndadak hrs back to italy di tgl 30 des thn lalu krn ayahnya meninggal dunia,di sana dia tetap brkomunikasi dgn sy.Singkat cerita dia blg mungkin bln Maret thn ini dia mo dtg lg ke indo ,tetapi akhirnya rncna itu gagal lg krn pandemi corona jd ditunda lg.Tp dia blg ke sy akan dtg visit usai corona.bersambung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rinrin,

      Thanks a LOT buat sharing panjangnya. Sampe ada sambungannya segala udah kayak sinetron :p

      Anyway, aku punya beberapa poin menanggapi komentar kamu yang ini:
      1. Profilnya cowok Italia, 40 tahun ya. Tinggal di OZ, tapi bahasa Inggrisnya gak bagus. Jadi aku bisa pastikan kalo cowok ini ambil WHV (Working Holiday Visa) doang. Cuma ngambil kerjaan serabutan yang mungkin gajinya lebih gede dari Italia. But in the end, dia gak bisa stay lama di sana untuk selama2nya pake visa ini.

      2. Dari cara dia approach kamu, emang kelihatan banget Italianya; agresif, SKSD, dan pokoknya pengen yang paling seromantis sedunia. So, aku gak heran kalo dia bisa se-talkative dan sok asik itu :D

      3. Soal dia bilang ke kamu buat ngerayain Natal itu: BULLSHIT! OMONG KOSONG! Tipikal cowok Italia banget, banyak omong tapi omong doang. Why I could say so? Oke, aku jelasin. Yang pertama, dia bilang mau datang ke Indonesia SATU HARI sebelom Natal dan cuma mau ke Indonesia SATU HARI DOANG? Was he joking or what?! Tiket ke Indonesia kalo udah deket2 Natal gitu mahalnya minta ampun. Yang kedua, dia ke Indonesia buat ketemu kamu, bukan business trip yang cuma sehari doang cabut lagi! Perjalanan dari Bali ke OZ juga panjang keleuuusss, yakale buang2 duit doang cuma sehari di Indonesia. Kenapa, soalnya aku merasa ni cowok juga gak kaya2 amat :)

      Terus soal bookingan tiket dan hotel itu, banyak cara sekarang cuma buat bikin tiket kamu "reserved/confirmed". Tapi bukan berarti tu tiket udah dibayar juga, bisa jadi cuma bookingan doang.

      Lanjuuut.. soal alasan dia yang tiba2 gak bisa ketemu kamu karena alasannya stuck di imigrasi?? BULLSHIT! Sepanjang2nya imigrasi bandara Ngurah Rai ya, gak ada tuh sampe manjang kayak ular lalu bikin kamu ketinggalan pesawat. Imigrasi di Bali banyak kali, loket juga biasanya yang buka banyak. Lagian tu cowok emangnya gak ngitung waktu transitnya apa? Lagian gini deh kalo emang itu bener, kalo aku jadi dia ya, daripada beli tiket balik ke OZ yang mahal itu, kenapa gak beli tiket lagi ke Jakarta dong? Katanya mau ketemu kamu, masa ketinggalan pesawat ke Jakarta doang tiba2 nyerah. Lagian tiket ke Jakarta lebih murah dari balik ke OZ. BOHONG BANGET! Dia tuh gak pernah ada di Bali kali.

      4. Pandemi Corona pas Maret belom terlalu nyerang Indonesia. Harusnya kalo dia mau travelling, ya travelling aja keleuuus. Banyak banget alasannya!

      Delete
  57. Nah pd bln April awal,dia ghosted( tp cumn 2 hr aj dia mnghilang).Eh trnyata dia ksih kbr ke sy lewat sms blg bhwa hpnya rusak,trs dia beritahu sy bhwa dia beli hp bru dan ud back di Wa.Trs kmi bisa brkomunikasi kmbali sprti biasanya mskipun belakangn ini dia agak jrg chat pjg krn ksbukannya pd kerjaan dan studynya.Nah...seminggu yg lalu dia chat blg ke sy,mungkin sy akan ke karibia utk kerja & leave aussie 2bln lg,dan i think we will never meet.boom...lalu sy blg how with us?dia jwb "I don't know".Lalu tnpa sy sadari sy jd melow,dan sy pun cry"(baper jd nya krn mngkin sy bru mnyadari bhwa sy sdh suka dia & menyayangi hubunggn kmi yg tlh trjlin slma krg lbh 8 bln ini).Trs,dia blg I'm sorry.Melihat sy sdih trs dia blg ke sy "oke,km jgn sedih . "Dear Cheyenne, I will do the impossible to meet you in your place. do not Cry. you are always with me, I always think of you".trs sy jwb km jgn prgi mna2 dulu krn lg pandemi,di tmpt sy jg lg psbb.trs dia jwb "I will can",i understand".bersambung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, menanggapi yang ini.. Karena aku gak percaya sama cerita bullshit-nya di atas, aku juga gak percaya kalo dia ghosted karena hape rusak. Ya mungkin hapenya gak rusak, tapi lagi males aja chatting kamu.

      Here we gooo!
      Dia bilang bakalan pindah lagi karena visanya udah abis? Okelah, aku percaya yang ini. Tapi bisa jadi juga enggak, bisa jadi emang itu taktik dia doang buat gak ketemu kamu selama2nya :p Jadi kayak alasan doang gitu, lho.

      Gak usah percaya sama kata2 gombal dia yang di bawah! xD
      Sok perhatian ah, padahal gak gitu kayaknya! Obral janji dan kata2 manis doang tuh dia.

      Delete
  58. Singkat cerita kmrn pagi tgl 18 mei,sy say good morning di wa ke dia.trs dia bls cumn pke emoticon smile aj.Lalu pd saat sy bls balik skitar 8mnit emoticon dr dia,sy liat pesan sy ditandai cumn centang satu aj di Wa.Oh..sy pikir mungkin hp nya lg di cas jd tdk aktif.Sy tunggu,perasaan sy mulai tidak tenang,sy curiga.Trs sy coba chat lg say hello di sore dan malam hr,tetap centang 1.bahkan sampai pagi ini.Trs dp di profile kosong.Krn curiga,kmrn sy meminta bntuan sahabat sy utk cek apakah no.wa dia aktif atau tdk.lalu tmn mengirimkan screenshot bhwa trnyata "Dia online".Ad bbrp x dia online".Dan sy brksimpulan brarti sy tlh di blokir olehnya tnpa alasan pdhl hubungn kmi baik2 sj.Kmrn2 km msih kontak,trakhir dia call tgl 13 dan 15 mei.Dan 17 mei kmi msih brcanda di chat sprti biasa,dia kirim video pas dia lg msak ke sy,mlm hr jg say good nite.Nah..skrg sy bingung,ada apa dgn dia?He's ghosted.Sy mo tnya apa pendpt Kak Nin dab tmn2 mengenai cerita sy ini dan why he's ghosted?Maaf sblomnya jika curhatannya trlalu pjg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alright, nanggepin episode yang ini :D

      Dari yang tadinya sok asik, sok gombal, sok paling romantis, lalu tiba2 berubah bales pake smiley doang, yaudah! Fixed! Doi udah mulai bosen sama kamu :D Udah gak mau menjalin hubungan lagi tuh. Keliatan banget, mulai pasif.

      Oke, diblokir ;D
      Ketahuan Italianya; bosen dikit, ketemu yang lain dikit, ba-bye aja buat kamu. Udahlah.. Anggap aja pengalaman menjalin hubungan online sama cowok kayak gini.

      Delete
    2. Thanks ya kak nin atas ulasan dan advicenya

      Delete
  59. Jujur sy kesel bgt kak Nin ama tu org.Apakah mang semua org bule kyk gitu ya,klo dia udh bosen ama seseorang,main blokir aj gitu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya gara2 baru kenal 1 bule, gak fair kalo kamu ngecap semuanya begitu.

      Ketika ada bule pacaran sama cewek Indonesia dan dikhianati, lalu dia ngecap semua cewek Indonesia matre dan pengkhianat, apa kita mau juga dicap begitu? :)

      Delete
  60. I love how you replied to all of us! Sekarang kumau ikutan curhat Nin :'D
    I knew a guy thru gamer community. Dia from UK dan terkenal pendiam/pemalu. Kenalnya udah dari 2017 di komunitas itu, tapi mulai japri dari add snapchat itu sekitar 2018 awal. Biasa lah ngumpulin streak, komenin snap seadanya ga yg panjang lebar. Tukeran selfie jg uda pernah. Akhir 2018 dia ada trip to Japan dan beliin boneka. Tadinya mau ngirim dari Jepang karena ongkir lebih murah tapi katanya ga sempet. Akhirnya dikirim dari UK. I was too happy tapi ga nanya the meaning ngasi boneka tuh apaan. Kirain abis dapet boneka tuh dia bakal ngelakuin more movements kayak chat lebih panjang, ngecall, dll. Tapi enggak. Biasa aja. Dan a few days ago, karena masih mengganjal ni boneka akhirnya kutanya juga ke dia. Dan dia bilang "I like you and wanted to get to know better" setelah kucocoti pertanyaan yg panjang. Karena takutnya dia cuma ngelakuin sebagai temen biasa aja gitu kan.. Dan ternyata dia expect ditanya dari pertama kuterima boneka!

    Nah yang mau kumintain pendapat adalah..
    1. Setelah tau he likes me, dan emang kulagi nyari cemceman, apakah kusalah kalau ku yang lebih agresif now? Since dia pemalu dan ga banyak omong... Kupunya teman yg married sama russian shy man sih katanya gpp begitu XD
    2. He is 3yrs younger than me. Is it okay? Ya udah kerja sih dia di umurnya. Dan kutanya temen2 yg deket sm dia bilang dia orangnya baik. Dan so far yg kukenal sih demikian. Yahh belum ketemu langsung sih. Tapi dulu sempet bilang bakal visit Indo.
    3. Nin pernah kenal sama orang UK? Kira2 bgmn major personality lelaki sana? Dia kayaknya yellow fever btw.

    Thankyou!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, makasih ya udah sharing :)

      1. Gak cowok Inggris, gak cowok Rusia, gak cowok Indonesia, kalo doinya yang pemalu, emang harusnya kita yang lebih agresif. Biasanya malu ini pada dasarnya hanya baru kenal aja kok. Belom mencair suasananya. Kalo dinilai kamu lebih bisa memecah es dan bikin suasana lebih asik, ya silakan aja mulai duluan dari nanyain kabar atau bikin topik segala macem :)

      2. Masalah umur mah, ya tergantung kamunya dulu nyari cowok gimana. Ada yang suka lebih muda, seumuran, atau lebih tua. Age is just a number. Kerjaan juga belom tentu mencerminkan tu cowok serius apa gak :) Mending kenalan aja dulu lebih deket. Kecuali kamu emang gak suka cowok yang terlalu muda, ya mending jujur aja ke dia dari awal.

      3. Aku gak bisa menggeneralisasi tiap orang punya karakter yang sama. Apalagi menyangkut personality, karena tiap orang itu unik :) Mungkin sudut pandangnya aja yang bisa dikit2 disamakan, tapi kalo udah masalah attitude, you never know. Tapi kalo soal yellow fever, kamu emang mesti nanya lebih detail. Tanya dulu tu cowok mantannya orang mana, terus apa yang dia liat dari sebuah hubungan. Aku banyak kenal yellow fever dan menurut ku gak semuanya jahat kok. Cuma malesnya tuh jadinya itu mantan2 mereka semuanya dari Asia. Haha.. Ya kadang mereka nih mikirnya, Miss V-nya cewek Asia lebih sempit, cewek Asia pinter masak, beres2, ngurus keluarga, dll, terus cewek Asia juga nurut di ranjang, mudah dimanipulasi, soft-spoken, etc. Keselnya tuh semua cewek Asia di-judge begitu dan bikin pola pikir mereka ke rada lame.

      Good luck! :)

      Delete
  61. Hai nin cantik..
    Aku mau share pengalaman nih.but its quite loooongg

    Aku pernah pacaran sama orang india,sampe 1,5 tahun,waktu itu kira ketemu di fb,intens chat yang menye menye termehek2 alay abis.sampe akhirnya ketemu dan pas ketemu di sini dese bawa om2nya segambreeengg sampe 20 orang.
    Gue juga ga ngerti itu gathering om nya apa gmn.yg jelas ortunya ga ada
    Kita ada rencana merit cuman batal knr tipikal org india tuh selebay pilemnya.tiap brantem bundir.freak bgt anjir.
    Akhirnya give up,di samping itu org india ini raja flirting.dimana2 ada dia dan gombalnya udah level dajjal.
    So you girls better watchout.org india itu strict bgt soal ini.mereka ga sembarangan ngambil binik.flirtingnya mah ama elu,nikahnya tetep ama org sana.
    Dan mereka drama kinh bgt.
    Nah
    2) aku kenal salah satu org dari ohio,amrik.kita ketemu di dating site and chat for couple months.
    Di awal kita sudah sama2 bikin agreement.krn kita sama2 udah dewasa yes.dia 35 and me 32,
    Kita setuju untuk saling mengenal dan saling belajar pribadi satu sama lain.
    Kita intens chat selama 2 bulan dan tiba tiba dia ghosting.
    Totally ghosting yg nyakitin gaes.kita biasa aja nanya kabar dan berbagi foto kegiatan lalu 3 hari kemudian dia blok semua akun dan sosial mediaku.bahkan ketika aku nanya make akun lain ku ke dia,di blok juga.
    Freak sih gue.ngapain pake nanya kalo dah di blok.
    Jadi menurut aku,cowo nemu online atau offline sama aja,mau bule mau india yang brengsek mah ada,yang bener juga lebih ada.
    Kalo kasusku sama amrik ini,mungkin bisa jadi pertimbangan buat kelean yang lg deket ama mereka.
    -orang amrik nih ga kek org indo.mereka cuek dan give a fuck to every single thing you ask permission for.
    Jadi kalo lo pacaran terus ketemu di dating site doang mah jangan kek pacaran ala2 indo yg apa2 ijin (ini gue lakuin gaes dan dese risih)
    -dont up their ass 24/7 dese bakalan bosen dan risih meski kadang ga ngomong.
    -dont try to control them.

    Udah pasti ghosting kek mantan eike.
    *Udah deh niiiinnn....i know what wi you say,hahahaa*

    Next bule rusia.
    Gue kenal bule rusia dari ablo dan kita temenan for like 6 months.
    Nah bule rusia nih rata2 unik.
    Mereka rada defensif kalo kita nanya hal2 yg bagi mereka pribadi.
    Gue ga ada niat nuat ngegebet ni bule,tapi ketika gue tanya dia makan siang make apa (ya semcem gini lah nanyanya,woi lg apalo,oh makan siang?make apaan?)
    Dese lsg defensif anjir.
    Dese blg dia nyari temen dan bukan pacar dan ga mau gue nanya gituan.
    �� Beklaaaa kakak....

    Nah berikutnya bule italy.

    Bule italy nig mungkin bisa dibilang indianya eropa yes.
    Orangnya jago ngegombal,baru kenal dah mi amore mi amore.
    Mereka pesolek dan suka belanja,suka ngetrip meski bokek,pokoknya idupnya my life my adventure bgt lah,
    Nah tiati nig yg nyangkut di bali nihhhh.
    Meski ga semua,tapu menurut temen eike yg eike ketemu di ablo.orang sono rata2 begitu.

    Nah gue sendiri emang orangnya seneng aja punya temen dari belahan dunia lain buat sharing kebudayaan dan pemandangan krn gue sendiri sampe skrg belom pernah going abroad.

    Benet kata lo ni
    When you know bule,please NO BAPER BAPER CLUB
    kesian lu nya gaes.
    Apalagi ketemu di dating site.
    Mereka bisa ghosting kapan aja.
    Take it easy and dont take it too personal.
    Just hook up and see what happen.dating site ga hopeless2 amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sya!

      Read your stories was soooo interesting!! Haha.. pengalaman kamu jabarinnya lucu2! xD Kamu harusnya bikin blog juga dong ahh. Biar yang lainnya bisa baca2 juga.

      1. Eniwei, soal cowok India ini, mereka udah terkenal kok dimana2 kalo emang creepy. Apalagi kalo kenalnya di internet. Cuma so far ya, kalo ketemu offline di tempat2 bagus; seminar, workshop, tempat ibadah, atau lingkungan kampus, ini tipe2 cowok India kebanyakan baik2 karena tujuan mereka emang mau belajar dan dapet kerjaan bagus. Yang aku tau, cowok baik2 ini hanya akan dinikahi oleh keluarganya dengan cewek baik2 pulak :) Makanya gak heran cowok India baik2 tuh hampir gak pernah maen online dating! Mereka lebih baik dicarikan bini sama orang tuanya sendiri, karena mereka percaya, orang tuanya lebih paham mana yang terbaik bagi mereka. Bisa disimpulkan juga kalo cowok India yang ada di internet tuh pada dasarnya nyari fun doang, hahahihi gak keruan, dan paling ya brengsek.

      2. Soal si Rusia, menurut ku even dia mau nyari atau nyari pacar, kalo aku boleh jujur, pertanyaan kamu terlalu Indonesia banget :D Bener2 basa-basi yang cuma bikin topik doang. Cowok Rusia tuh pada dasarnya mirip2 cowok Eropa Timur yang simpel, dominan, dan gampang kebaca kalo suka sama orang. Tapi kalo emang kamu bilang hanya teman, ya sebetulnya just act like a friend.

      Aku sebetulnya udah bilang--sampe jari tangan keriting--ke cewek2 Indonesia bahwa jangan terlalu baper kalo kenal sama cowok via online. Even itu cowok Indonesia sekalipun. Siapa yang tau sih sifat dan aslinya orang kalo cuma kenal dan ngobrol di balik layar doang :D

      Delete
    2. Iye tapi pernah gue nanya ke temen rusia gue dgn pertanyaan kek gini
      "Helo serg,lo udah mandi belom nih dah sore"
      (Pertanyaan aneh krn niorang kaku bgt anjir)
      Dan he said
      Menanyakan menu makan dan kamu sudsh mandi atau belum adalah privasi di sana
      And i was like,
      "Yah...masa siiik"
      Dari situ bisa gue tarik kesimpulan,
      Hal2 yang biasa banget ditanyain di sini,bisa jadi privasi di tempat lain.

      Dan untuk amrik,
      Kalo ngana ngana kenal di sosmed dan mulai cemburu dan baper gaje,
      Ketika mereka ngobrol di komentar dan lo cemhuru gaje (ni ciwi indonesia bgt kan yg suka gini.hayo ngaku loo padaaa)
      Bisa dipastikan bagi mereka lo freak dan mrk bakalan ga nyaman.

      Itu sik yg gue alamin

      Delete
    3. On that's why aku bilang kalo pertanyaan kamu sebetulnya terlalu Indonesia :) Banyakin basa-basinya, kayak yang "lagi apa?" atau "udah makan belom?" atau yang seperti kamu tanyakan di atas "udah mandi belom?" itu sama sekali gak penting buat mereka.

      Lagian di sini kan dingin, Bu. Mandi sehari aja belom tentu orang. Ada yang mandinya pagi, malem, sore, atau seminggu kemudian. Hoho..

      Delete
  62. Dan buat you2 pada yg maen dating site.gue kasih kelean tips sebagai penikmat dating sitr since 2006 maka ini tips untuk menandai mrk scammer pa ngga.
    1)lo baru kenal trus dikirim barang dan kudu nebus?
    OH LEAVE THAT CRAP GIRLS,HE IS A SCAM,OBVIOUSLY,ini tuh udah 100% nigerian scam
    2) baru kenal di dating site trus lo disuruh hapus akun,galama setelah lo hapus akun,tuh orang chat puanjaaaaang dengan kata2 meaningless,yang intinya dia cinta metong dan mau idup ama gue sampe sehidup semetong,yakaleee gaes.ketemu ge baru seencrit menit trus tiba2 org bilang poling in lop?come on..hahha
    3)leave them when they asked your full body picture,more picture,apalagi NUDE
    BIG NOOO
    Please,you re not sexual object.
    You re on that site not to please anyone.
    Nah gitu aja sik.
    Gue juga belom nemu bule yg cucok krn emang buat hook up ja seru2an sambil mengagumi keanehan dan keajaiban mereka kadang2.
    But enaknya ama bule is.
    They respect us.ga gampang tersinggung kalo kita ngomong.
    Udah ah kepanjangan
    Thank you anin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you SO much buat tips2nya!! Semoga banyak yang baca dan paham ;) Meskipun aku yakin bagi kebanyakan cewek mungkin bakalan susah menerapkannya kalo udah klepek2 sama packaging bule.

      Delete
  63. Hai Nin, salam kenal :). Aku mau sharing dan minta sarannya jg sih hehe.
    Aku dikenalin bule aussie sm temen kantor ku, karna dia pacarnya bule juga. Akhir april lalu dia bilang emg mau kenalin aku ke temennya itu. Akhirnya awal mei dia minta izin ke aku buat kasih nomor WA ku ke temennya. Alhasil si bule coba chat aku di WA, awalnya kita kenalan sewajarnya aja. Tapi hampir intense tiap hari dia selalu chat aku dan ngobrol macem2. Smp akhirnya dia opened ke aku, cerita semua ttg love lifenya, masa lalunya dll. Dia convert ke islam, he’s 37yo dan pernah gagal nikah krn ortu cewenya not approved. Akhirnya dia 5th single no sex dll. Dia ngakunya sih gitu ya hahaha!

    Setelah itu kita makin intim bahasan chatnya. Dia nanya aku single atau engga, nanya aku suka dia apa engga. Krn aku ga seterbuka dia, akhirnya ak blg kalo i have trust issues because of my past. Dan dia blg dia jg punya trust issues, tp dia suka sm aku krn aku sbg muslim yg ga strict. Dia selalu teasing aku, ya intinya flirting gitulah Nin. Singkat cerita kita uda byk obrolan dan suka kirim foto.

    Tp skrg dia aneh, kita terakhir chat hari minggu lalu dan smp skrg ga ada kabar. Aku coba chat duluan deliv tp ya mmg dia ga respon. Aku jd insecure sendiri krn takut aku ngelakuin hal yg salah. Ya atau krn dia uda ga interest sih ya kayaknya hahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey there..

      Coba deh kamu tanya, itu ceweknya orang Indonesia juga bukan? ;D Udah convert gitu, taunya gak jadi nikah. Jangan2..

      Dia nanya ke kamu single apa gak?? What a question! Emang dia ngarepnya kamu udah punya laki, begitu? :p Dia suka sama kamu karena Muslim gak strict? Bawa2 agama lagi elaahh ;D

      Hmmm.. ghosting ya intinya :) Kalo kamu baca komen2 di atas, udah banyak tuh yang tiba2 di-ghosting-in cowok. So, no wonder lah. Jaman sekarang, kalo kenal orang cuma via online, emang cepet banget memutuskan satu hal. Gak suka dikit, blok. Bosen dikit, ghosting ;D

      Yaaa.. kalo aku sih ngeliatnya biasa aja. Bisa jadi:
      . Dia emang lagi sibuk dan mulai bosen textingan sama kamu. Jadinya kayak maju mundur gitulah. Antara beneran mau nyari cewek apa gak.
      . Dia bosen textingan doang karena cuma bisa ngobrol di balik layar. Intinya lagi menghilang sebentar, ntar kalo bosennya udah ilang, nyari kamu lagi. Datang dan pergi sesuka hati.
      . Dia udah tertarik sama cewek lain yang mungkin lebih baik, lebih deket (sama2 di OZ), atau lebih cantik dll dari kamu.
      . Dia mungkin rada ilfil sama beberapa kata2 kamu di texting kali ;D Cuma kitanya gak merasa.

      Delete
  64. Nahhh
    Perasaan inilah yg aku tunggu..
    Gmna donk kak antara gk boleh baper tapi dia baik..
    Gmna donk...
    Kebetulan dapet kenalan orang francis...
    HhahahahπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu... intinya kegeeran sama orang baik doang, baru kenalan pulak 😁😁 Harusnya kita gak boleh menerjemahkan seluruh kebaikan seseorang dengan rasa baper. Capek ntar, udah baper duluan taunya doi ghosting doang.

      Delete
  65. Hai kak ..
    Aku mau cerita ..
    Aku kenalan dengan orang katanya dia asal korea tapi tinggal di Inggris ..
    Kami udah kenal hampir 1 bulan ..
    Dan dia udah cerita tentang keluarga dia katanya anak dan istrinya udah meninggal ..
    Trus waktu 10 hari kenal dia udah nembak aja ..
    Trus pas hari ke 12 dia ngirimin foto itunya dia ..
    Dia ngajakin telponan juga biar bisa denger suara aku katanya .
    Trus tadi dia mau ngirimin aku hadiah tapi aku nolak trus jadinya dia agak marah gitu ..
    Cuma yg jadi pertanyaan aku ini orang Korea beneran atau ngga ..
    vC ga pernah cuma kirim foto doang ..
    Takutnya kan foto yg dia kirim foto org ..
    Tp pas waktu telponan asli sih kaya orang luar gitu ngomong nya ..
    Kaya memang asli orang Inggris aja ..
    Aku ajak vC dia ngga mau kak katanya ngga boleh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BOHONG ITU!! PENIPU!! Tinggalin aja!!! Buang2 waktu!!

      1. Bisa gitu yeh, anak istri meninggal dalam waktu bersamaan. Jangan2 kakek2 tua lagi. Syereeemm..

      2. Pas dikirimin foto burungnya, tanggapan kamu gimana? Tu cowok otaknya brengsek!! Gak sopan! Kurang ajar! Blok!! Kecuali kamu emang cuma maunya tukeran foto telanjang doang ;p

      3. Ciri2 penipu ya gitu; kita ajakin VC gak mau. Udah ahh serem!! Ati2, ntar yang kamu ajak ngobrol itu bukan orang Korea, tapi orang Nigeria/India. Creepy!!

      TINGGALIN! BLOK AJA!

      Delete
  66. Kak ..
    Aku kenalan sama orang Korea ..
    Tapi tinggalnya sekarang d Inggris ..
    Udah 3 mingguan sih trus dia cerita kalo dia udah duda ..
    Trus dia bilang kehilangan istri dan anak nya dalam sebuah kecelakaan ..
    Umurnya dia 42 ..
    Kita kenalan lewat IG trus lanjut di Line ..
    Stlh bbrp hari IG nya hilang ..
    Gabisa d cari
    Sampai aku cari pake iG temen juga ga nemu ..
    Trus waktu 10 hari kenal dia bilang i love you
    Trus pas hari ke 12 sekitar tengah malam dia nya chat ttg yg aneh" mengarah ke hal negatif
    Trus ngirim foto macam" ..
    Nah dia sampai nelpon" tp saya angkat bentar aja pengen dengar suaranya ..
    Nah hari ini dia minta alamat lengkap karna pengen ngirimin hadiah buat saya ..
    Tapi saya ngga kasih tapi dia nya mohon" gitu ..
    Trus yang paling saya penasaran itu adalah apa memang bener dia orang Korea yg udah duda atau masih punya istri ..
    Dan apa foto fotonya yg dia kirim itu foto asli dia atau foto orang
    Soalnya aku ajakin VC katanya ngga d bolehin sama perusahaan berhubungan sama orang luar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nipu dia. Kalo kamu mau dengerin saran aku, silakan diblok aja.

      Delete
  67. Hai kak
    Aku mau crita ni kak
    Aku ada kenal bule asal dri AMERIKA
    dlu kenal nya di bado
    Usia ny dia 27
    Dan dia baik bgt kak
    Kenal kami udah 5 bulan sih kak
    Otak nya gak seks
    Malahan Krn aku critain budaya kita
    Dia respect bgt kak sama aku
    Dia mengerti bgt
    Tiap hari kami vc
    Pagi ( di sana ) sebelum brngkt kerja
    Dan malam di sana sebelum tidur
    Komunikasi kami intens kak
    Dia juga katanya pengen dtg ke indonesia
    Ingin mengenal Indonesia dan keluarga ku di Indonesia
    Dan kalau cocok mudah mudahan bisa menikah
    Cuman ga tau ya kak
    Menurut kakak dia serius gak sih ?

    Dia blg ,dia pengen kami sih berjodoh
    Malahan ya kak dia itu cemburuan
    Lgi kerja aja kamu suka chat
    Cuman mungkin selesai korona kami bisa ketemu mungkin
    Pernah sih aku tny
    Kamu suka aku kenapa sih dan knp ingin berkomunikasih ma ku ?
    Katanya karena dia nyan berkomunikasi dengan ku
    Suka dengan senyum ku ,rambut panjang ku , dan aku wanita baik baik katanya
    Beda dri wanita lain
    Dan karakter ku bgus katanya kak
    Tpi yang aku tktin
    Hbgn kami ini ? Apakah selanjut nya di pernikahan atau gimana ?
    Menurut kakak gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau. Kan aku bukan dukun xD
      Kamu ceritanya cuma surface gini mana aku tau tu cowok gimana.
      Ya terus aja keep in touch, kalo jodoh gak kemana.

      Delete
  68. Hai mba..
    aku mau cerita
    aku dapat kenalan bule inggris.
    kenalnya lewat online
    usia sudah bisa dibilang matang.
    katanya duda anak 1, istrinya meninggal.
    belum apa2 ko langsung bilang suka.
    terus dia malah nyuruh cari rumah buat dia beli.
    dia mau ke indonesia.
    padahal dari awal kenalan aku bilang aku sudah berkeluarga.
    aku bilang senang punya teman dari luar.

    Menurut mba gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scammer detected.

      Delete
    2. Mbaknya sudah berkeluarga, terus mau nyari temen online? Emang nyarinya dimana, Mbak? πŸ˜„ Online dating buat bule2?

      Ya lagian mbaknya juga diladenin yg model begituan. Udah jelas2 nipu gitu kok. Lagian mbaknya kalo udah berkeluarga, mending fokus nyari temen di situs2 belajar bahasa asing aja. Jadinya gak fokus ke lelaki doang, tp juga cewek :)

      Delete
  69. Hi, aku ira.

    Jadi aku match sm cowok singapore, di bio nya sih cari yang mai diajak serius. Trus dia minta wa aku. Dan kmi chat tp. Dia awal perkenalan dia blg orgnya agak sibuk dan jarang pegang hp trus dia gak punya medsos apapun. Klo balas chat cuma sekali itupun 2 hari sekali baru di balas. Katanya dia ingin kenal lebih dalam. Nanya nama lengkap. Asli mana, suku apa. Trus terakhir ini dia minta foto masakan aku dan selfie aku. Itu gmna yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok Singapura mirip2 cowok Indonesia. Just be yourself aja, intinya.

      Tapi ati2..
      Masa bales chat aja 2hari sekali. Jangan2 udah punya bini lagi ;p

      Delete
  70. hai kak, sebulan lebih yang lalu aku ketemu sama bule mexico yang tinggal di California, setelah 2 hari chat di tinder, kita saling tukeran snapchat, btw kita cuma berhubungan di snapchat, abis itu kita chatan terus selama beberapa hari, terus dia nembak aku, awalnya aku tolak, terus gaklama kayak beberapa hari kemudian dia nembak lagi, aku terima aja deh karena asik juga kan bisa punya temen chat. aku rasa dia tuh disana tipe tipe anak yang pendiem kak( bukan tipe yg popular) terus dia suka ngepap dia lagi apa, dan dia juga suka ngirimin foto adiknya,hewan peliharaannya, atau foto kamar” nya yang penuh taneman (karena dia suka banget sama taneman), dia juga nerima kalau kita beda agama (aku islam, dia katolik) abis itu 2 minggu kemudian tiba tiba dia block aku, yaudah aku berusaha melupakan aja ya, toh aku ga berharap banget sama pacaran online. beberapa hari kemudian dia tiba tiba unblock aku dan dia hubungin aku lagi, dia bilang dia block aku karena dia takut dia bakal terlalu fall in love sama aku secara kita kan jauh banget, dan dia takut aku cuma mainin dia. abis itu dia ngirimin paragraf panjang yang isinya dia minta maaf sama aku, setelah dia ngeblock aku dia kepikiran aku terus, dia mikir yang dia lakuin ini bener atau nggak ya, akhirnya dia beraniin diri buat ngehubungin aku lagi dan dia janji buat lebih terbuka kalo dia rasa ada sesuatu yang mengganjel tentang aku. intinya kita balikan lagi kak. nah terus dia bilang, dia bakal berusaha buat nemuin aku, dia bilang, setelah corona ini selesai, dia mau nyari program study abroad yang ke Indonesia, dia bilang walopun sebentar seenggaknya dia pengen banget ketemu aku. oh iya, kita selalu berusaha ngasih kabar setiap harinya juga. oh iya,kita hampir seumuran, dia baru lulus sma, aku masih sma. gitu kak, maaf ya terlalu panjang, aku bingung banget soalnya, aku bingung, apakah aku harus percaya dan mengharapkan dia? secara yang sering ketemu aja bisa php kan, menurut kakak apa yang harus aku lakukan? apa aku boleh mengharapkan dia? btw aku punya trust issues jadi susah bgt buat percaya ke org lain:’)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi setelah beberapa hari chat (gak pernah telponan/video call-an), dia nembak kamu, terus kamu iyain aja gitu? Atas dasar apa, kalo katanya mau temenan? :p

      Anak SMA toh. Wajar labil. Menurut ku, jangan terlalu bucin sama ni cowok. Yakali tiba2 ilang, kita diblok, terus tiba2 balik lagi minta maaf gak jelas kayak gini doang. Emangnya kita cuma dianggap tempat selingan doang, yang dia bisa bolak-balik sesuka hati?

      Kalo dari saran aku, karena kalian nih masih muda banget, gak usah terlalu ditanggepin omongan dia. Sukur2 datang ke Indonesia, kalo gak, yaudah. Lagian anak muda ini kok, mood masih naik turun. Duit belom ada buat ngunjungin. Jadinya bawa santai aja. Kalo sekali lagi dia ngeblok, blok balik juga! ;P

      Delete
  71. Hi kak... Seneng bisa baca blog dan para kome tar curhatannya...
    Aku juga deh mau curhat dan mnta saran,
    Jd aku kan pngan blajar bahasa inggris dgn lancar, tp g ada temen talking , g sengaja ada iklan dating.com di instagram, aq intal donk ku pikir buat cari temen talking aja, eh malah nyangkut sm cowo azerbaijan yg lg krj di beijing, dy sopan bngt,awalnya dy blg qt brtman dlu ya harapannya kl cocok ya bs lanjut serius, nah stlah sebulan singkat crita qt anggap qt berada lm komitmen hubungan,januari lalu dy janji mau dtg pas liburan hari raya yaitu mei tapi krn oandemi jd batal,aq udah blg g mau bertahan di app itu krn bayar mahal, g sb komunikasi terus, tp dy nolak tukeran WA krn dy maunya stlah ktmu baru tukeran WA krn dy g nyari tman chat, dy nyari untk serius, dh umur 27, krn aku berat soal tarif app jd dy blg g papa kl akh bls chatnya sekali seminggu, nah smpe skrg dy tyap hr krm kabar dan aku balasnya seminggu sekali. nah smpe skrg kita knl sdh hampir 6 bulan,dy g ornh bcra kotor,atay yg g sopan, slma kenal dy bxk krm fto dan pas valentine juga ultahkh dy krm video ucapan, obrolan kami hnaya seputar personality, mantan, keluarga, dan dy suka kasi aku study kasus gtu, jd dy kl mau nanya dy kyk buat study kasus baru dy tanya pendapatku. Aq sdh bbrpa kali mnta bubaran tp dy g mau dy blg dy gagal dtg bukan salah dy tp keadaan, dan dy ngeyakinin aku kl dy akan sgra dtg stlah smua normal. Dy jg suka nanya oendapat temen dan kluargaku gmn soal dy, bahkan dy taxa kl di indonesia hrs berpakaian sprt apa dan lain". Menurut kk gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau nyari pacar apa temen ngobrol? Kalo cuma mau nyari temen ngobrol, harusnya maennya bukan ke online dating kayak gitu. Coba cari deh di Google, ada banyak banget kok situs2 yang tersedia emang untuk belajar bahasa Inggris, itu juga gak harus sesama lawan jenis.

      Cowok Azerbaijan nih tipe2 Arab, malesin kadang. Haha.. Liat aja tuh, dia gak mau tukeran WA sama kamu, nyari gampang doang! Yakali katanya udah serius tapi tukeran nomor WA aja gak mau?! Jangan2 udah punya bini, udah punya pacar, banyak selingkuhan, banyak temen ngobrol. Makanya dia cuma nge-keep kamu seminggu sekali doang. Oh Dear!

      Yeyeye.. umur 27, gak nyari temen chat, nyari serius, tapi cuma bisa komunikasi seminggu sekali tuh apa ceritanya??? Dibegoin tuh kamu sama dia! Kalo aku jadi kamu, gak mau aku berhubungan sama cowok model begitu. Ayokk sini kita tukeran nomor, video call-an, tukeran foto dan video, bukan malah nge-hold kamu di app yang mahal itu.

      UDAH, CARI YANG LAIN AJA! Dia pelit dan penuh misteri!

      Delete
  72. sama aku juga,sekarang pacarku orang finladia,uda pacaran 5 bulan,dia orangnya baik banget untuk sekarang ya,nggak tau kedepanya kwkw,ya aku minta donya kalian muda-mudahan kami berjodoh amin.

    ReplyDelete
  73. Hi kak Nin.
    Aku lagi deket sama bule Brazil. Dia ini setting loc nya di Bali pas di badoo coz he is missing Bali katanya. Nah dia chat aku dluan disana hampir 4 jam di app itu chat dan fast respon banget. Nah terus dia nanyain aku kamu ngapain di app ini? Aku bilang cuma nyari temen onlen around the world terus aku tanya dia ngapain disini dia jg katanya mau cari temen onlen but who knows a gf tho. Love is mystery. He said like that. Nah terus kita move tuh ke whatsapp dia tuh penuh dengan kegombalan bgt kak. Aku nangeepinnya sih dengan b aja ya wkwk soalnya dah tau macam2 gombalan para cowok2 gt. He said such a sweet words to me and i said to him i cant trus boy easily. Terus dia tuh jg sering kirim foto2 nya jg dan dia jg minta foto selfieku tapi aku orgnya insecure gt jadi mager kalo ngasi foto nah trus wktu itu aku kan gak ngasi foto ke dia trus dia bilang mau block aku wkwk eh trus dia beneran block aku dong tapi gak lama 2 menit kemudian unblock aku lagi kak wkwk terus jg dia minta fotoku without hijab i said no to him. Terus dia respect bgt gt ke aku ka dia bilang its ok if u wont send it. Trus dia minta foto selfieku yg pake hijab tp gak ku kasi wkwk aku insecure orgnya And then dia bilang its not fair i send a pic to u and u not sending me your pic. Terus dia ngambek gt ke aku spam chat byk bgt eh trus malah block aku tapi cuma 12 menit doang abis itu di unblock wkwk eh setelah aku kirim foto selfie dia lgsg bilang i ll never block u forever wkwk aku bingung kenapa sifat cowok brazil bgitu ya kak? Btw dia umurnya 27th sblmny dia putus sm pcrnya karena diselingkuhin. Tp pernah dia chat ke aku bout sex things gt tp i said aku gasuka klo dka ngmng bgitu eh kdg kalo dia keceplosan ngmng gitu setelahnya ngmng gt dia kdg suka ngalihin pembicaraan gt sih ke aku jd kyk biar aku gak marah lg gt ke dia kak krn aku bilang klo chat berbau bgtu aku gak suka. oiya dia itu orangnya kocak gt suka ngasi jokes2 receh kocak. Rata emg ganteng banget sih cowok brazil. Tapi kesini2 jadi dingin gitu sih ka trus replt chatnya sebelumnya fast respon banget ke aku, tapi sekarang aku kdg liat dia online tapi gak bales chat aku tp kalo aku update status dia paling cepet dan pertama ngeliat status2 ku sblmny aku share quotes2 gitu ttg relationship gitu, tp kenapa ya ka dia jadi begitu? Apa dia mulai mau menjauh dari aku? Atau dia udah punya temen chat yang lebih menarik dariku?�� Jujur aku skrg jadi suka gt ke dia tp skrg dia nya yg dah dingin bgt ke aku. Sebelumnya klo chat suka jokes2 gitu skrg cm seadanya aja. Apa yg harus aku lakuin ya kak? Aku takut jadi ngarep banget ke dia malah tkutnya saking ngarepnya jadi sakit hati banget gitu�� malah chat dia aku pinned biar tau kapan dia onlen di whatsapp oiya awalnya itu dia dlu yang ngasi nomor whatsapp nya jg. Aku gak minta terus ku kasi nomorku. Dia sering post foto2 dia di whatsapp ganteng banget sih mirip kek pemain bola gitu. Aku takut terjebak cintanya ka terlalu ngarep apa iya aku harus blokir dia biar aku gak kepikiran lagi?oiya katanya dia juga mau ke indonesia abis korona dan mau ketemu aku kalo aku ke Bali. tolong kasi aku saran kak��������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah, cowok Brazil. Sok kegantengan, sok keren, haha!! Senorita etc! ;D Gak heran aku kalo caranya deketin kamu sama gombalan gak jelas kayak gitu.

      Aku gak suka sama cowok ini! Kekanakkan!! Main blak-blok-blak-blok gak jelas hanya gara2 permintaannya gak dipenuhi. Sok asik! Jadi maksudnya dia tuh sok2 mau ngancem kamu gitu, makanya diblok-anblok-blok-anblok. Lagian respek dari mananya?? Dia harusnya tau dong kalo cewek berhijab itu memang gak punya limitasi buat gak menonjolkan lekuk tubuhnya ke orang lain. Malah minta foto gak berhijab, blaaahh ;p

      Kamu kayaknya terlalu mengharap nih. Ni cowok kan udah jelas hanya nyari temen sexting dan having fun doang. Selain kamu, tentu saja masih banyak cewek lainnya lah. Orang itu aja sampe ngeset lokasinya di Bali kok. Pasti yang matching sama dia banyaklah. Yang mau ngirim foto2 nude lebih dari kamu pasti ada. Yang mungkin juga gak se-insecure kamu ada banget lagi chattingan sama dia.

      Mau ikutin saran aku?
      BLOK AJA UDAH! Kayak cuma dia doang cowok di dunia ini :p
      Cari lagi aja, lagian di Badoo masih banyak yang serius dan berkualitas.

      Delete
    2. *maksudnya PUNYA LIMITASI

      Delete
  74. Hi Nin, blog ini sangat menarik, dan aku sedang menjalaninya juga. Mau share aja, aku berpacaran dng pria Jerman sudah hampir 3th. Awal kenal lewat dating sites, lanjut ke WhatsApp chatt 2bulan just a friend. Tidak ada pembicaraan masa depan, tidak ada rayuan gombal, mengalir sprt teman, tidak pernah videocall, tidak pernah telp hanya share photo. Sampai waktu itu saya pikir, ini orang pasti nga pake photo asli makanya nga berani vcall, karena emang aku Googling photo dy, dy itu salah satu penulis cukup ada nama di Jerman. Akhirnya lanjut chat, aku pikir dy nga minta duit dan photo seksi ini hihihi
    Setelah 2 bulan chat, dia memutuskan datang ke Indonesia untuk bertemu saya.
    (Ternyata photo dan aslinya juga namanya sama dengan hasil Googling☺️)
    Setelah bertemu beberapa hari, dia mengutarakan niatnya untuk saya menjadi pacar dia. Akhirnya kami pun berpacaran, nah pacar aku ini bukan cowok yg suka gombal2, sejak saya menjadi pacar dia, sayapun sempat bertanya pada diri saya sendiri, kemana keromantisan film Hollywood yang menceritakan romantis nya cowok kaukasia:). Dia nga pernah bilang I love you sejak awal, nga pernah chat2 gombal2 jijik, dia baru bilang I love you itu setelah 2 thn+ kami pacaran, dia bilangnya pun sambil memakaikan saya cincin berlian yang terukir tgl pertama kali kami bertemu, nama dia dan nama saya😍, Dia selalu meluangkan waktu untuk bisa datang ke Indonesia, 2-3 kali dalam setahun (sekali datang biasanya menetap selama 1 smp 2bulan)
    Sejak kami berpacaran, dia sudah 8kali datang ke Indonesia. aku melihat bagaimana dia berusaha untuk LDR ini tetap sehat.
    Setelah 1 tahun+ kami berpacaran, dia mulai transfer uang bulanan rutin smp sekarang (saya tidak minta yah) dia meminta saya untuk simpan uang itu, untuk beli rumah yang akan kami tempati nanti, dia bilang dia ada plan untuk hidup bersama saya dan seandainya nanti dia membawa saya ke Jerman pun, saya pasti tetap ada keinginan kembali ke Indonesia untuk menemui ortu dan keluarga saya, ketika kita datang ke Indonesia kita tidak mungkin tinggal di hotel atau di rumah keluarga saya untuk jangka waktu 1 bulan, kita tetap butuh rumah (sayangnya bukan buat shoppingπŸ™ˆ). Seharusnya bln Mei ini (libur lebaran) saya akan ke Jerman untuk kenal keluarga dia. Kami sudah merencanakan dari Desember 2019. Saat itu menunggu saya buat paspor dulu. karena kerja saya juga harus lihat hari libur panjang. Saya baru buat paspor pertengahan Maret 2020, tuh paspor baru aja jadi beberapa hari, tau2 covid19:(. Akhirnya stay at home aja nih dr sebelum libur lebaran:((
    Saran saya yah buat para cewek, klo baru kenal by chat aja jangan dibawa baper, kadang mereka bilang kita pacar dia by online ujung2nya minta photo nude atau vcall seks (pengalaman adik teman saya).
    Jd girls, klo kita belum pernah ketemu, bagaimana bisa dibilang pacaran�
    tunggu smp dia action di dunia nyata jangan baru speak By chat langsung dipikirin:(
    Kalau kamu juga mau fun2 aja jd pacar online sih yah silahkan, tapi jng sampe menyita waktu kalian di dunia nyata. Apa lagi sampai setia dengan sesuatu yang tidak jelas dan akhirnya melewatkan orang yang seharusnya bisa hadir dalam kehidupan nyata kita yah girls

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih ya udah sharing :)
      Semoga hubungan kalian langgeng ya!

      Tapi, sebelumnya, aku mau menekankan dulu nih.. biar yang baca komenan kamu gak iri hati atau malah berekspektasi tinggi. Cowok yang tinggal di LN itu tidak semuanya punya cukup uang dan hari libur untuk terus mengunjungi pacarnya ke Indonesia setiap waktu. Tiket PP ke Indonesia tentu aja gak murah dan tidak semua orang juga bisa dapet libur sampe sebulanan :) Buat yang merasa gebetan/pacarnya hanya bisa ngunjungin setahun sekali cuma 2 mingguan, that's totally fine!

      Satu lagi, masalah uang. Jangan sampe yang baca komenan kamu juga merasa bahwa cowok harus tiap bulan kirim uang ke Indonesia. That's totally their money and their own choice mau ngasih ke siapa aja. Buat kalian yang merasa cowoknya sama sekali gak pernah kirim uang, tolong jangan iri hati ya :) Tidak semua cowok di LN itu punya kerjaan bagus dan banyak uang. Masih bagus dia adalah cowok baik-baik yang gak macem2.

      Cheers!

      Delete
  75. Curhat dung kak hehe,, kak, aku kan punya temen, dia dari italy...tpi dia skarang tinggal di indo. Dia baru lulus kuliah gtu katanya. Dia bilang dia dpt beasiswa makanya dia bisa kuliah di indo. Aku kenal dia dari game, nah dia tiba" tu nembak aku, aku kan auto kage dung, masa bru kenal udh nembak. Tpi pas dia nembak, aku nolak dia.. yakali kan kak gamungkin banget, kenal aja baru, blom tau mukak rl, dll. Dia bilang ke aku, kalo aku tu tipe dia bnget. Aku sih msih ga percaya. Abis aku tolak 1 bln kemudian dia nembak aku lagi, aku pun tolak dia lagi :v . Alasan kenapa aku nolak, karena dia tu apaya kak, gajelas gtu kronologinya , w bingung, dia jga sering ngasih pict ke aku, tpi aku gapercaya klo yg dia kirim tu dia. Gatau knpa...
    Setiap aku ngomong gapercaya ma dia, dia selalu yakinin aku gtu kak. Meskipun dia bikin aku buat yakin ma dia , w msih ttep ga percaya :v, dia ampe bilang "lu kok ga percayaan sih jdi orng, pdhl kan aku jjur" dia bisa bhsa indo karna dia udh lma di indo krng lebih 4thn an. Trus selain dia ngasih pict ke aku, dia jga malah ngajakin w nikah, pdhl bru knl 4blnan, kan aneh. W sih nganggep nya blom terlalu serius, soalnya w msih pen lnjut kuliah. Dia bilang ke aku klo dia bakal nunggu sampe aku slese kuliah gtu katanya, tanggapan aku sih percaya ga percaya ye kak.
    dia pernah nawarin w buat tukeran pp game, gw jwb mao :v ampe skarang msih blom diganti dung pp nya:v
    Btw aku nganggep dia cma tmen deket doang kok blom lebih :v

    Knpa kok aku ga percaya ma dia, karna aku sempet mikir sapa tau tu profilnya ambil dri google/insta maybe? :V

    Aku pernah vc ma dia, tpi pas vc dia tu gelap alasannya mati lampu gtu. Alesannya tu lo ada" aja dh.

    Cara nanggepin orng kek gtu tu gmna ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blok aja. Lagian ngapain sih laki kayak gitu diladenin? Gak bermanfaat juga buat kehidupan kami. Baca deh giman karakter cowok Italia di postingan aku tentang cowok Eropa. Ntar kamu juga tau mereka nih orangnya gimana.

      Beneran deh, kalo gak nyaman, udah jelas banget feeling kamu ada yang gak beres, jangan ajak lagi. Jangan2 bukannya dari Italia, tapi dari Bondowoso xD You just never know!

      Delete
  76. Wiii jadi rame sekali ya di sini ya, kak Nin. Baca komen2 nya jadi inget masa lalu. Lol. Aku juga dulu sempet malah sampe kejerumus nglakuin hal2 yg ga pernah aku lakuin. Send nudes, etc etc, cuma karena "cinta". Yg awalnya aku ga mau tapi lama2 kejadian juga krn INSECURE sama diri sendiri. Krn dia cakep, bule pula, dia sweet, dia care, dia serius ajak nikah, mana ada lagi (bule) yg mau sama aku, and the list could still go on. Dan hal yg sama bakal berulang kalo ga bener2 belajar dan sembuh dari itu. Sharing aja buat yg lagi galau. Tau banget aku gimana "sweet" nya bule2 ini. Tapi balik lagi ini itu maya, ga kesentuh. Mana bisa tau nyata atau aslinya kalo nyentuh atau ketemu aja ga pernah. Orang kalo ketemu langsung atau sama2 orang Indonesia aja bisa ga sama, bisa berubah. Semua kalo diliat selalu ada polanya. Dimana soal dating atau mungkin cuma teman online ini intinya jangan langsung percaya. Jaga diri dan hati baik2 ya girls! You are more than worth <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma yang packagingnya bule ;D
      Yang asli Indonesia ber-packaging cowok alim tapi di belakang minta foto kita telanjang juga banyak kok! Manipulatif orang2 kayak gini!

      Ayookk.. majang selfie di sosmed aja mesti ati2, apalagi kirim foto sembarangan ke orang yang gak jelas di internet. Ntar malah tersebar dan digunain buat hal yang gak bener lagi.

      Semoga gak terulang ya! ;)
      Thanks for sharing!

      Delete
  77. Kalau Israeli guy gimana tu kak? Mirip sama cowo arab ga sih?

    Oiyaaaa, punten tiba tiba kepikiran kenapa kaka ga buat grup chat aja buat ngebahas kaya gini? Heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara kultur, mereka lebih ngikut ke Asia-Eropa Selatan memang. Tapi secara attitude orang2nya, memang rada mirip Arab. Banyak yang suka ngegas xD

      Delete
  78. Hai Ka Nin, aq gak sengaja baca postingan kk ini. Menarik. Aq jg mau share nih. Sebenernya udah kepikiran lama sih. Jd beban jg di pikiran.
    Jd ceritanya pertengahan Oktober thn lalu (2019) aq ada kenal cowo chinese stay di Malaysia. Kenalannya ya dr dating apps gt deh. Seru sih. Meskipun bhs inggrisnya ala gt. Overall kita bs sm2 ngerti sih mxdnya. Nah, sampe skg kita msh aktif chat sm telponan. Cuma yg bikin ragu tuh udh selama ini kita gak pernah vidcall. Aneh bgt tau gak sih. Profpict WA dy jg gak pernah diganti dan gak pke muka dy. Dulu sktr 2 ato 3 bln kita kenalan, aq ada minta dy krm update fto. Tp byk bgt alasannya.
    Akhirnya aq udh males minta2 dy krm fto lg.
    Trus selama rentang kita komunikasi, dy ada rencana mw ke indo. Tp udh 3x batal mulu. Yg neneknya sakitlah, gk lama meninggal lah, trus yg terakhir H-1 sblm ksni dy kecelakaanlah. Even dy ad krm fto kakinya luka pasca kecelakaan, tp gak keliatan muka. Aq mah gak percaya. Aneh bgt gak sih? Lbh anehnya lg dy bisa tetep keep komunikasi sm aq. Udh 7 bln kan. Terakhir stlh corona ini berlalu katany mw ksni. Ntah bener ntah gak. Aq sih gamau terlalu berharap. Drpd skthati kek sebelum2nya. Menurut kk ini org bener gak sih??
    Oiya, anehnya dy selalu minta aq bangunin tiap pagi. Jd kdg pagi2 aq telpon dy buat bangunin.
    Trus 1 hal lg selama kita komunikasi, dy gak pernah bahas mw pjm uang atau mw krm brg.
    Aq jd mikir ap aq cm sekedar tmn chating doank, cm buat ngisi freetime nya dy. Krn slma ini aq gk pernah ngerasa diprioritasin sm dy.
    Aq mlh jd kepo apa ini org real atau cm fake account doank.
    Butuh saran nih ka Nin ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oki... aku bales komen kamu di bawah ya, di penjelasan yang kedua :)

      Delete
  79. Hai ka..
    Seru bgt nih baca pengalaman2 ttg dating sm cowo bule. Aq jg mw sharing nih.

    Sekitar Okt thn lalu aq kenalan sm cowo chinese stay di Malaysia. Sampe skg kita msh intens chatting sama telponan. Tp gak pernah vidcall. Boro2 vidcall, minta dy krm fto terbaru aja kek minta dkrmin duit 1M, byk alesan.

    Yg ngeselinnya, krn udh ckp lama keep contact, bahasan udh bs ke hal2 serius donk. Bahas masa dpn. Tp ya ujung2nya aq tetep ragu ini org real ato fake. Krn dr awal udh byk bgt keganjilannya.

    1. Profpict WA gk pernah pasang muka dy, even dy pernah krm ftonya.
    2. Katanya gk punya medsos (hari gini gt loh?!)
    3. Gak pernah mau vidcall (byk alasan)
    4. Bilangnya mw ke indo, udh 3x batal krn alasan classic (nenek sakitlah, meninggal lah, dy nya kecelakaanlah)
    5. Aq ngerasa bukan prioritas dy.

    Meskipun klo chatingan itu nyambung dan klo tlpon itu seru, tp tetep aj meragukan. Cuma dy kok betah keep contact sm aq?
    Pdhl aq pernah bbrp x gak ngubungin dy. Eh dy nya kecarian. Ini ap aq yg baper ya, hahaha.

    Tp jujur aj ini jd kebawa pikiran. Tmn2ku byk yg blg itu fake. Bilangin aq move on aj, drpd wasting time sm invisibleman. Sejauh ne sih aq msh nyaman kontek2an sm dy.

    Menurut kaka gmn?
    Fyi. Aq msh nunggu sih kelar corona ini bener gak dy bakal datang. Klo gak, aq rencanany mw ghosting aj deh. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jessica..

      Makasih ya udah cerita :) Anyway, kenal sama orang via online harus selalu ikuti kata hati. Kalo banyak hal yang kamu ragukan, artinya ni orang memang banyak yg disembunyikan.

      FYI, temen ku pernah berhubungan sama cowok Korea via online. Pas disuruh kirim foto, memang ngirim. Nelpon, memang nelpon. Malah kirim uang segala sakingnya. Tapi satu, doi gak pernah mau diajak video call-an. Diajak ketemuan, banyak alasan lalalaa ~ TERNYATA... ni cowok banyak bohonya!!!! Ngaku umur ampir 30, ternyata umurnya 50th!!! Ternyata ni bapak2 kesepian doang. Makanya gak pernah menunjukkan jati diri sesungguhnya karena takut temen ku gak mau lagi sama dia. Jadi emang maunya dia nyari temen chat doang. Dari situ temen ku kecewa & ngeblok orang ini.

      Lagian kamu bukan weker kaliii.. masa fungsinya cuma bangunin doang. Kalo saran aku, daripada ngeladenin orang gak jelas kayak gini, idup cuma di Malaysia ini doang tapi gak pernah mau ngunjungin, mending kamu tinggalin aja. Blok aja udah! 😁

      Delete
    2. Ohh lupa nambahin...

      1. Jadi pas ngirim foto itu, ternyata ngambil dari Google

      2. Pas ditelpon, memang temen ku udah curiga karena suaranya berat. Bukan suara anak muda lagi

      3. Selalu ngirim uang karena kesian sama temen ku. Masih pelajar, muda, dan belom banyak uang. Makanya tu bapak2 mau bantuin.

      Tapi ternyata bener.. dari semua kejanggalan ini, memang ternyata cowok ini semu. Alias tidak sesuai dengan apa yg diimajinasikan sebelumnya.

      Delete
    3. Haiii kak, thanks for sharing.. cerita kita hampir mirip hiks:) aku pernah juga ketemu orang chinese via online terus dia katanya tinggal di UK kuliah teknik di University east anglia profpict WA nya ga masang mukanya, katanya mamanya meninggal lah dia yatim piatu lah, katanya dia punya perusahaan dan mau nemuin aku ke indonesia.. masih ku iya iyain aja wkwkwk dia sempet ngirim fotonyaπŸ˜‚ pas aku lacak di Search by Image.. dia Scammer hihihi ternyata itu foto tentara chinese or korea lupa.. wkwkwkwk ngakak banget penasaran aku minta lah facebooknya terus buka buka profilnya terus dapet kek nama link facebook gitu, pas aku search juga nama itu.. ternyata oh ternyata dia orang AFRIKAπŸ˜† puasss banget bisa ngelacak manusia itu.. wkwk jadinya aku block deh.. galupa juga laporkan akun facebooknya. Thanksss kak.

      Delete
    4. Kalo di UK, emang sarangnya scammers :D
      Makanya kalo kalian kenal cowok dari Inggris terus dari perkenalannya aja udah mencurigakan, udah dipastikan pasti itu orang Afrika :)

      Thanks for sharing!

      Delete
  80. Hello ka, kak aku nih pernah bertemu teman cowok dari Switzerland di website online dating kita saling add di skype sempat video call 2 kali dan itu udah 3 tahun yg lalu, terus kita chatting mungkin cmn seminggu doang kirim foto jg, terus berteman disnapchat tapi cuman 3 hari aku uninstall deh Skype dan Snapchat itu, waktu itu kita masih sama-sama muda aku masih 19 thn dan dia 17 thn, sekarang aku udah akan sarjana tahun ini hihi, terus aku install kmbli Skype dan snap aku aku add ulang dia di snap, jujur aku tertarik sama dia sejak pertama temanan di Skype cuman aku mikir ini kayak hayalan aja gk mungkin aku bisa dapat bf dan jodoh bule trus apa gunanya aku temenan sama bule, trus kak jujur aku makin tertarik sama dia sometimes dia reply story snap aku dia skrg udah 21 tahun dan udah kuliah business dan kerja, cmn mau curhat aja kak lol, pertanyaan aku gak nyambung kok, gimana sih karakter cowok Switzerland pada umumnya?? Trims kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan buka postingan aku yang ini:
      https://www.artochlingua.com/2017/01/memahami-karakter-para-cowok-di-tiap.html

      Delete
  81. annyeonghi jumuseyo eoni:), salam kenal kak. baru nemuin blog kakak dan itu sangat menarik serta membahas mengenai pengalaman-pengalaman dari komentar-komentar di atas.yang ingin aku tanyakan kakak untuk saat ini tinggal di negara mana dan perkembangan kasus covid-19 disana serta penanganan nya, thanks:)

    ReplyDelete
  82. Hello kakak salam kenal :) baru nemu blog ini very interesting, speechless sesaat mengenai pengalaman-pengalaman pribadi dari setiap orang masing-masin, sungguh luar biasa kalian girls sampai aku terhura :') just never give up girls dan tetap semangat, untuk kakak mimin sehatt selalu:)

    ReplyDelete