Langsung ke konten utama

Pengalaman Wawancara Magang dan Kerja Paruh Waktu di Oslo


Nasib tiap orang memang tak sama, tapi bagi saya, successful rate untuk dapat panggilan wawancara di Norwegia hanya sekitar 18%. Dari 50-an lamaran kerja yang dikirim, 9 aplikasi baru berhasil menyita perhatian rekruiter. Angka ini masih terbilang lumayan, karena cari kerja di Norwegia tanpa networking dan Norwegian fluency bisa jadi mimpi buruk. Untuk student job yang sifatnya part-time di toko atau restoran, kita tak hanya bersaing dengan pelajar lokal tapi juga internasional. Saingan terberatnya tentu saja para imigran dari Swedia yang lebih lucky karena mereka speak the language.

Dua tahun tinggal di Norwegia, saya baru menguasai norsk secara lisan di level A2. Tak banyak lowongan kerja yang bisa saya lamar, kecuali pekerjaan di toko, kafe atau restoran. Padahal kalau mampu seminimalnya B2, ada banyak sekali pekerjaan paruh waktu di kantoran yang sangat welcome dengan pelajar. Sebagai tambahan, saya juga sempat melirik peluang paid or unpaid internship yang akan sangat berguna untuk mencari pengalaman in-office


Tapi dari semua kesempatan ini, saya ingin cerita bagaimana proses wawancara yang pernah saya lalui di Oslo, hingga akhirnya berhasil mendapatkan tawaran kerja. Ada dua segmen cerita, wawancara magang dan kerja paruh waktu.


Internship

Cari kesempatan magang adalah salah satu hal yang saya kejar selama kuliah di sini. Tak hanya soal pengalaman dan pembelajaran, tapi juga bisa menambah networking dan mempercantik CV. Untuk magang di perusahaan dengan modal bahasa Inggris saingannya sangat kompetitif, apalagi yang dibayar. Tiga pengalaman interview magang di Oslo yang pernah saya lalui adalah dengan perusahaan teknologi multinasional di posisi marketing untuk summer internship 2020 (yang lamarannya sudah saya kirim sejak September tahun lalu!), kedua adalah akselerator startup untuk posisi event associate dan voluntary intern, dan yang ketiga adalah organisasi pelajar-slash-startup di posisi event associate juga. 

Dua perusahaan pertama wawancara dijalani via online lewat Google Hangout dan Whereby. Masing-masing, saya diwawancarai oleh 2 profesional muda yang memegang peranan penting di posisi yang saya lamar. Pertanyaan yang ditanyakan juga sebetulnya cukup banyak & lebih menggali seputar pengalaman kerja sebelumnya serta motivasi saya melamar di perusahaan mereka. Just be aware, even for an internship position, they still expect you to have some more experience earlier!

Setelah menunggu berbulan-bulan sejak wawancara pertama di perusahaan multinasional, saya tak lanjut ke ronde kedua dikarenakan mereka lebih memilih orang-orang yang punya pengalaman in-office sebelumnya. Meskipun ditolak, tapi saya cukup amazed dengan feedback jujur yang mereka berikan lewat satu email yang panjang. So professional and caring!

Sama halnya dengan posisi operations/event associate di akselerator startup, meskipun sudah lanjut sampai ronde kedua tapi langkah saya mesti terhenti karena mereka butuh orang yang bisa bekerja full-time dan selalu available di kantor. Tapi karena cukup impressed dengan profil saya, mereka menawarkan apakah saya bersedia untuk diperhitungkan di proses rekruitmen posisi voluntary intern. Posisinya memang tak dibayar, tapi karena cukup tertarik dengan perusahaan ini, saya iyakan saja. Toh, tak perlu wawancara lagi dan hanya menunggu keputusan mereka. Hingga lebih dari 1 bulan kemudian, saya menerima email panjang yang super caring dari rekruiter bahwa saya diterima menjadi voluntary intern selama 4 bulan. 

Untuk organisasi ketiga, sebetulnya saya lebih banyak mendapatkan informasi lewat senior saya di kampus. Ada trial kerja 6 bulan pertama sebagai voluntary intern, sebelum nantinya bisa berlanjut menjadi permanent worker. Di sini saya juga melamar di posisi event associate karena merasa sangat tertarik di bidang operations, yang tugasnya mengkoordinasi, merencanakan, serta eksekusi. Organisasi ini masih sangat muda dan kantornya juga hanya selemparan batu dari kampus. Wawancara dilakukan oleh 2 board members per sesi dan dilakukan selama 2 kali. Meskipun para board members-nya masih muda-muda, tapi wawancara tetap terasa profesional. 

Kurang yakin dengan wawancara kedua, saya diundang kembali wawancara ketiga oleh salah seorang anggota board member yang sebelumnya mewawancarai saya. Meskipun judulnya "wawancara", tapi pertanyaan yang ditanyakan lebih ke menggali kehidupan pribadi; punya pacar kah di sini, suka Norwegia kah, apa planning selepas lulus, dan lainnya, yang hanya berlangsung 30 menitan. Dirasa cocok dengan budaya kerja di tempat tersebut, sorenya saya mendapat email kalau diterima bekerja di sana!


Kerja paruh waktu

(Baca pengalaman saya cari 'student job' part 1 dan 2 di postingan sebelumnya!)

Dikarenakan hampir semua lowongan kerja paruh waktu di Norwegia diiklankan dalam bahasa Norwegia, wawancara yang saya jalani pun hampir semuanya juga menggunakan bahasa lokal. Semoga kalian masih punya semangat membaca pengalaman saya di 5 tempat selanjutnya!


Toko roti

Entah kenapa, bekerja di toko roti adalah pekerjaan paruh waktu impian saya dari dulu. Mungkin karena waktu kecil terlalu sering membaca komik Jepang, makanya imajinasi soal kerja paruh waktu di tempat ini masih terbayang sampai Norwegia. Wangi harum roti fresh from the oven, alunan suara renyah tuangan kopi dari draft, serta atmosfir nyaman toko roti yang mungil rasanya begitu cozy.

But anyway, dua minggu setelah kirim lamaran ke salah satu toko roti terkenal di Norwegia, saya mendapat email undangan wawancara online. Saat itu wawancaranya hanya satu arah via SparkHire dan saya wajib merekam diri sendiri lewat aplikasi tersebut sebelum akhirnya di-submit ke perusahaan.

Ada 5 pertanyaan yang mesti dijawab dan masing-masing diberi waktu 1 menit. Sebelum recording, saya diperbolehkan memikirkan dulu jawabannya selama mungkin dan diberikan kesempatan 3 kali menjawab. I don't know why I was soooooo nervous!!!! Meskipun total jawabannya hanya 5 menit, tapi saya menghabiskan waktu 2 jam untuk latihan sekalian recording! Semuanya harus dijawab menggunakan bahasa Norwegia, yang mana saya mesti ekstra keras memikirkan jawaban plus tata bahasa yang tepat. Hati saya super dag dig dug, meskipun yang dihadapi adalah diri sendiri.

Dua minggu kemudian, saya dapat email berikutnya untuk lanjut ke wawancara ronde kedua! Wawancara masih dilakukan via online, namun kali ini live dengan salah seorang rekruiter. Herannya, wawancara kali ini malah terkesan biasa saja dan lebih rileks ketimbang saat recording. Pertanyaan yang ditanyakan rekruiter pun sebetulnya sedikit mengulang dari apa yang sudah saya rekam di ronde pertama; mengapa ingin kerja di sini, apa kegiatan favorit saat senggang, seberapa fleksibel, serta pertanyaan lain seputar pengalaman au pair.

Sebetulnya saya merasa tak terlalu maksimal saat itu dikarenakan berulang kali menanyakan apa yang dimaksud oleh rekruiter. Ada beberapa pertanyaan yang karena takut salah paham, saya tanyakan lagi beberapa kali untuk memastikan. Saya bisa melihat bahwa si rekruiter ini kurang sabar dan terlalu sibuk mencatat. Saat saya ingin beliau mengulang lagi pertanyaannya hingga 3 kali, beliau sampai mengentakkan pena ke meja dan mengeraskan suaranya ke arah microphone.  Meskipun awalnya sangat positif, namun the last answer dari mereka setelah menunggu 3 minggu adalah NO.


Restoran Italia

Sebagai orang yang belum pernah bekerja di restoran sebelumnya, saya cukup kaget ketika tahu dapat panggilan wawancara di salah satu cabang restoran terbesar di Norwegia! Apalagi yang saya dengar, ada ratusan aplikasi yang masuk ke setiap lowongannya di restoran ini. Satu minggu setelah memasukkan lamaran ke situs mereka, saya langsung dapat wawancara kerja dua minggu berikutnya.

Kali itu wawancara dilakukan secara live dan saya mesti datang ke restoran langsung. Maria, si manager, mengobrol dengan saya di salah satu pojokan. Wawancara pun terkesan santai dan saya bisa menjawab semua pertanyaannya dengan sangat fasih. Padahal pertanyaan yang ditanyakan lebih sulit dari si toko roti. Contohnya, apa definisi mu tentang a good team, bagaimana cara kamu menghadapi stress, atau apa yang kamu lakukan kalau menghadapi pelanggan yang bawel. 

Maria cukup terkesan dengan semua jawaban saya dan memberikan kesempatan untuk ikut uji coba (prøvevakt) selama 8 jam, satu minggu berikutnya. Meskipun belum punya pengalaman sebelumnya, tapi Maria selalu menekankan bahwa pengalaman itu tidak penting. Yang penting itu saya mau belajar & bisa meng-handle stres saat bekerja di tempo yang tinggi. Masalah gaji pun sudah dibahas dan saya sudah diundang kesana kemari untuk sign up di beberapa online course serta social media khusus organisasi tersebut. Well, everything sounds so professional and organized karena restoran ini memang salah satu restaurant chains terbesar di Norwegia yang sudah cukup lama beroperasi.

Long story short, saya pulang uji coba dengan kewalahan. Worked at a very big restaurant with 600 customers every day were daunting for me! Belum lagi trainer saya, seorang gadis muda yang sudah 5 tahun bekerja di restoran, menaruh ekspektasi yang cukup besar agar saya bisa menguasai banyak hal dalam waktu 8 jam saja! I felt so intimated, meskipun banyak feedback positif dari doi tentang saya.

Merasa akan diterima bekerja di sana, 2 hari kemudian saya menerima telepon dari Maria yang hanya akan memberitahu bahwa saya bukan kandidat yang tepat bagi mereka. Lucunya, Maria saat itu mengatakan bahwa saya kurang pengalaman menghadapi hanyak pelanggan dalam satu waktu. “Maybe you should try to work at a smaller restaurant first,” katanya.

My heart fell to the floor in a sudden! Walaupun yang dikatakan Maria memang benar, tapi saya cukup kecewa dengan treatment yang mereka berikan. Pertama, kami sudah membahas panjang lebar soal gaji dan kontrak. Kedua, saya merasa sudah menjadi bagian dari organisasi tersebut karena diundang kesana-kemari via online networking mereka. Ketiga, saya merasa apa yang dikatakan Maria soal "yang penting mau belajar" itu hanyalah omong kosong belaka!


Restoran India

Tak mau down lebih lama, saya teringat seorang teman pernah mengirimkan screenshot lowongan kerja via Facebook di salah satu restoran India di Oslo. Tanpa pikir panjang, jam 9 malam saya langsung menelepon restoran tersebut. Yang saya tahu, restoran India, Pakistan, atau Turki dan sejenisnya, memang tak se-strict atau profesional restoran asli Norwegia atau yang dikelola oleh orang Norwegia. Mereka bahkan menerima walk-in interview dan drop-in CV.

Malamnya saya telepon, besoknya saya langsung disuruh datang untuk wawancara. Dipikir pemiliknya Norwegian born Indian, ternyata sepasang suami istri ini baru tinggal di Norwegia 2-3 tahun dan restoran ini juga ternyata baru buka Agustus tahun lalu. 

Wawancara saat itu hanya berlangsung 10 menit tanpa pertanyaan basa-basi, lalu saya langsung disuruh uji coba (prøvevakt) sore itu juga! Oh-ow! Seemed like they didn’t understand if people also had their own schedule. Karena memang sudah punya schedule hari itu, saya minta untuk uji coba esoknya saja, yang mana saya tak sadar adalah hari Minggu!

Di hari pertama prøvevakt, my first impression of this restaurant was messed! I swore to myself that I am not going to work at this restaurant for so long! Tanpa tahu apa-apa, tanpa briefing, saya langsung terjun bebas belajar sendiri apa yang terjadi di sana. Restorannya memang tak sebesar restoran Italia sebelumnya, tapi tetap saja membuat saya kewalahan karena uji coba dilakukan saat akhir pekan, waktu dimana banyak orang memutuskan makan di luar.

Tamu terus berdatangan dan saya bingung harus mulai dari mana. Tak ada briefing, tak ada training, pokoknya learning by doing saja. Karena restoran ini masih sangat baru, saya sebetulnya cukup paham mengapa manajemennya sangat buruk. Si pemilik restoran, bertugas rangkap sebagai kasir, bartender, pelayan pula, kepala dapur, dan pencuci piring. Makanya tak heran mengapa saya yang baru datang ini langsung disuruh multitasking ini itu. To be honest, 8 jam “belajar” dan uji coba di restoran Italia sangat membantu membentuk mental dan sensivitas saya! Yang dulunya terintimidasi dan takut, trial sekali ini hajar dan just played it cool.

Yang saya lihat, restoran ini memang betul-betul butuh orang yang tepat untuk bisa meng-handle tamu sebagai food server. Makanya di hari itu juga, saya langsung diterima bekerja dan tanda tangan kontrak esok harinya. No ribet, no kirim CV dan cover letter dulu, yang penting kita suka dan mau kerja di sana, then 100% you’ll get the shifts!


Sushi bar

Masih penasaran cari-cari kerja di tempat lain, saya mengirim lamaran lain di sushi bar di daerah paling touristy di Oslo. Tempatnya sangat kecil dan hanya muat sekitar 10 pelanggan saja. Lebih enak untuk mobilitas sebetulnya.

Wawancara juga hanya satu arah karena kebanyakan si pemilik yang bicara. Mungkin tepatnya, si pemilik yang lebih detail menjelaskan panjang lebar tentang struktur kerja di tempat tersebut serta apa yang mereka harapkan dari pegawai baru. Tak ada rentetan pertanyaan yang ingin menggali lebih jauh tentang diri saya.

Tak anti ribet juga karena pemiliknya terkesan easy dan siapa pun yang diwawancaranya saat itu, pada dasarnya itulah orang terpilih yang akan bekerja di sana. Karena jadwal kerjanya tak cocok, malamnya langsung saya tolak job offer tersebut. Saya juga entah kenapa kurang cocok dengan atmosfir kerja di sana karena pegawainya terkesan sangat dingin dan kurang welcome.


Restoran Korea

Jam 11 pagi, saya masih iseng membuka daftar lowongan kerja di internet dan menemukan lowongan menjadi pelayan di restoran Korea di Oslo. Karena sudah persiapan cover letter serta CV yang dikhususkan untuk posisi pelayan, saya langsung kirim aplikasi saat itu juga. Mungkin karena beruntung, besoknya juga saya mendapat email panggilan wawancara lagi. 

Dari sini saya belajar bahwa restoran yang dikelola oleh keluarga (bukan organisasi besar layaknya restoran Italia sebelumnya), pada dasarnya sangat casual dan anti ribet. Wawancara juga lebih ke satu arah dan si pemilik lah yang justru lebih banyak menjelaskan tentang detail pekerjaan. 

Yang saya suka dari restoran ini, di awal si pemilik sudah menjelaskan panjang lebar tentang ekspektasinya serta informalitas yang ada di tempat tersebut. Mungkin karena Norwegian born half-Korean, makanya doi tahu betul soal regulasi serta bagaimana menumbuhkan budaya kerja ala orang Norwegia, meskipun restorannya sendiri menyajikan makanan Asia.

Karena saya dan si pemilik restoran sama-sama punya feel positif, lagi-lagi saya diberi kesempatan untuk uji coba (prøvevakt) selama 6 jam. Prosesnya cukup lambat memang, karena sama-sama sibuk, shift untuk uji coba baru diberikan 2 minggu kemudian. Yang pasti, saya merasa restoran ini bisa jadi tempat kerja saya berikutnya karena lebih terorganisir, profesional, dan adil ketimbang restoran India sebelumnya. Saya juga merasa makanan Korea lebih cocok di lidah dibandingkan kare-karean ala India yang lebih heavy.

Hingga akhirnya, tibalah hari uji coba yang membuat pemikiran saya berbalik 180 derajat! Dari yang tadinya sangat positif dengan restoran ini, saya merasa ada big turn off baik dari saya dan si pemilik! Di hari pertama uji coba, saya sudah banyak melakukan kesalahan yang dirasa bos restoran sangat fatal, contohnya, lupa menyalakan lilin yang sebelumnya sudah diperintahkan, memberikan bill ke meja yang salah, tak mengabari dapur kalau main course harusnya sudah tiba, datang terlambat 5 menit (padahal saya sudah mengetuk pintu restoran 10 menit lebih awal, tapi karena tak ada orang di dalam, saya membunuh waktu dengan sengaja datang terlambat), serta perkara lainnya. 

Saya juga tak suka dengan budaya makan bagi para pelayan di sini. Makan hanya bisa dilakukan secara berdiri di dekat kasir, lalu harus siap berhenti saat pelanggan datang. Diberi makan jam 7 malam, saya baru menghabiskannya dua jam kemudian! Tak ada jeda meski hanya 10 menit untuk duduk dan makan dengan cara yang lebih wajar. Pemiliknya juga tak santai, perfeksionis, dan penuh ekspektasi. Dalam waktu 6 jam, doi ingin saya bisa melakukan dan mengingat banyak hal, yang mana menurut saya mustahil. Tapi karena cukup pengertian, si pemilik ini masih mau memberikan saya kesempatan kedua di uji coba berikutnya.

Mungkin karena memang sudah tak sreg bekerja di sini dari hari pertama dan belum rejeki juga, hari kedua prøvevakt, saya tak sengaja malah datang terlambat 10 menit karena kelewatan halte. Betul saja, tanpa babibu, saat itu juga saya langsung diusir dari restoran dan ditolak karena bukan orang yang tepat untuk restoran mereka. Yeah, Earth heard me!



Dari cerita di atas, bisa kah kalian menebak ujung-ujungnya saya bekerja di mana sekarang?

So, meskipun awalnya malas dengan sistem manajemen dan makanan di tempat ini, tapi saya memutuskan untuk terus bekerja di restoran India. Setidaknya untuk beberapa waktu karena saya juga sedang malas melamar banyak pekerjaan di tempat lain lagi.

Hal yang saya pelajari juga, bahwa uji coba (prøvevakt) di restoran belum tentu membuka kesempatan mu menjadi karyawan tetap mereka. Uji coba itu diberikan untuk melihat seperti apa kamu saat bekerja di sana. Cocok kah dengan budaya perusahaan, tangguh kamu saat menghadapi pelanggan yang banyak, serta seberapa taktis saat mengantarkan makanan. Bekerja di tempat yang dikelola orang Norwegia asli akan sangat menyulitkan karena mereka menaruh ekspektasi besar di hari pertama uji coba kita di sana. No wonder, karena memang uji coba ini juga sebetulnya dibayar.

Hati-hati juga dengan komentar positif dari restoran yang dikelola orang Norwegia karena bisa jadi itu hanya omong kosong! Because in the end, you are not hired anyway! Berbeda halnya dengan restoran yang dikelola non-Norwegian, sistem rekruitmen biasanya lebih santai. Uji coba tak dibayar, namun yang saya dengar, pemiliknya lebih mudah diajak negosiasi ketimbang orang asli Norwegia. Bad side lainnya, mereka selalu berusaha lari dari regulasi resmi sehingga bisa jadi kamu merasa treatment-nya kurang adil.

Tapi akhirnya saya berpikir, kerja itu tak melulu soal gaji karena atmosfir kerja dan kolega yang baik juga sangat mendukung kinerja. Satu lagi, meskipun kalian kira kerja jadi pelayan itu pekerjaan biasa dan mudah, tapi coba saja kirim lamaran di beberapa tempat. I am pretty sure, you'd not get one spoteven for a trialeasily! Seperti yang saya katakan di kalimat pembuka, selain saingannya banyak, pengalaman juga penting, apalagi di restoran yang sudah lama beroperasi. In the end, luck dan koneksi juga berperan sangat penting di Norwegia.

Tak hanya sampai di sana, karena tujuan saya juga ingin cari koneksi yang luas secara profesional, saya langsung menerima tawaran kerja dari organisasi pelajar-slash-startup di atas. Selain karena tujuan organisasi tersebut cocok dengan program studi yang saya ambil, adanya jenjang karir yang lebih luas serta kantor yang hanya selemparan batu dari kampus, membuat saya tak punya alasan untuk menolak tawaran mereka.

And yepp, perhaps you got it right, saya kuliah plus kerja di dua tempat berbeda sekarang! Bagaimana cara saya mengatur waktunya? Tunggu cerita di postingan selanjutnya!



Komentar

  1. hahahah sudah kuduga dari awal baca, keren2 kak! ditunggu next post nyaa <3 btw bukannya 3 ya? yg voluntary intern 4 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ruth, makasih ya udah mampir sekalian nulis komen :)

      Aku gak ambil yang voluntary intern itu. Abisnya yang startup satunya menurut ku lebih luas jenjang karirnya, jadi ya why not.

      Hapus
    2. Samaa2 kak. Makasih juga udah sharing. Ohh sip deh, stay safe stay healthy kak Nin!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;) Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater  selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka. Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head! Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan. Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagi

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

Berniat Pacaran dengan Cowok Skandinavia? Baca Ini Dulu!

"Semua cowok itu sama!" No! Tunggu sampai kalian kenalan dan bertemu dengan cowok-cowok tampan namun dingin di Eropa Utara. Tanpa bermaksud menggeneralisasi para cowok ini, ataupun mengatakan saya paling ekspert, tapi cowok Skandinavia memang berbeda dari kebanyakan cowok lain di Eropa. Meskipun negara Skandinavia hanya Norwegia, Denmark, dan Swedia, namun Finlandia dan Islandia adalah bagian negara Nordik, yang memiliki karakter yang sama dengan ketiga negara lainnya. Tinggal di bagian utara Eropa dengan suhu yang bisa mencapai -30 derajat saat musim dingin, memang mempengaruhi karakter dan tingkah laku masyarakatnya. Orang-orang Eropa Utara cenderung lebih dingin terhadap orang asing, ketimbang orang-orang yang tinggal di kawasan yang hangat seperti Italia atau Portugal. Karena hanya mendapatkan hangatnya matahari tak lebih dari 3-5 minggu pertahun, masyarakat Eropa Utara lebih banyak menutup diri, diam, dan sedikit acuh. Tapi jangan salah, walaupun dingin dan hampa