Langsung ke konten utama

Party-nya Anak Muda Eropa



Waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam. Saya lupa kalau hari itu Jumat, tepat di pertengahan Januari dengan suhu musim dingin yang sungguh menusuk. Kereta saya menuju Kopenhagen mulai penuh oleh para anak muda yang sudah bersiap menikmati Jumat malam di ibukota.

Para cowok sudah rapih dengan kemeja dan kadang ada tambahan dasi kupu-kupu, lalu gadis-gadis tampak anggun berbalut gaun mini. Anak-anak muda ini sungguh elegan dan modis meskipun mantel musim dingin yang dipakai cukup konservatif. Kaki-kaki jenjang gadis Denmark tersebut juga hanya berbalutkan stocking tipis yang sebenarnya, saya tahu, menyiksa mereka di tengah gempuran angin dingin.

Saya dan dua orang teman berniat menuju salah satu karaoke bar terkenal (karena cuma satu-satunya) di Kopenhagen. Kami berjalan menyusuri daerah Strøget di kawasan Nørreport yang memang ramai saat Jumat dan Sabtu malam. Banyaknya tempat makan, bar, hingga klub malam, menjadikan kawasan pejalan kaki ini penuh oleh anak-anak muda yang ingin rileks sejenak dari penatnya bangku sekolah dan tesis.

Bicara soal pesta para ekstrovert, tentunya berhubungan dengan hura-hura. Apalagi kalau bukan menikmati dentuman musik di klub malam, berdandan seksi, meneguk minuman warna-warni beralkohol, hingga mencari pasangan di lantai dansa. 

Tipe pesta seperti ini biasanya dilakukan oleh anak-anak abege tua yang baru boleh minum alkohol dan bermabuk-mabuk ria. Para mahasiswa yang baru masuk kampus biasanya juga selalu menyempatkan agenda berpesta di klub malam sebagai ajang menikmati hidup. They said, party hard like a student! 

Tidak hanya para abege tua, para dewasa yang penat dengan essai dan pekerjaan, biasanya juga datang demi sekedar berjoget sekalian flirting kanan kiri. Beberapa dari mereka juga terkadang lebih kalem saat di klub malam karena hanya datang untuk menikmati musik lalu minum-minum bersama teman. 

Lalu bagaimana dengan para introvert yang juga mulai muak dengan tugas kampus dan kantor? Walaupun anti dengan kata party, sebenarnya mereka juga tertarik dengan pesta yang sifatnya lebih tertutup dan tidak terlalu banyak orang. Datang ke apartemen teman tanpa berdandan seru, nonton film rame-rame, sambil meneguk beberapa kaleng bir, lebih terasa berharga ketimbang buang-buang energi di klub malam.

Saya pernah juga diundang seorang teman ke acara pesta privat di rumahnya. Para undangan pun sebenarnya hanya terbatas ke para koleganya saja. Walaupun sifatnya privat, namun doi tetap niat menyewa lampu blink-blink dan sound system demi memeriahkan suasana. Makanan pun tidak kalah heboh, 13 courses yang semuanya tentu saja gratis! (Yaiyalah, yang punya acara memang chef di restoran terkenal)

Meskipun anak-anak muda Eropa banyak juga yang hobi mabuk-mabukan, tapi tidak semuanya suka klub malam, lho. Party sering bermakna konotatif yang membuat imej si party boys/girls terkesan terlalu liar, kekanakkan, hobi joget-joget di dance floor with strangers, dan cenderung naughty. Padahal ada juga pesta yang sifatnya musiman alias diadakan karena ada event tertentu.

Tapi apakah semua yang masuk klub malam adalah tipikal orang-orang liar? NO! Kadang ada yang datang bersama teman tanpa joget-joget sedikit pun, memesan bir, lalu hanya duduk di sofa tanpa bicara sepatah kata pun. Grup semacam ini biasanya hanya ingin cari suasana sambil memerhatikan orang-orang yang lagi joget. Ada juga yang datang hanya untuk murni joget-joget tanpa tujuan mabuk dan flirting sedikit pun.

Sama halnya seperti di Indonesia yang dandan habis-habisan saat kondangan, anak-anak muda Eropa biasanya memanfaatkan momen party untuk berdandan to the next level. Baju-baju mini dipakai untuk menarik lawan jenis ataupun menyesuaikan keadaan klub malam yang biasanya semakin malam, semakin panas dan sesak.

Saya sendiri sebenarnya bukan penikmat lantai dansa dan klub malam, kecuali datang bersama teman-teman terdekat. Lewat dari jam 1 pun, saya biasanya sudah mulai gelisah ingin segera keluar karena suasana yang makin ramai dan tidak kondusif. Sebalnya lagi, kita mesti rela sikut-sikutan, dorong-dorongan, bahkan injak-injakan kaki dengan para pejoget lainnya.

Intinya, hati-hati bicara kata party dengan orang-orang Eropa yang baru kita kenal. Sekali lagi, meskipun party bermakna konotatif, tapi orang-orang yang masih menjadikan party sebagai hobi bisa dipandang rendah. Makanya, banyak anak muda yang memasuki usia 27 tahun sudah mulai mengurangi frekuensi ke klub malam karena merasa terlalu tua party hard like a student.



Komentar

  1. Terima kasih atas sharing nya Mba!
    Berhubung bulan depan saya ada rencana ke negara pacar, dari blog ini, saya jadi penasaran dengan gaya malam atau party nya orang Eropa terutama Denmark. Hehe Bakalan minta pacar buat jalan-jalan malem ke Strøget ini sih. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strøget mah rame mulu. Emang pusatnya turis2 disana. Kalo mau yang lebih hipster dan anak muda banget, coba ke Vesterbro atau Nørrebro ;)

      Hapus
  2. Aku tgl 22 ke Finland, aku suka bgt sama party kan seneng joget haha. Kira2 kalo di helsinki, yg bagus untuk party dimana ya? apakah ada yg tau?

    BalasHapus
  3. Ha masa umur 27 udah malu party karna merasa udah Tua, Tapi ada kan yang udah 30 an masih party?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes!

      Karena di sini party2 gak jelas semisal di klub2 gitu biasanya lebih dilabelin ke anak2 muda nan labil di bawah 25. Kalo di atas 25, biasanya udah sibuk mikirin karir dan lanjut kuliah S2. Jadinya udah gak ada waktu lagi kalo cuma party2 di diskotek gitu :) Tapi gak berlaku untuk private party ya. Kalo ini sih, siapa aja boleh.

      Yang di atas 30 pasti ada banget yang masih suka party2 ke klub/diskotek gitu. Cuma ya itu.. siap2 aja dilabelin macem2 sama orang ;)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;) Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater  selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka. Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head! Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan. Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagi

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

First Time Au Pair, Ke Negara Mana?

Saya ingat betul ketika pertama kali membuat profil di Aupair World, saya begitu excited memilih banyak negara yang dituju tanpa pikir panjang. Tujuan utama saya saat itu adalah Selandia Baru, salah satu negara impian untuk bisa tinggal. Beberapa pesan pun saya kirimkan ke host family di Selandia Baru karena siapa tahu mimpi saya untuk bisa tinggal disana sebentar lagi terwujud. Sangat sedikit  host family dari sana saat itu, jadi saya kirimkan saja aplikasi ke semua profil keluarga yang ada. Sayangnya, semua menolak tanpa alasan. Hingga suatu hari, saya menerima penolakan dari salah satu keluarga yang mengatakan kalau orang Indonesia tidak bisa jadi au pair ke Selandia Baru. Duhh! Dari sana akhirnya saya lebih teliti lagi membaca satu per satu regulasi negara yang memungkinkan bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelum memutuskan memilih negara tujuan, berikut adalah daftar negara yang menerima au pair dari Indonesia; Australia (lewat Working Holiday Visa ) Austria Amerika