Langsung ke konten utama

Tinggal di Norwegia, Belajar Norsk


Bahasa Norwegia (Norsk) adalah bahasa resmi yang dipakai di Norwegia dengan dua penulisan yang berbeda, Bokmål (Book language) dan Nynorsk (New Norwegian). Dua-duanya mirip secara linguistik namun pada dasarnya lebih dianggap sebagai "dialek dalam tulisan". Bokmål diajarkan dan dipakai oleh 90% populasi Norwegia, sementara Nynorsk hanya dipakai oleh 10% penduduk Norwegia di bagian barat.

Sebetulnya bahasa Norwegia bukan bahasa baru bagi saya. Layaknya bahasa Nordik yang mirip-mirip, pola tatabahasa dan penulisannya seragam dengan bahasa Denmark dan bahasa Swedia. Saya sempat belajar bahasa Denmark sampai Modul 4 dan beruntungnya hal tersebut cukup membantu saat awal berkenalan dengan host kids.

Tapi meskipun penulisan bahasa Denmark dan Norwegia sangat mirip, jangan bayangkan pelafalannya. Norsk terdengar lebih masuk akal dan cocok bagi lidah orang Indonesia. Kalau bahasa Swedia dan Norwegia intonasinya seperti orang bernyanyi, bahasa Denmark lebih terdengar seperti orang mengunyah kentang panas. Belum lagi sistem penomoran bahasa Denmark yang berbeda sendiri dan terkesan lebih tidak masuk akal, karena hanya mereka sendiri yang mengerti se-Skandinavia.

Contoh pelafalan:
Tager (Dansk) - Tar (Norsk) yang artinya mengambil, dibaca Taa' (Dansk) dan Tar (Norsk).

Haven (Dansk) - Hagen (Norsk) yang artinya kebun, dibaca Hewun (Dansk) dan Hagen (Norsk).

Toget (Dansk) - Toget (Norsk) yang artinya kereta, dibaca To' (Dansk) dan Toge (Norsk).

Hvorfor (Dansk) - Hvorfor (Norsk) yang artinya mengapa, dibaca Wo'foa (Dansk) dan Wurfur (Norsk)


67

Norsk : sekstisju 
Svenska : sextiosju 
Íslensku : sextíu og sjö
Dansk : syvogtres (tujuh dan enam puluh) - tres = 60

70

Norsk : sytti
Svenska : sjuttio
Íslensku : sjötíu
Dansk : halvfjerds (baca: helfias)

Terlepas dari penulisan yang mirip dengan bahasa Denmark, saya tetap harus mulai lagi kursus Norsk dari level paling dasar (A1). Sama halnya dengan bahasa Indonesia dan Malaysia, beberapa bahasa Skandinavia juga memiliki kata-kata berbeda yang memiliki makna sama. Contohnya anak perempuan, Pige (Dansk), Jente (Norsk), dan Flicka (Svenska). Meskipun memungkinkan untuk lompat level, tapi saya tetap butuh pedoman dasar untuk berlatih dengan host kids. Lagipula gol utama saya bukan untuk naik kelas saja, tapi juga belajar kosakata dan frasa paling sederhana hingga penekanan pada intonasinya.

Sistem edukasi bahasa di Norwegia bagi pendatang asing berbeda dengan Denmark. Di Denmark, keluarga angkat saya harus membayar uang muka sekitar 5400 DKK untuk biaya kursus. Setiap pendatang yang sudah mendapatkan Social Security Number sangat disarankan untuk mempelajari bahasa Denmark di berbagai sekolah bahasa, GRATIS! Hal tersebut menjadi wajib kalau pasangan kita warga negara Denmark, karena berhubungan dengan jaminan yang dibayar oleh pasangan di balai kota sebagai izin kita tinggal.

Baca juga: Aturan Nama Anak di Wilayah Nordik

Dari suplemen belajar sampai buku pelajaran disediakan secara cuma-cuma untuk mendukung para pendatang mempelajari bahasa lokal. Sayangnya, banyak pendatang yang tidak serius belajar bahasa Denmark dan berhenti di tengah jalan. Kabar yang saya dengar, partai anti-imigran di Denmark mulai menghapuskan free Danish course tahun ini dan mewajibkan pendatang untuk membayar deposito penuh sebagai jaminan hingga tamat sampai Modul 5. Karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah lagi, beberapa sekolah bahasa swasta bahkan berencana tutup.

Kembali ke Norwegia, sekolah bahasa disini dikelola oleh swasta dan pribadi. Disini kita harus membayar 3000-6000 NOK per level dengan masa studi 1,5 bulan untuk kelas 2 kali per minggu. Belum lagi kita diwajibkan memiliki dua buku pengantar yang harga totalnya hampir 1000 NOK. Buku ini harus asli dan tidak boleh difotokopi.

Tapi, ada pengecualian untuk beberapa grup imigran tertentu yang bisa mendapatkan kursus dan training gratis selama 3 tahun. Salah satunya adalah pendatang yang memegang residence permit karena living together atau menikah dengan warga asli salah satu negara Nordik. Kursus ini memang lebih lama dibandingkan kursus di tempat lainnya karena tujuannya tidak hanya belajar bahasa, namun mempersiapkan para pendatang untuk tinggal lebih lama dan jadi warga negara tetap.

Sekolah bahasa di Norwegia tersebar di banyak tempat tergantung dengan kebutuhan kita. Ada kursus privat 1-1 untuk memperlancar komunikasi, ada juga institusi resmi yang memberikan sertifikat setelah masa pembelajaran. Bagusnya, hampir semua institusi dan kursus privat menerapkan kelas dengan grup kecil yang hanya membatasi 8-10 orang saja. Beberapa kenalan Filipina saya juga ada yang menyarankan ikut kursus daring gratis yang diselenggarakan oleh University of Oslo sebagai pengenalan.

Baca juga: 5 Sumber Gratis Belajar Bahasa Norwegia Secara Mandiri

Khusus untuk au pair di Norwegia, keluarga angkat wajib menyubsidi iuran kursus hingga 8400 NOK per tahun. Tergantung kesepakatan apakah keluarga angkat bersedia membayar lebih atau tidak, karena seperti kasus teman saya yang hanya dibiayai satu level saja lalu keluarganya angkat tangan.

Menurut saya, sekolah bahasa di Norwegia betul-betul dijadikan lahan bisnis. Dari level A1 sampai C2 (total 600 jam) dipisah-pisah dan diberlakukan iuran khusus untuk tiap level. Selesai satu level, kita mendapatkan sertifikat yang menyatakan telah selesai mengikuti 36 jam pelajaran. Normalnya, kalau ingin mendapat permanent residence, pendatang hanya wajib menyelesaikan minimal 250 jam pelajaran atau lulus tes kecakapan oral dan tertulis minimal level A2.

Untuk tes kecakapan ini pun kita harus membayar lagi. Beberapa tempat kursus bahkan menawarkan tes prepatori yang harganya juga super mahal. Jadi ya, apa-apa diduitin hanya demi lulus tes. Selain memenuhi syarat sekolah bahasa atau lulus tes, bagi yang berminat jadi permanent residence juga diwajibkan mengambil kelas Social Studies (tentang Norwegia) sampai 50 jam atau lulus tes Social Studies dalam bahasa Norwegia.

Baca juga: Bahasa, Tantangan Terbesar Hidup di Norwegia

Sebetulnya kalau hanya ingin mengejar syarat 250 jam tersebut, kita bisa mengambil kelas super intensif yang kurang dari dua tahun juga selesai. Kalau punya banyak waktu dan uang, boleh juga mengambil kelas mega intensif selama 750 jam yang sudah termasuk kelas Social Studies. Harganya memang mencengangkan, 66.600 NOK! Tapi sudah selesai hanya dalam waktu satu tahun.

Saya sekarang sedang meneruskan level A1-2 di Alfaskolen, Oslo. Harga kursus per levelnya 4760 NOK. Saya tidak perlu membeli buku pengantar lagi karena sudah diwarisi oleh au pair sebelumnya. Tapi kalau memang ingin mencari yang murah, coba buka Finn.no, pusat jual beli barang second di Norwegia.

Untuk harga segitu, belajar di Alfaskolen termasuk mahal. Sudah untung tahun ini keluarga saya masih mau menanggung semua biaya A1 yang totalnya lebih dari 8400 NOK. Sebetulnya ada banyak tempat yang lebih murah di Oslo, seperti Caritas atau Language Champ yang sangat dekat dengan rumah. Sayangnya, jadwal yang cocok bagi saya dan keluarga hanya di Alfaskolen itu. Keluarga angkat saya juga sepertinya keberatan keluar uang lebih sampai tahun depan kalau saya ingin lanjut A2.

Saya masih sangat antusias belajar Norsk, tapi saya sendiri juga tidak tahu akan kemana setelah selesai kontrak. Kalau tidak berencana mencari kerja dan tinggal di Norwegia lebih lama, belajar bahasa lokal secara tekun sebetulnya hanya buang-buang waktu. Bahkan jika harus memilih, saya malah ingin lanjut belajar bahasa Denmark saja ketimbang Norsk. Daripada tahu banyak bahasa tapi sedikit-sedikit, lebih baik tahu sedikit tapi sangat fasih.

Sejujurnya, saya juga berpikir untuk menyerah belajar Norsk dan mengalihkan subsidi dari keluarga angkat ke hal lain saja. Di Kopenhagen, saya bisa dengan mudah menemukan kursus desain, keramik, hingga bahasa lain. Di Oslo, sudah di-googling kesana kemari, tetap tidak ada kursus kreatif yang menarik perhatian. Ada, Folkeuniversitetet dan Blank Space yang mengadakan. Tapi itupun tempatnya cukup jauh dan waktunya tidak tepat dengan jadwal host family saya.

"When you are about to give up, just try to keep doing it for fun," kata seorang teman.

Betul. Seperti yang sudah pernah saya ceritakan, daripada hanya manyun di rumah, lebih baik datang ke tempat kursus sekalian cari angin segar, bertemu teman baru, dan juga melatih otak. Anyway, saya juga paham kalau sebetulnya tidak ada ilmu yang sia-sia.

Kalau kamu jadi saya, would you keep learning Norwegian just for fun?


Komentar

  1. Yes ka! Aku suka belajar bahasa ;) so why not haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. So do I! Tapi aku udah kebanyakan belajar bahasa dan gak pernah kelar. Makanya males mulai lagi kalo udah tau endingnya gak akan kelar & fasih juga. Hehe ;)

      Hapus
  2. hallo ka, saya suka banget sama alamnya norwegia saya mau banget jadi au pair di norwegia tapi ada gak sih laki laki yg jadi au pair ? soalnya setau saya kebanyakan cewe. dan untuk bahasanya kalo di norwegia itu harus ada serivikat khusus bahasa norwegia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada au pair cowok. Kebanyakan dari Filipina. Tapi ya itu, gak gampang. Saingan kamu banyaaaak... apalagi kalo milihnya Norwegia, lapaknya orang Filipina!

      “Sertifikat”
      Gak perlu :)

      Hapus
    2. Au Pair Di Jerman Mas Lumayan Ada Cowonya, Search Google/YT Aja

      Hapus
  3. tlg info dong...penerjemah tersumpah bahasa Norwegia di Jakarta.
    Saya ada dokumen yang memerlukan translate bahasa Norwegia..please info nya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak banyak juga orang Indonesia yg bisa bahasa Norwegia di Jakarta. Ini dokumen apa yang mau diterjemah ya? Apa butuh penerjemah tersumpah banget? Saya bisa bantu kalo cuma sekedar terjemah dokumen non-formal.

      Hapus
  4. Saya berminat belajar bahasa Norwegia dan Denmark sampai tuntas mbak, cara menghubungi mbaknya gmn ya? Tack

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe tuntas tuh maksudnya sampe mana ya? Karena dari dulu, bahasa Inggris saya pun mentok di B2 doang :D Gak pernah sampe tuntas (C3).

      Kamu udah punya basic-nya kah? Pada dasarnya, Danish & Norwegian itu kayak Indonesian & Malay. Jadi kamu belajar aja salah satunya sampe fluent. Gak perlu semuanya.

      Hapus
  5. apa cuma gw doang yg tertarik dengan norwegia karena black metal ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;) Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater  selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka. Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head! Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan. Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagi

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

First Time Au Pair, Ke Negara Mana?

Saya ingat betul ketika pertama kali membuat profil di Aupair World, saya begitu excited memilih banyak negara yang dituju tanpa pikir panjang. Tujuan utama saya saat itu adalah Selandia Baru, salah satu negara impian untuk bisa tinggal. Beberapa pesan pun saya kirimkan ke host family di Selandia Baru karena siapa tahu mimpi saya untuk bisa tinggal disana sebentar lagi terwujud. Sangat sedikit  host family dari sana saat itu, jadi saya kirimkan saja aplikasi ke semua profil keluarga yang ada. Sayangnya, semua menolak tanpa alasan. Hingga suatu hari, saya menerima penolakan dari salah satu keluarga yang mengatakan kalau orang Indonesia tidak bisa jadi au pair ke Selandia Baru. Duhh! Dari sana akhirnya saya lebih teliti lagi membaca satu per satu regulasi negara yang memungkinkan bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelum memutuskan memilih negara tujuan, berikut adalah daftar negara yang menerima au pair dari Indonesia; Australia (lewat Working Holiday Visa ) Austria Amerika