Langsung ke konten utama

Bertahan dari Dinginnya Eropa



Bagi yang sudah pernah tinggal di negara empat musim sebelumnya, tentu tahu bagaimana rasanya suhu 7 derajat Celcius saat musim gugur atau -5 derajat saat musim dingin. Panas untuk bule hampir sama dengan dingin untuk orang-orang tropis seperti kita. Bagi para bule, suhu 25 derajat dengan matahari yang terik sudah cukup membuat mereka nyaris telanjang. Begitu pula dengan kita, suhu 7 derajat dengan kondisi mendung dan berangin, sudah pasti membuat kita nyaris menutup seluruh anggota tubuh karena kedinginan. 

Pertama kali mempersiapkan diri akan tinggal di Eropa, saya sempat melihat prakiraan cuaca jika saya tiba disini. Saat itu baru masuk musim semi yang katanya mulai hangat dengan suhu maksimum 7 derajat di siang hari. Karena belum tahu dinginnya 7 derajat itu seperti apa, jadinya saya hanya menyiapkan mantel tebal dan pakaian ala kadarnya. Sempat juga mencari tahu gaya berpakaian orang saat musim semi yang kelihatannya santai dan sudah bisa pakai flat shoes kemana-mana. Faktanya, saya harus disambut dinginnya musim semi yang saat itu masih bertemperatur minus.

Memang tidak ada yang bisa memprediksi cuaca tiap tahunnya. Kalau pada tahun itu musim dingin bisa mencapai -10 derajat Celcius, bisa jadi awal musim semi akan sangat bersalju dan dingin. Suhu di beberapa bagian Eropa juga akan berbeda di tiap tempatnya. Eropa utara dan timur menjadi wilayah yang sangat dingin saat akhir tahun karena lebih dekat dengan kutub. Eropa barat dan tengah cenderung bertemperatur "normal" atau bisa bersalju. Sementara di bagian selatan Eropa sendiri bisa lebih hangat dengan curah hujan yang tinggi.

Agar tubuh tetap hangat dan tidak salah kostum, namun tetap stylish saat bepergian, berikut beberapa tips saya berikan sesuai pengalaman saya di tahun ini!

Rambut dan telinga

Saya sempat mengalami masalah kulit kepala kering pertama kali menginjakkan kaki di Eropa. Kulit kepala saya yang biasanya berminyak saat musim panas mendadak kering karena perubahan cuaca. Untuk menghindari hal ini ada baiknya tidak terlalu sering mencuci rambut saat musim dingin. Yang saya lakukan biasanya cukup dua hari sekali dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan diakhiri dengan air dingin untuk membuat batang rambut tetap lembut. Air hangat tidak cukup baik untuk rambut karena bisa membuat kulit kepala makin kering, batang rambut menipis, dan akhirnya rambut bisa rontok.

Baiknya juga melapisi batang rambut dengan leave-in conditioner atau minyak argan untuk memberikan proteksi lebih. Topi semacam beanie bisa dijadikan opsi untuk menutupi kulit kepala dan telinga dari kedinginan saat bepergian keluar. Atau kalau malas pakai beanie hat karena membuat rambut lepek, bisa juga gunakan earmuff untuk menahan angin dan hawa dingin yang bisa membuat telinga menjadi kaku dan sakit.

Muka

Bagian ini tentunya paling vital karena paling sering terkena dinginnya angin. Perawatan yang dilakukan pun mesti lebih intens mengingat kulit muka juga mesti beradaptasi dengan perubahan suhu. Sama halnya dengan kulit kepala, krim yang saya gunakan di Indonesia juga tidak berfungsi dengan baik saat musim dingin. Yang ada kulit saya makin kering karena memang krim muka yang saya gunakan tidak mengandung air.

Saat musim dingin, sebaiknya pilih krim muka dengan bahan dasar air dan tidak mengandung alkohol. Pelembab di Eropa rata-rata tidak mengandung SPF, sehingga saya juga harus melapisi kulit dengan sunblock ber-SPF tinggi. Pernyataan kalau saat musim dingin tidak butuh sunblock itu justru salah besar! Walaupun cuaca sedang mendung, SPF tetap sangat penting digunakan untuk melindungi kulit muka dari pengaruh buruk sinar matahari yang malah lebih berbahaya saat musim dingin.

Kalau masih nyaman menggunakan krim dari Indonesia yang biasanya sudah cocok dengan kulit tanpa membuatnya makin kering, coba saja mengoleskan minyak almon, argan, atau zaitun sebelum mengaplikasikan krim muka untuk menjaga kelembabannya.

Berhubung kantung mata saya sudah turun dan kelihatan seperti orang capek terus, saya juga mengoleskan krim mata saat siang dan sebelum tidur untuk menjaga kelembaban di daerah tersebut. Pernah kejadian kulit di sekitar mata saya jadi kering dan menghasilkan garis-garis halus yang membuat muka kelihatan tua! Hiiiih..

Bibir

Suhu yang rendah dan kering membuat kulit bibir mudah terkelupas bahkan luka. Tahu kenapa orang Rusia dikatakan bangsa yang tidak ramah karena jarang senyum? Karena mereka harus bertahan di temperatur yang nyaris selalu di bawah -5 derajat Celcius selama beberapa bulan! Suhu rendah mudah membuat bibir kering dan sekalinya senyum, bisa-bisa kulit ikut merenggang dan menyakitkan. Bahkan di keadaan yang sangat dingin, bibir bisa berdarah karena luka.

Pelembab bibir wajib digunakan setiap hari untuk membuatnya tetap lembab. Membersihkan kulit mati di bibir juga mesti sering dilakukan untuk membuatnya tetap lembut. Hal sederhana yang sering saya lakukan saat mandi adalah mengelupasi sel-sel kulit mati di bibir. Air hangat membuat kulit bibir melembut dan cukup mudah dikelupas. Bisa juga menggunakan scrub khusus bibir buatan sendiri dari gula dan minyak zaitun.

Tubuh

Karena sering tertutup oleh pakaian, daerah sekitar tangan dan badan biasanya lebih hangat dari bagian tubuh manapun. Memilih pakaian juga tidak boleh sembarangan agar tetap merasa hangat. Gaya berpakaian layering atau bertumpuk memang cukup ampuh. Namun kalau bahan pakaiannya menghangatkan, hanya beberapa lapis saja sudah cukup tanpa harus menumpuk banyak jaket tebal.

Untuk mantel, ada banyak pilihan yang bisa digunakan. Saya pribadi, saat suhu masih di atas 2 sampai 8 derajat Celcius, mantel berbahan campuran wool ampuh menghangatkan tubuh sekaligus memberikan kesan neat dan classy


Mantel berbahan campuran wool yang tetap stylish saat cuaca dingin

Kalau sudah di bawah 2 derajat, saya biasanya memilih anorak andalan yang cukup tebal dan anti angin. Anorak yang saya beli di pasar loak (mirip dengan gambar di bawah) cuma 45ribu saja dan sangat menghangatkan di bawah suhu 0 derajat Celcius!

Menyambut musim gugur atau di akhir musim semi, biasanya suhu masih 10 derajat di siang hari dengan sinar matahari yang hangat. Walaupun sudah cukup nyaman untuk bepergian, namun jangan lupakan parka, padded jacket, trench coat, jaket kulit, atau cardigan tebal berbahan wool untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Agar tidak terlalu banyak menumpuk pakaian di dalam mantel, cobalah untuk memakai pakaian berbahan kashmir atau wool yang lembut namun sangat menghangatkan. Saya pribadi, biasanya menggunakan empat lapis pakaian saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Pakaian thermal di lapis pertama, kaos atau kemeja katun di lapis kedua, pullover di lapis ketiga, dan anorak setelahnya. Bahkan saya bisa saja menggunakan tank top sebagai dalaman, kaus katun tangan panjang, dan anorak saat bepergian.

Pakaian thermal bisa juga diganti dengan dua lapis kaus katun agak mengetat di badan, atau dalaman tangan panjang berbahan dasar spandex. Pakaian yang mengetat ini cukup menghangatkan tubuh dan bisa berfungsi sebagai dalaman thermal saat musim dingin. Saya juga suka mengoleksi kemeja flanel yang dibeli dari pasar loak di Indonesia sebagai koleksi pakaian hangat. Cukup pakaian thermal, kemeja flanel, dan anorak, you can go, girl!

Bagian tubuh yang sering kena angin dingin lainnya adalah leher. Kadang mantel kita tidak cukup tinggi menutupi bagian tubuh yang ini. Solusinya dengan memakai scarf, syal tebal, atau sweater berleher tinggi untuk menghangatkannya.

Selain pakaian yang menghangatkan, kita juga harus aware dengan kesehatan kulit tubuh saat musim dingin. Mandi dan berendam dengan air hangat saat cuaca dingin memang sangat nyaman dan menyegarkan. Namun kalau lebih dari 5 menit, justru akan membuat kulit tambah kering. Jika terus dibiarkan, kulit bisa menjadi bersisik, luka, dan parahnya bisa kena eczema. 

Meskipun dingin bisa membuat kita malas membasuh tubuh dengan air, namun saya selalu berusaha menjaga kebersihan tubuh dengan mandi sekali sehari saat cuaca dingin. Hindari terlalu lama berendam dan mandi dengan air hangat. Sebisa mungkin basuh tubuh dengan air yang lebih dingin sehabis mandi untuk membuat pori-porinya tertutup. Mengoleskan pelembab tubuh yang creamy seperti body butter juga sangat penting. Saya pribadi juga mengoleskan pelembab tubuh yang berbeda di tiap musim. Body milk atau body lotion dengan formula ringan biasanya cocok digunakan saat musim panas, sementara body cream atau body butter yang cukup rich untuk musim dingin. Jangan lupa juga untuk rajin menghilangkan sel-sel kulit mati dengan scrub agar pelembab tubuh lebih cepat menyerap.

Tangan dan jari

Jari-jari tangan yang lentik akan sangat tidak cantik kalau terlihat kering dan bersisik. Hal yang sangat saya sebalkan adalah ketika merasakan jari-jari tangan saya kedinginan karena bisa membuatnya mengkerut dan kering. Hindari membasuh tangan dengan air yang terlalu dingin atau terlalu hangat, karena keduanya juga bisa membuat kulit kering. Sabun cuci tangan dengan kandungan sabun yang keras juga bisa membuat kulit kesat dan semakin kering. Gunakan krim tangan dan krim kuku sehabis mencuci tangan. Saat bepergian, sebelum menggunakan sarung tangan, selalu oleskan juga krim tangan untuk membuatnya tetap lembut.

Kaki

Jeans sebenarnya sangat tidak disarankan karena menyerap dingin. Tapi saya juga sangat suka memakai jeans karena memang celana jenis ini yang paling nyaman digunakan kapan pun. Saya biasanya memakai celana ketat berbahan spandex sebelum menggunakan jeans untuk memberikan efek thermal. Bisa juga memakai celana berbahan wool atau stocking tebal untuk menutupi kaki. Untuk stocking sendiri, saya harus menggunakan dua lapis agar kaki tetap hangat. Lapis pertama stocking 400D, sementara lapis kedua stocking wool 1200D.

Bungkus jemari-jemari kaki dengan kaus kaki berbahan wool sehabis mengoleskan krim kaki. Kadang saya juga menggunakan dua lapis kaus kaki dengan bahan yang berbeda, lapis pertama katun biasa, lalu dilapisi lagi kaus kaki berbahan wool. Saat cuaca sedang memburuk, bisa juga melapisi lagi betis dengan leg warmer atau kaus kaki selutut.

Hati-hati juga dengan pemilihan sepatu saat musim dingin! Sama seperti mantel, sepatu juga menjadi sangat vital untuk membungkus jari-jari agar tetap lemas saat berjalan. Jangan sampai karena salah pilih sepatu, kaki jadi terasa beku dan mati rasa. Hal ini juga pernah saya alami pertama kali datang ke Eropa di suhu musim semi yang masih -3 derajat Celcius! Saya tidak bisa merasakan jemari kaki lagi karena sangat beku dan rasanya digigit-gigit.

Saat bersalju, jalanan akan menjadi licin dan berbahaya. Kalau saljunya masih sebatas beberapa sentimeter seperti yang saya rasakan tahun ini, tidak terlalu bermasalah. Namun kalau saljunya sudah mencapai beberapa puluh sentimeter dan menjadi es, jalan pun harus hati-hati karena sangat licin. Sepatu boot tinggi dengan sol karet dan dalaman fur adalah pilihan terbaik saat kondisi ini.

http://normalizer.liveclicker.com/thumb/7/1883974359_1_Flv_512x288_thumb_1.jpg/women-keen-hoodoo-high-lace-snow-boots-1.jpg

Boot bersol karet cocok untuk menahan licinnya salju

Walaupun terlihat youthful dan sangat nyaman digunakan, tapi saya sangat sangat sangat tidak menyarakan sepatu baseball semacam Converse digunakan saat suhu di bawah 0 derajat Celcius! Apalagi kebanyakan sepatu jenis ini berbahan katun yang tidak bisa menghangatkan jemari kaki meskipun sudah memakai kaus kaki dobel. Saat cuaca tidak bersalju namun minus, sepatu berbahan kulit adalah yang paling sangat dianjurkan.

Saya juga sebenarnya suka sneakers bertali yang membuat penampilan lebih casual dan muda. Namun demi kenyamanan, saya hanya menggunakan sepatu jenis ini saat cuaca di atas 5 derajat. Itupun dengan syarat bahan sepatu tersebut bukan katun dan punya dalaman yang bisa menghangatkan.

Untuk mengantisipasi pemakaian kaus kaki dobel dan membengkaknya jari-jari saat dingin, belilah sepatu satu nomor lebih besar dari ukuran normal. Jika budget memungkinkan, pilihlah sepatu berbahan kulit asli yang lebih lembut dan nyaman di kaki.

Selain menutupi tubuh dengan pakaian hangat, jangan lupakan juga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan rutin. Makanan kaya serat dan air putih yang cukup juga membantu kulit agar tetap lembab saat musim dingin. Ready to chill out in windchill??



Komentar

  1. salam kenal mba Nin, aku fitri.
    post ttg Aupairny Bagus, berani.
    Hehehehehehhehe

    fit-ananda.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hallo mbak...say Mira.
    bisa minta emailnya? saya ingin bertanya seputar aupair belgia.
    thanks before

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;) Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater  selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka. Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head! Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan. Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagi

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

First Time Au Pair, Ke Negara Mana?

Saya ingat betul ketika pertama kali membuat profil di Aupair World, saya begitu excited memilih banyak negara yang dituju tanpa pikir panjang. Tujuan utama saya saat itu adalah Selandia Baru, salah satu negara impian untuk bisa tinggal. Beberapa pesan pun saya kirimkan ke host family di Selandia Baru karena siapa tahu mimpi saya untuk bisa tinggal disana sebentar lagi terwujud. Sangat sedikit  host family dari sana saat itu, jadi saya kirimkan saja aplikasi ke semua profil keluarga yang ada. Sayangnya, semua menolak tanpa alasan. Hingga suatu hari, saya menerima penolakan dari salah satu keluarga yang mengatakan kalau orang Indonesia tidak bisa jadi au pair ke Selandia Baru. Duhh! Dari sana akhirnya saya lebih teliti lagi membaca satu per satu regulasi negara yang memungkinkan bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelum memutuskan memilih negara tujuan, berikut adalah daftar negara yang menerima au pair dari Indonesia; Australia (lewat Working Holiday Visa ) Austria Amerika