Menengok Harga Tur Pariwisata di Islandia

Thursday, 19 January 2017



Meneruskan kembali cerita saya di Reykjavík, tidak lengkap rasanya membahas Islandia tanpa embel-embel Aurora Borealis. Selain memiliki keindahan alam yang dramatis, Islandia juga adalah satu tempat terbaik memburu aurora saat musim dingin. Tapi apakah semudah itu melihat aurora di Reyjkjavík?

Di daftar What Should I Do Before Dying saya sudah menuliskan "melihat Aurora Borealis" lima tahun silam, jika ada kesempatan liburan di Eropa. Harapan pun saya gantung tinggi-tinggi saat memutuskan liburan ke Reykjavík November tahun lalu. Selanjutnya, saya mulai mencari info bagaimana cara bisa memburu si aurora di Islandia.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah, namun untuk mengeksplor keindahan Islandia tidak bisa hanya di satu tempat semisal Reykjavík. Banyak tur pariwisata di Islandia dirancang bagi pecinta alam untuk mengeksplor tempat-tempat terbaik yang jauh dari pusat kota. Mengunjungi tempat ini pun biasanya tidak bisa satu atau dua hari, serta biaya yang dibutuhkan juga tidak murah.

Selain ikut tur, sebenarnya bisa saja kita menyewa mobil lalu mengemudi sendiri ke tempat yang lebih jauh. Namun tentu saja akan lebih baik kalau bepergian bersama teman atau keluarga, jadi biaya sewa mobil bisa dibagi rata. Sayangnya karena saya sendirian, hanya punya waktu dua hari pula, mau tidak mau harus menyerah dengan ikut tur.

Di Reykjavík, selain tur melihat aurora, banyak juga tur yang menawarkan pariwisata lain seperti melihat paus atau burung puffin, tur seharian ke Golden Circle, tiket masuk ke Blue Lagoon, ataupun sekedar wisata kuliner khas Islandia. Ada dua website agensi yang direkomendasikan, Special Tours Getaway to Iceland, dan Reykjavík Excursion.

Karena tidak terlalu tertarik dengan Blue Lagoonsendirian pulasaya memutuskan untuk fokus ke auora saja. Ada dua alternatif melihat aurora yang ditawarkan pihak agensi; lewat darat dengan menggunakan bus, ataupun via laut dengan menggunakan kapal.

Harga mengikuti tur aurora dengan bus dan kapal juga berbeda. Northern Light by Boat di Special Tours berlangsung selama 2-2,5 jam, dipatok harga 9900 ISK atau 82€. Sementara jika berminat melihat aurora dengan menggunakan bus, bisa dipesan lewat agensi Reykjavík Excursion seharga 6400ISK atau 53€.

Saya melihat kedua agen pariwisata ini adalah yang paling terkenal di Islandia. Selain bisa melihat aurora via darat atau laut, Reykjavik Excursion juga menyediakan banyak paket tur kombinasi tergantung dengan musim. Dibandingkan dengan Special Tours, tur aurora menggunakan kapal di Reykjavík Excursion dipatok dengan harga yang lebih tinggi, 11.900 ISK atau 96€. Dih!

Jika tertarik melihat paus di lautan Reykjavík, sila merogoh kocek 9900 ISK untuk 3-3,5 jam tur. Atau bisa juga mengikuti tur seharian The Golden Circle seharga 10.500 ISK atau 87€ dimulai dari mengunjungi pusat geotermal di Strokkur, hingga ke Gullfoss (Golden Falls) yang bisa menyembur dari tanah hingga ketinggian 32 m.

Karena Aurora Borealis dan kemunculan paus adalah hal yang alami dan tidak bisa diprediksi, pihak agensi tur biasanya tetap akan memberikan jaminan uang kembali kalau seandainya tur terpaksa dibatalkan karena keadaan cuaca. Special Tours juga memberikan kesempatan mengganti tiket yang sudah dibeli dengan voucher makan 3-course di Kopar, salah satu restoran terbaik di downtown.

Satu lagi, karena tiket tur termasuk mahal, pihak agensi juga memberikan kesempatan kepada pelanggan yang sudah ikut tur namun tidak terlihat aurora atau paus, untuk ikut lagi di tur-tur selanjutnya. Jadi, tiket mahal yang sudah dibeli tidak hanya sah hari itu saja. Kapan pun, jika ada kesempatan kembali lagi ke Islandia, kita bisa ikut lagi tur mereka dengan hanya menunjukkan kode booking. Even for the next 5 years!


No comments:

Care to leave your comments?