Berapa Sebetulnya Gaji Nanny dan Cleaning Lady di Norwegia?

Monday, 23 December 2019



Di postingan sebelumnya, saya membahas soal uang saku au pair versus gaji mahasiswa asing dari hasil kerja paruh waktu atau uang bulanan dari dana beasiswa atau hibah pemerintah Norwegia. Meskipun, masih dinilai kurang relevan karena gol au pair dan mahasiswa asing tentu saja berbeda. Au pair komitmen utamanya adalah sebagai pengasuh anak dan asisten rumah tangga, sementara pelajar punya komitmen yang besar terhadap studi. Tapi intinya, uang saku au pair sudah didesain sedemikian rupa mengikuti kisaran rata-rata uang saku anak sekolahan di Eropa.

Karena mungkin kurang apple to apple, kali ini saya coba beri gambaran berapa besar sebetulnya gaji seorang nanny atau cleaning lady lepas di Norwegia. Anyway, meskipun saya beri contoh Norwegia, namun gambaran kasar ini bisa juga diterapkan di hampir semua negara Eropa. Dari sini kalian bisa compare sendiri apakah uang saku yang sudah ditakar oleh imigrasi negara setempat cukup adil atau belum.

Sebelumnya, saya ingin jelaskan dulu bahwa babysitter, nanny, atau cleaning lady adalah jenis pekerjaan low-skilled di Norwegia yang artinya tidak perlu skill khusus. Selain cleaning lady, dua pekerjaan lainnya hanya bersifat freelance alias kita sendiri yang mencari employer dan menentukan sendiri kapan ingin bekerja. Sementara untuk jadi cleaning lady, kita bisa daftar lewat agensi atau memilih bekerja sendiri. Kerja di agensi tentunya punya pemasukan lebih besar, minimal NOK 180-190 per jam, tapi dalam sehari setidaknya bisa kerja di dua tempat berbeda maksimal selama 8 jam.

FYI juga, gaji per jam di sini juga dihitung berdasarkan usia serta jam kerjanya. Usia di atas 27 tahun wajib mendapatkan upah lebih dari abege di bawah 20 tahun. Kerja di atas pukul 9 malam dan hari libur juga wajib mendapatkan upah 160% dari upah normal.

Sebagai gambaran, nanny lepas yang kerjanya hanya fokus ke anak, biasanya diberi upah NOK 50-100 per jam. Kalau si keluarga royal, tak jarang ada yang bisa memberi sampai NOK 150-200 per jamnya. Tentunya hitung-hitungan ini dikembalikan lagi ke negosiasi antara kita dan pihak employer. Sementara untuk cleaning lady tanpa agensi yang hanya fokus ke pekerjaan rumah, upah biasanya dimulai di angka NOK 100 per jam.

Katakanlah hitungan ini kita samakan dengan jam kerja au pair 5-6 jam per hari; 3 jam urus anak, 3 jam beres-beres rumah. Maka dalam satu hari nanny + cleaning lady ini bisa dapat upah NOK 600 (dengan asumsi upah NOK 100/jam untuk jaga anak).

NOK 600 x 5 hari = NOK 3000 dalam seminggu

Di Norwegia, jenis pekerjaan lepas seperti ini sebetulnya bebas pajak jika pendapatan kita per tahunnya tidak lebih dari NOK 6000. Jika lebih, pekerjaan ini dianggap sebagai full-time dan harus bayar pajak 30-35% seperti jenis pekerjaan normal. Untuk pekerjaan penuh waktu di Norwegia, seminggu jam kerjanya 37,5-40 jam. Katakan saja 4 jam kerja sebagai cleaning lady dengan total upah NOK 400, lalu ditambah jaga anak orang NOK 120 per jam dengan total NOK 480 selama 4 jam berikutnya.

NOK 880 x 20 hari = NOK 17.600 dalam sebulan
Setelah potong pajak 30%, gaji yang tersisa NOK 12.320

Belum lagi mesti dipotong sewa apartemen atau kamar, uang makan, plus juga uang transportasi. Masalahnya lagi, adakah keluarga yang mau menyewa jasa nanny untuk kerja 4 jam per hari dengan upah NOK 120 sampai 2 tahun kontrak? Ada, tapi mungkin hanya sedikit keluarga di Norwegia! Dibandingkan merekrut nanny full-time dengan biaya aduhai, para keluarga ini cenderung memilih jasa au pair yang bisa kerja secara fleksibel jaga anak plus bersih-bersih rumah. Bahkan kalau kalian cari kerja tambahan di luar dengan jadi nanny lepas, kebanyakan keluarga hanya mau memberi NOK 100 per jamnya. Itu juga tidak setiap hari mereka butuh nanny.

Kesimpulannya, jadi nanny lepas dan tidak tinggal dengan host family pun, belum tentu menjamin uang yang kita terima akan lebih besar kalau kita live-in. Kecuali kalian bisa tinggal gratis, kamar termurah ukuran kecil masih harus dibayar dengan harga minimum NOK 3500 untuk yang ada di Oslo. Belum lagi uang makan pribadi yang berkisar antara NOK 2000-2500 per bulannya. In the end, mau live-in atau live-out, hidup au pair memang lebih terjamin namun juga punya resiko yang tinggi untuk di-kick out tanpa notifikasi oleh host family.

Kalau kalian tanya saya, sudah adil kah uang saku para au pair ini, menurut saya sudah adil! Asaaaal... ada beberapa persyaratannya;
  1. Para host family harus bisa menempatkan posisi kapan au pair diperlakukan sebagai keluarga dan kapan harus bersikap profesional. Ini yang susah, karena biasanya host family banyak yang tidak mau rugi dan bersikap semau hati. Jam 9 malam ketok pintu minta cucikan baju, ada! Yang tiba-tiba membatalkan tanggal libur secara pihak, juga ada! Jadi ya no wonder-lah kalau au pair ini memang statusnya abu-abu.
  2. Kerja memang harus sesuai kontrak dan menghargai au pair yang kerja overtime dengan menambahi hari libur atau uang saku. Meskipun ada regulasi dari pemerintah untuk tidak membayar au pair lebih dari apa yang sudah tercantum di kontrak, tapi menurut saya, keluarga yang baik itu justru tahu caranya menghargai tenaga seseorang. Kalau tidak ingin bayar lebih, silakan patuhi isi kontrak untuk stick to 5-6 hours a day saja!
  3. Jangan terlalu banyak ekspektasi dengan au pair untuk bisa bertindak layaknya orang tua ketiga. Au pair itu bukan "high-skilled and well-trained nanny101" yang bisa mengerjakan semua hal dalam satu hari. Kalau memang diharuskan lebih banyak mengasuh anak, jangan lagi ditambahi dengan tugas rumah tangga tak jelas. Kalau memang au pair sudah kelelahan membersihkan rumah hari ini, jangan manja dan uruslah anak kalian sendiri! Saya sering sebal dengan para host family yang tiba-tiba menanggalkan semua tanggung jawab semenjak ada au pair, karena dirasa para au pair bisa bersih-bersih rumah sekalian jaga anak. Hei para keluarga, jaga anak itu bukan tanggung jawab yang mudah!! Belum lagi kalau anak-anak kalian susah diatur dan kamilah yang harus bertanggungjawab mendamaikan mereka. I don't think NOK 5900 costs me a lot!
  4. Tidak ada jadwal babysit malam hari lebih dari 2 kali sebulan! Kita maklum jika host family mungkin ingin dating berdua saja atau punya aktifitas sosial di luar. Tapi membiarkan anak untuk dijaga oleh au pair seorang diri di malam hari setiap waktu juga tak adil! Kecuali host family siap membayar upah 160% lebih besar karena au pair harus kerja secara fleksibel meskipun di malam hari.
Jadi kalau kamu kebetulan dapat keluarga model di atas, wajarlah menyalahkan keadaan dan uang saku yang pas-pasan. Jaga anak orang dengan penuh tanggung jawab itu sungguh tak mudah! Belum lagi kita harus beradaptasi dengan gaya parenting orang tuanya yang kemungkinan besar tak cocok dengan karakter dan pola asuh yang kita anut. 

Tambahan:
Beberapa waktu lalu, saya tanya ke Mumu (siapa dia? cek postingan saya di sini) berapa harusnya host family di Norwegia memberikan uang saku ke au pair?

He said, 10 thousand Krones! Itu netto ya, karena urusan pajak harusnya keluarga yang menanggung. Mumu juga berpendapat, tanggung jawab au pair itu sama besarnya dengan pekerjaan full-time lainnya di luaran. Tak ada salahnya orang tua menghabiskan lebih banyak uang untuk orang yang berjasa menjaga anak-anak mereka di rumah dengan sepenuh hati dan penuh kepercayaan. Lagipula kebanyakan keluarga yang punya au pair ini sebetulnya tajir melintir.

Masih untung au pair ini semuanya orang baik. Bagaimana kalau tiba-tiba anak kalian diracuni atau dikasari?! Lalu setelah si au pair jaga anak, masih harus diberi kerja tambahan pula bersih-bersih rumah dengan ekspektasi tinggi! That's crazy!

I couldn't agree more! Kalau saya punya finansial di atas rata-rata dan butuh sekali punya au pair, saya juga tak pelit-pelit memberikan fasilitas berlebih untuk orang yang tepat, agar mereka semakin berdedikasi dan termotivasi untuk bekerja dengan baik. Kalau tak mampu, sebaiknya jangan pamer bisa menggaji au pair apalagi sok bossy seolah-olah memiliki au pair sepenuhnya hanya karena sudah membayar NOK 5900 per bulan!



No comments:

Care to leave your comments?